Cara Melacak iPhone Hilang

iPhone adalah sekelas hp premium yang biasanya hanya dimiliki oleh masyarakat kelas menengah ke atas. Dengan harga yang fantastis, saat kehilangan iPhone rasanya seperti ‘Sakit Tapi Tak Berdarah’. iPhone yang hilang tanpa tahu keberadaannya dimana, membuat kalian kelabakan dan panik. Tapi, coba dulu cara melacak iPhone hilang!

iPhone sebenarnya telah disematkan fitur bawaan untuk melacak perangkat hp saat hilang. Fitur yang disematkan tersebut adalah Find My iPhone, sehingga memungkinkaan para pengguna dapat mencari perangkat iPhone dengan mudah.

Read More

Kini untuk melacak atau mencari iPhone yang hilang, kalian bisa mengakses Find My iPhone di seluruh perangkat Apple. Sebut saja seperti iPad, Macbook, AirPods maupun yang lainnya.

Mengaktifkan Find My iPhone

Sebelum lanjut ke cara melacak iPhone hilang, kalian harus mengaktifkan Find my iPhone terlebih dahulu. Tujuannya sebagai upaya pencegahan agar memudahkan saat pencarian, berikut ulasannya :

  • Buka Pengaturan pada iPhone. Jika sudah masuk, kettuk profil Apple ID di bagian teratas.
  • Setelah itu, tekan Find My lalu aktifkan Find My iPhone beserta opsi Share My Location yang terdapat di menu tersebut.
Terkait:  Cara Edit Word di iPhone

Selamat, kini fitur Find My iPhone kalian sudah aktif. Jadi, jika sewaktu-waktu diperlukan untuk melacak iPhone, kalian bisa langsung menggunakannya.

Cara Melacak iPhone Hilang

Cara Melacak iPhone Hilang
Tutorial Melacak iPhone Hilang

Selain hardware iPhone yang sangat berharga, tentu saja data-data didalamnya juga sangat penting. Apalagi jika disalahgunakan orang lain, kalian akan rugi besar. Banyaknya peminat iPhone tidak diimbangi dengan tingginya daya beli masyarakat. Bahkan tidak sedikit yang membidik iphone curian agar mereka bisa membelinya dengan harga super murah.

Walaupun tidak menjamin hp iPhone kalian kembali dengan utuh, setidaknya kalian dapat mengantisipasi penyalahgunaan data-data yang ada pada iPhone kalian. Ini cara melacak iPhone hilang yang dapat kalian coba :

Metode 1 : Melacak iPhone Memakai Find my iPhone

Jika android memiliki Find my Device,maka iPhone juga punya senjata bawaannya sendiri bernama Find My iPhone. Namun kalian tetap harus mengaktifkannya terlebih dahulu agar dapat melacak iPhone yang hilang. Menariknya lagi, fitur ini bisa kalian gunakan untuk share lokasi dengan keluarga, teman, sampai gebetan.

Cara melacak iPhone hilang disini misalnya kita memakai iPhone dengan sistem operasi iOS 13. Jika kalian belum melakukan update ke OS iOS 13, maka caranya bisa saja berbeda. Oke, langsung cek cara melacak hp yang hilang pada iPhone berikut :

1. Buka Find My iPhone

Silahkan masuk ke layanan Find My iPhone di perangkat hp lain. Kalian dapat mengaksesnya via Hp atau bisa juga lewat situs iCloud di browser web.

2. Login Memakai Apple ID

Masuk memakai Apple ID yang sudah terdaftar pada iPhone yang hilang sebelumnya. Jika kalian memakai iPhone teman, langsung sign out saja biar lebih aman ya, guys.

3. Pilih Perangkat iPhone yang Hilang

Jika sudah berhasil login memakai Apple ID, kalian akan melihat perangkat iPhone yang terdaftar memakai Apple ID. Silahkan pilih perangkat tersebut.

Terkait:  Cara Kompres Video di iPhone

4. iPhone Akan Terdeteksi

Setelah itu, perangkat iPhone yang hilang bisa terdeteksi lewat peta, asalkan iPhone yang dicari dalam kondisi menyala. Jika mati bagaimana? Biasanya peta hanya akan menampilkan lokasi terakhir ponsel tersebut sebelum akhirnya mati.

5. Tekan Play Sound

Jika lokasi iPhone yang hilang misalnya masih disekitar kalian, tinggal tekan Play Sound supaya iPhone mengeluarkan suara, serta mudah dicari.

