Cara Memperkuat Sinyal Smartfren

  • Whatsapp

Bagaimana cara memperkuat sinyal Smartfren? Smartfren adalah salah satu produk yang berasal dari PT. Smartfren Telecom Tbk yang sebelumnya masih bernama PT. Mobile – 8 Telecom Tbk. Perusahaan ini adalah penyedia jasa pada bidang telekomunikasi yang berbasis teknologi 4G LTE, bahkan sekarang di upgrade ke 4GLTE Advanced. Adapun nama produknya sendiri ialah Smartfren yang dulu terkenal dengan nama Fren.

Smartfren ini sebagaimana diketahui, sangat berbeda dengan operator GSM lainnya yang menggunakan frekuensi 850 dan 2300 mHz seperti Three, Indosat, Telkomsel dan XL. Sementara smartfren menggunakan 2300 mhz yang didukung dengan operator pertamanya yang berbasis 4G LTE bernama Bolt.

Tentang Smartfren

Awalnya Smartfren memfokusikan diri sebagai vendor operator telekomunikasi yang hanya menyediakan layanan untuk jaringan berbasis CDMA EV – DO Rev A dan juga CDMA EV – DO Rev B. Dimana pada saatu itu, sama seperti 3,5 G di jaringan GSM dengan optimalisasi kecepatan unduh mencapai 14,7 MB per detik. Selain itu, vendor ini juga telah bekerjasama dengan Qualcomm sebagai salah satu peyedia jasa pada bidang infrastuktur yang juga sebagai operator CDMA pertama di Indonesia yang menyediakan jenis layanan pada Blackberry.

Saat itu pada tanggal 19 Agustus 2015, Smartfren meluncurkan produk andalannya yang bernama smartfren 4G LTE – Advanced. Produk tersebut bisa dibilang sebagai terobosan baru karena baru Smartfren yang menjadi operator seluler pertama mengusung teknologi canggih seperti 4G LTE Advanced. Bahkan memiliki kecepatan download maksimal bisa mencapai 300 Mbps. Kedepannya, menurut informasi dari berbagai sumber, akan di upgrade kembali menjadi layanan 5G.

Cara Memperkuat Sinyal Smartfren

Cara Memperkuat Sinyal Smartfren
Memperkuat Sinyal Smartfren

Memperkuat Sinyal Smartren

Jika dilihat dari sepak terjangnya, maka tidaklah heran smartfren memiliki jaringan yang sangat luas sampai ke seluruh pelosok Indonesia. Oleh karena itu, siapapun bisa mengandalkannya untuk browsing maupun untuk mengunduh file berkapasitas cukup besar. Jika Kamu mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya, maka Kamu cukup datang ke gerai resmi untuk meminta bantuan teknisi sehingga layanan smartfren bisa kamu gunakan sepenuhnya.

Namun jika kamu ingin mencoba sendiri, maka pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai cara memperkuat sinyal smartfren yang cukup mudah untuk kamu ikuti tanpa bantuan teknisi.

Cek Sinyal dan Frekuensi 4G LTE Smartfren

Sebelum ke tahap cara memperkuat sinyal smartfren, alangkah baiknya cek terlebih dahulu sinyal dan frekuensi 4G LTE dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini :

1. Cara Cek Sinyal dan Frekuensi Pada Wifi Mifi Smartfren M2Y atau M2S

Jika kamu memiliki modem wifi jenis ini, Kamu bisa mengecek sinyal dan frekuensi 4G LTE dengan cara berikut :

  • Pertama login terlebih dahulu ke web ini 192.168.1.1 kemudian silahkan isi username dengan menggunakan admin, begitupun dengan password menggunakna admin.
  • Berikutnya masuk ke web ini untuk mengetahui seberapa kuat sinyal yang 4G dan frekuensi yang tersedia. Untuk M2Y situsnya adalah : http://andromax.m2y/engineering.html sedangkan untuk M2S situs yang harus kamu buka adalah http://andromax.m2s/engineering.html

    2. Cek Sinyal dan Frekuensi 4G LTE Smartfren di Modem Wifi Mifi Smartfren

    Untuk melakukan pengecekan pada modem wifi mifi smartfren M2P. Maka Kamu bisa mengikuti panduan berikut :

  • Langkah ke satu log in terlebih dahulu ke web ini 192.168.8.1 dengan username diisi admin dan password diisi admin
  • Buka web ini untuk mengetahui sinyal 4G yaitu http://192.168.8.1/api/device/signal

3. Cara Cek Sinyal dan Frekuensi 4G LTE Wifi Mifi Smartfren M3z atau M3y

Apabila jenis modem yang dimiliki ialah wifi mifi smartfren M3z atau M3y, maka tutorialnya bisa mengikuti panduan berikut ini :

  • Log in ke situs 192.168.0.1 dengan mengisi username adalah admin dan password adalah admin.
  • Bukalah situs web ini pada browser dengan mengetik http://192.168.0.1/api/device/signal

Tutorial Memperkuat Sinyal Smartfren

Setelah mengetahui berapa kekuatan sinyal dan frekuensi smartfen, maka langkah berikutnya adalah dengan memperkuat sinyalnya. Untuk lebih jelasnya, berikut cara memperkuat snyal smartfren :

1. Reset modem MiFi Smartfren Andromax M3Y 

Langkah pertama adalah dengan cara me-reset modem wifi milikmu ke pengaturan pabrik. Hal ini dilakukan agar modem kembali ke performanya sehingga bisa mengatasi masalah lambat dalam melakukan browsing maupun unduhan. Jika tidak tahu caranya, yang paling sederhana harus kamu ketahui bahwa pada dus kemasan modem Smarfren ada cara melakukan reset modem. Namun jika dus modem hilang atau tidak ada dan ingin langsung mencobanya maka kamu tinggal buka saja casing modem dan tekan tombol reset.

2. Pastikan Kekuatan Sinyal Smartfren di Wilayahmu Kuat

Ini merupakan langkah yang tepat karena biasanya apabila modem Smartfrenmu masih baru tapi lemot, maka kemungkinan besar adalah masalah jaringan. Jika ternyata sudah dilakukan pengecekan jaringan dan kualitas sinyal kurang baik, maka hendaknya kamu pindah posisi atau mungkin mempertahankan posisi tersebut dengan satu kekurangan yaitu sinyal tidak baik.

3. Mengganti Paket Internet Smartfren yang Digunakan

Perlu diketahui bahwa setiap paket internet yang digunakan memiliki keunggulan dan kelemahan tergantung dari provider yang kamu pilih. Biasanya jika kamu memilih paket internet dengan harga yang cukup lumayan, maka sisi positifnya kecepatan dalam mengakses internet semakin cepat. Hal ini dikarenakan ada penambahan kecepatan beberapa Mbps. Lain halnya dengan paket data yang harganya, maka kecepatan akses intenet juga tergolong biasa saja. Oleh karena itu, kamu agar mencoba paket lain yang mungkin saja biayanya lebih tinggi untuk mengecek kecepatan internet yang berbeda dari biasanya. Satu lagi, usahakan melakukan pengecekan kecepatan internet saat di luar waktu sibuk, karena akan mempengaruhi kecepatan yang sedang kamu uji tersebut.

4. Mengubah Pengaturan Aplikasi Mylink M3Y

Cara memperkuat sinyal Smartfren lainnya ialah mengubah pengaturan setingan pada aplikasi My Link M3Y. Jika ingin meningkatkan sinyal smartfren milikmu, maka Kamu hanya perlu merubah pengaturan ke dalam pengaturan default pada aplikasi My Link Smartfren. Untuk langkahnya adalah kamu cukup buka aplikasi mylink M3Y lalu masuk ke menu settings. Setelah tu masuk ke dalam Advanced Settings dan pilih DHCP, jika sudah pilihlah lease time untuk melakukan perubahan angka yang tertera menjadi 99999.

5. Pergunakan Konektivitas Dengan Kabel Data USB

Kamu juga bisa mencoba cara memperkuat sinyal Smartfren terakhir ini dengan memanfaatkan konektivitas pada kabel data. Antara pengguna PC dan pengguna HP, keduanya sebenarnya masih bisa menghubungkan modem mifi andromax m3y dari smartfren dengan menggunakan kabel data.

Namun yang paling utama, kamu harus mempersiapkan kabel data terlebih dahulu sebelum melakukan langkah – langkah selanjutnya. Mudahnya adalah dengan menggunakan kabel data yang biasa di pakai untuk mengisi ulang baterai HP. Mengingat saat ini memang cukup lumrah jika kabel data bawaan HP tersebut bisa dipergunakan dalam berbagai kepentingan seperti untuk transfer data maupun untuk optimalisasi jaringan. Selanjutnya baru kamu lakukan pengaktifan koneksi internet melalui kabel data tersebut pada modem mifi andromax m3y.

Itulah artikel mengenai cara memperkuat sinyal smartfren, semoga membantu urusan kamu yang kebingungan belum begitu mengerti mengenai permasalahan yang kerap terjadi bagi para pengguna smartfren.

 

Terkait:  Cara Cek Kuota Smartfren 4G

Related posts