Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google

  • Whatsapp

Untuk kalian yang kebingungan mencari cara menghapus riwayat pencarian di Google. Tenang saja dan jangan panik, karena artikel ini akan menjelaskan langkah-langkahnya secara jelas dan mudah untuk dilakukan.

Misi Bersama Google

Dengan mempunyai misi mengumpulkan berbagai macam informasi di sunia dan google dapat bisa diakses di seluruh masyrakat belahan dunia, kini google telah melewati pertumbuhan yang cepat semenjak awal diluncurkan hingga telah menghasilkan berbagai jenis produk, akuisi, dan melakukan kerja sama pada bidang mesin pencari google.

Dengan kerjasama di bidang mesin pencari google, kita jadi bisa mencari informasi apapun di seluruh dunia dengan menggunakan google.

Mulai dari informasi yang ringan hingga informasi yang sedang ramai diperbincangkan, namun terkadang hal itu bisa jadi masalah karena kamu tidak rutin menghapus riwayat pencarianmu di google.

Sehingga orang lain atau keluargamu yang ingin meminjam googlemu jadi tahu apa yang selama ini kamu lakukan di google.

Nah, seperti yang kamu ketahui, bahwa google menyimpan semua data yang pengguna cari termasuk kata kunci (keyword), website, pencarian video, dan yang lainnya dalam servernya.

Riwayat pencarian google merupakan salah satu ketakutan yang dimiliki oleh sebagian orang, karena dengan membuka tab search maka bisa mengetahui apa saja yang dicari oleh pengguna. Jadi selama ini google memang mengumpulkan dan merekam riwayat dari semua aktivitas yang dilakukan pengguna pada pencarian di chrome, youtube dan juga google maps.

Keuntungan dari riwayat pencarian di google yaitu kamu dapat mudah mencari data yang pernah kamu cari, ketika kamu ingin membuka situs dan kamu lupa alamatnya maka bisa buka di laman history atau semisal kamu ingin menonton ulang maka kamu tidak perlu repot-repot untuk mengetik kembali alamat tersebut.

Terkait:  Cara Menambah Lokasi di Google Maps

Selain adanya keuntungan tersebut, pencatatan aktivitas yang dilakukan juga mempunyai permasalahan karena bisa dianggap melanggar keamanan dan juga privasi. Pengguna google merasa tidak aman dengan pencatatan karena data tersebut bisa saja disalahgunakan dan privasinya tidak terjaga karena selalu merasa diawasi ketika menggunakan aplikasi google.

Maka dari itu, kini google telah memberikan tanggapan bahwa dengan menghapus riwayat pencarian yang ada di google chrome, youtube dan juga google maps bisa dilakukan. Adapun beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghapus riwayat pencarian di google sebagai berikut.

Cara Menghapus Pencarian Riwayat di Google

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google
Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google

 

Google chrome memang menjadi salah satu aplikasi browser yang sedang banyak dinikmati karena fitur-fiturnya yang banyak danmenarik.

Salah satunya yaitu fitur history atau riwayat pencarian, ketika kamu menghapus history tersebut maka aktivitas yang kamu lakukan di google chrome tidak akan terlacak.

Menghapus History Google Melalui PC/Kaptop

Mungkin sebagian orang sering lupa untuk menghapus riwayat pencaraian di google, sehingga riwayat pencarian bisa menumpuk dalam jangka waktu yang lama terutama jika menggunakan PC/Laptop yang menjadi salah satu browser terfavorite. Berikut langkah-langahnya:

