Cara Kerja Mobil Hybrid

Cara Kerja Mobil Hybrid
Cara Kerja Mobil Hybrid

Kita semua tahu bahwa cara kerja mobil hybrid adalah dengan mengintegrasikan kecenderungan go-green ke dalam kebiasaan mengemudi. Sebagian besar dari kita juga tahu bahwa mobil hybrid cenderung sangat hemat bahan bakar yang akhirnya berdampak pada penghematan uang. Tapi, selain dua hal tersebut ada banyak sekali “misteri” tentang mobil hybrid yang masih belum terkuak. Penasaran? Baca artikel ini sampai selesai!

Cara Kerja Mobil Hybrid

Cara Kerja Mobil Hybrid
Cara Kerja Mobil Hybrid

Mobil hybrid adalah perpaduan strategis antara mobil bertenaga bensin dan mobil listrik. Sejauh ini, mobil berbahan bakar bensin masih sangat nyaman digunakan namun pada sisi yang lain dapat menyebabkan tambahan dalam bentuk biaya bahan bakar yang tinggi dan emisi yang tidak ramah lingkungan.

Di sisi lain, mobil listrik mampu mengurangi bahan bakar dan emisi namun tidak sepenuhnya nyaman karena mereka mobil bertenaga setrum ini hanya dapat melakukan perjalanan jarak pendek dengan kecepatan yang lebih rendah plus memerlukan biaya yang tinggi.

Nah, area abu-abu inilah yang coba dijawab oleh mobil hybrid yang menghitung semua kekurangan dan kelebihan di atas. Dan karena pendekatannya yang unik di tiap produsennya, mekanisme mobil hybrid juga akan berbeda tiap mereknya.

Empat Varian Mobil Hybrid Modern

Berbeda dengan mobil biasa yang menegak bensin dan bergantung pada kinerja karburator, mobil hybrid menyentuh masalah yang jauh lebih dalam. Tapi sebelum jauh ke arah sana, kamu harus tahu bahwa untuk saat ini, ada empat jenis utama mobil hybrid, dan masing-masing bekerja sedikit berbeda.

Serial Hybrid
Mobil jenis ini menggunakan motor listrik untuk menggerakkan roda, dan mesin bensin untuk menggerakkan generator yang menghasilkan listrik dan mengisi baterai. Mesin bensin tidak mengisi peran sebagai pendorong mobil dan hanya menyediakan energi untuk motor listrik.

Jenis mobil serial hybrid dapat menggunakan dua sumber daya secara bersamaan, atau dapat berkendara hanya dengan daya baterai untuk jarak dekat. Inilah yang membuat opsi ini begitu efisien dalam lalu lintas kota yang sibuk dan macet. Mesin bensin akan menyala ketika baterai hampir habis atau mobil membutuhkan lebih banyak tenaga untuk kecepatan yang lebih cepat.

Paralel Hybrid
Untuk jenis hybrid paralel, mesin bensin dan motor listrik digabungkan sehingga keduanya bekerja bersama untuk memberi daya pada mobil. Mesin bensin akan melakukan sebagian besar pekerjaan, sementara motor listrik memberikan dorongan.

Perbedaan utama dibandingkan dengan jenis sebelumnya adalah bahwa dalam skema ini mesin bensin menggerakkan mobil alih-alih menghasilkan listrik. Dengan mengikuti cara kerja mobil hybrid ini, tipikal yang satu ini adalah yang termurah untuk diproduksi dan dibeli tetapi jauh lebih boros bahan bakar.

Hybrid Kombinasi
Secara prinsipil, jenis mobil hybrid yang satu ini adalah kombinasi dari dua jenis pertama. Mobil dapat digerakkan murni dengan bensin, murni dengan listrik atau kombinasi keduanya. Mesin bensin juga dapat mengisi baterai seperti pada serial hybrid .

Dalam konsisi mengemudi normal, mesin bensin adalah sumber tenaga utama, sementara motor listrik membantu memberikan dorongan, misalnya saat menyalip. Namun dalam lalu lintas kota yang lambat, motor listrik akan mengambil alih. Opsi ini sangat cocok untuk mereka yang tinggal di kota besar dan cenderung berkendara hanya pada kecepatan rendah.

Plug-In Hybrid 
Mobil hybrid plug-in atau sering disebut PHEV (plug-in hybrid electric vehicle) adalah konfigurasi modern yang sangat dekat dengan cara kerja mobil listrik. Baterai pada mobil jenis ini dapat diisi oleh mesin bensin atau dapat dicolokkan ke sumber daya eksternal seperti stasiun pengisian listrik.

Ukuran baterai pada PHEV juga pada umumnya jauh lebih besar ketimbang hybrid standar, yang berarti PHEV dapat melakukan perjalanan lebih jauh hanya dengan daya baterai. Ini berarti, mobil jenis ini akan membakar lebih sedikit bahan bakar ketimbang mobil bensin biasa, sehingga lebih efisien untuk digunakan.

Mekanisme Dibalik Mobil Hybrid

Berbicara tentang mekanisme cara kerja mobil hybrid akan tergantung pada jenis hybrid yang diadopsi. Sebagian besar, termasuk series hybrid  dan plug-in akan menggunakan mesin bensin untuk menghasilkan listrik dan mengisi baterai. Sementara PHEV juga dapat menggunakan sumber listrik sebagai penggerak utama.

Jenis paralel hybrid sedikit berbeda karena jenis ini hanya mengisi baterai dengan menangkap kelebihan energi dan mengubahnya menjadi listrik. Kelebihan energi yang biasanya terbuang saat mobil idling atau deselerasi akan disimpan di baterai untuk digunakan nanti.

Tingkat Efisiensi Cara Kerja Mobil Hybrid

Meski punya dampak lingkungan yang baik, masih ada banyak misteri tentang tingkat efisiensi penggunaan mobil hybrid dalam kurun waktu yang panjang. Nah, nyatanya, bahan bakar, emisi, dan jarak per liter yang dicapai mobil hybrid semuanya akan bervariasi tergantung pada jenis, kecepatan dan gaya mengemudi. Variabel ini juga yang kerap dipermasalahkan konsumen yang kecewa dengan fluktuasi kemampuan mobil hybrid.

Selain itu, tingkat efisiensi mobil hybrid juga bergantung pada teknologi lain yang dapat meningkatkan atau menurunkan efisiensi bahan bakar, seperti Continuously Variable Transmission (CTV). Adopsi sistem transmisi ini, contohnya, dapat secara otomatis mengoptimalkan kecepatan mesin dan pergantian gigi untuk efisiensi yang lebih tinggi.

Namun jelas, keputusan untuk pindah ke mobil hybrid adalah jenis keputusan yang ideal. Apalagi sekarang pasaran mobil di Tanah Air juga sudah kedatangan beberapa merek mobil hybrid beken yang tergolong ekonomis. Yakin ga mau ganti mobil baru?

Related posts