Cara Hemat Listrik

  • Whatsapp

Cara hemat listrik sangat penting bagi Kamu yang merasa tagihan listrik setiap bulannya selalu membengkak. Dengan mengetahui rahasia hemat listrik, tentu saja bisa menyelamatkan kondisi keuanganmu agar tetap aman. Selain itu, hal ini juga penting bagi Kamu yang sedang mengelola bisnis di rumah atau melakukan WFH (Work From Home).

Untuk menghemat tagihan listrik, ada beberapa trik khusus dan praktis yang bisa dicoba tanpa memakai alat penghemat listrik atau kapasitor sekalipun. Bagaimana, penasaran dengan cara hemat listrik di rumah? Simak panduannya di bawah ini!

Read More

Cara Hemat Listrik

Cara Hemat Listrik
Menghemat Tagihan Listrik

Menghemat Tagihan Listrik

Seperti kita ketahui, sebagian besar aktivitas sehari-hari yang dilakukan di rumah biasanya selalu berkaitan dengan peralatan elektronik yang membutuhkan listrik setiap harinya. Apalagi jika Kamu memiliki banyak peralatan elektronik, bukan tak mungkin tagihan listrikmu setiap bulannya selalu membengkak. Supaya terhindar dari pembengkakan biaya listrik di rumah yang semakin besar. Ada beberapa trik hemat tagihan listrik yang perlu Kamu coba berikut ini!

1. Nyalakan Peralatan Elektronik Seperlunya

Bagi yang sering menyalakan banyak peralatan elektronik secara bersamaan, sebaiknya mulai cek peralatan elektronik mana saja yang sebenarnya tidak terlalu penting digunakan. Seperti, misalnya dispenser air yang dinyalakan sepanjang waktu bersamaan dengan TV yang dibiarkan begitu saja padahal Kamu atau anggota keluarga di rumah tidak sedang menonton.

Kedua aktivitas tersebut sudah tentu membuat penggunaan listrik di rumah cukup besar. Sebagai solusinya, sebaiknya matikan peralatan elektronik dan gunakan hanya ketika dibutuhkan saja. Contoh, nyalakan dispenser air hanya ketika Kamu membutuhkan air panas atau air dingin. Atau bisa menyiasatinya dengan memasak air jika Kamu memerlukan air panas. Apalagi jika Kamu memiliki kulkas, tentu air dingin bisa Kamu dapatkan dengan menyimpan botol air di kulkas.

Terkait:  Cara Daftar Go Biz

Selain itu, televisi bisa dimatikan jika memang tidak benar-benar digunakan. Saat Kamu sedang sibuk mengerjakan pekerjaan rumah sebaiknya matikan saja TV, dan jangan membiarkannya menyala dalam waktu yang lama karena bisa meningkatkan konsumsi daya listrik di rumah.

2. Silahkan Cabut Kabel Elektronik dari Saklar

Banyak orang yang sering melakukan kebiasaan membiarkan kabel alat elektronik tetap tercolok ke dalam saklar. Padahal hal tersebut tetap membuat arus listrik mengalir di perangkat yang terhubung saklar. Walaupun peralatan elekronik telah dimatikan. Imbasnya, listrik harus terbuang dengan sia-sia. Oleh karena itu, mulai sekarang silahkan cabut peralatan dan kabel dari saklar apabila tidak digunakan. Ini adalah cara hemat listrik paling mudah yang banyak tidak disadari.

3. Matikan Lampu Saat Tidak Digunakan

Kebiasaan lain yang juga sering tidak disadari kebanyakan orang ialah tetap menyalakan lampu di siang hari. Padahal kebiasaan tersebut bisa merugikan karena termasuk pemborosan. Di siang hari sebenarnya kita bisa mengandalkan cahaya matahari untuk penerangan. Oleh karenanya, untuk menghemat tagihan listrik yang membengkak di rumah sebaiknya matikan saja lampu yang tidak digunakan.

Apabila rumahmu terasa gelap pada siang hari, sebaiknya gunakan atap rumah transparan sebagai media masuknya sinar matahari dan bisa menerangi rumah saat siang hari.

4. Migrasi ke Listrik Prabayar

Cara hemat listrik selanjutnya ialah dengan migrasi layanan dari listrik pascabayar ke dalam listrik prabayar. Seperti kita ketahui, kini pemerintah melalui PLN (Perusahaan Listrik Negara) sudah mewajibkan pemakaian meteran listrik melalui sistem token/pulsa untuk setiap rumah tangga.

Menariknya lagi, di samping pembelian token listrik yang sangat mudah. Menggunakan listrik prabayar juga tidak membuat konsumsi daya listrik berlebihan. Karena pemakaian listrik melalui token ini, secara tak langsung memaksa para penggunanya supaya lebih bijak.

