Cara Ganti Nama di Google Classroom

Cara Ganti Nama di Google Classroom

Bagaimana cara ganti nama di Google Classroom? Mengingat kini Google Classroom sudah sangat populer dikalangan para pelajar maupun tenaga pendidik, tentu saja bisa memaksimalkan penggunaan Google Classroom untuk pembelajaran jarak jauh. Tujuan pembelajaran online dengan Google Classroom sendiri tak lain ialah untuk mengefisiensikan waktu supaya pembelajaran yang diberikan guru bisa dilakukan secara efektif. Walaupun siswa tidak menghadiri kelas atau kuliah secara langsung.

Selain Google Classroom, sebenarnya sudah ada layanan pembelajaran atau meeting online yang bisa digunakan, seperti via Zoom, Edmodo dan lainnya. Hanya saja, yang paling banyak digunakan saat ini adalah layanan Google Classroom.

Read More

Sekilas Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi pembelajaran secara online yang berasal dari Google sebagai sarana pendukung pembelajaran baik guru maupun siswa. Google classroom adalah layanan yang terintegrasi dengan berbagai layanan google lainnya seperti google drive, gmail, hangout, youtube, google calendar dan lain-lain.

Oleh karena itu, penggunaan google classroom sangat direkomendasikan mengingat cukup banyak manfaat yang bisa dinikmati agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar.

Fitur-fitur yang ditawarkan pada layanan Google Classroom juga cukup banyak. Diantaranya membuat kelas masing-masing sesuai pembelajarannya, membuat tugas dan langsung dipantau guru, hingga dapat melakukan absensi kehadiran. Hal tersebut tentu saja bisa memudahkan guru untuk melihat sekaligus memantau siswanya mengikuti pembelajaran lewat Google Classroom.

Karena guru bisa menilai tugas yang dikerjakan murid langsung, bisa dibilang layanan Google Classroom adalah tool learning management yang sangat bagus. Hal ini dikarenakan dapat terhubung langsung pada hasil pembelajaran tiap siswa yang telah mengikuti pembelajaran.

Salah satu fungsi yang dapat Kamu manfaatkan lewat Google Classroom ialah Kamu dapat berbagi file, entah itu file berbentuk dokumen maupun gambar. Bahkan apabila Kamu hendak mengirimkan gambar, maka file ekstensinya dapat diganti sesuai keinginan, seperti berbentuk PNG atau JPEG.

Biasanya file yang dikirimkan ke Classroom, dengan otomatis akan langsung disimpan ke Google Drive. Jadi, Kamu bisa membuka file tersebut kapan saja dan dimana saja. Bahkan Kamu bisa mengunduh file tersebut asalkan sudah terhubung ke jaringan internet. Sementara, untuk layanan Gmail itu sendiri apabila dihubungkan pada Google Classroom bertujuan untuk komunikasi secara elektronik. Sementara Google Calendar berfungsi untuk menjadwalkan kelas yang akan Kamu ikuti.

Jika Kamu ingin mengikuti pembelajaran dan memasuki kelas di Google Classroom, maka Kamu harus bergabung dengan meminta kode yang dibagikan oleh gurumu. Selain itu, secara otomatis Kamu akan langsung dimasukkan lewat domain sekolah.

Apa Saja Manfaat Google Classroom?

Sebelum kita membahas cara ganti nama di Google Classroom, bagi yang belum pernah menggunakan Google Classroom, pastinya penasaran apa saja manfaatnya. Bagi siswa dan murid, menggunakan Google Classroom bisa memberikan pengalaman menarik tersendiri saat melakukan pembelajaran secara online. Adapun manfaat utama dari Google Classroom itu sendiri ialah membuat proses pembelajaran semakin nyaman dan mudah. Selain itu, ada banyak manfaat lainnya yang bisa dirasakan dengan memakai Google Classroom, berikut ini :

1. Lebih Menghemat Waktu

Google Classroom dapat digunakan untuk membagikan file hanya dengan sekali kirim ke kelas yang bersangkutan bagi seluruh siswa yang sedang mengikuti pembelajaran. Dengan begitu, seorang guru tak perlu lagi repot-repot untuk membagikan file satu per satu ke setiap muridnya.

Untuk proses pengerjaan tugas, siswa akan lebih fokus pada pengerjaan tugas tersebut karena tidak akan ada waktu yang terbuang. Sebab yang paling diutamakan dalam penyelesaian tugas pembelajaran adalah tepat waktu. Dengan demikian, nantinya jadwal pembelajaran lainnya pun akan tepat waktu.

2. Menjalin Komunikasi Dua Arah

Di platform Google Classroom, tentu saja memungkinkanmu bisa berdiskusi dengan guru dan juga teman-teman dengan cara online. Dengan dipandu oleh guru, proses diskusi online dapat brelangsung layaknya seperti diskusi secara tatap muka. Bahkan kamu bisa mengetahui batas waktu yang diberikan oleh guru sehingga tidak ada waktu yang sia-sia.

3. Penyimpanan Data Terintegrasi dengan Aplikasi Lain

Seperti yang sudah diberitahukan sebelumnya bahwa penyimpanan sebuah data terpusat pada aplikasi Google Drive. Pada aplikasi ini, kamu bisa membuka berbagai macam folder yang diatur oleh gurumu mengenai pembelajaran yang sedang dilaksanakan.

Guru juga bisa menyimpan semua file pembelajaran dengan menggunakan Cloud, sehingga file-file tersebut tidak akan hilang sampai admin menghapus file didalam Cloud maupun Google Drive.

4. Update Informasi

Setiap informasi yang diberikan oleh guru, secara otomatis akan masuk kedalam perangkat masing-masing siswa mengenai informasi tersebut. Dengan begitu, setiap siswa tak akan ketinggalan informasi terkait materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Informasi tersebut bisa berbentuk materi terbaru, penambahan materi, dan informasi tentang pembelajaran yang nantinya langsung masuk dan terintegrasi ke dalam Googel Calendar.

Itulah beberapa manfaat sekaligus kelebihan Google Classroom yang dapat Kamu nikmati saat melakukan pembelajarang menggunakan platform menarik dari Google yang satu ini. Sementara itu, jika Kamu ingin mengganti nama di Google Classroom, Kamu bisa mencoba tutorial cara ganti nama di Google Classroom di bawah ini!

Cara Ganti Nama di Google Classroom

Cara Ganti Nama di Google Classroom
Ganti Nama di Google Classroom

Tutorial Ganti Nama di Google Classroom

Sebenarnya cara ganti nama di Google Classroom sangat mudah. Setiap siswa atau guru, tentu saja harus menyematkan nama akunnya sebagai inisal pribadi untuk digunakan pada proses pembelajaran. Namun, pada saat menggunakannya pertama kali, biasanya nama yang tercantum di Google Classroom adalah nama default yang diberikan secara otomatis oleh sistem.

Cara ganti nama di Google Classroom juga sangat mudah dilakukan. Kamu tinggal mengikuti beberapa langkah sederhana dibawah ini dengan benar :

  • Pertama, masuklah kedalam Google Classroom berdasarkan akun yang kamu daftarkan sebelumnya.
  • Setelah masuk kedalam jendela utama lewat layanan Google Classroom, silahkan sorot pada bagian kiri atas. Disana ada ikon berupa 3 garis horizontal, lakukan Tap pada ikon tersebut agar bisa melihat menu lainnya.
  • Ketika sudah klik ikon tersebut, kamu akan melihat beberapa menu didalamnya, namun kamu cukup cari menu setting saja dan Tap menu setting tersebut.
  • Selanjutnya, kamu tinggal klik ‘Kelola’ yang berada pada bagian setelan akun.
  • Jika sudah, selanjutnya tinggal klik menu ‘Info Pribadi’ yang berada pada deretan menu tepat di bagian atasnya.
  • Cara ganti nama di Google Classroom selanjutnya, tinggal klik nama dan tulislah nama sesuai yang kamu inginkan. Namun karena Google Classroom sifatnya resmi mengingat pembelajaran yang dilakukan oleh guru, jadi lebih baik memakai nama sesuai dengan nama absensi.
  • Jika sudah mengganti nama, kamu cukup klik tombol ‘Simpan’.

Kesimpulan

Dilihat berdasarkan cara ganti nama di Google Classroom di atas, maka setiap siswa bisa mengubah nama mereka dengan sangat mudah. Akan tetapi, perlu kamu perhatikan bahwa penggantian nama hanya bisa dilakukan maksimal 3 kali dalam waktu 90 hari saja.

Oleh karena itu, sangat penting dalam mengganti nama yang akan kamu berikan sebagai inisial nama di Google Classrom. Sebab, jika kamu sudah 3 kali mengganti nama dan akan melakukan penggantian nama yang ke 4 kalinya maka tidak akan bisa. Terkecuali membuat akun baru dengan alamat email yang baru. Karena cara ganti nama di Google Classroom sendiri maksimal hanya bisa dilakukan 3 kali.

 

cara ganti nama Google Classroom, ganti nama di Google Classroom, cara ganti nama di Google Classroom, cara mengubah nama di Google Classroom, kelebihan Google Classroom, Google Classroom adalah, fungsi Google Classroom, manfaat Google Classroom, fitur-fitur Google Classroom, Classroom, Google, aplikasi Google Classroom, Google Classroom terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya,

Related posts