[Updated] Cara Mengapus Akun FB Lite

Cara Menghapus Akun FB Lite
Cara Menghapus Akun FB Lite

WIGATOS.com | Apakah kamu tahu cara menghapus akun FB Lite milikmu dengan mudah? Artikel kali ini akan membahas tuntas bagaimana menghapus akun FB Lite dengan cepat dan mudah.

Apa itu FB Lite?

Siapakah di muka bumi ini yang tidak tahu apa itu Facebook? Sosial media yang lahir dari ide gila seorang Mark Zuckerberg ini telah merajalela. Berawal hanya menjadi sosial media dalam lingkup kampus, kini Facebook menjadi sosial media yang dimiliki hampir semua orang. Tua, muda, anak kecil pun bahkan sudah tahu cara membuat akun Facebook. Meskipun tak semua dari mereka, tahu cara menghapus akun FB miliknya.

Read More

Kini, Facebook telah membuat terobosan dengan mengeluarkan aplikasi bernama FB Lite, sebuah aplikasi yang memudahkan pengguna untuk mengakses Facebook dengan data dan memori seminimal mungkin. Aplikasi ini pun mulai menjamur di kalangan masyarakat, terlebih mereka yang berstatus sebagai pemegang HP kentang, yang tak sanggup menahan beban berat aplikasi Facebook. Tenarnya aplikasi ini membuat hampir mustahil penggunanya untuk menghapus akun FB Lite mereka.

Seiring dengan perkembangan zaman, Facebook mulai meluncurkan berbagai inovasi dan fitur-fitur baru demi memanjakan penggunanya.  Beramai-ramai orang orang mulai mengunduh FB Lite, dan menggunakan aplikasi ini seolah olah adalah taman bermain baru mereka. Namun, ketenaran Facebook justru menjadi senjata yang berpotensi membuat penggunanya mulai berniat menghapus akun FB Lite mereka.

Penyebab Seseorang Menghapus Akun FB Lite

Masalah yang timbul di dalam FB Lite, lebih banyak disebabkan oleh kelakuan para penggunanya. Merasa mendapat fasilitas dan kebebasan, membuat sebagian orang menggunakan hak tersebut untuk hal buruk. Penipuan, pencurian data, tindak kejahatan cyber hanyalah salah satu dari sekian masalah yang ditimbulkan karena kelalaian para pengguna Facebook. Hal ini tentu membuat beberapa orang tidak nyaman dan berniat mencari cara menghapus akun FB Lite.

Beberapa penyebab seseorang menghapus akun FB Lite miliknya adalah :

  • Isu jual beli data. Isu jual beli data dalam situs Facebook sebenarnya sudah berlangsung sejak lama. Bagaimana tidak, situs sosial media ini memang terkesan membuka lebar-lebar data pribadi penggunanya. Kamu bisa memilih untuk tidak memperlihatkan identitas pribadimu, hanya jika kamu menutup profilmu. Apabila tidak, maka orang lain akan dengan mudah mengetahui identitasmu.
  • Banyaknya kasus penipuan. Merasa memiiki hampir seluruh dunia di dalam genggamannya, beberapa orang memanfaatkan jaringan luas ini untuk melakukan aksi penipuan.Ditambah dengan fitur marketplace yang ditambahkan oleh Facebook baru baru ini, banyak orang memanfaatkan kesempatan melakukan penipuan berkedok jual beli. Hal ini menyebabkan banyak orang memutuskan untuk menghapus akun FB Lite mereka.
  • Akun Facebook diretas. Tindak kejahatan manipulasi data tak hanya dalam tindak jual beli saja, namun sudah merambah hingga tindak peretasan. Tak jarang akun yang diretas dimanfaatkan pula untuk keuntungan pribadi si pelaku. Tak hanya mengambil data identitas, foto dan video pribadi milik korban, tak jarang pelaku menggunakan akun Facebook korban sebagai tameng saat melakukan tindak kejahatan.
  • Hadirnya para kompetitor. Meskipun terdengar begitu berat untuk mengalahkan nama besar Facebook, namun hal ini tetap mungkin. Apalagi, melihat permasalahan yang terus timbul di dalam situs ini, bukan tak mungkin akan ada aplikasi lain yang mampu membius para pengguna FB Lite untuk menghapus akun dan berpindah hati.

