Cara Naik Kereta Api

Cara Naik Kereta Api

Bagaimana sih cara naik kereta api bagi pemula? Kereta api adalah salah satu moda tranportasi darat yang ada di Indonesia. Moda tranportasi ini cukup unik dan akan menyenangkan, karena jalan utama kereta api adalah menggunakan rel. Tentu saja berbeda dengan transportasi darat lainnya.

Rel sendiri dibuat hanya satu arah, artinya jika kamu bepergian dari kota A ke kota B, maka kereta api yang akan berangkat dari kota B ke kota A harus menunggu dulu.

Kamu akan menemukan moda transportasi kereta api di stasiun terdekat. Jangan khawatir akan keberadaan stasiun karena tidak selamanya stasiun kereta api ada di perkotaan. Kuncinya adalah jalur rel kereta api menuju ke daerah tertentu dan ada stasiun di daerah tersebut. Bagi kamu yang tinggal jauh dari stasiun kereta api, maka lebih baik atur waktu yang tepat, agar Kamu bisa datang ke stasiun tepat waktu.

Cara Naik Kereta Api

Cara Naik Kereta Api
Tips Naik Kereta Api

Cara Pesan Tiket Kereta Api

Sebelum membahas cara naik kereta api, bagi Kamu yang baru pertama kali menggunakan moda transportasi ini, tentu saja harus tahu cara pesan tiket kerete api terlebih dahulu. Adapun cara memesan tiket kereta api terbagi ke dalam beberapa metode :

1. Pemesanan Tiket Secara Online

Pesan tiket kereta bisa dilakukan secara online maupun offline. Jika dilakukan secara online kamu bisa masuk ke situs pembelian tiket terpercaya atau situs resmi dari PT. Kereta Api Indonesia. Biasanya untuk situs pihak ketiga yaitu www.tiket.com.

Untuk lebih jelasnya berikut tata cara membeli tiket kereta api secara online :

  • Masuk ke situs penjulan tiket resmi seperti www.tiket.com atau www.kai.id dari hp atau dari laptop. Selain menggunakan website tersebut, kamu juga bisa menggunakan aplikasi KAI Access yang ada di google play store maupun app store.
  • Ketika sudah berhasil masuk ke halaman utama pada situs resmi penjualan tiket kereta api misalnya www.kai.id. Cari kolom pemesanan tiket lalu isilah kolom tersebut dengan rinci seperti stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan kereta api, hingga jumlah penumpang yang akan naik kereta api baik dewasa maupun anak – anak.
  • Anak – anak walaupun berusia di bawah 3 tahun, tetap harus melakukan print tiket kereta api meskipun mereka masih di gratiskan. Untuk anak yang berusia di atas 3 tahun maka tiket nya disamakan dengan tiket orang dewasa.
  • Jika data – data sudah dipastikan benar, kamu tinggal klik saja pesan dan cari kereta.
  • Dengan klik pesan dan cari kereta, maka kereta yang dimaksudkan akan muncul pada layar pencarian. Adapun rinciannya ialah nama kereta api yang akan di naiki, jam keberangkatan, durasi perjalanan, perkiraan waktu tiba di stasiun tujuan. Bahkan yang paling penting adalah harga tiket kereta api berdasarkan jumlah orang yang akan naik kereta tersebut.
  • Jika kamu sudah memastikan kereta yang akan dinaiki, langkah terahkir adalah dengan klik pesan untuk mendapatkan tiketnya. Namun sebelumnya kamu harus mengisi beberapa kolom yang tersedia mengenai data penumpang dengan isian yang lengkap.
  • Adapun formulir yang harus diisi tersebut diantaranya adalah title atau panggilan, nama pemesan tiket, tipe identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), SIM atau paspor. Isilah nomor identitas sesuai dengan tipe identitas yang kan kamu pilih. Ditambah nomor HP pemesan tiket, alamat email yang masih aktif, alamat sesuai KTP atau bisa juga alamat domisili lengkap beserta kota asal kamu.
  • Bagi kamu yang akan menambahkan penumpang lainnya maka harus klik kolom kecil yang berada di bagian bawah dengan menambahkan daftar penumpang. Sehingga bagi kamu yang daftar pertama kali akan otomatis disebut sebagai data penumpang 1, selanjutnya jika kamu menambahkan 1 orang lagi maka akan disebut dengan data penumpang 2, begitu seterusnya.
  • Pastikan semua data sudah benar, jika sudah dipastikan tidak ada kesalahan, langkah terakhir adalah klik tulisan yang berisi penjelasan bahwa Kamu menyetujui persyaratan dan ketentuan.
  • Ada kolom isian yang harus kamu centang yang menunjukan bahwa kamu bukan robot, tulisannya seperti ini : I’m not a robot.
  • Setelah itu akan muncul kotak pertanyaan apakah data sudah diisi dengan benar? Jika kamu sudah pasti tinggal klik Ok, akan tetapi jika masih ragu tinggal klik Cancel.
  • Nanti akan muncul ringkasan pemesanan yang sudah kamu isi sebelumnya mengenai data – data pemesanan.