  • Pertama, pastikan PC/Laptop kamu sudah dihidupkan supaya siap digunakan
  • Ketika PC/Laptop kamu sudah siap digunakan saatnya kamu bisa klik Google Chrome yang ada di perangkat kamu atau kamu bisa klik disini https://www.google.com/chrome/index.html
  • Selanjutnya, ketika sudah bisa masuk kamu bisa menghapus history di Pengaturan. yang bisa kamu lakukan adalah membuka browser lalu klik tiga titik vertikal di sebelah pojok kanan dan klik meu Settings atau Pengaturan
  • Setelah meu settings terbuka, kamu bisa mencari menu Clear Browsing Data. Dalam menu tersebut kamu bisa menghapus cache, history, cookie dan yang lain
  • Nantinya akan muncul pop up yang mana kamu harus memilih apa yang ingin kamu hapus. Untuk cara menghapusnya riwayat pencarian google di laptop bisa mulai dengan mencentang Browsing History
  • Setelah itu kamu bisa memilih jarak waktu pada Time Range, jika kamu ingin menghapus seluru riwayat pencarian pada google kamu bisa memilih All Time
  • Ketika kamu sdah selesai memilih, kamu bisa langsung klik Clear Data untuk dapat menghapus riwayat pencarian di google
Terkait:  Cara Menghapus Akun Facebook

Nah, gimana sangat mudah bukan untuk melakukannya? Cara ini bisa kamu praktikkan apabila kamu sedang menggunakan komputer umum seperti warnet (warung internet) atau komputer di kantor yang bisa diakses semua orang supaya riwayat pencarian kamu tidak terlacak.

Menghapus Riwayat Pencarian Google Satu Persatu

Yang pertama kamu bisa menggunakan cara menghapus riwayat satu persatu untuk melakukan pengahpusan kata kunci yang telah tersimpan. Kamu bisa untuk memlih kata kunci (keyword) mana yang ingin kamu hapus dan mana kata kunci (keyword) yang ingin kamu simpan supaya ketika kamu melakukan pencarian dengan kata kunci yang sama tidak perlu mengetik lagi.

Berikut langkah-langkahnya yang bisa kamu ikuti:

  • Langkah awal kamu bisa buka aplikasi peramban web yang akan kamu hapus riwayat pencarian di google di dalamnya, peramban web pada aplikasi browser seperti Chrome, Opera, dan UC Browse atau bisa juga google app yang mrupakan aplikasi bawaan android.
  • Kemudian kamu bisa mengakses halaman google jika menggunakan aplikasi browser atau bisa juga dengan mengklik kolom penvcarian yang berada dilayar utama (homescreen) ponsel untuk membuka layanan google app.
  • Nanti akan ada tampilan berupa saran kata kunci dari riwayat pencarian kamu sebelumnya
  • Kamu bisa memilih salah satu kata kunci yang ingin kamu hapus dengan cara kamu bisa ketuk dan tahan dan lakukan klik pada tanda X di samping kata kunci tersebut.

Begitulah cara mudah menghapus riwayat penacrian dengan satu persatu, kamu bisa mengulangi langkah-langkah di atas untuk menghapus kata kunci yang lainnya.

Menghapus Riwayat Pencarian Goggle Melalui Android

Pencarian pada google tidak hanya menjadi salah satu browser yang digunakan melalui PC/Laptop saja melainkan bisa digunakan di HP baik itu Android maupun HP iPhone.

Terkait:  Cara Hapus Akun Google Play Store

Kamu bisa cek postingan sebelumnya Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google HP Android  untuk lebih detailnya. Namun secara singkatnya akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Pertama, kamu bisa buka aplikasi google chrome terlebh dahulu di smartphone kamu
  • Setelah pecarian google chorme terbuka kamu bisa klik tiga titik vertikal di pojok kanan browser dan kamu bisa milih History
  • Kemudian kamu bisa pilih Clear Browsing Data yang ada di bagian atas untuk menghapus riwayat pencarian google
  • Nanti akan muncul pilihan untuk menghapus history, cookie, atau cache, kamu bisa pilih Browsing History dengan mencentang kotak di sebelah kanan
  • Langkah terkahir kamu bisa klik Clear Data

Kamu dapat menghapus riwayat pencarian melalui HP, Hal ini bisa dilakukan dimana saja dan cukup mudah untuk digunakan.

Begitulah cara menghapus pencarian di Google yang bisa kamu gunakan baik melalui PC/Laptop, HP andorid mauun iOS dan juga cara menghapus riwayat pencarian satu persatu.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua, selamat mencoba dan samapi jumpa pada artikel selanjutnya. Semoga Membantu

Related posts