Cara Cek Kuota Indosat

Bagaimana cara cek kuota Indosat? Apa saja paket Indosat yang bisa digunakan? Dan apakah tiap Paket Internet Indosat memiliki cara cek kuota yang berbeda? Sebagai pengguna ponsel yang tak lepas dari Internet, tentu saja kita selalu bergantung dengan adanya kuota Internet untuk mengakses aplikasi ataupun memenuhi kebutuhan Chatting, dan juga mengaksess sosial media.

Selain itu, pemilihan provider jaringan internet yang baik juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan internet di masing-masing tempat dan lokasi. Untuk itu, Indosat hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone dalam menggunakan Internet.

Sebagaimana kita tau, Indosat memang dikenal memiliki kualitas jaringan internet yang sangat baik. Mulai dari untuk urusan telpon, SMS, atau bahkan internetan. Sebab indosat memang menjangkau hampir seluruh pelosok wilayah Indonesia, maka jangan heran jika ada banyak sekali pengguna smartphone yang memilih Indosat.

Nah, walaupun begitu, tetap saja pengguna juga harus pintar dalam mengatur kuota mereka. Baik itu membatasi penggunaan data, atau bahkan rutin melakukan pengecekan kuota. Hal ini tentunya bukan tanpa tujuan, melainkan agar pengguna bisa tetap memantau sisa kuota yang bisa mereka gunakan.

Cara Cek Kuota Indosat, IM3, dan IM3 Ooredoo

Cara Cek Kuota Indosat
Cek Kuota Indosat | IMG: Freepik.com

Untuk itu, di artikel ini akan kami sajikan secara lengkap beberapa cara cek kuota Indosat dengan beragam pilihan paket yang dimiliki. Seperti:

Cara Cek Kuota IM3 Ooredoo Lewat SMS

Tak hanya untuk pengguna Indosat saja, bahkan untuk pengguna 3 dan juga Axis, cara pengecekan kuota melalui SMS memang sudah menjadi cara paling efektif sebelum adanya ponsel pintar atau smartphone seperti saat ini.

Walaupun begitu, ditengah canggihnya teknologi dan berkembangnya era digital, cara Cara Cek Kuota IM3 Ooredoo menggunakan SMS masih tetap yang paling mudah.

Sebab cara ini tidak memakan kuota internet kalian. Tapi mungkin, ada sebagian pelanggan yang mengalami pengurangan pulsa ketika menggunakan cara ini. Caranya ialah

  • Masuk ke Aplikasi pesan atau message atau SMS di perangkat Android ataupun iOS kalian
  • Buat pesan baru dan isikan pesan dengan format berikut : Usage
  • Lalu kirim pesan tersebut ke 363

Tunggu beberapa saat sampai kalian mendapatkan balasan dari operator mengenai sisa kuota yang kalian miliki. Namun pastikan kalian berada didalam kondisi jaringan sinyal yang baik, dan tidak mengalami gangguan ataupun berada didalam ruangan tertutup.

Sebab, apabila kalian berada di kondisi seperti ini, maka bisa saja pesan yang kalian buat tidak terkirim, ataupun mengalami error dan tidak menerima balasan pesan dari Operator untuk mengetahui sisa kuota kalian.

Cara Cek Kuota IM3 Ooredoo Lewat Dial Phone

Selanjutnya juga mirip dengan cara pertama. Yakni dengan menggunakan aplikasi telpon atau melakukan dial Phone dengan menggunakan kode USSD.

Nah, cara ini juga sangat efektif, sebab kalian tidak perlu membuka aplikasi pesan, namun hanya perlu menghafal kode USSD untuk mengecek sisa kuota dari IM3 Ooredoo kalian. Caranya

  • Buka Aplikasi Telpon / Phone yang ada di smartphone Android atau iOS kalian
  • Ketikkan kode *363#, lalu lakukan panggilan dengan menekan tombol Call / Panggil
  • Tunggu sampai kode USSD nya berjalan
  • Setelah muncul pop up menu dari Kode USSD tadi, pilih pada menu Internet dengan memilih nomor yang tersedia, misalnya (2) maka ketik 2 lalu klik Balas atau Reply
  • Kemudian pilih pada Status & Info, sesuai nomor menu nya tadi
  • Tunggu sampai muncul tulisan permintaanmu sedang di prosess dan nantinya kalian akan menerima sms yang berisikan informasi sisa kuota IM3 Ooredoo kalian.

