2 Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee, Ini Syaratnya!

Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee
Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee

WIGATOS.com | Pernahkah kamu salah membeli produk di Shopee? Jika pernah, cara ajukan pengembalian barang di Shopee perlu diketahui. Kamu berhak mengembalikannya, apalagi kalau kesalahan tersebut dilakukan oleh penjualnya.

Shopee sudah menjadi salah satu e-commerce terbaik di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Tak ayal, banyak orang yang memasarkan produk kerap kali salah mengirim barang pesanan konsumennya. Jangan heran keluhan apa pun sering terdengar, bahkan bernada sindiran pedas untuk seller Shopee.

Read More

Konsumen yang mengalami kerugian tersebut, diwajibkan untuk segera mengembalikan barangnya ke pedagang terkait. Mereka akan langsung memproses produk pesananmu setelah item yang dikembalikan sudah diterima. Di samping itu, kamu wajib memahami dan mengetahui semua persyaratan yang ada.

Ketentuan dan Syarat Pengembalian Barang di Shopee

Pelanggan yang akan mengembalikan barang di Shopee, diwajibkan memahami ketentuan dan syaratnya terlebih dulu. Berikut poin-poin penting yang perlu diperhatikan, yakni:

  • Pengembalian barang bisa dilakukan jika pesanan belum diterima, rusak, serta tidak sesuai dengan produk yang dipesan.
  • Penjual berhak menolak pengembalian barang dari pembeli kalau alasannya tidak kuat, misalnya berubah pikiran, dll.
  • Pengembalian barang harus mendapatkan persetujuan dari penjual.
  • Pembeli dan penjual harus mempunyai kesepakatan jika terjadi sesuatu terhadap barang pesanan ketika akan melakukan pengembalian produknya.
  • Batas waktu pengembalian barang tidak melampaui masa garansi Shopee.
  • Pembeli belum menyelesaikan proses transaksi pesanan dengan mengetuk opsi Pesanan Diterima dari akun Shopee masing-masing.
  • Pembeli wajib melampirkan bukti kesalahan pesanan ketika produk diterima.
  • Pengembalian dana bakal disetujui jika penjual sudah menerima produk yang sudah dikembalikan.
  • Uang akan dikembalikan berupa saldo ShopeePay berdasarkan metode pembayaran yang dilakukan sebelumnya.

Solusi Pengembalian Barang di Shopee

Kami tegaskan bahwa pengembalian barang maupun dana di Shopee, dipastikan hanya berlaku untuk kondisi tertentu saja. Di samping itu, barangnya berlaku untuk pembelian di Shopee Mall maupun Star Seller dan sejenisnya. Berikut merupakan rangkuman solusi dalam mengatasi hal tersebut, yaitu:

  • Non Shopee Mall: Waktu pengembalian barang dilakukan paling lambat 7 hari sejak input resi, atau maksimal 2 hari sesudah status pengiriman terkirim (khusus penggunaan resi Shopee).
  • Shopee Mall: Waktu pengembalian barang atau dana dilakukan selama 3-5 hari sesudah pesanan tiba di gudang Shopee.

Tips Pengembalian Barang di Shopee Supaya Diterima

Kamu pasti ingin pengajuan pengembalian barang di Shopee diterima, kan? Oleh karena itu, rahasianya akan diketahui melalui tips-tips berikut:

  • Memberikan bukti pengembalian barang yang lengkap dan sesuai dengan persyaratan, contohnya rekaman video pembukaan pesanan (unboxing).
  • Menyimpan nomor resi untuk retur Shopee Mall, apalagi ketika kamu akan mengirimkan kembali produk tersebut.
  • Memberikan alasan yang kuat dan logis, contohnya produk yang diterima rusak atau tidak sesuai dengan deskripsi dan foto di etalase tokonya.

Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee

Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee
Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee

Setiap pembeli di Shopee pasti ingin menerima barang pesanan dalam keadaan bagus, kan? Tak dapat dimungkiri berbagai macam kesalahan sering terjadi. Bahkan, tidak jarang konsumen akhirnya memutuskan untuk mengembalikan barang tersebut.

Jika kamu sedang mengalaminya, jangan melakukannya sembarangan lho. Kamu harus mengikuti tutorial dari kami, supaya permintaan pengembalian bisa diterima dan langsung diproses. Semuanya hanya bisa ditemukan lewat pembahasan artikel ini.

Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee

Bagi kamu yang menerima produk tidak sesuai dengan deskripsi dan foto diluar Shopee Mall, panduan pengajuan pengembalian barangnya dapat disimak sebagai berikut:

Langkah 1: Buka Aplikasi Shopee

Kamu bisa membuka aplikasi Shopee terlebih dulu. Pada halaman utama, ketuk opsi Saya yang berada di samping kanan bawah.

Langkah 2: Pilih Menu Dikirim

Pada bagian Saya, kamu akan melihat semua fitur dan menu yang tersedia. Untuk memulai proses pengembalian barang, ketuk opsi Dikirim pada bagian status pengiriman produk.

Langkah 3: Cari Barang yang Ingin Dikembalikan

Jika tombolnya sudah ditekan, maka kamu bisa melihat semua daftar barang yang telah atau sedang dikirim. Cari dan tentukan salah satu produk yang benar-benar ingin dikembalikan. Kalau sudah dipilih, tekan tombol Ajukan Pengembalian.

Langkah 4: Pilih Menu Status Pengajuan

Kamu bisa mengetuk opsi Status Pengajuan, kemudian pilihlah semua barang yang akan diajukan pengembalian ke seller Shopee. Jika sudah, klik Selanjutnya.

Langkah 5: Berikan Alasan

Pada halaman berikutnya, kamu dapat menekan tombol Alasan. Berikan alasan pengembalian barang yang kuat seperti saran kami sebelumnya. Jika sudah diisi, tekan tombol Konfirmasi.

Langkah 6: Unggah Foto Bukti Pendukung

Kamu harus mengunggah foto-foto bukti barang yang akan dikembalikan. Lampirkan gambar produk yang ingin ditukar, mulai dari seluruh permukaan dalam keadaan rusak atau tidak sesuai dengan deskripsi.

Langkah 7: Tambahkan Keterangan

Lampirkan keterangan tambahan untuk memperkuat alasanmu dalam mengembalikan barang tersebut (jika ada). Caranya dengan menulisnya di kolom Keterangan.

Langkah 8: Klik Kirim

Jika semua informasi dan bukti pendukung sudah dilampirkan, tekan tombol Kirim dan tunggu beberapa saat sampai pengajuan pembelian barang di Shopee langsung diproses.

Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee Mall

Bagi kamu yang ingin mengembalikan barang di Shopee Mall, prosedurnya tidak jauh beda dengan panduan sebelumnya lho. Jangan lupa menyiapkan bukti-buktinya agar pengajuanmu diproses, sedangkan tutorialnya dapat disimak di bawah ini:

Langkah 1: Buka Aplikasi Shopee

Kamu bisa membuka aplikasi Shopee melalui HP masing-masing. Kemudian, ketuk opsi Saya untuk membuka profilmu di bagian kanan bawah.

Langkah 2: Pilih Menu Pesanan Saya

Jika halaman profil sudah dibuka, kamu dapat mengecek bagian Pesanan Saya dan dilanjutkan dengan menekan tombol Dikirim.

Langkah 3: Cari Pesanan yang Ingin Dikembalikan

Pada bagian tersebut, cari salah satu atau beberapa barang yang benar-benar ingin dikembalikan. Cek kembali kalau produknya memang tidak sesuai dengan pesanan yang diinginkan. Jika sudah ketemu, ketuk opsi Ajukan Pengembalian di sebelah kiri.

Langkah 4: Beri Alasan

Kamu perlu memberikan alasan yang logis, mengapa produk tersebut memang wajib dikembalikan ke seller Shopee, misalnya catat atau rusak, hingga tidak sama dengan foto dan keterangan di etalase.

Langkah 5: Klik Kirimkan Pengembalian Barang

Jika alasannya sudah ditulis dengan benar, langkah terakhir adalah menekan tombol Kirimkan Pengembalian Barang. Kamu hanya perlu menunggu sampai penjual Shopee menerima, sekaligus memproses permintaan retur nya.

Cara Mengirim Paket Pengembalian Shopee

Bagi kamu yang sudah menerima persetujuan untuk pengembalian barang di Shopee, biasanya akan menerima tiga opsi berbeda yaitu Atur Sendiri, Pengambilan dan Pengiriman saat mengembalikan paketnya. Durasinya maksimal 5 hari dan jika ingin diatur sendiri, ikuti tutorial di bawah ini:

  • Buka aplikasi Shopee di HP kamu.
  • Pilih menu Rincian Pengembalian.
  • Klik Lihat Instruksi untuk mengetahui petunjuk pengiriman paketnya.
  • Pilih menu Upload Resi.
  • Kemudian, masukkan nomor resi dan tambahkan fotonya ke kolom tersedia.
  • Atur jasa kirim yang diinginkan, mulai dari J&T Express, Indo Paket (Indomaret) atau Alfatrex (Alfamart).
  • Pilih menu Download atau Email Saya supaya kamu bisa menerima label pengembalian barangnya.
  • Tempelkan labelnya ke paket yang akan dikirim melalui jasa kirim pilihanmu.
  • Cantumkan kode booking pada bagian paketnya.
  • Terakhir, segera antar paket tersebut ke gerai atau kantor cabang jasa kirim terdekat.

Demikian tutorial tentang cara ajukan pengembalian barang di Shopee, serta panduan pengiriman paketnya khusus diatur sendiri. Jangan lupa pahami persyaratannya sebelum produknya dikembalikan. Semoga membantu!

Related posts