Cara Cek Kuota 3 4G

Bagaimana cara cek kuota 3 4G? Apakah bisa mengecek kuota 3 4G dari perangkat lain? Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini kita bisa dengan mudah mengaksess internet dari mana saja.

Bahkan, kini aktivitas yang kita lakukan tak lepas dari internet. Baik itu seperti chatting, berkirim email, atau bahkan yang lainnya.

Itulah mengapa, kecepatan koneksi internet sangat menjadi hal yang penting bagi para pengguna internet agar mereka bisa leluasa mengaksess apapun lewat perangkat pintar mereka.

Dari sinilah para pihak provider jaringan seluler mulai berlomba untuk menyajikan paket data ataupun kuota internet dengan harga yang beragam, dan juga menjanjikan kecepatan internet yang lebih stabil.

Jika sebelum nya kita hanya mengenal jaringan 2G atau 3G saja, saat ini sudah ada jaringan 4G yang bisa kita dapatkan dari para penyedia layanan jaringan seluler kita. Salah satunya adalah 3 (tri).

3 atau Tri sendiri merupakan salah satu penyedia layanan seluler yang awalnya dikenal dengan harga paket telfon dan sms nya yang murah, tapi saat ini tri sudah mulai mengenalkan program baru terlebih untuk pengguna smartphone canggih saat ini, yakni layanan Internet 3G dengan harga dan kecepatan yang stabil.

Mungkin saat ini kita bisa menemukan banyak pengguna ponsel pintar yang masih menggunakan jaringan provider 3, mulai dari internet Always ON atau AON, paket bebas bicara, sampai paket internet 4G yang bisa ditemukan di berbagai toko ponsel atau counter yang menjual paket data internet.

Namun, tentunya dengan beragam perubahan dan perbaikan, akhirnya banyak pengguna tri lama yang mengalami kesulitan pada saat ingin memeriksa sisa kuota internet mereka.

Cara Cek Kuota 3 4G

Cara Cek Kuota 3 4G
Cek Kuota 3 4G

Tapi jangan dulu panik, di artikel kali ini kita akan memberitahukan beberapa cara cek kuota 3 4G, yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa kuota data kartu 3 kalian.

Cara Cek Kuota 3 4G Lewat SMS

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengirimkan pesan ke nomor operator kartu 3 itu sendiri. Yakni dengan cara

  • Buka aplikasi SMS / pesan kalian.
  • Isikan kolom penerima dengan 234.
  • Lalu isikan pesan dengan format.
    • INFO (spasi) DATA
  • Kemudian, kirim pesan tersebut.

Setelah mengirim pesan tadi, maka kalian akan mendapatkan balasan tentang sisa kuota 3 kalian.

Cara Cek Kuota 3 4G NonStop Lewat SMS

Nah, apabila kalian menggunakan paket data 4G NonStop dari 3, maka cara mengecek sisa kuota nya adalah sebagai berikut

  • Buka aplikasi SMS / Pesan
  • Ketikkan INFO (spasi) LTE
  • Lalu kirim ke 234

Tunggu sampai kalian mendapatkan balasan dari pihak tri terkait sisa kuota 4G Nonstop kalian.

Cek Kuota 3 4G Melalui Kode USSD

Untuk cara yang kedua, kalian bisa melakukan pengecekan kuota 4G melalui dial phone atau aplikasi telpon di smartphone kalian. Baik itu Android ataupun iOS. Caranya pun terbilang mudah.

  1. Buka aplikasi telpon / Phone pada smartphone kalian
  2. Ketikkan kode berikut *111*3#
  3. Kemudian tekan tombol call / panggil
  4. Tunggu beberapa detik
  5. Setelah itu akan muncul informasi seputar sisa kouta 4G yang kalian miliki

Atau, jika memang ada paket data lain yang kamu miliki dan ingin memeriksanya, kalian bisa melakukan panggilan kode USSD dengan kode *111# saja, kemudian tekan call.

Setelah itu, cari menu Cek Kuota sesuai dengan nomor yang tertera pada pop up yang ada. Lalu pilih OK.

