Cara Absen di Google Classroom

Cara Absen di Google Classroom

Meskipun pembelajaran dilakukan secara online, tetap saja Kamu harus melakukan absensi atau daftar hadir. Bagi guru, absen penting untuk melihat siapa saja siswa yang mengikuti pembelajaran online di Google Classroom. Sementara itu, siswa wajib mengisi absensi agar guru mengetahui kehadiranmu di kelas Google Classroom. Lalu, bagaimana cara absen di Google Classroom?

Mengenal Google Classroom Lebih Dekat

Google Classroom bisa dibilang sebagai platform yang telah dikembangkan Google dengan fungsi untuk melakukan aktivitas pembelajaran. Adapun tujuannya ialah menyederhanakan dan mempermudah proses pembelajaran, menyalurkan materi dan menilai tugas secara online. Dengan kata lain, Google Classroom membuat aktivitas belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja.

Read More

Selain itu, Google Classroom menawarkan fitur absensi untuk mendaftar kehadiran siswa yang masuk ke kelas Google Classroom. Hal ini tentu saja memudahkan aktivitas belajar dan mengajar antara guru dan siswa dengan layanan lengkap layaknya pembelajaran tatap muka.

Kenapa Harus Membuat Absensi di Google Classroom?

Hampir seluruh mata pelajaran saat ini dilakukan dengan cara daring alias online. Saat proses daring dilakukan, akan memerlukan setidaknya aplikasi atau platform untuk menunjang aktivitas pembelajaran. Adapun salah satunya ialah dengan memakai Google Classroom.

Kini Google Classroom telah menjadi situs web yang banyak dipakai untuk aktivitas pembelajaran daring. Contoh pemakaiannya selain untuk mendistribusikan materi, juga untuk mengisi absensi atau daftar hadir. Sama halnya dalam pembelajaran tatap muka, absensi juga memiliki peranan sangat penting dalam mengetahui kehadiran murid.

Melalui Google Classroom, murid akan lebih mudah untuk mengisi data sebab tak perlu menulis absensi lagi. Di samping itu, absensi juga dapat dikelola dengan cara real time.

Google Classroom juga menyajikan cara membuat absensi di Google Classroom dengan mudah. Adapun tujuannya ialah supaya para guru dapat membuat daftar absen serta lebih mudah memperoleh hasil rekapnya.

Cara Absen di Google Classroom

Cara Absen di Google Classroom
Cara Buat dan Isi Absen di Google Classroom

Membuat Absen di Google Classroom

Kamu sebenarnya dapat membuat daftar absen memakai PC atau hp. Selain menyajikan cara membuat kelas baru di Google Classroom, Kamu juga bisa melakukan cara absen di Google Classroom dengan mudah via hp. Sebab akan lebih simpel dan mudah jika memakai aplikasi di hp. Berikut langkah-langkahnya :

1. Membuat Topik di Kelas Terlebih Dahulu

Cara absen di Google Classroom yang pertama, silahkan Kamu buat topik di kelas lebih dulu. Sebab topik ini nantinya berguna untuk mengelompokkan berbagai macam tugas, kuis dan pertanyaan di kelas. Untuk kemudian, absensi yang Kamu buat dapat diletakkan langsung dalam topik yang telah selesai dibuat. Contohnya, apabila ada beberapa pilihan mata pelajaran di kelas, Kamu pun bisa membuat daftar absensi pada beberapa topik. Ini dia ulasannya :

  • Buka aplikasi Google Classroom terlebih dahulu di hp-mu.
  • Kemudian tekan opsi ‘Tugas Kelas’
  • Selanjutnya, Kamu bisa menekan ‘Tambah’.
  • Setelah itu, Kamu akan ditampilkan beberapa opsi, Kamu bisa memilih ‘Topik’.
  • Kemudian ‘Berikan Nama Topik’ tergantung keinginan.
  • Sesudah itu, tekan ‘Tambahkan’.

Jika Kamu sudah mengikuti langkah-langkah cara membuat absen di Google Classroom di atas, maka topik yang telah dibuat langsung muncul di kelas secara otomatis.

2. Menambahkan Pertanyaan Terkait Absensi

Langkah berikutnya, Kamu dapat membuat pertanyaan untuk bisa diatur menjadi absensi murid. Adapun cara pembuatannya sebagai berikut :

  • Di tab bertuliskan ‘Tugas Kelas’, Kamu dapat menekan ‘Tambah’
  • Selanjutnya bakan muncul berbagai pilihan opsi.
  • Kamu tinggal pilih “Pertanyaan”.

