Cara Upgrade Kartu 3 3G ke 4G

Cara Upgrade Kartu 3 3G ke 4G

Bagaimana cara upgrade kartu 3 3G ke 4G? Kita ketahui bahwa teknologi 4G bisa dikatakan lebih maju jika dibandingkan dengan jaringan 3G. Kini layanan 4G hampir merata ada di setiap daerah yang ada di Indonesia. Bahkan berbagai pilihan operator seluler sudah mengembangkan teknologi 4G ini untuk semua pengguna agar dapat memberikan layanan yang terbaik.

Selain itu, cara upgrade kartu 3 3G ke 4G nyatanya diperlukan supaya nomor yang dipakai tetap terdaftar. Karena itu, komunikasi bersama orang lain menjadi tak terganggu. Namun sayangnya, tak semua jenis kartu SIM telah mendukung layanan 4G ini. Inilah alasan pentingnya mengganti kartu 3G ke dalam jaringan 4G.

Read More

Cara Upgrade Kartu 3 3G ke 4G

Cara Upgrade Kartu 3 3G ke 4G
Upgrade Kartu 3 3G ke 4G

Tutorial Upgrade Kartu 3 3G ke 3G

Sebenarnya kartu 3 sudah mendukung jaringan 4G. Bahkan sistem jaringan 4G pada provider three sendiri telah menyebar luas hingga ke seluruh Indonesia. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk melakukan cara upgrade kartu 3 3G ke 3G dengan secepatnya. Mengingat jaringan 4G sendiri menawarkan banyak manfaat pada provider tri yang Kamu pakai.

Di samping itu, upgrade kartu dari 3G ke 4G pun sebagai upaya agar selalu ada di dalam posisi terdepatn pada layanan komunikasi. Tata cara atau prosedur upgrade kartu 3 ternyata cukup mudah dilakukan.

Pasalnya jaringan 4G hanya dapat dipakai jika memakai hp yang kompatible terhadap jaringan 4G, ada dalam jaringan 4G dan SIM Card yang telah mendukung 4G. Apabila hal ini tak terpenuhi, tentu saja manfaat jaringan 4G pun masih belum dapat dinikmati.

Di bawah ini ada beberapa cara upgrade kartu 3 3G ke 4G yang bisa Kamu coba dengan langkah-langkah yang mudah dan dijamin berhasil :

1. Beli Kartu Perdana 3 (Three) 4G

Cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk dapat mengakses jaringan 4G tanpa harus mengupgradenya ialah dengan membeli kartu perdana tri  4G. Dengan membeli kartu ini, tentu saja Kamu sudah dapat mengakses layanan 4G menggunakan kartu tri.

Adapun untuk membelinya, Kamu bisa langsung pergi ke 3 Store atau Counter terdekat.

2. Upgrade Kartu 3 Lewat 3 Store

Cara upgrade kartu 3 3G ke 4G selanjutnya ialah dengan melakukan upgrade kartu 3 di 3Store. Kamu tak perlu capek-capek mengatur sendrii proses upgrade kartu yang Kamu miliki. Karena proses ini akan dilakukan langsung oleh CS atau Customer Service. Kamu harus berkunjung ke gerai 3 Store, mengambil antrian, lalu sampaikan tujuanmu kepada Customer Service yang bertugas apabila Kamu ingin melakukan upgrade dari kartu tri 3G ke 4G.

Selain itu, Kamu juga tak perlu melakukan pengisian formulir, serta prosedur tertentu. Cukup temui customer service dan selanjutnya CS akan langsung mengupgrade kartu 3 Kamu dalam beberapa waktu. Biasanya waktu yang dibutuhkan hanya 5 menit saja dan kartu tri Kamu pun telah berganti menjadi kartu 4G.

3. Upgrade Kartu 3 Dengan Cara Mandiri

Jika Kamu tak memiliki banyak waktu untuk pergi ke gerai 3 Store, maka Kamu bisa mencoba cara upgrade kartu 3 3G ke 4G dengan cara mandiri. Cara mandiri memungkinkan Kamu untuk mengupgrade ke jaringan 4G tanpa harus mengganti kartu. Sehingga, Kamu tak perlu lagi khawatir harus mengubah atau mengganti kartu.

Sebenarnya ada 2 cara yang dapat dilakukan. Tahapan pertama ialah memperoleh uSIM atau kartu upgrade. Dimana kartu yang satu ini dapat Kamu peroleh baik di toko online atau di konter pulsa.