Cek Kuota 3 4G Lewat Aplikasi BimaTri+

Untuk pengguna android dan juga iOS, kalian bisa menggunakan aplikasi yang memang disediakan oleh pihak 3 itu sendiri, namanya adalah BimaTri+. Dengan aplikasi ini, kalian tidak hanya bisa melakukan pengisian pulsa saja, melainkan juga memeriksa sisa kuota dari semua paket data yang kalian miliki.

Caranya adalah:

  • Download terlebih dulu aplikasi BimaTri+ di Android atau iOS kalian
  • Login kedalam aplikasi tersebut dengan nomor 3 yang kalian miliki dan masih aktif
  • Jika ada permintaan untuk pengisian data, maka ikuti saja. Dan jangan lupa untuk memberikan semua perizinan
  • Setelah itu, kalian akan langsung dihadapkan dengan tampilan home yang menampilkan informasi lengkap seperti sisa pulsa, sisa kuota paket yang masih aktif, dan masih banyak lagi.

Gimana, gampang banget kan?

Cek Kuota 3 4G lewat Situs Tri

Cara selanjutnya adalah melalui browser kesayangan kalian. Baik itu di perangkat android, iOS, atau bahkan komputer kalian masing-masing.

Adapun caranya cukup mudah kok.

  1. Buka browser yang kalian gunakan
  2. Ketikkan internet.tri.co.id/home
  3. Setelah itu, tekan pada tombol login dan masukkan nomor 3 yang ingin kalian cek sisa kuota nya
  4. Tunggu hingga beberapa saat, dan kalian bisa melihat detail tentang sisa kuota, pulsa, dan juga yang lainnya.

Nah, cara diatas tadi hampir mirip dengan menggunakan BimaTri+, hanya saja pengaksessannya menggunakan browser. Dan kalian juga bisa kok melakukan pengisian pulsa lewat internet tri tadi.

Tapi perlu diperhatikan. Ketika kalian mengecek kuota 3 melalui situs / browser, pastikan juga kalian membawa ponsel kalian dengan nomor 3 yang masih aktif. Sebab, ketika kalian melakukan login dengan nomor tri yang terdaftar, kalian diharuskan untuk memasukkan kode verifikasi / otp yang dikirimkan ke nomor tersebut.

Maka pastikan kartu kalian masih dalam keadaan aktif, dan tidak dalam masa tenggang atau terblokir.

Cek Kuota 3 4G lewat SIM Toolkit

Apabila ketika kamu gagal untuk melakukan pengecekan sisa kuota dari kode USSD, kalian bisa menggunakan bantuan SIM Toolkit yang tersedia disemua perangkat Android.

Bahkan, dengan bantuan SIM Toolkit ini, kita tidak perlu melakukan dial ataupun memasukkan kode USSD, caranya adalah

  1. Buka aplikasi SIM Toolkit yang ada di perangkat android kalian
  2. Pilih pada menu Planet 3
  3. Setelah itu, klik pada Info Layanan
  4. Lalu pilih pada Cek Kuota
  5. Tunggu hingga beberapa saat, dan nantinya SIM Toolkit akan otomatis mengirimkan pesan ke operator 3, dan mengirim balasan berupa informasi sisa kuota kalian.

Perlu sedikit dicatat, untuk tiap ponsel mungkin tampilan dari SIM Toolkit mereka akan berbeda, namun kalian bisa menyesuaikan sesuai dengan menu yang akan digunakan, yakni Cek Kuota.

Kesimpulan

Pada dasarnya, mengecek sisa kuota adalah hal penting bagi pengguna smartphone atau ponsel pintar. Hal ini bertujuan agar aktivitas mereka tidak terganggu ketika sedang melakukan chatting, ataupun berkirim email dengan lingkungan atau orang-orang di tempat mereka bekerja.

Selain rutin memeriksa sisa kuota, pastikan juga kalian mengisi pulsa secara berkala agar tidak masuk kedalam masa tenggang yang nantinya akan membuat kartu kalian terblokir.

Demikianlah beberapa cara cek kuota 3 4G yang bisa kalian terapkan, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan selamat mencoba.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi