Cara Menonaktifkan Kartu 3

Cara Menonaktifkan Kartu 3

Bagaimana cara menonaktifkan kartu 3 (Tri)? Tri adalah salah satu provider kartu seluler yang banyak dilirik masyarakat karena tarifnya yang cukup terjangkau. Selain tarif yang terjangkau, Tri juga menawarkan banyak opsi paket internet yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Provider Tri memang sudah terkenal karena harga paket datanya yang sangat terjangkau.

Bahkan di Indonesia sendiri, pengguna 3 (Tri) sudah mencapai jutaan pengguna. Dan tentunya jumlah ini akan terus meningkat seiring perkembangan teknologi digital yang memaksa semua orang harus mengakses layanan internet. Selain itu, Kamu juga bisa menemukan kartu perdana Tri yang ada di seluruh counter di Indonesia. Selanjutnya, Kamu diwajibkan untuk melakukan registrasi kartu Tri sebelum menggunakannya.

Read More

Sebenarnya proses pendaftaran kartu 3 (Tri) sendiri sangat mudah, semudah cara cek pulsa 3 yang telah Kami bahas di artikel sebelumnya. Selain itu, untuk melakukan pendaftaran kartu 3, perlu mencantumkan NIK KTP dan Kartu Keluarga.

Setiap orang awalnya berhak mempunyai beberapa kartu yang sama atau berbeda, baik kartu Tri maupun yang lainnya. Akan tetapi, sejak munculnya peraturan bahwa setiap 1 orang hanya diperbolehkan mempunyai maksimal 3 nomor SIM CArd Prabayar pada tahun 2018, pengguna dibatasi. Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa peraturan tersebut sudah dievaluasi.

Kini semua orang memiliki hak untuk mempunyai lebih dari tiga nomor SIM Card Prabayar dengan jumlah tak terbatas. Akan tetapi, kartu yang dipakai harus didaftarkan lebih dulu agar dapat digunakan untuk keperluan telepon, SMS hingga mengakses internet.

Keunggulan Menggunakan Provider Tri

Sebenarnya ada beberapa keunggulan yang ditawarkan jika Kamu memakai provider tri, diantaranya :

1. Menawarkan Masa Aktif yang Sangat Panjang

Keunggulan pertama kartu tri ialah masa aktifnya sangat panjang. Masa aktif kartu adalah hal yang harus diperhatikan pertama kali saat memilih kartu SIM. Karena tak jarang kita menemukan kartu SIM yang masa aktifnya tidak lama, jadi saat masa aktifnya sudah habis tak bisa digunakan lagi. Tapi jika kamu memakai Tri, Kamu tak perlu lagi khawatir dengan masa berlaku kartu.

2. Menyediakan Kuota Super

Setiap orang yang gemar berselancar di internet tentu saja sangat menyenangkan jika ada bonus atau kuota super dari provider kartu SIM yang mereka gunakan. Apalagi jika kuota data yang ditawarkan biayanya relatif murah. Tri memang tak tanggung-tanggung menawarkan kuota data yang besar dengan harga relatif terjangkau.

3. Support 4G

Keunggulan lainnya ialah kartu Tri juga menawarkan jaringan yang sudah mendukung jaringan 4G. Tri adalah salah satu pilihan kartu SIM yang sudah siap serta bisa digunakan dengan stabil dalam jaringan 4G.

Alasan Kenapa Harus Registrasi SIM Card

Sebenarnya tujuan pendaftaran kartu SIM menggunakan NIK dan KK sendiri ialah untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan atas tindak kejahatan menggunakan SIM Card. Diantaranya seperti hipnotis, spamming, hingga penipuan. Tapi rasanya hal ini memang tidak berpengaruh, karena faktanya masih ada saja kasus hipnotis dan penipuan melalui telepon. Hal ini artinya, registrasi nomor SIM Card masih belum bisa dikatakan berhasil 100% untuk menanggulangi aksi kejahatan.

Walaupun demikian, presentasi tindak kejahatan melalui telepon perlahan sudah menurun drastis jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Namun masalahnya, ketika kita tidak menggunakan salah satu nomor Tri di Hp, tentu saja kita harus melakukan unreg atau menonaktifkan kartu Tri. Adapun tujuannya ialah untuk menghapus semua data registrasi, seperti nomor NIK dan KK. Ingin tahu, bagaimana sih cara menonaktifkan kartu 3? Simak saja ulasan di bawah ini!

Cara Menonaktifkan Kartu 3

Cara Menonaktifkan Kartu 3
Menonaktifkan Kartu 3

Tutorial Menonaktifkan Kartu 3 (Tri)

Sebenarnya menonaktifkan atau unreg kartu sangat penting. Karena dikhawatirkan, kartu SIM tersebut bisa saja digunakan orang tak bertanggung jawab. Parahnya lagi, kartu SIM Kamu bisa digunakan untuk aksi kejahatan, seperti penipuan dan lainnya.

Berikut ulasan tentang cara menonaktifkan kartu 3 (Tri) untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan saat kartu tidak digunakan, berikut ini :

1. Menonaktifkan Kartu Tri via SMS di 4444

Kamu bisa melakukan unreg kartu Tri melalui SMS di nomor 4444. Adapun cara ini biasanya banyak digunakan orang untuk menonaktifkan kartu. Berikkut langkah-langkah tepatnya :

  • Silahkan akses menu SMS dan masuk ke pesan baru.
  • Kemudian ketikkan SMS di Hp melalui format ketik : UNREG#NIK#
  • Contohnya ialah : UNREG#089710101212#
  • Lalu kirimkan ke 4444.
  • Silahkan tunggu balasan SMS dari operator tri yang memberitahukan bahwa kartu tri Kamu sudah sukses dinonaktifkan atau dibatalkan.

2. Menonaktifkan Kartu Tri via Online Melalui Website

Cara menonaktifkan kartu 3 (Tri) lainnya ialah dengan memakai layanan website resmi dari kartu tri. Adapun langkah detailnya ialah berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan kunjungi situs web resmi di https://registrasi.tri.co.id/unreg.
  • Setelah itu, inputkan nomor kartu 3 (Tri) yang akan diblokir.
  • Inputkan nomor NIK KTP Kamu.
  • Ketuk “kode rahasia”, dimana kode rahasia tersebut akan dikirimkan langsung ke nomor kartu Tri Kamu berselang 5 menit.
  • Setelah itu, cek pesan SMS yang telah dikirimkan ke nomor yang akan diblokir.
  • Silahkan inputkan kode rahasia tersebut yang sudah diperoleh dari SMS provider Tri.
  • Centang pada kotak kecil untuk menunjukkan bahwa Kamu bukan robot.
  • Setelah itu ketuk tombol “Kirim”, lalu tunggu hingga Kamu memperoleh konfirmasi bahwa proses nonaktif kartu Tri Kamu sudah sukses dilakukan.

3. Menonaktifkan Kartu Tri di Grapari Tri

Cara menonaktifkan kartu 3 (Tri) selanjutnya selain via SMS dan online, Kamu juga bisa langsung mendatangi Grapari resmi dari Tri terdekat di kotamu. Jangan lupa bawah serta dokumen lengkap seperti kartu keluarga dan KTP, berikut nomor kartu Tri yang ingin Kamu nonaktifkan atau blokir.

Selanjutnya minta bantuan dari customer service di Grapari untuk menonaktifkan kartunya. Dari sini, Kamu juga bisa mendaftarkan kartu perdana 3 (tri) yang baru jika ingin mengganti kartu tri yang lama yang dibatalkan.

4. Menonaktifkan Kartu Tri Melalui 3Care

Apabila Kamu tak memiliki banyak waktu jika mendatangi 3Store atau Grapari Tri, maka Kamu bisa menghubungi layanan Call Center provider tri di 0896-44000-123. Biasanya layanan ini berbayar.

Kamu bisa meminta bantuan langsung ke pihak petugas terkait jika ingin menonaktifkan kartu provider Tri yang hilang khususnya. Dengan begitu, petugas akan langsung membantumu hingga proses pemblokiran atau penonaktifan kartu berhasil dilakukan.

Di samping itu, Kamu juga dapat menghubungi layanan 3Care lewat platform di bawah ini :

  • Melalui telepon di nomor 132 (dengan biaya Rp. 300 per panggilan untuk layanan prabayar) dan di nomor 0896-44000-123 (berbayar).
  • Layanan via email di [email protected].
  • Melalui layanan WhatsApp di nomor 08999-800-123.

Melalui banyaknya opsi call center, pastinya pengguna provider 3 menjadi sangat terbantu dan bisa memilih mana layanan yang tepat sesuai kebutuhan.

5. Menonaktifkan Kartu Tri yang Hangus

Sebenarnya jika kartu tri Kamu sudah hangus, maka tak perlu lagi melakukan unreg kartu. Tapi jika Kamu merasa kurang yakin apakah harus dinonaktifkan atau tidak, Kamu bisa langsung bertanya pada layanan 3Care lewat contact center yang telah disebutkan di atas.

Perlu Kamu ketahui, biasanya kartu provider tri yang telah hangus secara otomatis akan terhapus langsung pada database kominfonya. Jadi Kamu tak perlu lagi melakukan pemblokiran kartu.

Sementara untuk menonaktifkan kartu Tri yang lupa NIK atau tanpa NIK, tidak akan dapat dilakukan.

Oke, itulah cara menonaktifkan kartu 3 yang bisa Kamu coba agar Kamu bisa lebih leluasa untuk mendaftarkan kartu 3 yang baru. Semoga bermanfaat!

Related posts