Cara Menampilkan Persentase Baterai Samsung

Cara Menampilkan Baterai Samsung

Persentase baterai hp pada layar bisa di tampilkan dan bisa juga tidak ditampilkan. Beberapa orang memilih untuk menampilkan persentase baterai karena sangat berguna bagi aktivitas penggunaan hp. Dengan begitu, bisa mengatur waktu penggunaan sehingga baterai hp tidak cepat habis. Lantas, bagaimana cara menampilkan persentase baterai Samsung?

Setiap merek memiliki langkah-langkah tersendiri sehingga bisa menampilkan persentase baterai. Pada pembahasan kali ini, akan dijelaskan mengenai cara menampilkan persentase baterai Samsung yang sangat bermanfaat untuk menghemat baterai sehingga waktu pemakaian bisa di atur dengan baik.

Read More

Pentingnya Mengetahui Persentase Baterai

Setiap hp smartphone tentunya memiliki baterai yang ditanam di dalamnya, untuk menyimpan daya agar hp bisa digunakan. Setiap seri hp memiliki kapasitas baterai yang berbeda-beda sesuai dengan harga dan seri nya.

Kapasitas baterai bisa dibilang suatu besaran arus listrik baterai yang disulpai dari rangkaian luar dalam waktu tertentu dalam waktu beberapa menit atau jam sehingga daya baterai menjadi terisi. Adapun istilah satuan pada baterai disebut dengan mAh (miliampere-hour) dengan jumlah tertentu. Seperti 3000 mAh, 5000 mAh, dan lain sebagainya.

Secara umum, semakin besar ukuran mAh, maka akan semakin lama juga daya tahan baterai ketika hp tersebut digunakan. Saat ini samsung hadir dengan seri nya yang memiliki kapasitas baterai dengan cukup besar sehingga penggunanya dapat menikmati penggunaan hp samsung secara maksimal.

Perlu kalian ketahui, bahwa kapasitas baterai tidak boleh berada pada kapasitas maksimal dan kapasitas minimal. Baterai tidak harus mencapai 100 % baru cas di stop, atau baterai tidak harus di angka 0 % baru dilakukan pengecasan. Justru dengan perlakuan seperti itu akan menyebabkan kekuatan baterai menjadi cepat rusak.

Cara Menampilkan Persentase Baterai Samsung

Cara Menampilkan Baterai Samsung
Tutorial Menampilkan Baterai Samsung

Sekarang sudah tahu kan, betapa pentingnya persentase baterai untuk hp samsung kalian? Oleh karena itu, lebih baik untuk persentase di tampilkan pada status bar daripada tidak ditampilkan sama sekali.

Di bawah ini akan dijelaskan bagaiamana cara menampilkan persentase baterai Samsung dengan mudah yang dapat kalian praktekkan sendiri dengan benar.

1. Buka Menu Setting

Seperti biasa, setiap pengaturan yang berhubungan dengan perangkat hp harus masuk pada menu settings. Di sana terdapat berbagai macam pengaturan yang diperlukan sesuai kebutuhan kalian. Begitu juga jika ingin menampilkan persentase baterai samsung, maka harus masuk terlebih dahulu pada menu settings. Menu ini bisa kalian temukan pada menu-menu utama di hp samsung.

2. Pilih Opsi Notifications

Setelah masuk pada rincian opsi di menu settings. Gulir layar ke bagian bawah, temukan opsi notifications agar kalian bisa memilih opsi lanjutan, yaitu Status Bar. Sebab kalian ingin menampilkan persentase baterai ada di opsi tersebut.

3. Aktifkan Persentase Baterai

Untuk mengaktifkannya, kalian hanya perlu klik opsi ‘Show Battery Percentage’ yang terdapat pada opsi Status Bar. Dengan begitu, maka tampilan persenase baterai akan langung muncul pada layar hp samsung kalian.

Cara menampilkan persentase baterai Samsung di atas memang sangat mudah. Jika ada persentase baterai pada layar hp samsung, kalian hanya perlu mengoptimalkan penggunaan baterai hp saja.

Cara Mematikan Persentase Baterai Samsung

Selain menampilkan persentase baterai Samsung, karena beberapa alasan tertentu mungkin kalian ingin mencoba mematikan persentase baterai Samsung. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan berikut ini :

1. Masuk Menu Settings

Seperti halnya ingin menampilkan persentase baterai, cara menonaktifkan persentase baterai harus masuk pada menu settings terlebih dahulu. Cari menu nya dan klik menu settings agar bisa masuk pada beberapa opsi pilihan di dalamnya.

