Cara Menghapus Cache di Hp Xiaomi

Bagaimana cara menghapus cache di Hp Xiaomi? Ketika menggunakan HP Xiaomi, kamu mungkin merasakan performa smartphone sangat lambat dan tidak dalam performa yang baik.

Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya seperti memori smartphone yang penuh, RAM yang terlalu kecil, ataupun penumpukan cache pada perangkat yang terlalu besar.

Read More

Nah, jika masalah HP lemot disebabkan oleh penuhnya penggunaan cache, maka, kamu perlu memerlukan beberapa langkah pemulihan. Diantaranya dengan cara menghapus cache di HP Xiaomi.

Apa Itu Cache?

Sebelum membahas tentang cara menghapus cache di HP Xiaomi, kamu perlu tahu apa arti dari Cache pada smartphone.

Secara sederhana, cache didefinisikan sebagai komponen yang menyimpan data sementara dari sebuah aplikasi atau website yang sebelumnya pernah digunakan.

Seperti diketahui, sebuah situs website memiliki file dalam bentuk teks, gambar, video ataupun code tertentu yang memerlukan waktu loading ketika memuatnya.

Dengan menggunakan cache, kamu bisa membuka lebih cepat aplikasi atau website pada kunjungan kedua, ketiga, keempat dan seterusnya. Hal ini tentu bermanfaat bagi kenyamanan kamu ketika berselancar di internet.

Namun, masalahnya, data cache akan tersimpan pada smartphone sehingga menyebabkan memori penyimpanan menjadi penuh. Hal tersebut secara tidak langsung bisa menyebabkan kinerja HP Xiaomi menjadi lambat

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi

Cara Menghapus Cache di Hp Xiaomi
Tutorial Menghapus Cache di Hp Xiaomi

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghapus cache di HP Xiaomi. Cara-cara tersebut bisa dilakukan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, ataupun, menggunakan fitur yang disediakan langsung oleh Xiaomi.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Gmail

1. Cara Menghapus Cache via MIUI

Salah satu cara untuk menghapus cache di Xiaomi adalah menggunakan MIUI. Fitur ini adalah antarmuka pengguna yang dibuat dan dimiliki langsung oleh Xiaomi.

Cara untuk melakukan penghapusan file cache melalui MIUI kurang lebih adalah sebagai berikut:

  • Buka smartphone Xiaomi, kemudian cari menu bernama Security

  • Masuk ke bagian Sampah

  • Setelah masuk ke bagian tersebut. Sistem akan melakukan scanning secara otomatis pada file sampah maupun cache yang terdapat pada HP

  • Kemudian, setelah proses scanning selesai. Kamu bisa melihat daftar file cache/sampah pada layar smartphone

  • Pilih cache & file yang kira-kira ingin kamu hapus

  • Setelah proses pemilihan selesai, kamu bisa klik tombol Clean up untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh.

  • Proses Selesai.

2. Cara Menghapus Cache via Menu Pengaturan

Selain menggunakan fitur Security pada MIUI, kamu bisa juga menghapus cache langsung pada menu pengaturan. Cara untuk menghapus via pengaturan adalah sebagai berikut:

  • Buka smartphone Xiaomi kamu dan masuk ke menu Pengaturan atau Setting.

  • Kemudian, cari menu Storage, lalu scroll ke bagian bawah halaman sampai kamu menemukan Cache Data

  • Setelah itu, kamu tinggal klik tombol OK untuk mulai melakukan pembersihan file-file cache

  • Proses selesai

3. Cara Menghapus Cache via Aplikasi Pihak Ketiga

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghapus cache secara cepat adalah dengan menggunakan aplikasi penghapus cache pihak ketiga yang bisa kamu download via Play Store.

Pilihan aplikasi untuk menghapus cache memang banyak, misalnya seperti Ccleaner, CM Security, Clean Master dan lain sebagainya.

Adapun, sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan Ccleaner untuk dapat menghapus file sampah dan juga cache yang ada pada perangkat smartphone secara mudah.

Cara menggunakan Ccleaner untuk menghapus cache adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke Google Play Store, kemudian cari dan download aplikasi bernama Ccleaner

  • Lakukan pengunduhan dan instalasi aplikasi tersebut secara langsung

  • Setelah itu, kamu tinggal membuka aplikasi dan menjalankan aplikasi tersebut.

  • Tunggulah beberapa waktu sampai sistem mencari file cache dan juga sampah yang tersimpan pada perangkat.

  • Setelah analisis selesai. Kamu bisa mencentang bagian Cache

  • Kemudian, klik tombol Selesaikan Pembersihan untuk membersihkan semua cache yang ada

  • Proses Selesai.

4. Cara Menghapus Cache di Aplikasi Tertentu

Secara umum, cache biasanya banyak dimiliki oleh web browser. Misalnya seperti Google Chrome, Opera, Firefox dan sebagainya. Hal ini wajar karena web browser secara default pasti menyimpan data pencarian yang kamu lakukan.

Untuk menghapus cache pada web browser atau aplikasi lainnya secara satuan. Kamu bisa mengikuti langkah tutorial dibawah ini:

  • Buka smartphone Xiaomi kamu dan kemudian arahkan ke aplikasi web browser. Misalnya Google Chrome

  • Tahan jemari kamu di aplikasi tersebut sampai muncul menu bertuliskan Info Apl, tab baru dan tab samaran baru.

  • Setelah itu, kamu tinggal klik Info Apl

  • Kemudian kamu bisa masuk ke menu penyimpanan yang letaknya ada pada bagian atas.

  • Setelah itu, kamu akan melihat total ukuran aplikasi, data pengguna serta cache yang digunakan.

  • Klik tanda Hapus Data dan lakukan konfirmasi untuk melakukan penghapusan semua data cache

  • Proses Selesai

Selain pada web browser, cache biasanya juga banyak tersimpan pada media sosial ataupun aplikasi chat. Untuk mengetahui cache yang dimiliki sebuah aplikasi, kamu bisa menggunakan cara-cara diatas.

Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Cache

Banyak sekali pertanyaan yang sering diajukan tentang masalah cache pada smartphone Xiaomi. Untuk mengetahui pertanyaan yang sering ditanyakan dan juga jawabannya. Berikut ini adalah ulasannya untuk kamu.

Kapan Harus Membersihkan Cache?

Membersihkan cache bisa dilakukan kapan saja selama kamu menginginkannya. Lakukan pembersihan cache seminggu sekali, sebulah sekali atau sehari sekali jika diperlukan.

Pembersihan cache utamanya bisa dilakukan ketika performa hp terasa lemot. Dengan menghapus cache diharapkan memori menjadi lebih longgar dan performa Hp bisa lebih baik dari sebelumnya.

Apakah Cache Berbahaya?

Hal yang perlu diketahui, cache adalah fitur yang normal ada dalam sebuah smartphone, ia tidak membahayakan perangkat seperti halnya sebuah virus komputer.

Jadi, kamu tidak perlu terlalu khawatir jika perangkat Xiaomi dipenuhi oleh cache dengan jumlah tertentu.

Apakah Menghapus Cache Bisa Mempercepat HP?

Kecepatan sebuah Hp didasarkan pada beberapa faktor, misalnya seperti kapasitas memori, kapasitas RAM, prosesor dan sebagainya.

Menghapus cache hanya menjadi salah satu faktor yang bisa membuat memori menjadi lebih kosong atau longgar. Kondisi ini secara tidak langsung memang bisa mempercepat kinerja HP.

Apakah Harus Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga?

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk menghapus cache pada smartphone. Salah satunya adalah Ccleaner.

Sebetulnya, tidak ada keharusan apakah harus menggunakan aplikasi atau tidak. Tanpa aplikasi pun, cache bisa dihapus melalui fitur Security/Keamanan serta fitu pengaturan.

Penutup

Untuk kamu yang ingin menghapus cache di smartphone, utamanya jenis Xiaomi, kamu bisa menggunakan langkah-langkah cara menghapus cache di HP Xiaomi seperti pada tutorial diatas.

Rasanya kamu tidak akan menemui kendala berarti ketika mempraktekan cara-cara diatas karena tutorial diatas sangat mudah dilakukan dan telah terbukti bisa digunakan.

So, perhatikanlah tutorial dengan teliti dan ikuti step by step langkahnya secara perlahan untuk meminimalisir kesalahan ketika mengikuti tutorial di atas.

Related posts