Cara Keluar Kelas Google Classroom

Cara Keluar Kelas Google Classroom

Google Classroom adalah platform belajar  online yang bisa dimanfaatkan oleh tenaga pengajar Ketika tidak bisa melakukan belajar secara tatap muka. Memakai Google Classroom memungkinkan proses pembelajaran tetap berlangsung meskipun tidak dilakukan di dalam kelas secara offline. Nah, disini kita akan membahas cara keluar kelas Google Classroom yang perlu Kamu ketahui saat sudah mengikuti pembelajaran secara daring (online).

Pembelajaran via online atau sering disebut secara daring (dalam jaringan), sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Meskipun demikian, daring merupakan alternatif pembelajaran secara efisien, karena dapat menyesuaikan kondisi, baik bagi tenaga pengajar maupun pelajar itu sendiri.

Read More

Hanya saja kekurangannya, belajar daring mempunyai kekurangan, dimana salah satunya yaitu guru tidak dapat melihat muridnya secara langsung. Namun Kamu tak perlu khawatir jika memakai Google Classroom. Karena ada banyak fitur menarik yang berguna untuk mendukung proses pembelajaran daring dapat dilakukan secara kondusif.

Seputar Google Classroom

Google Classroom bisa dibilang sebagai sebuah layanan pembelajaran online, dengan banyak pilihan fitur pendukung untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih kondusif. Tampilan Google Classroom yang sederhana, membuat siapapun yang baru menggunakannya dapat langsung mengaksesnya dengan mudah.

Melalui tampilan tersebut, para pengajar bisa dengan mudah dalam mengelola, memperkaya pengalaman belajar, hingga mengukur kemampuan siswanya. Sedangkan bagi siswa, bisa lebih fokus dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif.

Kelebihan Google Classroom

Ada beberapa kelebihan yang perlu kamu tahu mengenai Google Classroom. Tujuannya agar fitur-fitur yang terdapat pada Google Classroom bisa dimaksimalkan, Ketika Kamu memakainya. Adapun kelebihan memakai Google Classroom adalah sebagai berikut :

1. Satu Platform Berbagai Aktivitas

Kelebihan yang pertama adalah kamu bisa melakukan apapun yang berhubungan dengan proses pembelajaran hanya memakai satu platform saja. Ini artinya, kamu tidak perlu memakai tools lainnya yang cukup merepotkan.

Khusus bagi tenagar pengajar, bahkan bisa melakukan proses penilaian siswanya dengan mudah karena di Google Classroom disediakan fitur tersebut. Selain itu, jika ternyata memiliki banyak kelas dalam proses pembelajarannya, maka kamu tidak perlu mengganti akun lagi, artinya untuk mengelola beberapa kelas tersebut cukup menggunakan 1 akun saja.

2. User Friendly

Tidak semua teknologi bisa diterima oleh para pengajar yang usianya cukup lanjut, sehingga untuk membuka sebuah aplikasi pun harus di ajarkan terlebih dahulu. Begitu pun, tidak semua tenaga pelajar bisa dengan mudah memanfaatkan teknologi tersebut.

Hal tersebut yang menjadi dasar user interface Google Classroom menampilkan tampilan yang sederhana. Hal ini mengingat pengguna Google Classroom terdiri atas berbagai kalangan, yang Sebagian besar kurang melek teknologi.

Dengan demikian, penggunaan Google Classroom sangat mempermudah para penggunanya. Karena bisa diakses hanya dengan hitungan menit.

3. Dapat Berkolaborasi Dengan Aplikasi Lain

Belajar yang menyenangkan dengan semua orang yang tergabung pada kelas online memakai platform Classroom, memudahkanmu untuk terhubung pada aplikasi lain. Tentu saja aplikasi yang masih termasuk ke dalam produk Google.

Sebagai contoh untuk tatap muka bisa dikolaborasikan dengan menggunakan Google Meet, atau jika ingin menggunakan dokumen sebagai pendukungnya maka bisa menggunakan Google Spreadsheet. Selain itu, untuk penyimpanan bahan ajar bisa disimpan dalam Google Drive. Sehingga siswa tinggal mengakses situs Google Drive, untuk mendapatkan materi ajar yang diberikan oleh pengajar.