2. Pilih Menu Notifications dan Status Bar

Apabila sudah masuk pada menu settings. Silakan cari menu notifications untuk memilih opsi status bar.

3. Nonaktifkan Tampilan Persentase Baterai

Mengingat sebelumnya kalian sudah mangaktifkan persentase baterai dengan klik ‘show battery percentage’, sekarang tinggal di uncheck saja tulisan ‘show percentage battery’. Dengan begitu tampilan persentase pada baterai sudah tidak muncul lagi.

Itulah bagaiaman caranya menonaktifkan tampilan persentase baterai pada hp samsung. Namun, bagi yang ingin merawat hp samsung agar tahan lama dari segi kekuatan daya baterai, lebih baik persentase baterai tetap ditampilkan.

Hal tersebut karena selain mengetahui informasi ketersedian daya baterai dalam bentuk persentase, juga tidak akan berpengaruh besar pada performa hp akibat menampilkan persentase baterai pada layar hp samsung.

Hal-hal Yang Perlu Dihindari Agar Baterai Bisa Tahan Lama

Setelah mengetahui cara menampilkan persentase baterai Samsung dan mematikannya, maka kalian perlu melakukan beberapa cara agar baterai samsung bisa tahan lama. Selain itu, tentu saja tidak akan terlalu sering mengecas hp hingga beberapa kali setiap harinya. Berikut penjelasannya :

1. Jangan Cas Hp Secara Berlebihan

Berdasarkan riset yang telah dilakukan, ternyata untuk baterai hp samsung yang berjenis Lithium-ion memiliki performa terbaik, terutama jika kalian bisa mempertahankan kapasitas baterai maksimal di angka 80 %.

Oleh karena itu, jika hp samsung kalian sedang di cas lalu sudah berada di angka 80 %, lebih baik untuk mencabut aliran listrik yang masuk ke baterai Samsung, jangan dibiarkan hingga 100 %.

Apabila membiarkan pengecasan berlebih hingga 100 %, jsutru akan mempengaruhi performa baterai itu sendiri seperti cepat mengalami penurunan kapasitas baterai. Memang beberapa produsen hp sudah menyertakan cip untuk memutus hubungan daya dari charger ke baterai, namun tetap saja agar lebih aman lebih baik di stop pada angka persentase baterai sudah mencapai 80 %.

2. Jangan Biarkan Daya Baterai Kosong

Berdasarkan riset, jangan biarkan persentase ketahanan baterai di bawah 20 %, atau lebih parahnya lagi di biarkan habis hingga 0 % baru dilakukan pengecasan.

Perlu kalian ketahui, jika kapasitas baterai sudah berada di bawah 20 % maka kinerja hp akan semakin cepat. Akibatnya baterai akan cepat panas. apalagi  jika seandainya kalian tidak mengaturnya dalam mode hemat daya maka bisa menyebabkan kerusakan pada baterai hp samsung.

3. Kurangi Aplikasi yang Tidak Bermanfaat

Jika ada aplikasi yang tidak kalian gunakan dan sudah diinstall, sebaiknya lakukan uninstall saja. Apalagi jika aplikasi tersebut bekerja di latar belakang, karena membutuhkan tenaga ekstra untuk menjalankannya. Misalnya seperti dapat menyedot kapasitas RAM dan pemakaian daya baterai, sebagai penyebab berkurangnya daya baterai.

4. Nonaktifkan Lokasi dan Wifi

Apabila kalian tidak memakai wifi dan GPS, lebih baik dimatikan saja pada status bar. Hal ini dikarenakan lokasi yang terhubung pada GPS serta jaringan wifi yang terus terhubung membutuhkan daya baterai yang cukup besar. Begitupun jika tidak menggunaka wifi lebih baik dimatikan terlebih dahulu.

Dengan begitu, maka daya baterai hp samsung akan semakin hemat dan kalian tidak perlu melakukan cas hp berulang-ulang dalam 1 hari.

Mengingat pentingnya mengecek ketahanan dan kapasitas daya baterai hp Samsung kalian, maka kalian harus selalu mengecek persentase dengan cara menampilkan persentase baterai Samsung. Selain itu, penting juga untuk selalu mempertahankan kinerja baterai agar tidak lemot dan tidak membuat kinerja hp memburuk.

 

 

Related posts