Nah, ada cara cepat untuk mengetahui sisa kuota melalui Dial Phone atau Kode USSD, yakni dengan menekan kode

  • *363*2*1# kemudian tekan tombol Call / panggil

Setelah itu kalian akan mendapatkan balasan berupa SMS, ataupun pop up yang menginformasikan sisa kuota IM3 Ooredoo kalian.

Cara Cek Kuota IM3 Ooredoo Lewat MyIM3 Android

Untuk pengguna Android, kalian bisa menginstall aplikasi MyIM3 yang memang dikhususkan untuk pengguna dalam mendapatkan kemudahan untuk melakukan pengecekan pulsa, masa aktif, kuota, dan lain-lain. Nah caranya juga gampang kok.

  • Download Aplikasi MyIM3 melalui Play Store kalian masing-masing
  • Setelah terinstall, jalankan APlikasi MyIM3 seperti biasa
  • Setelah masuk tampilan awal, kalian bisa melakukan login (apabila sudah pernah mendaftarkan nomor IM3 sebelumnya) atau signup untuk melakukan pendaftaran nomor dan data diri yang dibutuhkan.
  • Tunggu sampai prosess pendaftaran atau masuk selesai, dan kalian bisa melihat sisa kuota IM3 Ooredoo yang kalian miliki.

Cara Cek Kuota IM3 Ooredoo Lewat MyIM3 iOS

Dan buat kalian yang menggunakan ponsel dengan basis iOS laiknya iPhone, kalian bisa menggunakan layanan aplikasi MyIM3 di AppStore. Nah, untuk caranya adalah sebagai berikut

  • Buka App Store di iPhone / iOS kalian lalu cari MyIM3 dan pilih Install / GET
  • Kemudian, buka aplikasi MyIM3 yang sudah diunduh tadi seperti biasa
  • Setelah masuk tampilan awal, kalian bisa melakukan login apabila sudah mendaftarkan nomor IM3 kalian, atau juga lakukan pendaftaran dengan mengisi data data yang dibutuhkan seperti email, ataupun nomor IM3
  • Terakhir, setelah prosess masuk atau daftar selesai, kalian bisa melihat informasi sisa kuota IM3 Ooredoo, masa aktif, sisa pulsa, dan paket lain yang masih aktif.

Bahkan, dengan menggunakan Aplikasi MyIM3 di Android ataupun iOS, kalian bisa melakukan pembelian kuota, pulsa, ataupun mengetahui informasi seputar diskon dan berita terbaru tentang SIM Card kalian.

Cara Cek Kuota Belajar Indosat Melalui Dial Phone / Kode USSD

Langkah pertama adalah dengan menggunakan panggilan telpon atau kode USSD yang biasa dilakukan seperti pengecekan pulsa.

  • Buka Aplikasi Telpon / Phone yang ada di Android atau iOS kalian
  • Ketikkan *123*075#
  • Kemudian tekan tombol Call / Panggil

Tunggu beberapa saat sampai kalian mendapatkan pop up notifikasi sisa kuota belajar kalian. Apabila tidak muncul atau tidak ada keterangan sisa kuota belajar, kemungkinan kalian belum mendapatkan kuota belajar dari Indosat.

Solusinya adalah kalian bisa menghubungi pihak sekolah atau kampus, dan melakukan konfirmasi bahwa kalian belum menerima Bantuan Kuota Belajar dari Indosat.

Oh iya, pastikan juga kalian memiliki jaringan yang stabil dan tidak berada didalam ruangan yang tertutup. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi Error pada saat menjalankan Kode USSD tadi.

Cara Cek Kuota Belajar Indosat Melalui Aplikasi MyIM3

Cara kedua adalah dengan menggunakan Aplikasi MyIM3. Sebagaimana kita tau, Aplikasi MyIM3 memang memudahkan para penggunanya.

Bukan hanya sekedar memeriksa sisa kuota belajar indosat saja. Melainkan juga kalian bisa mengetahui sisa pulsa, masa aktif, sisa kuota paket data reguler yang kalian miliki.

