Cara Top Up Gopay via OVO

Bagaimana cara top up Gopay via OVO? Gopay adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Gojek. Dimana, Gopay dapat digunakan untuk melakukan berbagai jenis transaksi online karena fungsinya sebgai dompet digital khusus bagi pengguna Gojek.

Tentu saja dibandingkan transaksi secara fisik, transaksi online menawarkan lebih banyak kelebihan. Adapun salah satu kelebihannya yaitu, Kamu tidak perlu repot-repot harus mencari uang receh untuk melakukan pembayaran sejumlah nominal uang transaksi.

Read More

Cara Top Up Gopay Via OVO

Cara Top Up Gopay via OVO
Top Up Gopay via OVO

Panduan Top Up Gopay Via OVO

Untuk menggunakan Gopay, tentu saja Kamu harus melakukan pengisian saldo Gopay terlebih dahulu. Salah satunya ialah dengan cara top up Gopay via OVO. Sebenarnya langkah-langkahnya sangat mudah, Kamu tinggal mengikuti panduan di bawah ini :

1. Buka Aplikasi OVO

Langkah pertama, silahkan buka aplikasi OVO memakai akun OVO milikmu.

2. Pilih Menu Transfer Rekening Bank

Selanjutnya, di layar utama pada tampilan OVO, Kamu pun akan mendapatkan pilihan menu cukup banyak. Tapi mengingat tujuanmu untuk mentransfer sejumlah dana tertentu ke dompet lain, yakni Gopay, tinggal klik Transfer saja. Biasanya menu ini ada di samping kanan top up.

Sesudah itu, Kamu akan langsung diperlihatkan menu yang baru kembali, yakni transfer ke sesama pengguna OVO atau transfer ke rekening bank. Silahkan pilih transfer ke rekening bank.

Terkait:  Cara Top Up OVO BNI

3. Cari dan Pilih Permata Bank

Kemudian pada bank tujuan, kamu tinggal cari Permata Bank, silahkan scroll ke bawah untuk menemukan bank tersebut pada isian bank tujuan.

4. Isi Nomor Rekening dan Nomor Hp Akun Gopay

Setelah mengisi bank tujuan, dibawahnya silahkan isi nomor rekening dengan format yang sesuai, yaitu kode perusahaan gopay ditambah nomor hp yang sudah terverifikasi pada akun Gopaymu. Atau jika kamu akan melakukan transfer ke akun Gopay orang lain, tinggal pilih saja nomor hp akun Gopay orang tersebut.

Adapun untuk kode perusahaan Gopay yaitu 898 sehingga format nomor rekeningn yang harus kamu isi adalah 898 + nomor hp. Contohnya seperti ini : 898085221122xx.

4. Konfirmasi Transfer dari OVO

Dibawah isian nomor rekening ada kolom sumber dana, kolom OVO Cash akan secara otomatis terisi dengan informasi jumlah saldo yang kamu miliki.

Dibagian bawahnya lagi ada kolom nominal transfer. Kolom ini wajib kamu isi dengan minimal top up sebesar Rp. 10.000. Jangan lupa, bahwa kamu akan dibebankan biaya admin sebesar Rp. 2.500 yang dipotong langsung dari saldo OVO Cash milikmu.

Pada kolom isian paling bawah ada kolom pesan. Kolom ini besifat opsional, artinya bisa diisi atau dikosongkan saja. Tujuan kolom pesan ini hanya untuk informasi tambahan yang menjelaskan bahwa kamu akan melakukan proses transfer dana dari saldo ovo cash ke akun Gopaymu atau orang lain.

5. Lanjutkan Proses Transfer

Jika semua sudah terisi, cara top up Gopay via OVO selanjunya kamu hanya tinggal klik lanjutkan pada tombol paling bawah.

Setelah klik tombol lanjutkan, maka pada layar hpmu akan muncul secara otomatis tampilan pop up konfirmasi transfer yang berisi informasi top up detail yang sudah diisi sebelumnya. Adapun isian tersebut diantaranya informasi penerima, informasi sumber dana, pesan yang bersifat opsional jika di isi sebelumnya, dan detail top up yang terdiri dari nominal transfer serta biaya transaksi.

Terkait:  Cara Transfer BNI ke BCA

Jika informasi yang dimunculkan pada pop up konfirmasi transfer sudah dirasa benar, maka kamu cukup klik tombol transfer yang berada di bagian bawah pop up tersebut. Namun, jika informasi tersebut perlu kamu revisi silahkan kembali ke menu sebelumnya dengan klik batalkan.

