Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi

Cara mengunci aplikasi di Xiaomi tidak berbeda dengan smartphone lain. Gadget asal Cina tersebut menawarkan beragam fitur menarik untuk para penggunanya, termasuk sistem keamanan.

Xiaomi punya layanan kunci aplikasi demi merahasiakan aplikasi sistem atau unduhan dengan aman dan nyaman.

Kamu bisa mengunci SMS, galeri, telepon maupun aplikasi apapun pada sistem yang sama. Walaupun kesannya simpel, namun tingkat perlindungannya cukup efektif dan tinggi.

Kamu pasti mengetahui cara mengunci aplikasi di Xiaomi semua tipe hampir sama. Bahkan, siapapun bisa memakai aplikasi ketiga bila sistem keamanannya kurang puas. Xiaomi sudah dibekali kapasitas ruang tinggi dan kamu dapat mengunduhnya via Google Play Store.

Tak hanya itu, aplikasi apapun bisa dilindungi dengan satu passcode yang sama maupun fingerprint atau facelock sesuai tipe ponselnya. Hasilnya sangat bagus dan HP Xiaomi kalian tidak akan mungkin diretas orang lain.

Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi

Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi
Mengunci Aplikasi di Ponsel Xiaomi

Kamu harus mengikuti cara mengunci aplikasi di Xiaomi paling dasar pada ulasan ini. Kalian cukup memahami prosedurnya sesuai sistem keamanan bawaan ponselnya. Hal itu berarti tidak perlu mengunduh aplikasi ketiga untuk memperoleh passcode.

Kamu juga dapat memakai pola, password maupun facelock sekalipun dengan menyesuaikan tipe HP Xiaomi yang digunakan saat ini.

Mengunci Aplikasi di Xiaomi Tanpa Aplikasi

Beberapa langkah mengunci aplikasi di ponsel Xiaomi tanpa aplikasi tambahan adalah :

  • Pertama, bukalah menu Setting atau Pengaturan dari HP Xiaomi kalian.
  • Geser layar ke bawah hingga menuju opsi Setelan Aplikasi, lalu muncul sejumlah pilihan dan tekan tombol Kunci Aplikasi.
  • Kemudian, masukkan kunci pola untuk mengunci aplikasi yang diinginkan.
  • Ulangi passcode tersebut untuk memverifikasi bahwa aplikasi yang dipilih akan dikunci.
  • Berikutnya, kalian akan diminta untuk memilih aplikasi mana saja yang bakal dirahasiakan.
  • Apabila aplikasinya sudah dipilih, maka bisa menggeser ke kanan tombol yang tersedia hingga berubah warna menjadi biru. Jika aplikasinya sudah terkunci, maka bakal muncul di bagian paling atas.
  • Selesai

Panduan ini dinilai paling cepat dan mudah lantaran tidak butuh aplikasi lain. Kalian boleh menentukan aplikasi mana saja yang ingin dikunci.

Xiaomi telah menyediakan sistem keamanan dengan kunci sandi terbaik untuk memberi kenyamanan bagi penggunanya.

Tak hanya itu, inovasinya semakin berkembang dengan menghadirkan fitur sidik jari dan facelock. Siapa saja tidak harus menuruti keamanan pakai pola seperti di atas, namun berhak pakai fingerprint bila ponselnya punya sensor sidik jari.

Kendati demikian, panduan ini hanya bisa diterapkan oleh mereka yang punya HP Xiaomi versi MIUI 8 ke atas. Apabila versinya belum sama bahkan masih di bawahnya, maka perlu memakai aplikasi tambahan yang bakal di bahas pada ulasan selanjutnya.

Mengunci Aplikasi di Xiaomi dengan Aplikasi

Cara mengunci aplikasi di Xiaomi berikutnya adalah memakai aplikasi ketiga. Kalian bisa mengunduhnya via Google Play Store dan banyak sekali aplikasi keamanan terbaik.

Akan tetapi, beberapa orang menyarankan untuk memakai 360 Security dan AppLock.

Hal ini dikarenakan keduanya sangat populer dan paling banyak digunakan pengguna android. Prosedur pemakaian keduanya akan dibahas melalui uraian lengkap seperti berikut :

1. Kunci Aplikasi di Xiaomi dengan 360 Security

360 Security telah dikenal sebagai aplikasi multifungsi. Bagaimana tidak, software ini bukan sekadar mengunci aplikasi namun juga anti virus, shortcut, mempercepat performa ponsel dan masih banyak lagi.