Itulah tata cara pemesanan tiket secara online, yang paling unik adalah kamu bisa memilih kursi sesuai keinginan kamu dengan ketik pilih kursi dan pilih gerbong yang kamu inginkan.

2. Pemesanan Tiket KAI Secara Offline

Jika secara offline maka kamu harus pergi ke stasiun keberangkatan dan memesan tiket melalui loket yang ada di sana. Kamu harus tahu bahwa batas maksimal pembelian tiket yaitu 3 jam sebelum keberangkatan menuju stasiun tujuan.

Saat ini, pemesanan tiket harus dilengkapi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) baik untuk penumpang dewasa maupun penumpang anak – anak. Bagi warga negara asing harus menggunakan nomor identitas yang tertera pada paspor.

Cek Cara Naik Kereta Api Bagi Pemula Disini!

Jika Kamu sudah memesan tiketnya, kini tinggal mengetahui cara naik kereta api dengan benar. Apabila melakukan pembelian tiket secara online, simpan kode booking pada e-ticket yang diperoleh lewat emailmu. Dimana e-ticket yang memuat kode booking ini nantinya dibutuhkan ketika Kamu melakukan check in selanjutnya Kamu akan menerika boarding pass.

Setelah itu, lakukan beberapa langkah cara naik kereta api berikut ini :

1. Check In Kereta Api dan Cetak Boarding Pass

Setibanya di Stasiun Kereta Api, dengan kode booking yang telah dipersiapkan sebelumnya, silahkan check in. Caranya tinggal mendatangi mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri) di stasiun ketika keberangkatan. Lalu inputkan kode booking tiket KAI yang dimiliki pada kolom yang telah tersedia di mesin CTM. Untuk selanjutnya print out boarding pass. Biasanya boarding pass berisi tanggal keberangkatan, nomor kereta api, nama penumpang hingga nomor kursimu. Simpan dan tunjukkan boarding pass ketika petugas melakukan pemeriksaan saat memasuki peron. Jangan lupa, datang setidaknya 1 jam sebelum waktu keberangkatan.

2. Tunjukkan KTP dan Boarding Pass ke Petugas

Seperti yang sudah disinggung sebeumnya, sebelum memasuki peron Kamu akan diperiksa terlebih dahulu oleh petugas. Cara naik kereta api berikutnya tinggal tunjukkan Kartu Identitas baik KTP/KK/SIM beserta boarding pass-mu, ke petugas peron. Untuk selanjutnya boarding pass-mu akan langsung di scan lalu dicocokkan dengan KTP. Jika sudah OK semuanya, baru Kamu bisa masuk ke peron dan tinggal tunggu saja waktu keberangkatan. Namun tetap simpan boarding pass-nya sebab biasanya petugas akan melakukan pengecekan kembali saat di dalam kereta.

3. Menaiki Gerbong Kereta dan Duduk Sesuai Nomor Kursi

Cara naik kereta api berikutnya ialah Kamu bisa menanyakan ke pihak petugas peron pada lintasan berapa transportasi keretamu akan datang atau berada. Ketika semua penumpang dipersilahkan naik, langcung cari dan temukan nomor gerbong keretamu beserta tempat dudukmu. Silahkan cek nomor kursi atau gerbong atau jika kebingungan, langsung tanyakan saja ke petugas. Pastikan untuk menyimpan semua barangmu di kompartemen yang tersedia, lalu duduk di kursi dengan nyaman. Biasanya kereta akan langsung berangkat sesuai waktu/jadwal yang telah ditetapkan.

Nah, itulah tata cara naik kereta api bagi pemula dengan benar. Ini penting sekali bagi Kamu yang belum pernah menaiki kereta sama sekali. Bagaimana, mudah bukan?

Baru Diulas:

Related posts