Cara Naik Pesawat

  • Whatsapp

Bagaimana cara naik pesawat? Pesawat adalah salah satu moda transportasi di Indonesia yang bisa dijadikan andalan bagi yang ingin bepergian melintasi antar pulau maupun antar kota dengan cepat. Kehadirannya cukup ampuh untuk memangkas waktu yang terbilang lama jika menggunakan perjalanan darat maupun transportasi melalui perairan.

Tidak bisa dipungkiri beberapa orang mungkin saja merasa takut ketinggian untuk menggunakan armada transportasi udara, karenanya tak heran jika banyak orang lebih memilih transportasi lain. Padahal sebenarnya, perbedaan waktu menggunakan pesawat jika dibandingkan transportasi lainnya bisa mencapai tiga kali lebih cepat. Karenanya menaiki pesawat bisa dibilang lebih efisien, praktis dan cepat.

Read More

Bagi kamu yang ingin mencoba naik pesawat, tentu ada tahapan – tahapan yang harus kamu patuhi. Selain itu, sebelumnya harus melakukan berbagai persiapan dengan baik. Karena jika tidak, maka dapat dipastikan kamu akan merasa kebingungan ketika berada di bandara.

Cara Naik Pesawat

Cara Naik Pesawat
Menaiki Pesawat Mudah

Tips Naik Pesawat

Jika Kamu baru pertama kali bepergian dengan menggunakan pesawat, maka ada beberapa tips cara naik pesawat dengan aman, diantaranya sebagai berikut :

1. Jangan Pergi Sendiri

Tips ini dikhususkan bagi kamu yang baru pertama kali naik pesawat. Sarannya adalah ajak teman atau kerabat yang tentunya sudah pernah naik pesawat sehingga kamu bisa menanyakan langkah –langkahnya dengan tepat. Dengan begitu Kamu bisa faham jika suatu saat harus bepergian sendirian menggunakan dengan pesawat terbang.

2. Harus Tepat Waktu

Berbeda dengan terminal, bandara tak jauh berbeda dari stasiun dalam hal pengaturan jadwal. Biasanya bandara akan selalu mematuhi jadwal dengan tepat, agar tidak bentrok dengan tujuan keberangkatan lainnya. Selain itu, ketepatan waktu menggunakan moda transportasi pesawat dan kereta api sendiri dikarenakan padatnya traffic yang menuju satu kota ke kota lainnya.

Terkait:  Cara Naik MRT

Bagi kamu yang baru pertama kali, usahakan harus sudah ada 1 jam sebelum keberangkatan apabila melakukan perjalanan domestik. Sementara jika kamu akan bepergian ke lintas negara usahakan 2 jam sudah berada di bandara sebelum keberangkatan.

Cek terlebih dahulu jadwal keberangkatan dan estimasikan jarak dari rumah kamu ke bandara. Setelah itu perkirakan bagaimana caranya agar kamu sampai ke bandara tiba 1 jam atau 2 jam sebelum berangkat.

Tujuan harus berada paling minimal 1 jam sebelum berangkat adalah agar kamu ada waktu lebih untuk melakuka antrean baik pengecekan tiket maupun pengecekan barang.

3. Pesiapkan Tiket Pesawat yang Sudah Dibeli

Cara naik pesawat pertama kali, ketika Kamu masuk bandara adalah membeli tiket dan pengecekan tiket. Sekarang ini tiket pesawat bisa dalam bentuk digital sehingga Kamu wajib mempersiapkan baterai ponselmu dalam keadaan full terisi.

Selain itu, siapkan juga data diri berupa KTP maupun SIM untuk perjalanan domestik dan paspor untuk perjalanan internasional. Jika sudah selesai maka berikutnya usai pemeriksaan tiket digital, petugas akan memberikan tiket fisik.

4. Mengecek Barang Bawaan

Cara naik pesawat berikutnya ialah pengecekan barang bawaan. Barang bawaan akan di periksa oleh petugas sebelum kamu masuk ke boarding room . Silahkan barang bawaan apapun itu termasuk hp, ikat pinggang, jam tangan dan lain sebagainya ke tempat yang sudah disediakan. Pada proses ini kamu tidak perlu tergesa-gesa ketika sedang mengecek barang. Setelah selesai dilakukan pemeriksaan, Kamu pun bisa membawa kembali barang bawaan.

5. Masuk ke Boarding Room

Bandara selalu memiliki tempat ruang tunggu pesawat atau biasa dikenal juga sebagai istilah boarding room. Tahapan ini bisa dibilang sebagai tahapan akhir cara naik pesawat, sebelum ada pemberitahuan terkait jadwal keberangkatan pesawat.

Namun kamu harus duduk dekat dengan gerbang keberangkatan agar mempermudah keberangkatan ketika ada pengumuman bahwa pesawat akan segera berangkat. Bagi yang belum mengetahui gerbang keberangkatan mana yang akan kamu tuju, kamu tinggal cek saja tiket pesawat karena Kamu akan mendapatkan berbagai informasi lengkap disana.

