Cara Kerja Kulkas 2 Pintu

Cara Kerja Kulkas 2 Pintu

Cara kerja kulkas 2 pintu sebenarnya tak jauh berbeda dari cara kerja kulkas pada umumnya. Kulkas adalah salah satu peralatan elektronik wajib untuk dimiliki di dalam rumah. Kulkas memiliki fungsi yang sangat erat hubungannya dengan kebutuhan pokok manusia, karena di dalam kulkas biasanya kita menyimpan minuman dan makanan. Dengan mengetahui mekanisme kerja lemari es atau kulkas penting sekali untuk mempermudah perawatan alat elektronik ini.

Cara Kerja Kulkas 2 Pintu

Cara Kerja Kulkas 2 Pintu
Bagaimaan Cara Kulkas 2 Pintu Bekerja?

Bagaimana Mekanisme Kerja Kulkas 2 Pintu?

Cara kerja kulkas 2 pintu mengusung konsep dari hukum Termodinamika, yang mana udara panas akan selalu bergerak menuju udara bertemperatur lebih dingin. Namun konsep hukum Termodinamika ini dijalankan terbalik. Dimana proses untuk memindahkan panas pada bagian dalam kulkas ke bagian luar dilakukan oleh Evaporator. Alat ini berfungsi untuk melakukan penyerapan panas pada benda yang diletakkan di dalam  kulkas. Selanjutnya panas/kalor yang telah terhiasp akan mendinginkan makanan dan minuman yang terdapat pada kulkas.

Tapi, Evaporator tentu saja tidak bekerja secara individu. Namun yang pasti, kunci prose pendinginan pada kulkas yang utama ialah pada refrigeran atau freon. Freon mempunyai titik didih yang rendah, jadi bisa menyerap energi kalor/panas yang ada di bagian dalam kulkas kemudian membuat isi bagian dalam kulkas menjadi lebih dingin.

Dalam hal ini, cara kerja kulkas 2 pinti dapat dijelaskan seperti contoh berikut : Misalnya saja, ketika Kamu baru turun dari kolam  renang sesudah berenang, maka tubuh akan terasa dingin. Hal ini dikarenakan, air yang tersisa pada kulit akan menguap kemudian mengambil panas yang berasal dari bagian dalam tubuh.

Jadi dapat diibaratkan, bahwa kulit berperan sebagia evaporator, sedangkan isi kulkas itu sendiri adalah jaringan pada bagian bawah kulit. Sementara freon itu sendiri berperan sebagai air yang tersisa di kulit. Refrigeran atau freon yang mengalir ke bagian dalam evaporator saat pertama kali berbentuk cair.

Sesudah menghisap panas pada bagian dalam kulkas, maka refrigeran tersebut dibawa menuju keluar kulkas. Di waktu bersamaan, komponen kipas motor pada kulkas akan menghembuskan udara yang dingin pada Evaporator menuju ke semua komponen kulkas. Sehingga lama kelamaan semua isi kulkas menjadi dingin.

Fungsi Komponen Pada Kulkas

Dalam proses pendinginan dan cara kerja kulkas 2 pintu itu sendiri, melibatkan berbagai komponen kulkas. Seluruh bagian atau komponen ini saling bekerjasama dalam menghisap panas pada kulkas kemudian mendinginkan isi pada kulkas dengan cepat. Adapun fungsi dari tiap-tiap komponen pada kulkas itu sendiri diantaranya :

  • Kondensor, berguna untuk menukar panas pada  proses perubahan fasa gas refrigerant yang masuk ke bagian dalam kulkas sebelumnya dalam bentuk cair.
  • Kompresor, berfungsi memompa cairan pendingin atau freon ke semua bagian kulkas.
  • Filter, berguna untuk menyaring kotoran pada kulkas yang masuk terbawa saat proses sirkulasi berlangsungnya pendinginan.
  • Thermostat, berguna dalam mengatur kinerja kompresor berdasarkan pada batas temperatur yang ada di setiap komponen kulkas. Komponen ini pada intinya bertanggung jawab untuk mengatur temperatur yang ada di dalam kulkas supaya sesuai keinginan.
  • Heater, dapat mencairkan bunga es hasil dari evaporator. Pada beberapa tipe kulkas modern saat ini telah dilengkapi oleh Heater untuk mempermjudah proses pencairan tumpukan bunga es di dalam freezer.
  • Refrigeran atau freon, ialah zat yang mempunyai titik didih rendah, berguna untuk menarik kalor dari bagian dalam kulkas.
  • Overload Motor Protector, berguna untuk melindungi bagian-bagian pada kulkas dari kerusakan yang disebabkan oleh lonjakan listrik yang berlebih.
  • Kipas atau Fan motor, berguna untuk menghempuskan udara bersuhu dingin dari bagian evaporator menuju seluruh komponen kulkas.

Cara Kerja Kulkas 1 Pintu Vs 2 Pintu

Cara kerja kulkas 2 pintu dan 1 pintu pada prinsipnya ialah sama. Dimana keduanya dapat mengandalkan kondensor, kompresor, evaporator serta freon yang dapat mendinginkan kulkas. Namun ada beberapa keuntungan memakai kulkas 2 pintu jika dibandingkan dengan kulkas satu pintu.

Di samping kapasitasnya lebh besar, komponen freezer pada pintu bagian atas mempunyai suhu lebih dingin daripada bagian bawahnya. Sehingga, Kamu dapat memisahkan makanan beku dan makanan biasa dan melakukan pengaturan suhu berbeda yang ada diantara kedua bagian tersebut.

Belum lagi untuk kulkas 2 pintu, Kamu tak perlu repot-repot membersihkan bunga es lagi. Selain itu, pada kulkas 2 pintu bisanya telah dilengkapi oleh fitur secara khusus dalam mencegah terjadinya penebalan bunga es di freezer. Dimana fitur tersebut dapat berjalan secara otomatis, sehingga Kamu tak perlu lagi direpotkan membersihkannya setiap minggu.

Kelebihan Kulkas 2 Pintu

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kulka 2 pintu :

1. Kapasitas Lebih Besar

Keunggulan kulkas 2 pintu ialah memungkinkan Kamu untuk menyimpan makanan atau minuman dalam jumlah yang lebih banyak. Sama halnya dengan makanan yang berukuran besar, Kamu tak perlu lagi memotongnya sampai berukuran kecil supaya bisa masuk ke kulkas. Sehingga Kamu dapat menyimpan makanan dengan bentuk sesuai aslinya.

2.  Efek Pendinginan yang Lebih Besar

Cara kerja kulkas 2 pintu yang lebih baik dibandingkan kulkas 1 pintu adalah dari efek pendinginannya. Efek pendinginan pada kulkas 2 pintu biasanya lebih besar daripada kulkas 1 pintu. Hal ini dapat menjamin temperatur dingin sehingga bisa menjangkau keseluruhan item pada makanan yang kita simpan. Temperatur lebih dingin menjadikan makanan bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama. Di samping itu, hal ini juga bisa membuat makanan menjadi lebih higienis sebab makanan lebih terlindungi dari bakteri dan kuman.

3. Kapasitas Freezer yang Lebih Luas

Lemari es versi lama biasanya memiliki kapasitas freezer sangat minim, jadi banyak orang yang kesulitan menyimpan makanan di kulkas. Dengan adanya kulkas 2 pintu tentu saja menjadi solusi atas masalah tersebut. Karena menyediakan kompartemen pada freezer yang terpisah. Sehingga membuat kapasitas freezer lebih luas.

4. Listrik Lebih Efisien

Ketika Kamu membuka pintu kulkas, maka Kamu akan measakan hawa dingin terbuang keluar kulkas. Dengan terpisahnya freezer menjadi bagian tersendiri, membuat pendinginan pada kulkas menjadi lebih efisien. Hal inilah yang membuat daya listrik pada kulkas menjadi lebih hemat. Sebab jika Kamu membuka freezer, Kamu tak perlu membuka sistem pendingin atau cooler, atau sebaliknya. Hal ini bisa menjadi solusi efektif untuk menekan terbuangnya energi dengan sia-sia.

5. Tidak Ada Bunga Es

Dalam lemari es biasa lapisan bunga es bisa terbentuk di area sekitar dinding pada freezer. Hal inilah yang membuatnya secara perlahan bisa mempersempit kapasitas freezer. Oleh karena itulah, Kamu akan kesulitan untuk menempatkan makanan pada kompartemen pembeku. Komponen frost free merupakan salah satu keunggulan kulkas dua pintu yang paling banyak digemari.

Dimana fitur yang satu ini dapat mencegah terjadinya penebalan pada bunga es, karena itu membuat kita tetap bisa menyimpan makanan dan minuman di freezer tersebut. Ini artinya, produk kulkas 2 pintu mempunyai sistem otomatis agar membuat freezer tidak menghasilkan bunga es.

Nah, itulah cara kerja kulkas 2 pintu dan perbandingannya dengan kulkas 1 pintu. Kulkas 2 pintu bisa menjadi solusi untuk Kamu yang ingin mendapatkan lebih banyak fitur dengan kapasitas lebih besar!

Ulasan Lainnya:

Related posts