Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo

Cara mengunci aplikasi di HP Vivo bukanlah rahasia umum di Indonesia. Vivo adalah brand smartphone terkemuka yang merajai pasar gadget, terutama android di tanah air. Bahkan, merek ini punya nilai plus seperti resolusi kamera tinggi dan memori besar untuk menarik perhatian masyarakat.

Tak bisa dipungkiri bila smartphone asal Cina ini mampu bersaing dengan brand android lain yang lebih dulu hadir. Fiturnya menarik dan memanjakan para penggunanya setiap hari.

Kamu bisa mengunduh aplikasi apa saja tanpa membutuhkan kartu memori. Meski begitu, cara mengunci aplikasi di HP Vivo terbaru perlu diperhatikan dengan seksama. Hal ini dikarenakan ponsel kalian bisa saja dipinjam dan data pribadinya dilihat tanpa sepetahuanmu.

Kamu perlu bersyukur sebagai pengguna Vivo karena smartphone ini sudah dibekali lock fiture. Tak menutup kemungkinan bila kalian akan memakai aplikasi ke tiga untuk meningkatkan sistem keamanan pada aplikasinya.

Vivo menawarkan fitur keamanan yang berbeda dengan merek android lain. Pasalnya, mereka yang sudah lama memakainya belum pernah mengeluh terhadap pencurian data. Tak hanya itu, para penggunanya cenderung pakai kunci aplikasi otomatis dari ponselnya.

Kamu juga boleh mengunduh beberapa aplikasi ketiga yang punya fungsi serupa. Aplikasi seperti media sosial dan percakapan pribadi sangat penting dirahasiakan dengan mengikuti tutorial terbaru pada pembahasan selanjutnya.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo

Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo
Mengunci Aplikasi di HP Vivo

Walaupun terlihat sepele, namun kerahasiaan penggunaan aplikasi tertentu perlu diperhatikan. Kalian sebagai pengguna android merek Vivo perlu mengetahui cara mengunci aplikasi di HP Vivo tanpa aplikasi. Hal ini bertujuan supaya kamu bisa menjaga riwayat pemakaian tanpa dilihat orang lain yang sering meminjam ponsel.

Mengunci Aplikasi di HP Vivo Tanpa Aplikasi

Aplikasi seperti SMS, telepon dan galeri bisa dikunci dengan mengikuti panduan terbaru seperti berikut, yakni :

  • Pertama, masuklah ke menu pengaturan terlebih dahulu.
  • Kamu bisa memilih opsi “Privacy and Security” pada menu pengaturan.
  • Setelah menekan menu sebelumnya, kamu akan menemukan opsi “Privacy and App Encryption” dan tekan sampai muncul tampilan berikutnya.
  • Kamu bakal diarahkan ke laman input passcode, yakni memasukkan password yang berfungsi mengunci aplikasi pilihan kalian.
  • Jangan pernah memakai angka yang sama! Kamu harus menggunakan urutan angka yang acak supaya tidak bisa dibuka orang lain.
  • Apabila password sudah dibuat, maka kalian akan diarahkan ke laman “Privacy and App Encryption”.
  • Kemudian, kamu perlu memilih beberapa aplikasi yang bakal dikunci.
  • Jika aplikasinya sudah dipilih, maka kamu bisa kembali ke layar utama.
  • Untuk memastikan kuncinya sudah terverifikasi, kalian perlu membuka salah satu aplikasi yang telah terkunci.
  • Ketika aplikasinya dibuka maka HP Vivo kalian bakal meminta passcode untuk membuka aplikasi tersebut.
  • Passcode yang diberikan wajib sesuai dengan digit angka yang dimasukan pada menu “Privacy and App Encryption”.
  • Jika passcode nya benar, maka aplikasi bisa dibuka secara otomatis dan dipakai seperti biasa.
  • Selesai

Kamu bisa merahasiakan aplikasi tertentu dengan mengikuti panduan ini. Cara mengunci aplikasi di HP Vivo tanpa aplikasi tambahan sangat mudah dilakukan. Walaupun memakan waktu cukup lama, namun tingkat keamanan yang diberikan cukup mumpuni.

Jangan lupa mencatat passcode bila kalian mudah lupa dengan menyimpannya pada menu “Note”. Setiap aplikasi yang sudah terkunci otomatis akan selalu meminta password bila kalian akan membukanya.