Cara Menghapus Akun FB Lite

Cara Menghapus Akun FB Lite
Cara Menghapus Akun FB Lite

Sebenarnya, cara menghapus akun FB Lite sangatlah mudah. Cara menghapus akun FB Lite hampir sama dengan cara menghapus akun Facebook. Hal ini dikarenakan menghapus akun FB Lite pun membutuhkan akses yang sama seperti menghapus akun Facebook pada umumnya.

Adapun cara menghapus akun FB Lite adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke dalam aplikasi dan akun FB Lite milikmu.
  • Pada pojok kanan atas, klik tiga garis, kemudian klik Pengaturan & Privasi > Pengaturan.
  • Di sebelah kiri, pilih Kepemilikan dan Kontrol Akun.
  • Pilih Deaktivasi dan Penghapusan.
  • Klik Hapus Akun , lalu lanjutkan ke Penghapusan Akun.
  • klik Hapus Akun.

Mudah sekali bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menghapus akun FB Lite milikmu dengan mudah. Tak perlu risau lagi dengan berbagai permasalahan di dalam situs karena dengan ini data pribadimu akan tetap aman dari ancaman kejahatan cyber di sosial media yang satu ini. Yang menjadi permasalahan sekarang adalah, apa yang akan terjadi setelah kamu menghapus akun FB Lite milikmu?

Akibat Penghapusan Akun FB Lite

Karena dunia berjalan dalam prinsip sebab akibat, tentu dalam setiap perbuatan, teriring konsekuensi yang akan diterima pelakunya. Semua perbuatan, termasuk ketika kamu menghapus akun FB Lite milikmu. Beberapa konsekuensi dan akibat yang akan terjadi setelah akunmu dihapus secara permanen adalah :

  • Profil akan hilang. Setelah kamu menghapus akun FB Lite milikmu, maka profilmu akan hilang dari Facebook. Orang tak dapat lagi mencari namamu di kolom pencarian, karena profilmu telah terhapus. Beberapa orang mungkin akan mengira kamu memblokir mereka, jadi jangan lupa untuk memberikan pemberitahuan.
  • Postingan akan terhapus. Pernah memberikan ucapan selamat ulang tahun di dinding kronologi temanmu? Atau melakukan percakapan melalui fitur perpesanan di Facebook? Catatan tersebut akan menghilang seiring kamu menghapus akun FB Lite milikmu. Jadi tak perlu risau bila kamu pernah salah kata di beberapa postingan temanmu, hal itu akan hilang setelah kamu melakukan penghapusan akun.
  • Messenger dan aplikasi lain yang berhubungan tak bisa digunakan kembali. Setelah menghapus akun FB Lite milikmu, tentu kamu tak dapat lagi menggunakan aplikasi Messenger, karena aplikasi tersebut memang aplikasi yang terhubung langsung dengan akun Facebook milikmu. Aplikasi lain yang memerlukan akun Facebookmu sebagai jalan masuk pun akan tak bisa kamu gunakan lagi.

Beberapa Kesalahan Saat Menghapus Akun FB Lite

Sebagaimana seorang manusia, yang tak luput dari kelalaian dan kesalahan, wajar bila seseorang melakukan kesalahan saat menghapus akun FB Lite miliknya. Kesalahan yang mungkin terjadi adalah :

  • Melakukan uninstall aplikasi. Banyak orang tak tahu bahwa menghapus akun FB Lite tak cukup hanya dengan melakukan uninstall aplikasi. Uninstall aplikasi hanya membersihkan data aplikasi dari perangkatmu, dan tidak berdampak apa-apa pada akun Facebookmu.
  • Membiatkan akun begitu saja. Membiarkan akun FB Lite mu begitu saja bukanlah jalan yang tepat bila kamu sudah tidak membutuhkannya lagi dan ingin mengamankan data pribadimu. Akun yang tak terurus di dunia maya sangat rentan mendapatkan serangan dari para pelaku cybercrime. Untuk itu berhati-hatilah bila tak ingin identitasmu digunakan oleh pelaku dalam tindak kejahatan yang ia lakukan.
  • Menghapus akun Facebook secara sementara. Akun Facebook memang bisa dihapus untuk sementara. Jadi, bila kamu ingin menghapus akunmu untuk selamanya, berhati hatilah jangan sampai kamu menekan tombol yang salah dan malah menghapus akun Facebookmu hanya untuk semetara.

Demikian artikel mengenai cara menghapus akun FB Lite, semoga bermanfaat.

Related posts