Untuk itu, cara cek kuota belajar indosat lewat aplikasi MyIM3 adalah sebagai berikut

  • Download Aplikasi MyIM3 di Play Store atau App Store
  • Setelah aplikasi terinstall, jalankan Aplikasi tersebut
  • Lakukan login seperti biasa dengan menggunakan nomor telpon atau nomor indosat yang masih aktif, dan sudah didaftarkan untuk mendapatkan layanan bantuan kuota belajar
  • Setelah itu, cek pada bagian sisa kuota
  • Kamu bisa melihat detail dari sisa kuota dengan menekan tombol detail atau lanjut untuk mengetahui sisa kuota mana saja yang masih aktif (kuota reguler dan kuota belajar)

Untuk beberapa kasus, aplikasi MyIM3 mungkin mengharuskan kalian untuk melakukan pendaftaran melalui email dan password. Maka dari itu, pastikan kamu menggunakan email yang masih aktif, ya.

Cara Cek Kuota Belajar Indosat Melalui Situs MyIM3

Cara terakhir adalah kamu bisa menggunakan layanan situs MyIM3 apabila kamu sedang terlalu fokus berada didepan laptop atau kompuer, dan tidak memiliki waktu untuk mendownload aplikasi ataupun mengirim SMS.

Nah, adanya portal atau situs MyIM3 ini berguna untuk melakukan pengecekan sisa pulsa, masa aktif dan juga kuota dari nomor indosat atau IM3 yang kalian miliki. Caranya juga gampang kok.

  • Buka Browser kesayangan kalian yang ada di komputer atau laptop (chrome atau mozilla)
  • Kemudian, kunjungi situs https://myim3app.indosatooredoo.com/#/login
  • Lakukan login atau masuk dengan menggunakan nomor Indosat yang masih aktif
  • Tunggu sampai kalian menerima kode OTP atau kode verifikasi dari Indosat
  • Masukkan kode verifikasi tersebut untuk melanjutkan login
  • Terakhir, kamu bisa melihat sisa kuota belajar, kuota reguler, masa aktif, dan sisa pulsa dari nomor Indosatmu.

Perlu dicatat untuk teman teman, pada saat menggunakan cara yang ketiga ini, pastikan nomor telfon kalian tidak mengalami kendala dalam menerima kode OTP atau verifikasi dari Indosat.

Pastikan juga kamu membawa serta ponsel yang masih aktif agar tidak terjadi kendala pada saat akan menerima sms yang berisikan kode OTP tadi.

Apabila kode OTP tidak dikirim setelah 5 menit, mintalah request kode baru untuk mendapatkan kode OTP yang dikirimkan dari Indosat.

Cara Cek Kuota IM3 Yellow Lewat SMS

Cek Kuota Indosat

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan fitur sms dari perangkat kalian masing-masing. Cara ini sangat banyak digunakan sebelum adanya perangkat dengan OS Android ataupun iOS.

Sebab dengan menggunakan SMS, kalian tidak perlu mendownload Aplikasi apapun, atau bahkan membeli pulsa tambahan. Caranya juga gampang kok

  • Buka Aplikasi perpesanan / SMS di perangkat kalian
  • Buat pesan baru dan isikan isi pesan dengan USAGE
  • Kemudian, kirim pesan tersebut ke 363
  • Setelah itu tunggu sampai kalian mendapatkan balasan tentang sisa kuota IM3 Yellow ataupun paket internet lain yang kalian miliki.

Cara ini juga bisa menampilkan informasi seputar paket internet yang kalian miliki. Sebab cara ini juga bisa digunkan sebagai cara cek kuota belajar indosat, cara cek kuota IM3 Ooredoo, ataupun cara cek kuota IM3 Unlimited.

Cara Cek Kuota IM3 Yellow lewat Dial Phone / Kode USSD

Cara selanjutnya yang bisa kalian gunakan adalah dengan menggunakan dial phone atau kode USSD yang ada pada perangkat Android ataupun perangkat iOS kalian.

Caranya juga terbilang mudah karena sama seperti ketika kalian melakukan pengecekan kuota dengan menggunakan SMS.