Mengunci Aplikasi di HP Vivo dengan Aplikasi Tambahan

Tak sedikit pengguna HP Vivo akan selalu mengunci aplikasi tertentu. Mereka melakukan hal tersebut agar kerahasiaannya dapat terlindungi dan tidak mudah dilihat siapapun. Maka dari itu, kalian bisa mengunci aplikasi tertentu dengan bantuan aplikasi ketiga yang diunduh via Google Play Store.

Penggunaannya cukup mudah bila mengikuti tutorial terbaru pada uraian selanjutnya. Langkah-langkah penting yang harus kalian lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Smart AppLock (App Protector)

Smart AppLock adalah aplikasi keamanan ketiga yang sudah dipakai banyak orang. Kamu bisa mengunci aplikasi di HP Vivo dengan bantuan software ini melalui pembahasan di bawah ini :

  • Pertama, unduh aplikasi “Smart AppLock” pada Google Play Store.
  • Tunggu beberapa saat sampai aplikasinya sudah terpasang. Kamu bisa menekan “Install” supaya bisa terpasang pada layar utama dan dipakai dengan benar.
  • Kalian akan selalu diminta password saat pertama kali membukanya. Kamu bisa mengisi kolom sandi sesuai keinginan dan harus diingat. Password tersebut akan dipakai untuk mengunci aplikasi pilihan kalian.
  • Apabila HP Vivo kalian punya sistem keamanan finger print, maka bisa memilih opsi finger print yang disediakan Smart AppLock.
  • Kemudian, tekan icon + di bawah bar berwarna biru pada aplikasi Smart AppLock.
  • Terakhir, tekan slider pada galeri sampai berubah warna menjadi biru dan tekan icon + lagi.
  • Selesai
  1. AppLock

AppLock menjadi aplikasi keamanan populer untuk beragam jenis smartphone. HP Vivo mendukung pemakaian programnya dan sebagian besar penggunanya di Indonesia telah mengunduh aplikasi ini. Cara pemakaiannya seperti berikut :

  • Pertama, unduh aplikasi “AppLock” pada Google Play Store terlebih dahulu.
  • Kalian biasanya akan diminta pola ketika pertama kali membuka aplikasinya. Kamu bisa mengonfirmasi pola dan email.
  • Jangan lupa memasukkan beberapa data yang diminta dan semuanya akan dirahasiakan.
  • Geser layar ke bawah pada bar umum, carilah galeri dan tekan pada gembok atau logo kunci.
  • Apabila pihak aplikasi meminta izin aksesibilitas, maka kalian perlu mengizinkannya terlebih dahulu.
  • Kamu bisa memilih kembali aplikasi lain yang dianggap perlu dikunci sebelum mengonfirmasi passcode.
  • Apabila aplikasi pilihannya sudah dikunci, maka kamu bisa kembali ke halaman utama dan buka salah satunya. Umumnya bahwa pihak aplikasi meminta kalian memasukan password untuk menyesuaikan dengan pola atau kode yang digunakan.
  • Selesai

Bagaimana Mengunci Aplikasi di HP Vivo yang Aman dan Tepat?

Cara mengunci aplikasi di HP Vivo sangat cepat dan mudah. Kalian bisa memakai aplikasi ketiga atau tidak untuk merahasiakan beberapa aplikasi penting. Tak menutup kemungkinan bila pola, password atau PIN bisa saja diketahui orang lain tanpa sepengetahuan kalian.

Oleh karena itu, finger print menjadi solusi tepat lantaran dinilai efektif dan lebih canggih. Caranya juga sangat ringkas lantaran kalian hanya perlu mengikuti prosedur yang sama seperti di atas, serta menggunakan jari untuk mengonfirmasi kuncinya.

Hal ini dianggap ampuh dan efektif karena orang lain sulit membuka HP kalian. Mereka akan sulit mengintainya lantaran jari kalian adalah kunci utamanya. HP Vivo semua tipe biasanya menerima semua jari sebagai passcode finger print.

Akan tetapi, kondisinya harus kering dan tidak boleh basah karena susah membaca sensornya. Kalian juga harus mengatur batas waktu penguncian layar dengan cepat agar siapapun tidak dapat membuka aplikasi saat HP kalian disimpan di mana saja. Meski begitu, kamu juga bisa memakai kunci ganda antara finger print dan pola atau password sekalipun.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...