Cara Bikin Email Baru

Berkirim pesan lewat surat kabar atau lamaran kerja lewat surat di kantor pos, kini sudah bukan zamannya lagi. Apalagi di era industri 4.0 saat ini, era digitalisasi yang mendominasi memudahkan berbagai aktivitas dapat dilakukan dalam sekejap mata. Kamu hanya perlu email untuk terintegrasi ke berbagai akses aplikasi, salah satunya email dari Google bernama Gmail. Cara bikin email baru tentunya mudah sekali, sama seperti membuat meail pertama kali.

Selain Gmail dari Google, Yahoo juga memiliki Yahoo Mail untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan. Kamu bahkan bisa membuat email yang baru memakai hp, sebab dinilai lebih praktis, mudah dan cepat. Apalagi kini ponsel diggunakan untuk multitasking, jadi semuanya hampir bisa dilakukan lewat hp, termasuk buat email baru lewat hp.

Read More

Cara Bikin Email Baru

Cara Bikin Email Baru
Panduan Bikin Email Baru Lewat Hp

Tutorial Cara Buat Email Baru Lewat Hp

Mungkin sebelumnya Kamu pernah memiliki email, tapi karena jarang sekali digunakan, akhirnya lupa password atau mungkin ingin buat email yang lebih profesional. Karena email lamamu hanya dipakai untuk akses ke media sosial, dengan nama akun yang ‘alay’. Tapi, berhubung sudah lama sekali tidak membuat email, Kamu pun lupa bagaimana cara bikin email baru.

Tenang saja, tutorial buat email baru lewat hp berikut bisa Kamu praktekkan. Ada 2 metode yang bisa Kamu coba, yaitu untuk membuat email gmail dan Yahoo Mail. Cek informasi selengkapnya di bawah ini :

Terkait:  Cara Buat Gmail Baru

1. Buat Email Gmail yang Baru

Salah satu layanan surel atau surat elektronik yang kini paling banyak dipakai ialah Gmail alias Google Mail. Biasanya akun ini wajib dipakai untuk OS android. Karena seluruh aplikasi android terhubung dengan Gmail, jadi pentings sekali memiliki gmail untuk mendaftar berbagai aplikasi android.

Berikut panduan cara buat email baru lewat hp untuk Gmail, diantaranya :

  • Silahkan buka web browser di perangkat hp, boleh pakai Google Chrome, maupun sejenisnya.
  • Kamu bisa memasuki halaman khusus untuk membuat akun Google di link berikut accounts.google.com/signup.
  • Inputkan data terkait sesuai permintaan. Kamu harus mengisi nama belakang dan nama depan.
  • Selanjutnya isikan username sesuai keinginan. Nama pengguna ini biasanya menjadi akun email yang nantinya berakhiran ‘@gmail.com’. Apabila username yang diinginkan sudah dipakai orang lain misalnya, Kamu perlu memilih nama yang lain.
  • Sesudah menemukan username yang cocok misalnya, Kamu bisa lanjut buat email yang baru dengan cara menginputkan password atau kata sandi. Pakai password setidaknya terdiri dari 8 karakter kuat dan unik, untuk keamanan akun emailmu.
  • Setelah itu, tekan ‘Berikutnya’ di samping kanan bawah, silahkan lanjutkan pengaturan pada akun gmailmu, di langkah selanjutnya.

2. Buat Email Baru di Hp Untuk Yahoo Mail

Yahoo Mail sempat popular di zamannya, apalagi dulu terkenal karena ada fitur YM atau Yahoo Messenger. Untuk buat email baru lewat hp untuk Yahoo Mail, Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut :

  • Silahkan buka situs we Yahoo Mail lewat perangkat hpmu. Caranya buka web browser di hp, kemudian masuk ke halaman https://login.yahoo.com/account/create  sebagai halaman khusus untuk pembuatan akun YM.
  • Selanjutnya Kamu tinggal melakukan pengisian data sesuai yang diminta pihak Yahoo. Pastikan melengkapi data-data yang diisi. Kamu bisa memilih username yang akan dipakai. Username inilah yang menjadi akun email berekstensi “@yahoo.com”. Silahkan pilih nama lain apabila nama yang diinginkan sudah dipakai orang.
  • Jika sudah, tinggal inputkan password yang ingin dipakai. Sebaiknya pastikan Kamu memakai 8 karakter password yang unik dan kuat. Cara bikin email baru lewat hp pun selesai, setelah Kamu mengklik ‘continue’ serta memasuki opsi pengaturan lanjutan.
Terkait:  Cara Mengganti Password Email

Nah, kedua jenis email diatas bisa Kamu pakai untuk berbagai macam keperluan. Mulai dari pengiriman data-data atau file penting, mengirimkan surat lamaran atau CV, maupun yang lainnya. Di samping itu, bisa juga mempunyai 2 email di Yahoo Mail maupun di Gmail.