6. Isi Nomor PIN OVO

Jika dirasa sudah benar dengan klik transfer, kemudian kamu diwajibkan untuk mengisi nomor PIN ovo kamu. Pada bagian ini, sebaiknya hati-hati ketika mengisi nomor pin, karena jika kamu terus mengisi nomor pin yang salah kemungkinan besar proses transfer akan batal. Selain itu, Kamu harus mengatur ulang nomor PIN OVO dengan menghubungi Customer Service OVO.

Sampai nomor PIN kamu belum dibetulkan, maka proses apapun dengan menggunakan aplikasi OVO tidak akan bisa kamu lakukan, termasuk top up saldo Gopay via ovo.

Kembali pada proses transfer jika nomor pin ovo kamu sudah benar. Cara top up Gopay via OVO selanjutnya yaitu Kamu akan mendapatkan informasi mengenai proses transfer tersebut baik dari OVO maupun Gopay kamu yang menginformasikan bahwa proses top up sudah berhasil.

7. Cek Saldo di Gopay

Terakhir untuk memastikan saldo masuk ke akun Gopaymu, silahkan buka aplikasi Gojek lalu masuk ke menu Gopay. Lihatlah saldo-mu apakah bertambah sesuai dengan informasi yang diberikan sebelumnya saat mengisi saldo pada OVO atau masih belum masuk.

Biasanya jika notifikasi sudah ada pada layar hp-mu, secara otomatis saldo tersebut sudah masuk ke akun gopay kamu.

Tips Agar Top Up Gopay via OVO Berhasil

Agar cara top up Gopay via OVO berhasil dilakukan, ada beberapa hal penting yang harus Kamu pertimbangkan berikut ini :

1. Upgrade ke OVO Premier

Akun OVO yang akan kamu gunakan untuk mentransfer dana sudah upgrade ke ovo premier. Karena jika belum upgrade maka proses transfer tidak bisa kamu lakukan. Sedangkan untuk aplikasi Gojek yang Kamu miliki tak perlu update, sebab hanya menerima sejumlah saldo dari OVO saja.

Terkait:  Cara Top Up ShopeePay

2. Minimal Saldo OVO yang Tersisa

Pastikan saldo pada OVO tidak kurang dari Rp. 20.000. tujuannya adalah untuk menghindari gagal transfer akibat saldo tidak cukup. Ingat bahwa dana minimal untuk top up dana ovo adalah Rp. 12.500 dimana Rp. 10.000 adalah saldo yang akan masuk ke akun gopay sedangkan Rp. 2.500 adalah biaya admin. Sehingga dengan begitu sisa saldo ovo kamu masih ada sisa Rp. 7.500.

3. Isi Kode Perusahaan dengan Benar

Kode perusahaan agar diiisi dengan benar, karena proses transfer menggunakan bank permata sehingga kode perusahaan adalah 898. Jika salah dalam mengisi kode perusahaan proses transfer tidak akan berhasil.

4. Validasi Nomor Hp

Nomor hp yang kamu isikan harus benar-benar sudah tervalidasi pada akun Gojek. Jika salah memasukan nomor hp atau salah satu nomor saja maka tidak akan bisa melakukan transfer. Silahkan ulangi lagi baik kode perusahaan maupun nomor hp tujuan dengan benar, bila perlu lakukan dikte mulai dari kode perusahaan sampai angka terakhir nomor hp tujuan.

5. Jaringan Internet Stabil

Pastikan jaringan internet stabil, jika jaringan kurang stabil kemungkinan besar proses transfer akan terus loading dan mengakibatkan gagal transer. Cara agar proses transfer bisa berhasil yaitu kamu harus pindah ke lokasi dimana jaringan sinyal stabil dan bisa menggunakan internet.

Perhatikan hal-hal diatas agar proses transfer dana dari OVO ke Gopay bisa berhasil. Saran bagi kamu yang akan melakukan transfer lebih baik dilakukan minimal Rp. 50.000. Walaupun ketentuannya, bisa transfer mulai dari Rp. 10.000 saja namun untuk menghemat biaya admin lebih baik lakukan transfer minimal Rp. 50.000 ke dalam saldo Gopay milikmu.

Kelebihan mengisi minimal Rp. 50.000 adalah selain menghemat biaya admin Rp. 2.500 juga kamu bisa melakukan berbagai transaksi pada aplikasi Gojek. Jadi, paling tidak Kamu bisa melakukan transaksi hingga 2-3 kali transaksi. Dibandingkan hanya Rp. 10.000 mungkin hanya cukup 1 kali transaksi saja dan itupun hanya terbatas pada transaksi kecil saja.

Demikianlah ulasan tentang cara top up Gopay via OVO dan beberapa tips yang harus diperhatikan saat melakukan top up saldo Gopay melalui OVO. Semoga bermanfaat!

Related posts