Cara Install Chrome OS

Operating System (OS) Chrome biasanya hanya dipakai untuk para pengguna Chromebook, namun kini telah tersedia bagi perangkat lain. Metode ini juga dapat dijadikan solusi yang tepat bagi Linux atau Windows, kamu bisa mengoperasikannya tanpa instalasi. Sebagian mungkin bertanya, bagaimana cara install Chrome OS? Simak tutorialnya disini!

Sebenarnya Chrome OS dirancang untuk Chromebook supaya lebih sederhana dan ringan. Termasuk salah satu OS yang paling sederhana dan bisa kamu dapatkan. Sementara itu, Chromium OS sendiri merupakan salah satu versi open source Chrome OS yang tidak resmi. Biasanya dapat bekerja di seluruh perangkat, seperti Linux, Windows dan Mac.

Cara Install Chrome OS

Cara Install Chrome OS
Install Chrome OS di Windows XP

Tutorial Install Chrome OS di Windows XP

Meskipun sebenarnya OS Chrome sendiri dikembangkan bagi perangkat Netbooks, tapi sebagian orang mungkin ingin mencoba OS Chrome di PC mereka. Salah satunya bagi pengguna Windows XP. Disini kita akan mencoba cara install Chrome OS di Windows XP.

Namun sebelumnya, kamu harus mendownload versi chromium terbaru untuk perangkatmu. Kamu juga membutuhkan perangkat PC, program Etcher, dan USB berkapasitas 4GB minimal. Kamu bisa memakai tautan Etcher untuk mengunduhnya di Windows. Selain itu, unduh pula 7-Zip di Windows yang akan kamu pakai.

Terkait:  Cara Install Playstore di Huawei Matepad

Setelah itu persiapkan USB dan pastikan datanya masih kosong, supaya proses transfer data bisa berjalan lancar. Setelah mempersiapkan semuanya, kamu bisa mengikuti panduan cara install Chrome OS berikut :

1. Download Chromium OS

Kamu harus memperoleh Chromium OS dari sumber lainnya, sebab Google tidak menyediakan Chromium OS secara resmi. Temukan banyak platform website yang menyediakan Chromium gratis,namun disarankan memakai versi Arnold the Bat. Selanjutnya, ada list versi Chromium yang berderet panjang, karena versi ini selalu diperbarui. Silahkan ikuti instruksi di situs web kemudian unduh versi Chromium terbaru.

2. Ekstrak Gambar Memakai 7-Zip

Cara install Chrome OS selanjutnya, setelah unduhan selesai, kamu harus melakukan ekstrak gambar memakai 7-Zip. Silahkan klik kanan file yang kamu download lalu ekstrak data pada folder yang baru. Waktu yang dibutuhkan untuk ekstrak gambar biasanya hanya beberapa menit saja.

3. Persiapkan Drive USB

Persiapkan USB untuk melakukan boot Chromium, lalu colokkan ke dalam sambungan USB di PC kamu. Jika memakai Windows, kamu bisa mencari USB pada My Computer, kemudian klik kanan lalu klik Quick Format. Saat tampilan pop up muncul, kamu bisa memilih FAT32 yang dijadikan sistem file kamu, lalu tekan Start. 

4. Pasang Gambar Chromium dengan Etcher

Cara install OS Chrome selanjutnya adalah download Etcher memakai link yang telah disediakan sebelumnya. Kemudian kamu lakukan langkah-langkah berikut :

  • Jalankan program Etcher.
  • Tekan opsi ‘Pilih Gambar’, lalu cari gambar OS Chromium yang sudah didownload sebelumnya, kemudian tambahkan.
  • Klik opsi ‘Select Drive’, lalu pilih drive USB yang telah dipersiapkan.
  • Lakukan Hit Flash, kemudian Etcher selanjutnya menginstal Chromium yang bisa dilakukan boot ke dalam USB kamu.
Terkait:  Cara Install Node JS di Windows

Biasanya proses ini memerlukan waktu selama beberapa menit. Jika sudah selesai, silahkan tunggu Etcher untuk melakukan verifikasi jika semuanya sudah berfungsi sesuai harapan. Kini kamu sudah siap menginstal Chromium pada PC kamu.

5. Restart PC dan Aktifkan Drive USB di Boot Options

Jalankan BIOS dengan tujuan untuk pengaturan USB yang nantinya dijadikan perangkat boot. Tidak semua perangkat mempunyai tampilan BIOS sama, namun kamu harus mencari pilihan ‘Boot Manage’. Silahkan tetapkan USB untuk perangkat boot yang utama, lalu restart komputer atau PC lagi. Tekan F8 atau Ff12 untuk menjalankan BIOS.

6. Lakukan Boot ke Dalam Chrome OS Tanpa Instalasi

Kamu tidak perlu melakukan instalasi, serta tidak perlu menghabiskan ruang pada hard drive. Lakukan boot secara langsung pada perangkat USB tanpa melakukan instalasi, sehingga OS utama kamu tidak terpengaruh. Silahkan atur Chrome OS memakai akun Google. Kamu kini bisa memakainya hanya untuk berselancar di internet.

Apa Saja Keunggulan Memakai Chrome OS?

Sebenarnya OS bawaan dari Chromebook ini menawarkan banyak fitur menarik dan kamu mungkin tidak bisa menjumpainya di OS lainnya. Chrome OS merupakan OS yang simpel, aman dan cepat. Ada beberapa keunggulan lainnya memakai Chrome OS berikut ini :

1. User Friendly dan Simpel

Chrome OS memiliki tampilan yang user friendly dan mudah dipahami para penggunanya. Melalui tampilan sederhana tersebut, kamu bisa menemukan aplikasi tertentu yang kamu perlukan melalui menu yang ada.

2. Baterai Lebih Tahan Lama

Untuk menghemat daya baterai laptop, alangkah baiknya memakai Chrome OS. Biasanya Chrome OS dari Chromebook memberikan pengalaman memakai laptop sampai penggunaan 12 jam untuk sekali charge. Namun kamu juga harus tahu, biasanya ketahanan baterai bisa menurun seiring usia penggunaan laptop.

Terkait:  Cara Instal Epson L120

3. Dapat Membuka Microsoft Office

Kamu bisa mengakses Microsoft Office memakai Chrome OS. Selain itu, kamu juga dapat menginstal aplikasi, baik itu Powerpoint, Microsoft Word dan Excel melalui Play Store.

4. Dapat Diakses Offline

Kamu jangan khawatir, karena Chrome OS tetap dapat dijalankan meskipun kamu sedang tidak bisa mengakses internet. Prograam Chrome OS di laptop Chromebook bisa digugnakan saat mengakses berbagai macam dokumen serta menyelesaikan beberapa pekerjaan. Kamu bahkan bisa membuka email secara offline.

Untuk mengakses layanan offline, kamu harus mengaktifkan opsi pre download content, serta aktifkan pula offline access. Sehingga kamu dapat membuka email dan dokumen dengan cara offline dalam waktu tertentu.

5. Fitur Backup Otomatis

Jika kamu terkoneksi jaringan internet, maka Chrome OS bisa melakukan pencadangan otomatis terhadap file atau dokumen yang disimpan. Kamu juga tidak perlu lagi khawatir jika laptop rusak, sementara didalamnya masih ada beberapa dokumen penting.

Caranya hanya perlu membuka aplikasi Google Drive, lalu cek semua file yang sudah kamu backup sebelumnya.

6. Mendukung Picture in Picture

Kamu bisa meningkatkan produktivitasmu sembari menonton konten video menarik atau viral secara streaming. Saat sedang bekerja, kamu juga dapat menampilkan jendela kecil pada layar untuk menyaksikan video tersebut.

7. Dapat Mengoperasikan Aplikasi Android

Melalui Chrome OS, kamu juga bisa mengoperasikan aplikasi android. Kamu bisa memasang aplikasi-aplikasi perangkat android di Play Store. Seperti memasang Microsoft Team, Google Meet, Zoom maupun aplikasi android lainnya.

8.Booting Super Cepat

Saat membuka Chromebook, kamu juga tidak perlu menunggu lama saampaai bisa mengakses layar kerja. Melalllui Chrome OS, kamu bisa boot hanya hitungaan deteitk saja saat laptop dinyalakan pertama kali.

9. Anti Malware

Di dalam Chrome OS biasanya sudah terpasang verified boot. Jadi setiap kali perangkat Chromebook dinyalakan, maka sistem langsung melakukan pengecekan keamanan. Tidak terkecuali untuk aplikasi yang telah berjalan di latar belakang untuk mencegah masuknya malware.

Namun meskipun kamu tidak memakai Chromebook, kamu tetap bisa merasakan beberapa keunggulan Chrome OS setelah mengikuti cara install Chrome OS di Windows XP di atas!

 

Related posts