Bagi kalian yang ingin memakainya sebagai pengunci aplikasi, maka perlu memperhatikan ulasan singkat selanjutnya.

Beberapa langkah mudah merahasiakan aplikasi di HP Xiaomi dengan 360 Security adalah :

  • Bagi kalian yang belum punya aplikasinya, maka bisa mengunduh 360 Security di Google Play Store dari HP Xiaomi terlebih dahulu.
  • Buka aplikasinya, lalu geser layar ke bawah hingga kalian menemukan menu AppLock, lalu tekan opsi tersebut.
  • Kalian akan menemukan pilihan aplikasi yang bakal dikunci. Kamu bisa menandai beberapa aplikasi yang ingin dirahasiakan, lalu tekan tombol Lock.
  • Kemudian, kamu akan diminta input passcode berupa pola maupun PIN.
  • Buatlah pola atau PIN yang mudah diingat, lalu aktifkan menu izinkan aplikasi dan tekan tombol Confirm, kalian pun bakal diarahkan ke menu Setting.
  • Tekan pada 360 Security dan hidupkan Permit Drawing Over Other Apps sampai On.
  • Selesai

Aplikasi pilihan kamu sudah terkunci dengan menggunakan panduan di atas. Siapa saja pasti bisa memakai 360 Security yang sangat multifungsi.

Kalian tidak akan mengalami kebocoran data selama memasang aplikasi tersebut. Hal ini dikarenakan perangkatnya juga berfungsi sebagai anti maling.

2. Kunci Aplikasi di Xiaomi dengan AppLock

AppLock sangat berguna untuk mereka yang ingin mengunci aplikasi di HP Xiaomi. Siapa saja bisa memanipulasi aplikasi supaya orang lain tidak dapat membukanya, seperti menampilkan pesan error maupun mengubah icon aplikasi yang dikunci.

Kamu bisa memakai AppLock sebagai pengunci aplikasi pada HP Xiaomi dengan mengikuti tutorial seperti berikut :

  • Langkah pertama adalah unduh aplikasi AppLock via Google Play Store terlebih dahulu.
  • Apabila sudah diunduh, tekan tombol Install dan buka aplikasinya.
  • Tekan tombol Start untuk meneruskan pemakaiannya. Kemudian, kamu akan melihat daftar aplikasi sistem maupun unduhan di dalamnya.
  • Kamu bisa memilih dan menentukan aplikasi mana saja yang ingin dikunci.
  • Pilih menu Lock untuk memulai kunci aplikasi. Kamu akan disuruh membuat passcode (pola atau PIN) dengan menekan tombol Change to PIN Codde di atasnya.
  • Kamu bakal disuruh membuat pertanyaan keamanan dengan jawabannya. Disarankan membuat keduanya dengan hasil termudah supaya bisa mengubah passcode jika lupa.
  • Izinkan aplikasi AppLock untuk bekerja dengan menekan tombol App Permission, lalu tekan tombol Enable dan akan diteruskan ke menu pengaturan untuk menghidupkkan izin aplikasinya.
  • Selesai

Aplikasi pilihanmu sudah terkunci jika berhasil menyelesaikan prosedur di atas. Aplikasi AppLock dibekali beragam fitur seperti Advance dan Fake Icon yang keduanya punya peran penting untuk mencegah tangan-tangan jahil memainkan ponsel kalian.

Selain itu, kamu juga bisa memakai Disguise Lock untuk menampilkan pesan error. Break in Alerts berfungsi sebagai kamera selfie untuk memotret wajah siapapun yang jahil memaksa buka sandi ponselnya.

Manfaat Mengunci Aplikasi di Xiaomi yang Harus Diketahui

Cara mengunci aplikasi di Xiaomi rupanya memberi manfaat bagi penggunanya. Pertama, siapapun tidak bisa mengakses ponsel kalian.

Privasi data yang tersimpan akan selalu terlindungi dan sulit dilihat siapapun. Anak-anak juga kesulitan mengakses konten tertentu yang tidak pantas mereka lihat.

Terakhir, aplikasi yang sering digunakan juga tidak akan dipakai orang tertentu yang kurang bertanggung jawab.

Kalian bisa mendapat semuanya dengan memakai sistem keamanan bawaan ponsel atau bantuan aplikasi ketiga.

Kamu pun tidak boleh membagikan passcode sembarangan lantaran kodenya sangat rahasia dan bisa membuka semua privasi kalian.

Jangan pernah meminta bantuan siapapun untuk membuka ponsel jika di dalamnya terdapat hal-hal bersifat pribadi.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...