6. Lost Mode

Jika lokasi perangkat iPhone jaraknya jauh, serta diyakini perangkat tersebut hilang, antisipasinya bisa memilih Lost Mode.

Fitur ini yang akan mengunci perangkat iPhone kemudian menampilkan nomor hp dan pesan tertentu yang bisa kalian masukkan ke dalam opsi Find My iPhone. Jika kalian memerlukan panduan menggunakan fitur ini, silahkan cek ulasannya :

  • Inputkan kode kunci iPhone. Pakai serangkaian nomor acak tanpa ada hubungannya dengan identitas kalian, baik nomor KTP, nomor SIM, tanggal ulang tahun atau lainnya.
  • Kirimkan nomor kontak dan pesan yang ditampilkan pada layar.
  • Apabila hp kalian ada di dalam jaringan, maka ponsel bisa terkunci otomatis dan tidak dapat diatur kembali tanpa kunci yang telah kalian tetapkan. Di samping itu, kalian juga dapat melihat lokasi keberadaan hp saat ini, dan perubahan lokasi apabila hp dibawa ke lokasi yang berbeda.
  • Ketika iphone di luar jaringan, alias dalam keadaan mati, maka hp akan terkunci segera sesudah dinyalakan. Kalian akan mendapatkan pemberitahuan dan dapat melacak lokasi keberadaan iPhone.
  • Silahkan buat back up atau cdangan dari iPhone ke iTunes atau iCloud dengan berkala apabila sewaktu-waktu kalian harus mengembalikan data-data yang telah terhapus.

7. Tekan Erase iPhone Jika Tidak ditemukan

Jika sudah tidak ada harapan lagi untuk menemukan iPhone yang hilang, selain merelakannya kalian bisa mengantisipasi data pribadi agar tidak disalahgunakan. Silahkan tekan Erase iPhone.

Terkait:  Cara Check Battery Health iPad

8. Semua Data dihapus

Seluruh data yang tersedia di iPhone yang dilacak akan terhapus. Namun, kalian sudah tidak bisa lagi memakai Find My iPhone.

Metode 2 : Melacak iPhone Opsi Lain Tanpa Fitur Find My iPhone

Sebagai catatan, tidak ada opsi lain untuk melacak iPhone yang hilang tanpa bantuan Find My iPhone. Akan tetapi, ada beberapa opsi lain untuk meningkatkan kesempatan iPhone bisa kembali lagi ke tangan kalian atau mencegah semua data pribadi diakses oleh seseorang. Ini dia :

1. Telepon Nomor iPhone yang Hilang

Cara melacak iPhone hilang yang pertama yaitu, silahkan telepon nomor iPhone kalian yang hilang. Meskipun ini cara klasik, siapa tahu hp kalian hanya terjatuh dan ditemukan oleh seseorang yang baik. Kalian hanya perlu menelpon menggunakan hp teman atau orang yang ada di sekitar.

2. Ganti Password Akun

Selain mengganti kata sandi Apple ID, pastikan untuk mengganti kata sandi seluruh akun yang telah ter-login di perangkat iPhone yang sedang dilacak. Silahkan ganti beberapa kata sandi seperti media sosial, email,mbanking atau lainnya. Tujuannya supaya orang yang menemukan atau mencuri iphone kalian tidak dapat mengaksesnya.

Sebaiknya ini menjadi langkah utama yang kalian lakukan, apalagi untuk m-banking, karena mereka bisa saja mencuri uang kalian dengan mengakses m-Banking tersebut.

3. Posting di Akun Sosmed

Kalian harus tahu, di era digitalisasi seperti saat ini semuanya bisa dilakukan di sosial media, makanya ada istilah atau ungkapan seperti The Power of Sosmed (Social Media). Silahkan ceritakan kejadian kehilangan iPhone kalian, minta agar teman-teman membagikan informasi tersebut.

Jika beruntung, akan ada banyak orang membaca cerita kalian dan pastinya ikut membantu mencarinya.

4. Melapor ke Polisi

Kalian juga bisa langsung melapor ke polisi terkait kehilangan iPhone. Silahkan sertakan juga nomor IMEI iphone untuk membantu pencarian iPhone yang hilang jika penemunya menjualnya.

Ada banyak cara melacak iPhone hilang yang bisa kalian gunakan, agar iPhone yang hilang setidaknya masih memiliki kesempatan atau peluang untuk kembali. Kalaupun tidak, kalian harus mengambil langkah antisipasi supaya iPhone tidak disalahgunakan oleh si pencuri atau yang menemukan iPhone tersebut.

 

Related posts