  • Pertama buka aplikasi telepon yang ada di perangkat kalian
  • Setelah itu ketikan perintah *363# kemudian tekan call / panggil seperti biasa
  • Tunggu sampai muncul pop-up yang menampilkan beberapa menu yang bisa kalian pilih
  • Lalu pilih menu My Info atau INFO yang ada pada pilihan menu nomor 7 lalu tekan Ok atau balas pesan
  • Setelah itu pilih pada menu cek kuota yang ada pada nomor 1
  • Tunggu balasan pesan dari operator yang berisikan informasi tentang kuota IM3 yellow kalian atau bahkan sisa kuota paket internet yang kalian miliki lainnya.

Cara ini juga berguna untuk memeriksa sisa kuota dari paket internet yang kalian miliki selain paket IM3 yellow, jadi cara ini bisa dibilang merupakan alternatif ketika Kalian tidak mengerti tentang cara cek kuota IM3 menggunakan SMS.

Atau untuk mempersingkat proses pemanggilan kode USSD, kalian bisa menggunakan shortcut USSD untuk mengecek sisa kuota IM3 Yellow.

Yakni dengan cara menekan *123*7*1*1# kemudian tekan call atau Panggil seperti biasa dan tunggu balasan SMS dari operator yang menginfokan sisa kuota internet yang kalian miliki.

Cara Cek Kuota IM3 Yellow lewat Aplikasi MyIM3 di Android

Selanjutnya untuk pengguna Android yang ingin memeriksa sisa kuota paket iM3 Yellow, kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi My IM3 yang bisa kalian Unduh di Google Play Store

Caranya pun cukup mudah

  • Buka aplikasi google Play Store dan ketikan MyIM3
  • Setelah ketemu langsung saja klik install dan tunggu sampai proses instalasi nya selesai
  • Setelah aplikasi terinstall, buka aplikasi MyIM3 tadi dan login seperti biasa dengan menggunakan nomor IM3 yang masih aktif, dan memiliki paket kuota internet yang ingin di cek.
  • Ketika kalian sudah berhasil login kalian akan melihat remaining kuota atau sisa kuota dari paket internet yang kalian miliki.

Selain menampilkan sisa kuota internet dari IM3 aplikasi ini juga bisa menampilkan sisa pulsa masa aktif dan juga melakukan pengisian pulsa melalui aplikasi.

Cara Cek Kuota IM3 Yellow lewat Aplikasi MyIM3 di iOS

Sama seperti menggunakan Android, untuk pengguna smartphone yang memiliki OS iOS seperti iPhone, kalian bisa menggunakan aplikasi MyIM3 di perangkat kalian.

Caranya juga gampang banget kok

  • Buka aplikasi App Store yang ada di perangkat iPhone kalian
  • Lalu cari aplikasi My IM3 dan klik pada tombol get / install
  • Setelah aplikasi berhasil diinstal, lakukan login atau masuk ke dalam aplikasi dengan menggunakan nomor IM3 kalian yang masih aktif
  • Terakhir setelah berhasil masuk, kalian akan melihat bagan remaining kuota atau sisa kuota dari paket internet yang kalian miliki.

Sama seperti di Android aplikasi ini juga akan menampilkan sisa pulsa masa aktif dan juga melakukan pengisian ulang pulsa atau bahkan menikmati layanan-layanan lain dari IM3.

Cara Cek Kuota Indosat Unlimited Lewat SMS

Cara pertama mungkin sudah sangat dbanyak digunakan oleh pengguna atau pelanggan setia dari Indosat. Mulai dari pengguna ponsel dengan operating sistem jenis java, symbian, android ataupun iOS.

Sebab cara ini terbilang masih mudah, dan tidak memakan pulsa utama yang dimiliki. Dan caranyapun cukup mudah.

  • Buka Aplikasi Pesan / SMS yang ada di ponsel kalian
  • Buat sebuah pesan baru dan kemudian ketikkan USAGE
  • Setelah itu, kirim pesan tadi ke 363

Setelah itu kamu tinggal duduk manis dan menunggu balasan dari operator yang mana berisikan informasi dari sisa kuota unlimited indosat, beserta masa aktif kartu dan juga sisa pulsa yang kalian miliki.

