Cara Memulihkan Akun Google yang Dihapus

  • Whatsapp

Bagaimana cara memulihkan akun Google yang dihapus? Google adalah salah satu mesin pencari yang paling sering digunakan oleh pengguna internet dimanapun berada. Pasalnya dengan menggunakan Google, Kamu akan mendapatkan berbagai informasi tanpa batas. Bahkan Kamu tak perlu lagi mencarinya secara offline. Cukup dengan mengetik apa yang kamu inginkan dan lihat hasil pencariannya yang sangat banyak. K tinggal memilih mau mengambil informasi dari situs mana berdasarkan hasil pencarian dari Google.

Akun Google yang kamu miliki tentu saja akan memiliki banyak sekali settingan pribadi mulai dari reminder kalender google yang sudah terintegrasi dengan kehidupan kamu. Foto maupun video yang sengaja kamu simpan pada akun google, bahkan nomor kontak whatsapp pun kamu simpan pada akun Google. Jika kehilangan akun maka secara otomatis semua data pribadi kamu akan hilang begitu saja. Cukup merepotkan jika hal tersebut terjadi.

Read More

Cara Memulihkan Akun Google yang Dihapus

Cara Memulihkan Akun Google yang Dihapus
Memulihkan Akun Google yang Dihapus

Memulihkan Akun Google yang Dihapus

Seiring dengan perkembangan zaman, ternyata kini Google telah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi para pengguna internet. Karena segala aktivitas di internet biasanya menggunakan akun Google. Akan tetapi, karena banyaknya program di internet yang menggunakan password maupun username, tak menutup kemungkinan membuatmu lupa dengan password akun Google. Jika hal ini terjadi, tentu saja Kamu tidak akan bisa mengakses akun media sosial yang menggunakan akun Google saat masuk dan mendaftar pertamakali.

Misalnya saja, Kamu ingat dengan nama akunnya namun lupa password-nya. Sebenarnya hal ini dapat diantisipasi dengan mengklik lupa password. Akan tetapi, bagaimana bila akun Google-mu terhapus? Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tutorial lengkap bagaimana cara memulihkan akun google yang dihapus.

Terkait:  Cara Edit Google Form

Penyebab Akun Google Terhapus

Ada beberapa penyebab kamu bisa sampai kehilangan akun google, diantaranya :

  • Kamu terlalu sering mengganti password sehingga menjadi lupa mana password yang memang kamu gunakan saat ini.
  • Terlalu banyak akun google yang kamu miliki sehingga lupa akun prioritas kamu yang menjadi andalan kamu untuk beraktifitas
  • Masuk ke sembarang aplikasi yang membutuhkan aktifasi melalui akun google lengkap dengan password nya sehingga akun kamu benar – benar di retas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Berbicara mengenai penyebab kehilangan akun Google khususnya pada opsi kemungkinan poin ke-3. Hal yang harus kamu lakukan adalah cukup mengunduh aplikasi dari pasar android yaitu play store yang sudah terverifikasi semua aplikasi di dalamnya. Jangan sampai mengunduh aplikasi di luar play store karena itu sangatlah riskan untuk akun Google milikmu.

Persyaratan Memulihkan Akun Google

Adapun cara memulihkan akun Google sangatlah mudah untuk dilakukan, yang paling penting adalah semua persyaratan mengenai pemulihan akun bisa kamu penuhi ketika diminta oleh pihak Google. Untuk mengetahui persyaratannya apa saja, berikut akan dijelaskan satu per satu :

  • Kamu pastinya harus mengamankan no HP yang sebelumnya dipakai untuk verifikasi akun milikmu. Jadi jangan sampai no HP tersebut dinonaktifkan karena akan merepotkan jika mengaktifkan Google Account kembali.
  • Biasanya pada saat pendaftaran, kamu akan diberikan alternatif pemulihan email, nah untuk pemulihan email tersebut pastikan kamu menghafalnya. Sehingga bisa dilakukan pengaktifan kembali akun Google yang terhapus oleh pihak Google.
  • Ingat – ingat kembali nama pengguna pada saat kamu membuat akun google tersebut, karena ini juga sangat membantu dalam pemulihan akun google milikmu.

Tiga persyaratan di atas harus betul – betul kamu perhatikan, karena akan mempengaruhi pada kelancaran aktifasi kembali akun google kedepannya.

Terkait:  Cara Keluar Akun Gmail di Android

Langkah-Langkah Memulihkan Akun Google

Untuk lebih jelasnya, berikut opsi cara memulihkan akun Google yang dihapus yang dapat Kamu praktekkan agar akun Google milikmu bisa digunakan kembali :

  • Buka situs google dengan menggunakan browser seperti chrome, mozilla atau internet explorer untuk proses pemulihan akun.
  • Pada jendela email, kamu akan dimintai untuk memasukkan alamat email yang sebelumnya terhapus.
  • Jangan langsung memasukkan kata sandi karena memang akun kamu sudah tidak aktif lagi. Akan tetapi pilihlah opsi lupa sandi yang biasanya berada pada bagian bawah dekat dengan pilihan pengisian sandi.
  • Setelah masuk dalam tampilan jendela lupa password, kamu akan dimintai menginputkan alamat pemulihan maupun memakai nomor Hp. Untuk kemudian akan dipergunakan untuk mengirimkan kode unik pada proses tahapannya.
  • Mungkin yang paling parah, jika alamat pemulihan dan nomor HP tidak tahu atau lupa. Maka langkah terakhirnya ialah akan diberikan beberapa pertanyaan dari Google, tentu saja pertanyaan tersebut dibuat pada saat awal pembuatan akun Google yang akan dipulhkan.
  • Setelah selesai melakukan rangkaian perintah dan kamu akan diberikan kode unik maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memeriksa akun gmail atau pesan sms. Pastikan Kamu telah dikirimkan kode verifikais oleh pihak google serta langsung mengisikan kode tersebut di kolom yang tersedia pada halaman pemulihan akun google.
  • Selanjutnya, jika sudah melakukan verifikasi dan kembali terhubung ke dalam akun gmailmu, langka berikutnya segera membuat kembali kata sandi baru. Pastikan kata sandi yang dibuat yang menurutmu paling mudah diingat tapi sulit ditebak orang.
  • Terakhir jika sudah selesai semua, maka secara otomatis akun google kamu akan kembali seperti semula dan semua data pribadi bisa kamu miliki kembali.

Cukup mudah bukan? Bagaimana cara memulihkan akun google yang dihapus dengan mengikuti langkah – langkah diatas? Ini berlaku jika semua persyaratan yang sudah dijelaskan sebelumnya telah terpenuhi. Selain itu tentunya akan mudah untuk mengembalikan akun Google kamu. Lain ceritanya jika semua persyaratan diatas tidak kamu miliki, maka tidak ada jalan lain selain membuat akun google baru dan pastikan agar kedepannya tidak lupa lagi yang memungkinkan kehilangan semua data pribadi kamu.

Dengan mengikuti cara memulihkan akun Google yang dihapus di atas, tentu saja mempermudahmu saat Gmailmu dihapus. Jangan lupa, apabila kamu tetap merasa kesulitan silahkan tanyakan kepada ahlinya baik secara langsung maupun secara online. Menariknya lagi Kamu juga bisa meminta bantuan layanan CS Google.

Cara Menghapus Akun Google

Jika di atas kita membahas cara memulihkan akun Google yang dihapus, sedangkan cara ini dilakukan jika Kamu ingin menghapus akun Google karena sesuatu hal. Jika ingin menghapus akun Google di perangkat android, ada beberapa cara yang bisa dilakukan berikut ini :

  • Pertama-tama, buka Google Account yang ada di smartphone.
  • Jika sudah, pilih opsi “data dan personalisasi” di panel navigasi sebelah kiri.
  • Di panel download, ada opsi “hapus dan buat rencana data”.
  • Kemudian klik opsi “hapus layanan atau akun Anda”.
  • Pada panel, silahkan hapus Gmailmu, lalu ketuk “hapus akun”.

Nah, itulah beberapa panduan cara menghapus akun dan cara memulihkan akun Google yang dihapus yang bisa Kamu lakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Terkait:  Cara Melacak No Hp Lewat Satelit

Related posts