Cara Cek Pulsa 3

Bagaimana cara cek pulsa 3? Tri atau 3 adalah provider telekomunikasi yang ada di bawah naungan Pt Hutchison 3 Indonesia. Pasalnya perusahaan layanan telekomunikasi yang satu ini sudah lama berdiri di tanah air, yakni dari tahun 2007 silam.

Seiring waktu, pihak provider 3 semakin meningkatkan layanannya hingga menjadi provider yang memiliki banyak pengguna di Indonesia. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena tri menawarkan paket kuota internet yang harganya cukup terjangkau bila dibandingkan operator lain. Di samping itu, provider ini juga mempunyai layanan internet cukup baik.

Sehingga tak jarang jika banyak masyarakat di Indonesia, terutama kalangan anak muda yang tertarik memakai provider ini. Sebagai pihak penyedia telekomunikasi, provider tri tidak hanya sekedar nama operator seluler semata. Karena provider ini juga mendorong dan mendukung anak muda di tana air untuk mewujudkan mimpinya.

Nah, untuk tiap pengguna provider tri tentu hal yang paling penting yang wajib diketahui ialah cara cek pulsa 3. Dengan mengetahui pulsa tri yang Kamu miliki, Kamu pun bisa membeli paket kuota internet tri ataupun yang lainnya.

Bagi pengguna baru tri, mungkin masih belum mengetahui bagaimana cara cek pulsa 3 yang dgunakan. Oleh karena itu, Kami akan membahas ulasan beberapa panduan cara yang bisa Kamu pakai untuk cek pulsa 3.

Cara Cek Pulsa 3

Cara Cek Pulsa 3
Cek Pulsa 3

Ada beberapa pilihan cara cek pulsa 3 yang bisa Kamu gunakan, diantaranya :

Cara Cek Pulsa 3 Dengan USSD atau Dial Phone

Tri telah menyediakan layanan cek pulsa memakai kode UMB dan USSD. Dimana kode tersebut diawali dengan  ikon bintang (*), kemudian diakhiri oleh tanda pagar (#) di layar ponsel.

Nah, bagi pengguna kartu 3, kode dial phone atau USSD untuk pengecekan pulsa bisa dilakukan di nomor *111#. Dimana kode USSD ini biasanya hanya terdiri atas 3 angka untuk mudah diingat. Ada banyak fitur menarik yang ikut ditawarkan lewat fasilitas UMB atau USSD ini.

Ini dia panduan cara cek pulsa 3 menggunakan dial phone atau USSD di bawah ini :

  • Silahkan buka Hpmu.
  • Kemudian masuk ke dalam menu call atau panggilan yang ada di ponsel.
  • Jika sudah, silahkan ketikkan nomor *111# di layar ponsel dan tekan dial atau panggil.
  • Tunggu beberapa lama sampai muncul tampilan popup berisi tentang beberapa pilihan atau opsi. Silahkan pilih opsi “Cek Pulsa”.
  • Selanjutnya Kamu akan ditampilkan notifikasi sisa pulsa beserta masa aktif tri yang Kamu miliki. Setelah itu, silahkan pilih close atau cancel jika tidak membutuhkan informasi lainnya untuk diketahui.
  • Untuk lebih singkatnya, Kamu juga bisa mengetikkan nomor *111*1# secara langsung sampai masuk ke menu pengecekan pulsa tri.

Cara Cek Pulsa 3 Via SMS

Seluruh provider telekomunikasi yang ada di Indonesia, pasti telah menyediakan layanan pesan singkat atau SMS untuk pengecekan pulsa. Pengecekan pulsa via SMS ini sangat praktis karena dilakukan cukup dengan mengirimkan pesan singkat seperti biasa.

Hanya saja, SMS ini ditunjukkan langsung ke nomor 234, khusus untuk pengecekan sisa pulsa provider tri. Adapun untuk mengirimkan SMS atau pesan singkat pengecekan pulsa sendiri tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Jadi, Kamu dapat melakukannya walaupun pulsa yang tersisa adalah 0.

Silahkan ikuti panduan cara cek pulsa 3 yang bisa Kamu coba berikut ini :

  • Silahkan masuk ke aplikasi messaging atau SMS di Hpmu.
  • Setelah itu, ketikkan pesan singkat atau SMS berisi “INFO (spasi) DATA”.
  • Jika sudah, silahkan kirimkan SMS ke nomor 234.
  • Silahkan tunggu SMS balasan dari provider tri. Dimana balasan ini berisi informasi tentang masa aktif, sisa pulsa, hingga kuota internet tri yang Kamu miliki.

Cara Cek Pulsa 3 Menggunakan Aplikasi Bima+

Aplikasi Bima+ awalnya bernama BimaTri. Dimana aplikasi ini khusus dibuat bagi para pengguna tri. Bima+ menawarkan kemudahan untuk melakukan pengecekan pulsa lewat sistem yang terdapat pada aplikasi.

Kamu cukup mendownload aplikasi Bima+ dan install aplikasi tersebut ke Hp, dan Kamu pun sudah dapat menikmati semua layanan yang tersedia di aplikasi Bima+.

Selain itu, aplikasi Bima+ juga berisi tentang informasi promo-promo dan layanan menarik yang ditawarkan oleh provider tri itu sendiri.

Adapun cara cek pulsa 3 menggunakan aplikasi Bima+ ialah sebagai berikut :

  • Silahkan download Bima+ di Google Play Store bagi pengguna android, sedangkan bagi pengguna iOS atau iPhone bisa memakai aplikasi App Store.
  • Jika sudah terunduh, silahkan install terlebih dahulu aplikasi Bima+ di ponsel.
  • Kemudian Kamu wajib melakukan pendaftaran terlebih dahulu menggunakan nomor tri aktif yang sudah terpasang di Hp.
  • Jika registrasi sudah berhasil, silahkan klik “profil”.
  • Selanjutnya Kamu akan mendapatkan berbagai informasi berupa nomor provider Tri, masa aktif dan sisa pulsa kartu tri yang Kamu gunakan.

Cara Cek Pulsa 3 Lewat Website

Tri telah mengoptimalkan web resmi mereka untuk memberikan kemudahan layanna pada para penggunanya. Adapun salah satu fasilitas atau fitur yang dapat Kamu gunaka melalui website Tri ialah pengecekan pulsa.

Website resmi tri juga bisa dipilih sebagai alternatif jika kamu tidak dapat mendownload Bima+ ke HPmu. Kompatibel terhadap berbagai web browser, situs resmi Tri dapat diakses dengan mudah via komputer atau Hp yang sudah terkoneksi internet.

Adapun cara cek pulsa 3 menggunakan website, ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka web browser di Hpmu atau di PC.
  • Kemudian masukkan nomor operator tri yang akan Kamu cek pulsanya di ponsel. Lalu pilih “login”.
  • Jika sudah, provider tri akan langsung mengirimkan pesan singkat atau SMS berisi tentang kode OTP ke nomor Hp.
  • Selanjutnya copy atau salin kode OTP tadi, dan kembali lagi ke website Tri.
  • Lalu tempelkan atau paste-kan kode OTP tadi ke kolom yang sudah ditentukan. Lanjutkan dengan klik “login”.
  • Jika sudah terverifikasi, maka Kmau dapat menerima informasi lengkap mengenai kartu operator tri yang digunakan di halaman awal. Di samping sisa pulsa, Kamu juga dapat mengetahui informasi sisa kuota dan masa aktif yang dimiliki.

Sebenarnya cara cek pulsa 3 juga mengharuskanmu untuk melakukan pendaftaran nomor 3 sebelumnya di aplikasi. Jika sudah, Kamu bisa memilih cara tersebut dengan menggunakan aplikasi ataukah website.

Diantara ketiga cara cek nomor 3 di atas, Kamu bisa memilih cara apapun yang paling mudah. Bahkan Kamu dapat melakukan pengecekan sisa pulsa kapan pun hanya lewat hitungan detik saja.

Akan tetapi, jika cara-cara di atas yang sudah Kami bagikan ternyata gagal dilakukan, Kmau bisa mengunjungi gerai atau 3care terdekat. Cara yang satu ini bisa dijadikan sebagai alternatif terakhir jika Kamu kesulitan melakukan pengecekan pulsa.

Selain bisa mengecek pulsa provider tri, Kamu juga bisa mendapatkan informasi lain atau bisa langsung menanyakan keluhan tentang layanan operator tri yang Kamu alami jika ada kesulitan-kesulitan.

Semoga cara cek pulsa 3 di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019