Semua informasi yang diberikan pihak operator biasanya sangatlah lengkap. Jika mungkin kamu juga memiliki kuota internet lain yang aktif selain kuota unlimited, maka dengan cara ini informasi sisa kuota tersebut juga akan ditampilkan.

Cara Cek Kuota Indosat Unlimited Lewat Dial Phone

Cara kedua juga mirip dengan cara pertama, yakni dengan menggunakan dial phone atau melakukan panggilan untuk mengaksess kode USSD Indosat, untuk mengetahui sisa kuota Unlimited Indosat kalian.

Caranya juga gampang kok.

  • Buka aplikasi telpon / phone yang ada di ponsel kalian
  • Ketikkan kode kode *363# setelah itu lakukan panggilan dengan menekan tombol call / panggil
  • Setelah itu, akan muncul pop up yang menampilkan beragam menu yang diawali dengan list number.
  • Pilih menu INFO dengan nomor menu yang tertera, misal nya 7 maka kalian bisa mengisi kolom yang tersedia dengan angka 7 lalu tekan balas / OK pada pop up tadi
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai muncul menu lain dari menu INFO tadi.
  • Pilih menu CEK KUOTA dengan nomor menu yang tersedia, misalnya 1. Maka ketik balasan 1 dan klik Reply atau OK seperti cara pertama tadi
  • Tunggu sampai muncul balasan pop up Permintaan Anda sedang di Prosess dan kalian akan menerima SMS balasan dari operator yang menginfokan sisa kuota dari seluruh paket data yang kalian miliki.

Untuk mempersingkat waktu pengecekan kuota dengan menggunakan dial phone atau kode USSD, kalian bisa menggunakan cara berikut ini

  • Buka Aplikasi telpon / phone di ponsel kalian
  • Ketik *363*7*1# lalu kemudian tekan panggil / call seperti cara diatas tadi.
  • Setelah itu tunggu balasan SMS yang berisi informasi sisa kuota dari seluruh paket data kalian.

Sama seperti menggunakan SMS, cara ini juga akan menampilkan sisa pulsa, masa aktif, dan informasi lain mengenai kartu indosat kalian.

Cara Cek Kuota Indosat Unlimited Lewat MyIM3 di Android

Selanjutnya apabila kalian menggunakan provider Indosat di perangkat Android, kalian bisa menggunakan bantuan Aplikasi dari Indosat itu sendiri, namanya adalah MyIM3.

Nah, caranya gampang banget kok.

  • Download terlebih dulu Aplikasi MyIM3 di Google Play Store
  • Kemudian login dengan menggunakan nomor Indosat yang terdaftar dan masih aktif
  • Setelah berhasil login, kamu bisa mengecek pada bagian REMAINING QUOTA atau SISA KOUTA AKTIF
  • Klik pada detail menu tersebut, dan kalian bisa mengetahui sisa kuota Unlimited Indosat ataupun sisa paket data lain beserta masa aktif yang berlaku.

Cara Cek Kuota Indosat Unlimited Lewat MyIM3 di iOS

Untuk pengguna ponsel pintar berbasis iOS seperti iPhone juga tak jauh berbeda caranya.

  • Buka apikasi App Store di iPhone kalian
  • Cari aplikasi MyIM3 lalu klik GET / Dapatkan
  • Tunggu sampai prosess nya selesai
  • Buka Aplikasi MyIM3 yang terinstall tadi
  • Login dengan menggunakan nomor Indosat yang terdaftar dan masih aktif
  • Setelah itu cek pada bagian REMAINING KUOTA atau SISA KUOTA dan klik saja pada tanda panah kanan untuk melihat detail sisa kuota, dan juga masa aktif paket internet kalian.

Perlu diingat. Apabila menggunakan aplikasi MyIM3, maka kalian membutuhkan kuota yang masih aktif dan bisa digunakan. Selain untuk mengecek sisa kuota dan masa aktif serta sisa pulsa, MyIM3 juga bisa kalian gunakan untuk melakukan top up atau pengisian pulsa.

Nah, itu dia beberapa cara cek kuota Indosat beserta paket lain yang dimiliki nya, baik itu untuk Indosat, IM3, ataupun IM3 Ooredoo. Semoga artikel ini menjadi referensi yang baik untumu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi