Cara Reset Printer Epson L360

Sebenarnya, ada beberapa langkah cara reset printer Epson L360 yang error. Biasanya, masalah error bisa membuatmu tak dapat mencetak dokumen. Printer Epson L360 merupakan salah satu jenis printer yang memiliki fitur all in one. Dimana printer ini memungkinkanmu untuk dapat melakukan print, copy dan scan dokumen hanya dalam satu perangkat saja.

Printer Epson L360 pun telah dilengkapi oleh ink tank terintegrasi. Dengan begitu printer yang satu ini sangat ideal untuk digunakan di area perkantoran, mahasiswa, hingga rumahan.

Di negara Indonesia, perangkat printer dari Epson ini memang banyak dipakai karena selain harganya murah, juga menawarkan fitur yang memadai. Perangkat printer sangat mudah untuk dioperasikan. Sehingga, wajar jika banyak orang memilih produk printer Epson ini dalam mencetak dokumen.

Seiring dengan intensitas pemakaian dan waktu, printer seringkali mengalami berbagai kendala, karenanya perangkat tak dapat merespon instruksi dengan baik. Sebenarnya hal ini sangat lumrah terjadi, baik pada printer Canon maupun Epson. Adapun yang mengharuskanmu melakukan reset printer segera agar perangkat printer dapat bekerja kembali secara normal.

Penyebab Printer Epson Harus di Reset

Tingkat keawetan sebuah printer, pastinya tergantung dari perlakukan pengguna terhadap printer itu sendiri. Sebenarnya hal ini tak hanya berlaku bagi printer saja, melainkan juga bagi semua peralatan elektronik. Apabila Kamu memakai dan merawat printer dengan benar dan melakukan pemeriksaan secara rutin, printer tersebut tentu saja menjadi semakin awet.

Namun sebaliknya, apabila memperlakukan printer dengan sembarangan, terlebih sering digunakan banyak orang, belum lagi minimnya perawatan membuat printer gampang rusak.

Terkait:  Cara Reset Remote Mobil

Bahkan walaupun kita sering merawat printer dengan baik, tak jarang jika dilakukan dalam waktu yang lama printer mengalami error. Tak jarang disertai dengan kedipan lampu indikator pada tinta dan kertas. Kemudian dengan kondisi perangkat printer yang tak dapat mencetak dokumen, dan tak merespon instruksi lainnya.

Sedangkan kondisi error pada lampu indikator yang berkedip, umumnya menandakan adanya error di perangkat tersebut, entah itu masalah yang terjadi pada software atau hardware-nya.

Akan tetapi, yang paling sering menyebabkan lampu berkedip atau error di perangkat printer sebenarnya dikarenakan oleh masalah waste ink full. Sehingga akhirnya, bisa berdampa pada penuhnya counter untuk tempat pembuangan tinta atau over ink pad counter.

Kesalahan tersebut mungkin saja terjadi disebabkan oleh printer yang sudah di setting vendor pada jumlah batas pencetakan. Jika mencetak dalam jumlah ribuan lembar atau selama jangka waktu tertentu, biasanya akan muncul tanda peringatan me-reset printer segera.

Dimana hal tersebut tentu saja mengharuskanmu untuk melakukan cara reset Epson L360 supaya sistem dapat menghitung ulang kembali dari 0. Sama seperti ketika Kamu baru membelinya di toko, serta sesudah proses reset berhasil, printer biasanya dapat bekerja dengan normal kembali.

Cara Reset Printer Epson L360

Tutorial Reset Printer Epson L360

Perangkat printer L36 biasanya akan bermasalah serta meminta di-reset apabila sudah mencapai jumlah pencetakan atau batas waktu tertentu supaya dapat berfungsi baik. Nah, pada saat itu jugalah Kamu memerlukan pengetahuan mendasar mengenai cara reset printer Epson L360 supaya tak terjadi kesalahan untuk mencegah terjadinya masalah baru.

Sehingga jika kebetulan Kamu sebagai pengguna Epson L360 yang sedang error, Kamu tak perlu langsung membawanya ke ahli atau teknisi sebelum mencoba cara reset printer Epson L360 terlebih dahulu.

Terkait:  Cara Reset Mesin Cuci Electrolux

Jika hanya dengan me-reset ternyata perangkat printer-mu langsung bekerja normal, tentu saja lebih menghemat anggaran untuk perbaikan. Selain itu, Kamu akan lebih paham apabila sewaktu-waktu, printer epson-mu mengalami kendala yang sama, tentu Kamu tahu apa saja yang perlu dilakukan.

Ada 2 pilihan cara reset printer Epson L360 yang dapat dilakukan. Diantaranya yaitu secara manual dan memakai bantuan software. 

Cara Reset Printer Epson L360

Cara Reset Printer Epson L360
Reset Printer Epson L360

Tutorial Reset Printer Epson L360 Manual

Salah satu cara reset printer Epson L360 seperti yang sudah kita bahas di atas adalah secara manual. Adapun maksud dari proses reset printer manual ialah Kamu akan me-reset printer tanpa bantuan aplikasi atau software apapun. Cukup memakai beberapa tombol tertentu yang tersedia dalam durasi dan cara tertentu.

Untuk me-reset printer Epson L360 manual nantinya dibahas berdasarkan buku panduan dari printer Epson L360. Sehingga jika Kamu masih menyimpan buku manualnya, silahkan coba buka lalu temukan panduannya secara lengkap.

Sebenarnya metode cara reset printer Epson L360 manual sendiri merupakan trik paling gampang dan dapat dipraktekkan secara langsung, jika printermu mengalami error. Berikut ulasannya :

  • Silahkan cabut kabel power pada perangkat printer-mu terlebih dahulu selama 5 menit, lalu pasang lagi kabel power-nya.
  • Nyalakan printer-mu lagi, dengan cara tekan lalu tahan tombol power.
  • Sesudah itu, coba tekan serta tahan resume secara bersamaan.
  • Biarkan power dan resume ditekan selama 5 menit.
  • Sesudah 5 menit, Kamu bisa melepas kedua tombol tersebut.
  • Lalu tekan serta tahan kembali kedua tombol ini selama tiga detik dan lepaskan.
  • Diamkan printer-mu untuk me-reset printer secara otomatis hingga beberapa menit.

Jika proses reset printer telah selesai dilakukan, selanjutnya printer-mu pun akan kembali lagi ke pengaturan default alias ke pengaturan awal. Tentu saja hal tersebut membuat berbagai kendala yang muncul akan hilang setelah proses reset dicoba.

Terkait:  Cara Reset Printer Epson L3110

Akan tetapi, jika masalahnya masih belum selesai meskipun sudah mencoba me-reset printer secara manual, maka Kamu bisa melakukan reset printer dengan bantuan software.

Tutorial Reset Printer L360 Melalui Software

Cara reset printer Epson L360 lainnya ialah dengan menggunakan software atau yang nama lainnya memakai Epson Adjustment Program. Ini dirancang khusus untuk mengembalikan agar printer-mu kembali ke pengaturan default-nya.

Supaya Kamu dapat mencoba cara reset printer Epson L360 ini, tentu saja Kamu memerlukan perangkat laptop atau komputer yang telah diinstal driver terlebih dahulu sebelumnya sesuai tipe printer yang dipakai. Tujuannya supaya printer dan PC dapat terkoneksi.

Adapun langkah-langkah me-reset printer Epson L360 menggunakan bantuan dari Epson Adjustment Program, ialah sebagai berikut :

  • Langkah pertama, silahkan unduh resetter Epson L360 secara gratis di link berikut!
  • Jika sudah terekstrak, selanjutnya jalankan program Epson Adjustment, caranya klik dua kali.
  • Tekan select, yakni memilih jenis printer , kemudian pada opsi model name silahkan pilih L360 dan klik OK.
  • Langkah berikutnya tekan Particular Adjustment Mode.
  • Kemudian akan muncul opsi jendela baru lalu tekan pilihan Waste Ink Pad Counter, lalu tekan OK.
  • Silahkan check list di pilihan Main pad Counter. Lalu tekan check.
  • Tekan ok di jendela pop up. Untuk selanjutnya proses reset printer-pun akan langsung dimulai.

Proses reset dengan Epson Adjustment tersebut biasanya hanya berjalan beberapa lama saja. Jika proses reset-nya telah berhasil dilakukan, setelah itu akan muncul tampilan pop up untuk mematikan printer. Silahkan matikan printer beberapa lama dan nyalakan kembali.

Related posts