Cara Menghapus Gmail di HP OPPO dengan Benar

Cara Menghapus Gmail di HP OPPO
Cara Menghapus Gmail di HP OPPO

WIGATOS.com | Untuk smartphone yang menggunakan sistem operasi Android, keberadaan Gmail adalah hal yang sangat penting karena dengan menggunakan Gmail kamu bisa mengakses semua hal yang berkaitan dengan Google seperti halnya Google Play Store, Youtube dan masih banyak lagi. Namun apabila kamu menggunakan handphone OPPO dan ingin berganti handphone penting rasanya untuk mengetahui cara menghapus Gmail di HP OPPO.

Sebenarnya untuk menghapus akun Gmail ini sangatlah mudah, namun jika kamu belum pernah melakuannya tentu masih bingung mengenai langkah-langkah yang haris di lakukan. Untuk itu simak penjelasan pada artikel ini dari awal hingga selesai.

Read More

Cara Menghapus Gmail di HP OPPO

Cara Menghapus Gmail di HP OPPO
Cara Menghapus Gmail di HP OPPO

Apabila kamu pengguna OPPO pastinya sudah tahu jika ponsel ini memiliki sistem operasi Android yang pada dasarnya menggunakan Google sebagai akun di pengaturan utama.

Jika kamu ingin berganti handphone sebaiknya kamu menghapus akun Gmail yang ada di HP OPPO punyamu terlebih dahulu atau bisa juga dengan melakukan log out dari akun tersebut.

Hal ini dilakukan supaya akun Gmail yang ada dihandphone OPPO kamu aman dan tidak bisa diakses oleh orang lain tanpa seizinmu. Apalagi jika kamu menggunakan akun Gmail tersebut untuk berbagai transaksi seperti transaksi perbankan. Tentunya tidak aman jika email milikmu diakses oleh orang lain.

Langkah-langkah untuk menghapus Gmail sendiri cukup mudah untuk dilakukan sendiri, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah dan berhasil melakukan log out akun.

Ada beberapa cara untuk menghapus akun Gmail di handphone OPPO yang bisa kamu pilih yaitu dengan melakukannya melalui menu Settings, atau kamu juga bisa langsung mengeluarkan akun gmail di aplikas Gmail yang ada dihandphone OPPO milikmu.

1. Cara Menghapus Gmail di HP OPPO Melalui Menu Settings

Cara pertama untuik menghapus ataupun mengeluarkan akun Gmail adalah dengan melalui menu settings atau pengaturan yang ada dihandphone OPPO. Metode ini merupakan salah satu metode termudah untuk membersihkan akun Gmail yang tertaut di handphone milikmu.

Dengan menghapus akun Google ini melalui menu settings maka semua aplikasi yang tertaut oleh akun tersebut secara otomatis juga akan ter-logout dengan sendirinya. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya, simak penjelasannya :

  • Langkah pertama buka menu atau aplikasi Settings yang terdapat di handphone OPPO milikmu terlebih dahulu.
  • Setelah itu akan ada banyak opsi yang bisa kamu pilih, dan untuk menghapus akun Google Mail maka kamu bisa memilih opsi Users & Accounts.
  • Jika sudah pilih opsi Google yang terdapat pada bagian Personal.
  • Selanjutnya, langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah pada halaman Account and sync kamu bisa memilih ikon titik dua yaitu Options yang terletak dibagian pojok kanan atas aplikasi Settings.
  • Lalu pilihlah opsi Remove account.
  • Kemudian akan ada pop-up untuk melakukan konfirmasi dan kamu bisa klik Remove account untuk mengkonfirmasi jika kamu ingin menghapus akun Gmail yang ada di handphone OPPO milikmu.
  • Selesai, akun Google berhasil dihapus.

Itulah metode untuk melakukan remove akun Google di handphone OPPO, namun yang perlu kamu ketahui jika langkah-langkah tersebut berlaku untuk OPPO yang menggunakan versi ColorOS 11 ke atas.

Apabila handphone OPPO yang kamu gunakan saat ini masih menggunakan versi ColorOS 7 kebawah maka ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama-tama hal yang harus kamu lakukan adalah buka menu Settings yang terdapat di handphone kamu.
  • Jika sudah maka kamu bisa memilih opsi Accounts and Sync dari banyaknya opsi yang ditampilkan di Pengaturan.
  • Setelah itu untuk menghilangkan akun Google maka kamu bisa memilih akun Gmail yang akan kamu hapus dari handphone.
  • Selanjutnya setelah kamu memilih akun Gmail, langkah berikutnya adalah klik tombol Remove yang memiliki ikon Tempat Sampah.
  • Lalu kamu bisa melakukan konfirmasi penghapusan akun dengan cara tekan Remove lagi.
  • Selesai, akun Gmail yang ada di handphone OPPO berhasil dihapus dari perangkat.

Demikianlah langkah-langkah yang bisa kamu terapkan jika kamu ingin menghilangkan akun Gmail yang ada dihandphone OPPO dan saat ini masih menggunakan versi ColosOS 7 atau lebih rendah lagi. Langkah-langkahnya hampir sama, dan dapat kamu lakukan sendiri dengan mudah.

2. Cara Menghapus Gmail di HP OPPO Melalui Browser

Berikutnya kamu juga dapat melakukan log out dari akun Google yang kamu daftarkan di HP OPPO supaya akun Gmail milikmu bisa terjamin keamanannnya. Supaya akunmu tidak di salah gunakan oleh pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab.

Metode untuk mengeluarkan akun Google ini bisa juga kamu lakukan melalui browser apabila kamu pernah melakukan log in di akun Gmail milikmu melalui aplikasi browser yang ada di smartphone OPPO yang kamu gunaka sekarang. Simak penjelasan berikut ini :

  • Langkah pertama buka browser tempat kamu pernah melakukan log in.
  • Setelah itu kamu bisa masuk ke halaman Gmail, lalu pilih nama akun Gmail.
  • Jika sudah maka kamu bisa ketuk opsi yang terdapat disebelah pojok kiri atas. Lalu ketuk nama akun Gmail milikmu.
  • Lalu pilih opsi Sign Out.
  • Selesai, akun Gmail milikmu sudah keluar dan jika kamu ingin mengaksesnya, silahkan log in kembali.

Itu dia metode kedua yang juga dapat kamu terapkan supaya bisamenghapus akun Gmail yang ada di handphone OPPO dengan mudah dan benar. Dengan membersihkan akun email dari handphone maka kamu bisa bebas dari khawatir jika akun milikmu disalah gunakan oleh orang lain.

3. Cara Menghapus Gmail di HP OPPO Melalui Aplikasi

Selain menghapus akun Gmail di handphone OPPO dengan melakukan log out akun melalui browser, kamu juga bisa menghapus akun Gmail di smartphone OPPO milikmu dengan melakukan log out melalui aplikasi Gmail. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan yang ada pada semua handphone Android.

Jadi kamu bisa menggeluarkan akun Google milikmu melalui aplikasi supaya terhapus dari perangkat handphone milikmu, berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya :

  • Langkah pertama buka aplikasi Gmail yang ada di handphone OPPO milikmu.
  • Setelah itu ketuk ikon foto profil yang terdapat pada bagian sudut kanan atas aplikasi.
  • Lalu tekan bagian foto profil akun Gmail dan pilih opsi Kelola akun di perangkat ini.
  • Kemudian akan muncul akun Gmail yang tertaut di handphone, pilih akun yang akan kamu keluarkan.
  • Jika sudah klik tombol Hapus Akun.
  • Selesai.

Demikianlah informasi seputar cara menghapus Gmail di HP OPPO yang bisa kamu coba dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan. Dari ketiga cara yang telah dibahas kamu bisa mengikuti slah satu metode yang menurut kamu paling mudah untuk kamu coba.

Melakukan penghapusan akun ini sangat penting apalagi jika kamu ingin menjual handphone kamu, hal ini untuk melindungi data-data penting yang ada pada akun Gmail tersebut termasuk hal-hal lain yang terhubung dengan akun email tersebut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related posts