Sesudah itu, Kamu akan diarahkan langsung ke halaman membuat soal atau pertanyaan untuk daftar absensi.

3. Melakukan Konfigurasi Absensi

Jika sudah membuat pertanyaan, cara membuat absen di Google Classroom selanjutnya tinggal melakukan pengaturan Google Platform untuk dijadikan absensi siswa. Untuk pengaturannya sebenarnya cukup mudah, sebab Kamu tinggal mengubah pilihan pertanyaan ke pilihan ganda. Opsi tersebnut nantinya dijadikan untuk absensi siswa.

Berikut cara pengaturannya :

  • Pertama-tama, Kamu bisa mengisikan Pertanyaan terlebih dahulu.
  • Karena di sini Kamu akan menjadikannya sebagai daftar absensi, silahkan isikan kolom ‘Pertanyaan’ ke deskripsi absen.
  • Setelah itu, isikan pada kolom Petunjuk mengenai cara pengisian absen.
  • Lalu untuk ‘Poin’ sendiri, Kamu dapat mengatur ke pilihan ‘Tidak Dinilai’.
  • Kemudian lakukan pengaturan ‘Tenggat Waktu’ tergantung keperluan.
  • Pada bagian ‘Topik’, Kamu dapat memilih apa topik yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Selanjutnya isikan beberapa pilihan menu sesuai kebutuhan.
  • Jika sudah, tekan ‘Kirim’ di bagian atas.

Dari sini, Kamu pun sudah sukses membuat absen untuk muridmu via Google Classroom.

Mengisi Absen di Google Classroom

Jika sudah membuat absen, kini saatnya guru memberikan daftar absen tersebut dan siswa bertugas untuk mengisinya. Adapun cara absen di Google Classroom untuk siswa adalah sebagai berikut :

1. Mengisi Absen di Google Classroom via Hp

Cara yang pertama ialah mengisi absen lewat perangkat hpmu di Google Classroom Apps. Untuk mengisi absen via online atau daring juga harus mengikuti tata caranya. Sebenarnya, cara ini juga dapat dilakukan di PC. Berikut ulasan cara absen di Google Classroom via hp :

  • Langkah pertama, masuk dan jalankan Google Classroom di hpmu.
  • Selanjutnya Kamu tinggal masuk ke dalam kelas di Google Classroom, dengan cara mengisi absen atau daftar hadir.
  • Setelah itu, Kamu tinggal cek kemudian buka menu status. Sebab biasanya guru akan memberikan menu status berjudul absen siswa. Inilah tempat untuk mengisi absen atau daftar hadir dengan benar.
  • Kamu tinggal klik kemudian tap untuk mengisi absen atau mark menandakan bahwa Kamu sudah menghadiri kelas Classroom.
  • Kemudian tekan ‘Done’ untuk membuktikan bahwa Kamu sudah hadir serta melakukan pengisian absen di Google Classroom.

2.  Mengisi Absen di Google Classroom via Google Form

Kamu juga dapat melakukan absen di Google Classroom melalui Google Form. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Langkah pertama, silahkan masuk ke dalam akun di Google Classroom terlebih dahulu.
  • Silahkan cek postingan yang sudah diunggah oleh gurumu.
  • Selanjutnya, Kamu akan melihat daftar hadir, dari situlah Kamu akan langsung diarahkan menuju Google Form dan dapat mengisi absen.
  • Tekan dan buka absen tersebut, lalu Kamu akan langsung dibawa ke Google Form. Silahkan isi nama, NPM atau NIS dan nama pelajarannya.
  • Setelah itu, Kamu cukup mengirimnya.

Kesimpulan

Dengan cara absen di Google Classroom di atas, guru bisa membuat absensi dan murid pun bisa mengisi absensi dengan mudah di Google Classroom. Keuntungan absen di Google Classroom ialah proses absensi menjadi lebih mudah. Selain itu, proses absen juga hanya membutuhkan waktu singkat.

Menariknya lagi, guru dapat langsung memantau hasil absensi siswa secara real time. Di Google Classroom, hasil data untuk absensi dapat disajikan secara rapi. Selain itu, rekap hasil dari absensi dapad di download dengan mudah.

Itulah beberapa keuntungan menggunakan Google Classroom yang memungkinkan Kamu dapat menikmati semua fiturnya. Termasuk kemudahan cara absen di Google Classroom. Semoga bermanfaat!

 

 

Related posts