Sementara itu, prosedur kedua ialah proses upgrade dengan cara mandiri memakai kartu upgrade. Adapun cara mengupgrade kartu tri lewat USIM yang dapat dilakukan dengan cara mandiri, ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, Kamu harus memperoleh kartu upgrade lebih dulu. Sebenarnya harganya cukup terjangkau, dengan kisaran Rp. 800 sampai Rp. 20 ribu.
  • Bagi pengguna ponsel lama atau ponsel pintar dapat mengupgrade kartu ke 4G.
  • Silahkan cari kemudian ketahui nomor CCID pada kartu upgrade. Dimana lokasinya terletak di bagian bawah barcode.
  • Kini ketik format “SIM” spasi “Nomor CCID” yang biasanya terdiri dari 20 digit.
  • Setelah itu, kirim ke nomor 123.
  • Kamu akan menerima balasan SMS dari nomor 765 berupa konfirmasi upgrade serta kode aktivasi.
  • Selanjutnya, tekan OK jika ingin melanjutkan upgrade.
  • Kamu akan menerima balasan berupa perintah mematikan hp serta mengganti kartu tri yang lama dengan USIM atau kartu upgrade.
  • Nyalakan lagi dan Kamu akan menerima SMS yang biasanya memintamu untuk menginputkan kode rahasia.
  • Silahkan ketik opsi “CODE” (spasi) kode rahasia, lalu balas pesan tersebut.
  • Setelah berhasil, Kamu akan menerima SMS berupa konfirmasi upgrade sudah berhasil.

Dengan mengikuti langkah-langkah cara upgrade kartu 3 3G ke 4G di atas, maka kartu tri yang Kamu miliki pun sudah bisa mengakses jaringan 4G.

Keuntungan Upgrade Kartu 3 ke 4G

Sebenarnya, ada beberapa keunggulan upgrade kartu 3 dari jaringan 3G ke 4G, diantaranya sebagai berikut :

1. Layanan Streaming Anti Buffering Memakai Ponsel

Pemakaian jaringan 4G LTE pada kartu tri bisa membuat streaming lebih cepat. Bahkan Kamu tidak akan menjumpai proses buffering ketika Kamu melakukan streaming memakai jaringan 4G LTE.

2. Kecepatan Unduhan Di atas 100 Mbps

Salah satu keunggulan memakai jaringan 4G LTE di smartphone-mu ialah kecepatan unduhan jauh lebih cepat jika dibandingkan memakai jaringan 3G. Biasanya, kecepatan unduhan pada smartphone memang tidak fantastis, tapi melalui jaringan 4G LTE ini, maka kecepatan download lebih fantastis hingga menyamai akses download layanan internet wifi atau rumah.

3. Video Call Lebih Lancar

Pemakaian teknologi berbasis 4G LTE sangat berpengaruh terhadap pemakaian internet ponsel beserta video call. Pemakaian video call saat ini memakai smartphone sekaligus jaringan seluler yang sudah banyak dipakai. Dengan memakai jaringan 4G LTE, tentu saja Kamu menjadi lebih mudah berkomunikasi memakai video call dan internet call memakai smartphone.

4. Pengalaman Internet Lebih Cepat

Melalui penggunaan jaringan 4G LTE di smartphone-mu, tentu bisa semakin meningkatkan pengalaman dalam berinternet menjadi lebih memuaskan dan lebih baik. Kamu tentu saja bisa membuka berbagai macam situs web memakai smartphone dengan lebih cepat, mudah, dan tentu saja lebih stabil jika dibandingkan hanya memakai teknologi 3G.

Itulah beberapa keuntungan memakai jaringan 4G. Hanya saja kekurangannya, untuk bisa menikmati jaringan 4G LTE sendiri Kamu harus menukar kartu SIM terlebih dahulu. Sehingga hal tersebut dirasa cukup merepotkan, mengingat kartu SIM lama masih belum bisa menerima layanan jaringan 4G, sebab jaringannya masih berebda. Selain itu, jaringan 4G LTE biasanya masih belum stabil, apalagi jika dibawa bepergian menuju luar daerah atau luar kota.

Meskipun demikian, tentu sayang rasanya jika Kamu tidak mencoba cara upgrade kartu 3 3G ke 4G, apalagi jika Kamu tinggal di lingkungan kota-kota besar. Karena bagaimanapun, jaringan 4G menawarkan banyak keunggulan. Seperti diantaranya membuat akses internet menjadi lebih cepat dan stabil. Semoga bermanfaat!

 

 

Related posts