Cara Naik Pesawat Sekarang

  • Whatsapp

Bagaimana cara naik pesawat sekarang? Salah satu armada transportasi yang memungkinkan perjalanan kita lebih cepat tanpa hambatan ialah dengan tranportasi udara. Di samping lebih hemat waktu, transportasi udara juga membuatmu tak perlu capek mengingat kenyamanannya. Namun, menurut survey faktanya hanya beberapa orang saja yang terbiasa memakai moda transportasi udara, sementara sebagian besar lainnya memakai transportasi jalur laut dan darat,

Ada beberapa alasan, kenapa banyak orang belum pernah atau enggan memakai pesawat terbaik, diantaranya ialah dikarenakan harga tiket pesawat terbang cukup mahal. Selain itu, barang bawaan di pesawat juga dibatasi dengan kapaitas maksimal 30 kg saja kurang lebih bagi setiap penumpang.

Read More

Cara Naik Pesawat Sekarang

Cara Naik Pesawat Sekarang
Naik Pesawat Sekarang Mudah

Tips Naik Pesawat Sekarang

Jika Kamu baru naik pesawat terbang pertama kali, pastinya akan kesulitan dengan cara naik pesawat terbang sekarang tanpa bingung saat berada di bandara. Sebab peraturan-peraturan di bandara harus dipatuhi dengan baik.

Oke, dibawah ini ada beberapa tips cara naik pesawat sekarang yang bisa Kamu ikuti, diantaranya :

1. Mempersiapkan Identitas Diri

Jika Kamu melakukan pembelian tiket, entah itu via offline atau via online lewat situs web resmi, Kamu tentu saja harus mempersiapkan identitas dirimu terlebih dahulu. Adapun fungsinya untuk mengisi keseluruhan dokumen yang nantinya dipergunakan untuk boarding pass saat menaiki pesawat terbang. Sementara itu, jika secara online sendiri, Kamu harus menyertakan akun emailmu sebab nantinya Kamu akan mendapatkan e-ticket yang dikirim langsung ke alamat emailmu yang sebelumnya sudah didaftarkan. Selanjutnya Kamu tinggal mencetak e-ticket tersebut untuk keperluan di bandara.

Terkait:  Cara Naik Limit Kartu Kredit BCA

2. Sesuaikan Jadwal Keberangkatan

Cara naik pesawat sekarang berikutnya ialah Kamu harus menyesuaikan jadwal keberangkatan. Sesuaikan jam keberangkatan kamu berdasarkan jadwal yang sudah kamu tentukan. Namun perlu digaris bawahi bahwa kamu harus berada di bandara setidaknya 1 jam sebelum keberangkatan untuk penerbangan domestik dan 2 jam sebelum keberangkatan untuk penerbangan internasional.

Diberikan waktu 1 atau 2 jam sebelum berangkat, hal ini bertujuan supaya Kamu bisa lebih leluasa lagi memiliki cukup banyak waktu untuk mengurus berbagai keperluan terkait keberangkatan. Misalnya saja, mengurus tiket dan barang bawaan.

2. Berat Barang Bawaan

Setiap maskapai memiliki aturan masing-masing terkait berat barang bawaan yang bisa dibawa saat memulai perjalanan udara Contohnya seperti maskapai Lion Air untuk penerbangan domestik kelas bisnis, barang bawaan yang bisa dibawa adalah maksimal 30 kg sedangkan untuk kelas ekonomi hanya diperbolehkan 20 kg saja. Begitupun untuk penerbangan internasional mengenai barang bawaan di setiap kelas penerbangan ada aturan tersendiri yang tentunya harus kamu sesuaikan.

Jika ternyata berat barang bawaan kamu melebihi aturan maskapai, maka siap – siap kamu harus membayar kelebihan dari limit yang sudah ditentukan jika tidak ingin barang bawaan kamu di simpan di bandara.

3. Cek Keberadaan Terminal dengan Benar

Jika sudah mendapatkan tiket pesawat, kamu harus cek ulang dengan benar dan pastikan data kamu terisi dengan benar. Setelah itu, lihat pada tiket pesawat terkait teminal berapa yang akan kamu datangi agar bisa naik pesawat dengan benar. Selain itu, jangan sampai salah menuju terminal karena bisa saja kamu akan ketinggalan pesawat yang seharusnya kamu naiki.

4. Pergunakan Jam Boarding Semaksimal Mungkin

Boarding room merupakan tempat menunggu sebelum keberangkatan peswat. Bagi kamu yang akan naik pesawat, sebisa mungkin waktu di boarding room jangan mepet, minimal berada di boarding room 30 menit sebelum keberangkatan. Kegiatan di boarding room dipergunakan untuk mengecek kembali barang bawaan hingga dokumen pribadi seperti tiket maupun paspor. Cara naik pesawat sekarang ini penting sekali, untuk mengecek kelengkapan dokumen demi kelancaran perjalanan udaramu,

Terkait:  Cara Naik Pesawat

5. Security Check

Barang bawaan yang bisa kamu bawa adalah barang bawaan yang tidak berbahaya. Jika kamu membawa pisau, gunting atau benda tajam lainnya maka akan terdeteksi otomatis di bagian keamanan atau security check sehingga kamu harus menyimpannya di bandara.

Selain itu bagi kamu seorang perokok, maka rokok yang kamu bawa harus disimpan di bagasi untuk menghindari rokok tersebut di sita oleh petugas bandara.

6. Check In di Loket Sesuai Maskapai Pilihan

Jika kamu lolos pada security check, kemudian nanti juga akan ada pengecekan kembali ketika akan masuk ke maskapai pilihan kamu. Selain nantinya kamu akan mendapatkan boarding pass, juga barang bawaan kamu yang berukuran besar harus ditimbang kembali selanjutnya baru bisa masuk ke bagasi.

Bagi kamu yang belum mengetahui ketika akan mendapatkan boarding pass, sebenarnya kamu bisa meminta kepada petugas untuk memilih kursi yang nyaman seperti memilih kursi dekat jendela pesawat atau berada di tengah.

7. Masuk ke Gate Keberangkatan

Sebelum naik pesawat, masuk ke gate keberangkatan dan tunggu di sana hingga ada pengumuman bahwa pesawat yang akan kamu naiki akan segera berangkat. Kamu jangan salah pilih gate karena bisa saja ketinggalan pesawat hanya karena kelalaian.

8. Selalu Up to Date Mengenai Informasi Keberangkatan

Ketika berada di gate keberangkatan, kamu harus tetap mendengarkan informasi – informasi yang diberikan melalui speaker. Oleh karena itu tidak disarankan menggunakan earphone maupun headset ketika berada di gate keberangkatan. Tujuannya untuk menghindari informasi yang terlewatkan terkait keberangkatan pesawat yang akan kamu naiki.

Naik Pesawat Sekarang Mudah

Tips – tips di atas tentu saja harus kamu patuhi dengan baik agar ketika naik pesawat tidak ada sesuatu hal yang perlu di check kembali ke petugas bandara. Dibawah ini ada beberapa langkah cara naik pesawat dengan benar, diantaranya :

Terkait:  Cara Naik Pesawat Lion Air

1. Simpan KTP dan Boarding Pass dalam 1 Wadah/tas

Pengecekan terakhir ketika akan naik pesawat yaitu petugas bandara akan memeriksa boarding pass dan KTP-mu untuk konfirmasi. Jika sudah selesai maka kamu sudah bisa dipersilahkan untuk menaiki pesawat.

Sering sekali ada orang yang kebingungan ketika dimintai 2 dokumen tersebut karena menyimpannya di tempat berbeda. Misalnya KTP di dompet dan boarding pass di tas. Untuk mengantisipasinya sebaiknya simpan kedua dokumen tersebut di dalam 1 wadah atau tas khusus.

2. Naik Pesawat

Naiklah pesawat dengan menaiki tangga yang telah disediakan, kemudian ketika sudah masuk ke dalam pesawat kamu tinggal cari nomor kursi yang tertera pada boarding pass. Jika kamu kebingungan lebih baik tanyakan kepada awak kapal letak kursi yang akan kamu duduki sesuai dengan nomor yang tertera pada boarding pass.

3. Dengarkan Informasi dari Awak Pesawat

Ini adalah SOP yang harus dilakukan oleh awak pesawat kepada penumpang mengenai tata cara keselamatan ketika kamu berada di dalam pesawat seperti cara menggunakan sabuk pengamman, menunjukan pintu darurat ketika hal yang tidak diinginkan terjadi hingga hal – hal lainnya yang perlu diketahui oleh penumpang pesawat.

4. Matikan Hp

Usahakan sebelum naik ke dalam pesawat hp kamu sudah dalam keadaan non aktif, atau jika ingin cepat tinggal tekan saja tombol mode pesawat yang ada di setiap hp. Kamu hanya bisa mengaktifkan kembali hp kamu ketika sudah turun dari pesawat.

Demikianlah ulasan terkait cara naik pesawat sekarang dengan mudah tanpa ribet yang bisa Kamu coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts