Cara Cek Listrik Token

Bicara soal Token Listrik, Cara Cek Token Listrik merupakan salah satu cara untuk pengguna yang menggunakan voucher listrik, yang nantinya voucher tersebut akan dimasukkan kedalam MCB agar tetap dapat menggunakan listrik seperti pada umumnya.

Listrik Token sendiri lebih dikenal dengan sistem penggunaan listrik prabayar yang sama seperti ketika kita menggunakan pulsa pada ponsel. Maksudnya adalah penggunaan listrik bisa kita tentukan sendiri, misalnya kita membeli token listrik seharga 20.000, maka penggunaan listrik kita akan dibatasi sebesar nominal token listrik tersebut.

Token listrik sendiri biasanya berisikan 20 digit angka atau kode token yang mana bisa didapatkan ketika kalian memberikan ID Pelanggan atau ID MCB listrik yang kalian gunakan. Untuk mendapatkan token listrik juga tidaklah sulit.

Kalian bisa melakukan pembelian token listrik di berbagai tempat disekitar kalian. Baik itu di convenience store seperti alfamart dan Indomart, ataupun warung-warung yang biasanya menyediakan pengisian ulang / pembelian token listrik.

Sebagaimana kita tau, saat ini sudah banyak sekali pemukiman ataupun tempat tinggal yang menggunakan listrik dengan sistem token. Hal ini dikarenakan ke-efisiensian pengguna dalam melakukan isi ulang, dan juga mengontrol pengunaan listrik harian mereka.

Bayangkan saja, apabila mereka masih menggunakan cara manual dengan berlangganan bulanan, maka bisa saja penggunaan listrik mereka akan semakin besar. Sebab itulah pemerintah menggunakan batasan warga yang bisa memiliki token listrik, yakni untuk warga yang menggunakan listrik dengan 450 VA.

Sebelumnya juga kita sudah membahas cara cek listrik gratis untuk pengguna listrik token yang memang berhak mendapatkan subsidi. Dan tentunya, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan kualifikasi apakah pengguna berhak mendapatkan bantuan tersebut atau tidak.

Dan untuk itulah para pengguna listrik token yang mungkin tidak mendapatkan bantuan subsidi listrik gratis, mereka harus pintar dalam menyiasati penggunaan listrik. Misalnya, mematikan lampu pada saat tidak digunakan pada pagi / malam hari, membatasi penggunaan AC, mematikan televisi ketika tidak ditonton, dan lain sebagainya.

Selain itu, pengguna juga harus mengetahui Cara Cek Listrik Token, untuk mengetahui lebih lanjut sisa pulsa listrik yang mereka miliki, atau bahkan untuk melakukan pengisian ulang Pulsa listrik yang mereka miliki.

Cara Cek Listrik Token

Cara Cek Listrik Token
Cek Listrik Token | IMG: Freepik.com

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengecek listrik token adalah sebagai berikut.

Cara Cek Listrik Token lewat Aplikasi Whatsapp

Untuk pengguna listrik token yang memiliki ponsel pintar, kalian bisa mengecek tagihan listrik token dengan menggunakan Aplikasi Chat berupa Whatsapp.

Cara ini terbilang cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan, terlebih saat ini sudah banyak sekali para pengguna yang memiliki aplikasi tersebut. Dan untuk melakukan pengecekan Listrik Token lewat Whatsapp adalah sebagai berikut

  • Pastikan kalian sudah menginstall Aplikasi Whatsapp. Jika belum, kalian bisa mengunduhnya melalui Google Play Store ataupun App Store
  • Setelah Aplikasi Whatsapp terinstall, silahkan lakukan login / pendaftaran dengan menggunakan nomor yang masih aktif, untuk menerima kode verifikasi login di Whatsapp
  • Setelah berhasil masuk, buka Aplikasi Telpon dan ketik nomor berikut 08122-123-123
  • Simpan nomor tadi dengan nama sesuka kalian, bisa dengan nama kontak CS PLN, Cek Token Listrik, Cek Listrik Token, atau bahkan yang lainnya
  • Setelah kontak berhasil disimpan, buka Aplikasi Whatsapp yang sudah diinstall tadi
  • Klik pada tombol Buat Pesan baru di Whatsapp, dan kemudian pilih kontak dari CS PLN tadi sesuai dengan nama yang kamu simpan
  • Lakukan chat seperti biasa, atau kalian juga bisa langsung memasukkan ID Pelanggan di pesan Whatsapp tadi, dan kemudian kirim pesan
  • Setelah itu, pihak PLN akan memberikan balasan yang menginfokan sisa pulsa listrik kalian, sehingga kalian bisa mengetahui sekiranya kapan pulsa listrik kalian akan habis, atau bahkan melakukan pengisian ulang listrik token kalian.

Selain mudah, cara ini juga bisa kamu pakai untuk mengetahui apakah kalian berhak mendapatkan bantuan subsidi listrik gratis dari PLN atau tidak.

Cara Cek Listrik Token lewat Situs Resmi PLN

Cara selanjutnya adalah kalian bisa melakukan pengecekan listrik token melalui Situs Resmi dari PT PLN. Cara ini juga terbilang mudah kok. Sebab kamu bisa melakukannya kapan saja dan darimana saja. Kamu bisa mengaksess situs ini baik dari perangkat Android, iOS, Laptop, atau bahkan komputer.

Selama kalian terhubung dengan internet, maka ketika kalian berada diluar rumah namun terhubung dengan WiFi Gratis pun masih tetap bisa dilakukan. Dan untuk caranya adalah sebagai berikut

  • Buka situs PLN Stimulus Covid-19 di link berikut ini https://stimulus.pln.co.id/
  • Isi semua data yang diperlukan, seperti
    • Identitas Pelanggan (Pilih ID Pelanggan / Nomor Meter)
    • Chapta (tulis gambar chapta yang muncul)
    • Info Pelanggan (isi semua data yang dibutuhkan)
    • Nama (isikan nama yang terdaftar di ID Pelanggan listrik token)
    • Dan lain sebagainya.
  • Setelah semua data diisi, langsung saja tekan tombol CARI yang ada didekat kolom pengisian Chapta.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi dari penggunaan Listrik Token kalian

Cara ini sebenarnya meruapakan cara untuk mengetahui apakah pengguna Listrik Token berhak mendapatkan bantuan subsidi listrik gratis atau tidak. Namun, dengan cara ini juga pengguna bisa mengetahui seluruh informasi tentang Listrik token yang digunakan.

Mulai dari nama, alamat, sisa pulsa listrik yang masih tersedia, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kalian tentu bisa mempersiapkan uang untuk melakukan pengisian ulang listrik token, atau tidak.

Cara Cek Listrik Token Secara Manual

Untuk cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengecek listrik token adalah dengan cara manual. Maksudnya adalah, kalian bisa melakukan pengecekan secara berkala dengan menggunakan 2 cara.

  • Memperhatikan MCB / Meteran Listrik
  • Mengecek ID Pelanggan / Nomor Meter

Untuk cara yang pertama sebenarnya paling mudah. Biasanya, Meteran Listrik untuk pengguna Listrik Token akan berbunyi beberapa kali ketika memang sisa pulsa listrik sudah berada dibatas akan habis. Untuk minimum pulsa nya sendiri cukup beragam, ada yang ketika sudah 2.000 akan berbunyi, ada juga yang ketika 5.000 sudah berbunyi. Semua tergantung dari bagaimana pemilik mengatur batas minimum pulsa listrik yang tersisa.

Dan untuk cara kedua, tentunya kalian bisa mengecek ID Pelanggan atau Nomor Meter listrik token kalian. Tentunya pengguna harus tau atau setidaknya menyimpan nomor meter listrik mereka dismartphone.

Sehingga, ketika mungkin pemilik sedang berada di sebuah konter yang menyediakan jasa untuk pengisian ulang listrik token, maka kalian bisa menanyakan kepada pemilik konter, berapa sisa pulsa listrik yang masih tersedia dengan menyertakan ID Pelanggan tersebut.

Dengan begitu, Cara Cek Listrik Token bisa menjadi alternatif untuk pengguna agar tidak mengalami mati lampu ketika pulsa listrik sudah habis, dan tentunya akan mengganggu segala aktivitas yang membutuhkan listrik, terutama benda elektronik dan lain sebagainya.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi