Cara Menyimpan Video dari Youtube Go ke Galeri

Cara Menyimpan Vide dari Youtube Go ke Galeri

Bagaimana cara menyimpan video dari Youtube Go ke galeri? Menonton video secara offline bisa dikatakan lebih hemat. Karena itu, jika Kamu tertarik menonton video dari Youtube, maka metode penyimpanan video dari Youtube Go ke galeri bisa jadi solusinya.

Kita tahu bahwa Youtube kini menjadi platform yang populer karena bisa digunakan tanpa bayar sekaligus dapat dijadikan sebagai ladang penghasilan untuk para Youtuber. Oleh karena itu, kini ada banyak pembuat konten dari berbagai macam niche, mulai dari tutorial, podcast dan lainnya. Bahkan Kamu juga bisa menikmati berita entertainment terkini dan acara musik terbaru di Youtube.

Ketika menemukan video menarik, pastinya Kamu ingin langsung menyimpannya serta berharap dapat di download ke dalam galeri hp. Namun pada kenyataannya tidak sesederhana itu, meskipun di Youtube ada fitur download, tapi hanya bisa dilihat pada aplikasi Youtube-nya sendiri. Lalu, bagaimana cara menyimpan video dari Youtube Go ke galeri? Namun sebelumnya, Kamu harus tahu dulu tentang Youtube Go.

Apa Itu Youtube Go?

Youtube Go ialah aplikasi yang lebih mempermudah para penggunanya untuk mengaksesnya lewat perangkat mobile. Ada beberapa fitur menarik di aplikasi Youtube, diantaranya memungkinkan penggunanya untuk bisa mengunduh video. Karenanya bisa diakses offline pada aplikasi Youtube saat Kamu sedang tidak mengakses internet.

Akan tetapi, aplikasi Youtube terkadang sangat sulit untuk diakses karenanya membuat koneksi internet melambat. Maka dari itu, Youtube telah meluncurkan aplikasi terkini di smartphone android dengan nama Youtube Go.

Lalu, Apa Fungsi Youtube Go?

Youtube Go adalah aplikasi live streaming video untuk menghemat data internet. Karenanya dapat dijalankan saat kecepatan internet lambat. Adapun untuk mencoba layanan yang dihadirkan aplikasi Youtube Go ini, Kamu bisa langsung mendownloadnya di Play Store.

Sesudah Youtube Go terpasang di perangkat androidmu, Kamu akan diminta memasukkan nomor hp dan memasukkan akun email untuk dijadikan akun Youtube Go. Selanjutnya, Kamu akan mendapatkan SMS berupa kode verifikasi. Jika sudah, inputkan kode verifikasi tersebut di tempat yang sudah disediakan aplikasi.

Adapun perbedaannya dari aplikasi Youtube biasa, Youtube Go biasanya menampilkan kualitas video Youtube yang ditonton penggunanya melalui berbagai pilihan. Ada pilihan high quality dengan kapasitas 480 px, standard quality 360 px, dan basic quality 144 pixel. Penggunanya bahkan akan diberikan opsi langsung untuk menonton melalui menu play. Selain itu, Kamu juga bisa mengunduhnya melalui menu download.

Jika video didownload, maka Kamu bisa menikmati video tersebut secara otomatis tanpa akses internet. Adapun fitur lainnya seperti Receive dan Send untuk memudahkan sesama user Youtube Go untuk berbagi video postingannya lewat koneksi Wifi Direct atau Bluetooth.

Ada 3 hal penting yang ditekankan oleh Youtube pada Youtube Go, diantaranya kemudahan penggunanya dalam mengakses setiap video di Youtube hingga di seluruh dunia. Selain itu, memungkinkan para penggunanya bisa menikmati video saat tidak memiliki akses internet dengan cara mengunduhnya, bahkan bisa berbagi video, baik bersama keluarga atau teman.

Jika Kamu tertarik memakai Youtube Go, Kamu bisa mengunduhnya langsung di Play Store.

Cara Menyimpan Video dari Youtube Go ke Galeri

Cara Menyimpan Video dari Youtube Go ke Galeri
Menyimpan Video dari Youtube Go ke Galeri

Tutorial Menyimpan Video dari Youtube Go ke Galeri

Youtube Go juga memiliki fitur preview berbentuk slideshow seperti halnya file presentasi. Selain itu, menariknya lagi pengguna dapat melihat ukuran dari file video yang hendak diunduh. Jika pengguna Youtube ingin lebih menghemat data internet, Kamu dapat mengunduh video yang filenya berukuran paling kecil. Pastinya, Kamu harus menerima konsekuensinya, dimana dengan file yang ukurannya terkecil tentunya resolusinya pun akan semakin rendah.

Sebelum melakukan cara menyimpan video dari youtube Go ke galeri, biasanya aplikasi ini akan langsung memberitahu user terkait kapasitas penyimpanan perangkat yang tersedia.

Oke, berikut tahapan-tahapan cara menyimpan video dari Youtube Go ke galeri :

1. Mengunduh Aplikasi Youtube Go

Sebelum Kamu menggunakan aplikais Youtube go, tentu saja harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa Youtube Go tak bisa didapatkan bagi semua negara. Pasalnya hanya 2 negara yang berkesempatan dapat menikmati fitur andalan aplikasi Youtube Go, diantaranya Indonesia dan India. Mengingat aplikasi ini sudah tersedia di negara kita, Kamu harus tahu langkah-langkah untuk mengunduhnya via Play Store :

  • Silahkan buka list aplikasi lewat tampilan androidmu.
  • Kemudian pilih aplikasi Google Play Store.
  • Di kotak pencarian, Kamu tinggal menuliskan Youtube Go dan tekan enter.
  • Lalu pilih opsi “Youtube Go” lewat hasil pencarian.
  • Kemudian klik “Instal” di halaman aplikasi.
  • Silahkan tunggu sampai proses unduhan dan instalasi selesai.
  • Kini Kamu pun sudah mempunyai Youtube Go yang terpasang di androidmu.

2. Cara Mendownload Video dari Youtube Go

Cara menyimpan video dari Youtube Go ke galeri sebenarnya cukup mudah. Dengan Youtube Go, Kamu bisa mengunduh video dari Youtube untuk disaksikan secara offline. Ini adalah alternatif cara menyimpan video dari Youtube ke galeri tanpa aplikasi. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka Youtube Go pada perangkat androidmu.
  • Silahkan sentuh video yang akan Kamu unduh pada halaman hasil pencarian atau tab  beranda.
  • Klik gambar thumbnail video.
  • Kamu bisa memilih kualitas video tertentu yang akan diunduh. Silahkan pilih “Download”. Biasanya kualitas gambar akan terpilih dengan cara default. Maka dari itu, Kamu harus memilih kualitas video terlebih dahulu yang ingin diunduh.
  • Proses unduhan akan dimulai, dan Kamu bisa menunggunya sampai selesai.
  • Jika proses unduhan selesai, biasanya tombol download yang ada di bawah video menjadi berwarna biru.

Dalam cara menyimpan video dari Youtube Go ke galeri di atas, apabila akses internet tiba-tiba saja terputus ketika mengunduhnya, maka proses unduhan akan secara otomatis dilanjutkan kembali. Tentu saja ketika Kamu sudah terhubung lagi ke internet. Namun apabila koneksi internetmu terganggu, padahal jaringan internet disekitarmu kondisinya sedang stabil, Kamu harus segera cek kuota internetmu.

Selain itu, Kamu harus tahu bahwa video yang telah diunduh di Youtube Go dapat diputar offline sampai 29 hari. Sesudahnya, Kamu harus menghubungkan perangkat androidmu lagi ke jaringan Wifi atau data seluler untuk tiap 29 hari sesudah video diunduh.

3. Menonton Video yang Disimpan dari Youtube Go

Jika ingin menonton video yang sudah Kamu unduh, Kamu dapat menemukannya lewat tap download. Namun tentu saja, Kamu harus masuk ke akun Google terlebih dahulu. Pastikan Kamu sudah memiliki akun Google terlebih dahulu. Selanjutnya, jika ingin login atau masuk ke akun Google, ini dia caranya :

  • Silahkan buka menu pada ikon titik tiga, tepat di atas halaman aplikasi.
  • Selanjutnya pilih “Setelan”.
  • Pada bagian “Profil”, Kamu akan melihat Google Account-mu telah login ke ke platform atau aplikasi tersebut.

4. Menyimpan Video dari Youtube Go ke Kartu SD

Kamu juga dapat mencoba cara menyimpan video dari Youtube ke galeri atau pada kartu micro SD androidmu. Dengan langkah-langkah berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka menu atau ikon titik tiga tepat di atas Youtube Go Apps.
  • Lalu sentuh opsi “Setelan”.
  • Pada opsi “Penyimpanan Video”, kemudian pilih opsi kartu SD.
  • Selanjutnya pilih simpan video ke dalam kartu memori SD Card.

Demikianlah tahapan-tahapan cara menyimpan video dari Youtube Go ke galeri yang bisa Kamu ikuti. Bagaimana, mudah kan?

Related posts