cara memulihkan akun gmail

  • Whatsapp

Bagaimana cara memulihkan akun Gmail? Semua tentu sepakat jika layanan email paling populer sekarang ini ialah Gmail. Di samping sebagai email, Gmail juga mempunyai banyak fitur yang lainnya. Untuk satu akun dapat digunakan pada semua layanan Gmail, Google Drive, Youtube, Google Play Game, Google Adsense, Google Play Store dan lain sebagainya.

Melalui banyaknya fitur pada satu akun, membuat Gmail sangat berharga. Terlebih jika suatu hari tiba-tiba akun dinonaktifkan atau mengalami disabled, terlebih jika akun Gmail yang dinonaktifkan tersebut memiliki data-data penting. Tentu saja hal ini membuatmu panik, karena bisa saja data-data tersebut berisi data pekerjaan atau data kuliah untuk skripsi.

Read More

Tapi sebenarnya, kecil sekali kemungkinan akun Gmail dinonaktifkan secara sepihak tanpa alasan. Karena biasanya Google akan menonaktifkan akun Gmail yang melanggar kebijakan. Meskipun demikian, Kamu tak perlu khawatir karena ada beberapa cara memulihkan akun Gmail yang bisa Kamu coba.

Cara Memulihkan Akun Gmail

Cara Memulihkan Akun Gmail
Tutorial Memulihkan Akun Gmail

Tutorial Memulihkan Akun Google Mail

Ada beberapa langkah cara memulihkan akun gmail, untuk kasus akun yang dinonaktifkan secara tiba-tiba. Berikut ini ulasannya :

1. Login Akun dan Pilihkan

Silahkan login ke Google Account yang telah dinonaktifkan, kemudian di halaman tersebut nantinya Kamu akan mendapat notifikasi. Notifikasi atau pemberitahuan tersebut berisi penjelasan bahwa akunmu dinonaktifkan karena telah dianggap melanggar ketentuan Google. Langkah berikutnya ialah mencoba memulihkan Gmail dengan cara klik “Coba Pulihkan”.

2. Menginputkan Email Pemulihan

Cara memulihkan akun gmail selanjutnya setelah ketuk “Coba Pulihkan”, Kamu akan diminta memasukkan akun email yang aktif dan dapat diakses sebagai email untuk pemilihan. Adapun email yang dipakai untuk pemulihan dapat berupa Yahoo Mail, Gmail, maupun penyedia email lainnya atau bisa juga memakai email domain pribadi.

Terkait:  Cara Join di Google Meet

Sesudah menginputkan email pemulihan tekan “Berikutnya”, lalu Kamu bisa memasukkan alasan terkait kenapa akun email tersebut mesti dipulihkan Google. Kamu bisa membuat alasan logis lalu deskripsikan pentingnya akun email yang dipulihkan tersebut untukmu. Kamu bisa mendeskripsikan alasannya dengan bahasa Inggris.

3. Menunggu Proses Peninjauan Hingga Mendapatkan Balasan Email

Langkah cara memulihkan akun Gmail selanjutnya ialah pihak Google meninjau semua data di akun yang ingin dipulihkan. Biasanya proses peninjauan akan berlangsung maksimal 2 hari kerja. Sesudah peninjauan 2 hari kerja, jika akun tersebut memenuhi syarat dipulihkan, Kamu akan menerima balasan email dari Google.

4. Melakukan Verifikasi Ulang

Sesudah menerima email pemulihan telah disetujui, kemudian segera lakukan login kembali di akun yang dinonaktifkan Gooogle untuk verifikasi. Adapun caranya ialah dengan menginputkan nomor hp untuk verifikasi. Bisa lewat telepon atau SMS yang nantinya Kamu akan dikirimkan sebanyak 6 digit nomor verifikasi.

Itulah 4 cara memulihkan akun Gmail, jika Kamu melakukan pelanggaran ringan, biasanya akun Gmail masih bisa dipulihkan. Namun jika pelanggaran tergolong berat, kemungkinan besar akun Gmailmu tak dapat dipulihkan.

Cara Mengembalikan Akun Gmail yang Dibajak

Jika cara memulihkan akun Gmail di atas digunakan ketika akun Gmailmu dinonaktifkan, maka metode yang satu ini bisa dilakukan untuk mengembalikan akun Gmail yang telah dibajak. Umumnya ada dua asumsi pembajakan pada akun, diantaranya hanya password yang diubah dan email pemulihan, nomo hp, serta password yang diubah.

Diantara kedua asumsi ini, yang pertama apabila hanya password saja yang diubah namun email pemulihan dan nomor hpnya tidak. Dalam hal ini Kamu dapat mengembalikan akunmu dengan mudah, yaitu dengan mereset password akun itu sendiri.

Terkait:  Cara Mengembalikan Gmail yang Terhapus

Selanjutnya berdasarkan asumsi kedua, seluruh data keamanan sudah diubah oleh hacker sebagai pembajak, sehingga satu-satunya cara ialah dengan bantuan pihak Gmail/Google. Caranya dengan mengisi formulir serta data formulir untuk pemulihan.

Baiklah, berikut ini ada beberapa pilihan cara mengembalikan akun Gmail yang dibajak, diantaranya :

1. Dengan Reset Password

Sebelum reset password, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Biasanya hal tersebut telah dijelaskan melalui support Google. Berikut penjelasannya :

  • Saat ingin melakukan recovery pada akun Gmail, pakai koneksi internet, ponsel/PC, dan tempat atau lokasi tempatmu mengakses internet. Sebab secara otomatis akan terbaca pada sistem Gmail. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk memudahkanmu mengembalikan akun Google Mail.
  • Harus menjawab seluruh pertanyaan dengan benar, ingat kembali apabila Kamu tidak yakin jawabannya.
  • Lakukan pemulihan Gmail dengan tidak mengisi formulir untuk pemulihan secara berkali-kali, silahkan tunggu tahapan sampai akhir untuk mempermudah pemulihan.

Sebenarnya cara ini tak jauh berbeda dari reset password gmail saat lupa password. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Silahkan masuk menuju opsi halaman pemulihan akun.
  • Ubah layanan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia untuk lebih mudah. Lalu tap english di samping kiri bagian bawah dan pilih Indonesia. Selanjutnya akan berubah secara otomatis.
  • Kemudian ketik nomor ponsel atau alamat emailmu. Misalnya saja, Kamu memasukkan akun email. Silahkan masukkan akun email dan tap “Berikutnya”.
  • Setelah itu, Kamu akan diminta mengingat serta mengisi kata sandimu yang terakhir kali digunakan. Ketik kata sandi dan lanjut ke opsi “Berikutnya”.
  • Selanjutnya Kamu akan mendapatkan kode untuk verifikasi, dalam langkah ini Gmail terkadang menampilkan email pemulihanmu atau nomor hpmu.
  • Cek Inbox/SMS yang masuk ke dalam nomor hp atau email pemulihan. Selanjutnya copy angka atau kode verifikasi yang dikirimkan.
  • Selanjutnya paste atau ketikkan kodenya pada kolom inputkan kode dan tap berikutnya.
  • Kamu pun akan diminta memasukkan password yang baru, silahkan pakai password yang kuat berupa kombinasi dari angka, huruf kecil atau huruf kapital dan simbol. Lalu tap berikutnya.
Terkait:  Cara Buat Gmail Banyak

Selesai, kini Kamu sudah berhasil memulihkan akun Gmail menggunakan password yang baru.

2. Memulihkan Akun Gmail dengan Menjawab Pertanyaan Google

Kamu bisa menggunakan cara yang satu ini, apabila akunmu sudah diubah datanya, entah nomor hp ataupun email untuk pemulihanmu. Dari sini, Kamu berusaha sampai dititik tim Google menghubungimu. Berikut langkah-langkahnya :

  • Apabila muncul pertanyaan mendapatkan verification code ke dalam email pemulihan namun ternyata datanya sudah diubah pembacak, Kamu bisa mengetuk cara lain.
  • Kemudian akan muncul konfirmasi menggunakan nomor hp di setelan keamanan. Apabila ternyata nomor yang tertera bukan nomor hpmu, Kamu bisa coba cara yang lain.
  • Lanjut ke pertanyaan berikutnya kapan membuat akun Gmail/Google ini? Kamu bisa mengisinya dengan benar, selanjutnya pilih bulan dan tahun. Setelah itu tap selanjutnya.
  • Setelah itu, Kamu akan diarahkan menuju laman bahwa pihak Google membutuhkan waktu meninjau permintaanmu. Silahkan masukkan akun email yang baru agar bisa dihubungi pihak Google.
  • Selanjutnya Kamu akan diminta memasukkan kode untuk verifikasi ke akun email baru. Jadi silahkan buka lalu cek inbox tersebut, setelah itu cari verification code dari pihak Google. Kode ini untuk melakukan reset sandi dan berguna bahwa email Kamu yang baru adalah benar adanya.
  • Silahkan masukan kodenya dan tap berikutnya.
  • Di tahapan ini, apabila Kamu beruntung biasanya respon laman sesudahnya ialah mengubah password yang baru.
  • Masuk ke langkah terakhir, Kamu akan diminta menunggu jawaban Google selama 3-5 hari kerja. Tambahkan info yang selengkapnya dan ketuk selesai.

Itulah beberapa langkah cara memulihkan akun Gmail yang bisa Kamu pilih. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Related posts