Terkait:  Cara Naik Kereta Api

Di boarding room kamu tidak perlu khawatir mengenai fasilitasnya karena sudah dilengkapi dengan Air Conditioner (AC), charger hp, dan dispenser jika ingin minum yang tentunya gratis untuk kamu nikmati.

6. Naik Pesawat

Jika sudah ada informasi dari sumber informasi bahwa pesawat yang akan kamu naiki akan segera landing, maka selanjutnya kamu tinggal berangkat masuk ke gerbang yang sudah ditentukan. Pastikan agar kamu tidak salah naik pesawat tujuan, maka dari itu, penting sekali untuk memperhatikan dengan seksama nomor penerbangan yang ada pada boarding pass.

Hati- hati ketika akan naik pesawat karena ada tangga tambahan sebelum masuk ke pintu pesawat. Jangan sampai tergelincir yang menyebabkan cedera dan batal berangkat ke tempat tujuan.

7. Perhatikan Nomor Kursi Penumpang

Cara naik pesawat berikutnya, jika sudah masuk, kamu bisa melihat banyak kursi berjejeran yang ada di dalam pesawat. Tentu saja kursi-kursi tersebut tak bisa langsung diduduki sembarangan begitu saja. Oleh karenanya, silahkan cek nomor kursi pesawat yang telah tertera dalam boarding pass dan Kamu tinggal cari nomor kursi tersebut dan tinggal duduk saja.

Koper atau tas yang kamu bawa harus disimpan pada kabin yang berada di atas bangku, tepatnya di kompartemen yang sudah dipersiapkan. Namun bagi kamu yang hanya membawa tas jinjing atau laptop saja maka bisa disimpan di bawah kaki untuk mempermudah barang-barang tersebut dibawa ketika pesawat sudah tiba di bandara tujuan.

8. Memasang Sabuk Pengaman

Cara naik pesawat yang tak kalah penting ialah memasang sabuk pengaman. Setelah duduk di kursi yang sudah ditentukan berdasarkan nomor yang tertera pada boarding pass. Selanjutnya kamu tinggal memasang sabuk pengaman yang sudah di sediakan di setiap kursi. Jika kamu tidak bisa memasang sabuk, lebih baik minta bantuan ke pramugari supaya Kamu diberitahukan terkait langkah-langkah pemasangan sabuk pengaman dengan benar.

Terkait:  Cara Naik Lift

9. Jangan Buat Kegaduhan

Ketika pesawat sudah jalan, kamu dilarang membuat kegaduhan di dalam pesawat. Kegaduhan tersebut yaitu berbicara lantang yang tidak semestinya, menyalakan hp hingga merokok di dalam pesawat.

Adapun alasan kenapa Kamu tidak boleh menyalakan hp sembarangan saat berada di udara, dikarenakan bisa mempengaruhi sinyal pesawat. Bahkan parahnya lagi, bisa menyebabkan kecelakaan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu selalu matikan ponsel ketika pesawat sedang mengudara.

10. Mengikuti Instruksi Awak Kabin

Sebenarnya tata cara memasang sabuk akan dijelaskan oleh awak kabin mengenai langkah – langkahnya, namun jika kamu tetap kesulitan memasang sabuk segera minta bantuan ke pramugari pesawat tersebut.

Selain itu, awak kabin akan menunjukan lokasi pintu darurat, lokasi pelampung dan lokasi penting lainnya agar bisa menciptakan kenyamanan ketika sedang berada di dalam pesawat.

11. Jangan Beraktivitas Sebelum Pesawat Benar-Benar Berhenti di Tempat Tujuan

Adapun maksud beraktivitas di sini ialah seperti melepas sabuk pengaman atau berdiri di dalam pesawat. Ini tidak diperbolehkan sampai pesawat yang Kamu tumpangi sudah benar-benar berhenti. Biasanya awak kabin akan memberitahukan kapan pesawat berhenti dan kapan Kamu harus melepas sabuk pengaman. Selain itu juga jangan menyalakan hp sebelum kamu keluar pesawat dan pastikan jika ingin menyalakan hp maka sudah berada di dalam bandara.

12. Ambil Barang Bawaan

Setelah pesawat tiba di bandara tujuan, dan sudah benar-benar berhenti, jangan lupa cek barang bawaanmu. Selain itu, pastikan tidak ada satu barang pun yang tertinggal. Karena tentu saja akan merepotkan banyak pihak jika hal tersebut terjadi.

Itulah cara naik pesawat bagi yang baru naik pesawat pertama kali, agar Kamu benar-benar memahami tata cara dan aturan menaiki pesawat dengan benar. Tujuannya agar Kamu benar-benar merasa nyaman dan aman menaiki pesawat.

Related posts