4. Akses Dimana Saja

Akses Google Classroom bisa dilakukan dimanapun, dengan persyaratan harus memiliki koneksi internet stabil dan kuat, supaya proses belajar mengajar bisa lebih maksimal. untuk perangkatnya, kamu tidak perlu khawatir jika tidak memiliki laptop. Pasalnya, selain bisa dilakukan dengan menggunakan website Google Classroom, kamu pun bisa mengaksesnya di banyak perangkat seperti di hp smartphone maupun iPhone atau iPad.

Dengan kelebihan tersebut, maka belajar dengan menggunakan Google Classroom memungkinkan tingkat mobilitas dan fleksibilitas yang tinggi. Dengan tujuan agar para pengajar dan siswa yang sedang berada dalam kelas online bisa lebih maksimal dalam proses pembelajarannya.

Cara Masuk Kelas Google Classroom

Sebelum kita membahas cara keluar Google Classroom, mungkin Kamu masih belum tahu bagaimana cara masuk ke kelas Google Classroom. Nah, jika ingin mengakses Google Classroom, pastikan dulu Kamu sudah mempunyai akun Google. Jadi, Kamu tak perlu repot-repot buat akun di Classroom lagi jika sudah memiliki akun Google. Sebab dengan akun Google, Kamu bisa dengan mudah mengakses seluruh fitur yang ada di Google Classroom.

Baik pengajar maupun siswa, untuk bergabung ke dalam kelas memiliki caranya masing-masing. Namun secara umum ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat bergabung ke Classroom, diantaranya :

1. Link Kelas

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan link yang dibuat oleh admin. Berikutnya, jika Kamu ingin bergabung, cukup klik link tersebut dan secara otomatis langsung bergabung ke kelas online tersebut.

2. Kode Kelas

Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan kode kelas, pengajar akan mengirimkan kode kelas dan memberitahukan para siswanya terkait kode kelas yang akan diikuti. Untuk menggunakan cara ini, maka sebelumnya harus buka website Google Classroom terlebih dahulu. Selain itu, bisa juga dengan membuka aplikasi Google Classroom yang sudah di install di smartphone.

3. Undangan Email

Kamu juga bisa masuk ke Classroom menggunakan email yang dikirimkan ke alamat masing-masing dalam bentuk undangan. Didalam email tersebut ada link yang nantinya terhubung kedalam kelas yang sedang berlangsung.

Cara Keluar Kelas Google Classroom

Cara Keluar Kelas Google Classroom
Keluar dari Kelas Google Classroom

Tutorial Keluar Kelas di Google Classroom

Cara keluar kelas Google Classroom dapat dipraktekkan apabila guru sudah mengakhiri proses pembelajaran online via Classroom. Untuk siswa sendiri, jika ingin keluar kelas bisa langsung memberitahukan ke pihak pengajar untuk meminta tolong agar bisa menghapusnya dari kelas Tentu saja, dengan alasan sudah selesai di kelas tersebut. Ini artinya, Kamu bisa keluar dari kelas dengan bantuan pihak pengajar yang juga berperan sebagai admin.

Namun, jika ingin keluar sendiri dengan alasan segan, Kamu bisa mencoba langkah cara keluar kelas Google Classroom berikut :

1. Login ke Google Classroom

Masuk terlebih dahulu ke Google Classroom dengan menggunakan akunmu. Membuka Google Classroom bisa dengan menggunakan browser atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi. Khusus aplikasi, jika proses pembelajaran sering dilakukan dengan smartphone.

2. Pilih Kelas

Setelah masuk ke akun Google Classroom milikmu, selanjutnya masuk ke kelas yang akan kamu hapus pada akunmu dengan alasan sudah tidak belajar di kelas tersebut.

3. Proses Keluar dari Kelas

Setelah itu, pada kelas tersebut pilihlah ikon titik tiga yang berada di sebelah kanan atas. Selanjutnya, Kamu akan ditampilkan beberapa menu Ketika mengakses ikon tersebut. Lalu, pilih ‘Unenroll’.

Setelah itu, nanti akan muncul pada layar berupa pop up informasi bahwa kamu akan keluar dari kelas. Klik kembali tulisan ‘Unenroll’ (batalkan pendaftaran) yang muncul pada layar tersebut.

Dengan klik tombol tersebut, maka secara otomatis kamu sudah keluar dari kelas yang ada di Google Classroom.

Ya, itulah langkah-langkah mudah cara keluar kelas Google Classroom untuk siswa yang bisa Kamu lakukan jika Kamu enggan meminta bantuan kepada gurumu. Semoga membantu!

 

 

Related posts