Terkait:  Cara Jadi Youtubers

5. Memakai AC Seperlunya

Seperti halnya cara hemat AC, Kamu bisa melakukannya untuk menghemat tagihan listrik di rumah. Karena AC termasuk alat elektronik paling berpengaruh terhadap besarnya tagihan listrik. Pemakaian AC dengan tepat, tentu saja bisa menghemat konsumsi listrik.

Matikan AC saat tidak digunakan. Hindari melakukan pengaturan AC pada suhu terkecil sebab hal ini bisa membuat tagihan pemakaian listrik menjadi membengkak. Kamu juga bisa memakai timer supaya AC mati otomatis ketika temperatur di dalam ruangan cukup sejuk.

6. Menggunakan Setrika Dengan Pengatur Suhu Panas Otomatis

Meskipun ukuran setrika sangat kecil, tapi siapa sangka bila penggunaan setrika memerlukan daya listrik besar. Bahkan sebenarnya daya listrik yang diperlukan setrika lebih besar dibandingkan TV maupun alat elektroik lainnya.

Adapun cara hemat listrik yang bisa dilakukan ialah dengan memakai setrika yang mempunyai pengatur panas secara otomatis. Jenis setrika ini biasanya akan mati sedirinya saat suhu panasnya cukup tinggi. Di samping itu, Kamu juga bisa menyesuaikan panas yang dipakai dengan material atau bahan baju yang disetrika.

7. Pakai Kulkas Secukupnya Saja

Lemari es atau kulkas merupakan peralatan elektronik yang biasanya sering dibiarkan menyala. Akan tetapi, jika Kamu sedang pergi ke luar kota misalnya atau kebetulan tidak ada minuman dan makanan di kulkas, sebaiknya matikan lemari es supaya tidak menghabiskan energi listrik.

Di samping itu, sebaiknya hindari pengaturan temperatur kulkas yang terlalu rendah. Sebab semakin rendah temperatur lemari es, penggunaan energi listrik pun semakin besar. Selain itu, lakukan perawatan rutin supaya kulkas tetap terjaga dengan baik tanpa harus mengonsumsi daya listrik yang besar.

8. Mengganti Lampu LED

Sekarang sudah banyak ditemukan teknologi lampu LED di pasaran. Tahukah Kamu bahwa penggunaan lampu LED ini lebih hemat konsumi daya listriknya? Ya, lampu LED mempunyai cahaya penerangan yang sama seperti lampu biasa. Namun harga lampu LED memang lebih mahal 2 kali lipat dari lampu biasa.

Terkait:  Cara Daftar Go Massage

Akan tetapi, lampu LED selain bisa menghemat daya listrik atau watt listrik juga lebih tahan lama dan awet digunakan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Kamu harus membayar mahal asalkan penggunaannya lebih hemat dan Kamu pun tidak perlu terlalu sering mengganti lampu.

9. Matikan Penanak Nasi

Jika di rumah Kamu memiliki magid car atau magic com, biasanya sesudah asi matang Kamu akan mengalihkanya ke dalam mode penghangat. Alat tersebut dengan otomatis bisa menghangatkan nsi terus menerus. Apabila Kamu melakukan cara ini terus menerus tentu saja bisa memboros penggunaan listrik.

Jika ingin cara hemat listrik dengan benar, sebaiknya jangan nyalakan pemanas nasi saat sedang tidak digunakan. Nyalakan cukup beberapa menitnya saja sebelum makan. Sehingga Kamu tetap dapat menikmati nasi hangat tanpa harus menyalakan magic jar atau magic com terus menerus.

10. Pilih Elektronik yang Berteknologi Inverter atau Low Wattage

Kini ada banyak peralatan elektronik menawarka teknologi inverter dan low wattage untuk menghemat pemakaian daya listrik. Pasalnya teknologi tersebut dapat dipasangkan pada beberapa produk peralatan rumah tangga. Baik untuk kulkas, AC, portabe generator dan oven.

Perbedaannya untuk peralatan low wattage ialah penghematan listrik yang dilakukan dengan mengecilkan kapasitas pada kompresor AC. Jadi kecepatan pendinginan menjadi berkurang.

Sedangkan pada teknologi inverter, pemakaian ketika pertama menghidupkannya hanya diperlukan watt lebih kecil. Kemudian saat suhu kembali stabil, maka kompressor tidak akan mati tetapi menyesuaikan putaran. Jadi konsumsi listrik yang diperlukan hanya separuhnya saja.

Dengan cara hemat listrik di atas, kamu dapat mengontrol penggunaan listrik setiap bulannya. Jika menggunakan listrik secara bijak, tentu saja bisa meminimalisir tagihan listrik yang membengkak. Bagaimana, mudah kan?

Related posts