Perbandingan Kelebihan Kekurangan Gmail dan Ymail

Untuk mengetahui perbandingan mana yang lebih baik antara Gmail dan Yahoo Mail, mari kita simak ulasannya berikut :

1. Kelebihan Yahoo Mail

Yahoo Mail meskipun sudah ada sejak dulu, masih memiliki banyak kelebihan di mata penggunanya, berikut ini :

  • Sebagai media untuk surat menyurat
  • Termasuk platform yang menyediakan layanan gratis.
  • Menyediakan banyak fasilitas menarik
  • Dapat mempermudah berkomunikasi dengan orang
  • Yahoo memiliki fitur bernama Yahoo! Messenger lewat Yahoo! Mail, inilah yang membuat pengguna email dari Yahoo bisa saling berkirim messenger saat sedang membuka surel.

2. Kekurangan Yahoo Mail

Hanya saja selain kelebihan, Yahoo juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya :

  • Dalam satu ID hanya dipakai untuk Yahoo saja, Kamu tidak bisa menggunakannya untuk MSN dan IM, atau produk Windows.
  • Skin Yahoo Messenger masih terbilang sangat simpel, berbeda dengan IM yang tersedia cukup banyak.
  • Banyak disalahgunakan, sebab pembuatan ID yahoo terlalu mudah.

3. Kelebihan Gmail

Dibandingkan Yahoo, Gmail memang menyimpan banyak kelebihan, sebagai berikut :

  • Dapat Menyortir Email. Mirip seperti program desktop email, baik itu Apple Mail (Mac), Microsoft Entourage (Mac), dan Apple Mail (Mac). Gmail dapat menyortir email, melakukan kategorisasi email, memfilter email serta menuliskan email. Email Google hanya memerlukan akses internet stabil dan ringan. Maka dial up dapat dilakukan, asalkan tak tersendat-sendar.
  • Kapasitas Hampir Tak Terbatas. Karena sudah bertahun-tahun memakai Gmail dan tidak menghapus satupun inbox email, namun kapasitas yang terpakai tidak sampai 20%. Karena itu, Gmail  bisa dibilang sebagai email yang kapasitasnya unlimited.
  • Terintegrasi oleh aplikasi Google yang lainnya. Ada beberapa diantaranya yaitu Spreadsheet and Google Docs serta Google Calendar. Saat Kamu menerima email beserta attachment, berbentuk Excel dan Word misalnya, Kamu pun bisa membacanya langsung lewat Spreadsheet. Sementara saat menerima meeting invitation, Kamu bisa menyimpannya langsung pada Google Calendar.
  • Pop dan Forwarding, Google juga memberikan layanan POP and forwarding, baik kepada pengguna gratisan maupun berbayar. POP dipakai untuk mengunduh email dari Google Mail ke komputer rumahmu sehingga bisa dibaca dengan cara offline. Sedangkan forwarding dipakai untuk pengiriman pesan masuk ke Google Mail, untuk dikirimkan ke email lainnya dengan otomatis.
Terkait:  Cara Backup Kontak ke Gmail

4. Kekurangan Gmail

Tapi pada kenyataannya Gmail juga masih mempunyai beberapa kekurangan, diantaranya :

  • Tidak memiliki fitur drag and drop. Dimana fitur ini sebenarnya sudah didukung di Yahoo, tapi sayangnya Gmail tidak memilikinya. Meskipun tampak simpel, tapi user pada dasarnya menyukai kepraktsan, dibandingkan mesti mengecek seluruh email lalu pilih folder lainnya saat memindahkan email.
  • Fitur Delete. Untuk shortcut keyboard memang sudah tersedia di Gmail, tapi shortcut penghapusan email sendiri bukan berbentuk tombol yang sering dipakai. Seperti ‘delete’ pada keyboard, melainkan tombol ‘#’.
  • Fitur Label. Dimana Gmail tak menyediakan layanan pembuatan folder yang baru, melainkan hanya berbentuk pemberian label baru pada tiap-tiap email. Layanan ini mempunyai kekurangan yaitu email masih tetap tampil pada kotak inbox.

Itulah perbandingan kekurangan dan kelebihan Gmail dan Yahoo Mail. Dengan mengetahui perbandingan keduanya, Kamu tinggal pilih mana email yang akan Kamu pilih. Selanjutnya Kamu tinggal praktekkan cara bikin email baru sesuai email yang Kamu pilih.

 

Related posts