Cara Mengambil Uang di Alfamart

Di era modern seperti ini kita telah dimudahkan oleh perkembangan teknologi. Di bidang keuangan salah satunya. Yang biasanya kita perlu mengantri di Bank dan jarak yang lumayan jauh. Karena kita juga bisa melakukan pengambilan uang di Alfamart. Lalu, bagaimana cara mengambil uang di Alfamart?

Alfamart merupakan perusahan yang bergerak di bidang retail bahan pokok. Namun seiring kemajuan toko ini, kita juga bisa melakukan hal lain selain belanja, misalnya melakukan pengiriman dan penerimaan uang, melakuan top up saldo e-wallet ataupun transaksi lainnya.

Selain banyak transaksi yang bisa kita lakukan di Alfamart, jaraknya yang cukup dekat dengan lokasi rumah kita juga salah satu faktor sebagian orang melakukan transaksinya di Alfamart. Cukup mudah cukup praktis dan juga lokasi yang cukup dekat.

Apa Syarat Mengambil Uang di Alfamart?

  • Kartu Identitas

Yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu adalah Kartu Identitas, bisa berupa KTP, SIM, Kartu Pelajar, Pasport ataupun kartu identitas lain. Karena para penerima uang harus menyertakan Kartu Identitas Diri atau KTP yang telah didaftarkan sebelumnya untuk pengambilan uang di outlet Alfamart.

  • Kode Penarikan Uang

Sebelum melakukan penarikan uang pastinya kamu akan diminta untuk memasukkan atau memberika kode penarikan uang kepada kasir. Jadi, dimana kita bisa mendapatkan kode penarikan uang? Jawabannya cukup mudah, kamu perlu bertanya dan meminta kode tersebut kepada orang yang mengirimkan uang melalui Alfamart kepada kamu.

  • Datang ke Alfamart Terdekat

Sudah tentu kamu perlu melakukan transaksi tersebut di outlet Alfamart terdekat. Seperti kita ketahui, outlet Alfamart sendiri sudah mencapai hampir 14.000 outlet , tentu saja hal ini memberikan kemudahan akses penerima uang untuk dapat mengambil uang mereka.

Terkait:  Cara Kirim Uang Lewat Alfamart

Cara Mengambil Uang di Alfamart

Cara Mengambil Uang di Alfamart
Cara Mengambil Uang di Alfamart

Mengambil uang di era seperti ini tidak perlu lagi datang ke Bank ataupun ATM. Kamu bisa juga mengambil uang di Alfamart terdekat. Bagaimana caranya?

1. Siapkan KTP dan 10 digit kode MTCN atau PIN dari pengirim uang. Sebelum kamu mengambil uang di Alfamart, pastikan kamu sudah menyiapkan 2 dokumen tersebut. Jika kamu tidak memiliki kode PIN dari pengirim uang, maka proses pengambilan uang akan sedikit sulit.

2. Datang ke Alfamart terdekat. Sudah pasti kamu harus datang ke Alfamrt terdekat untuk melakukan pengambilan uang.

3. Jika sudah di depan kasir, silahkan kamu bilang jika ingin melakukan pengambilan uang.

4. Kemudian pihak kasir pun akan meminta kamu kode MTCN atau PIN yang sudah kamu siapkan begitu juga dengan KTP kamu.

5. Jika tidak memiliki KTP, kamu bisa menggunakan kartu identitas yang lain seperti SIM, Pasport, Kartu Pelajar, dan lain sebagainya.

6. Jika sudah di cek oleh kasir, maka kasir akan menyebutkan informasi mengenai uang yang akan kamu ambil. Informasi tersebut berisi nama pengirim yang mengirimkan uang dan juga besaran nominal jumlah uang yang dikirim dan akan kamu terima.

7. Simak betul-betul mengenai informasi tadi dan jangan sampai informasi yang disebutkan tiba-tiba salah.

8. Jika sudah kamu akan langsung diberikan uang oleh pihak kasir Alfamart.

Cara Mengirim Uang di Alfamart

Lantas, bagaimana jika kita sebagai pengirim uang? dan bagaimana cara mengirim uang di Alfamart? Sebenernya caranya cukup mudah. Untuk melakukan transaksi transfer uang di Alfamart kamu hanya perlu membawa uang yang akan dikirimkan dan juga membawa kartu identitas seperti KTP. Selain syarat tersebut, biasanya di Alfamart kita akan dibebankan dengan biaya admin, jadi kamu harus menyiapkan juga untuk biaya adminnya. Dan langkah-langkah untuk mengirim uang di Alfamart :

Terkait:  Cara Melamar Kerja di Alfamart

Yang pertama kamu harus datang ke outlet Alfamart terdekat.
Jika sudah, langsung katakan kepada kasir bahwa kamu ingin melakukan pengiriman uang
Kamu akan dimintai informasi mengenai penerima uang dan juga jumlah nominal uang yang akan kamu kirim
Berikan uang sesuai dengan yang kamu kirim dan juga biaya adminnya
Kamu juga akan diminta untuk menyertakan kartu identitas kamu

Mengambil Uang di Alfamart dari Rekening BCA

Selain menerima uang dari orang yang jauh dari kita, kamu juga bisa melakukan pengambilan uang di Alfamart dari Rekening BCA. Jangan khawatir jika di Alfamart tersebut tidak ada mesin ATM, namun kamu tetap bisa melakukan pengambilan uang di Alfamart dengan syarat berikut :

1. Datang ke outlet Alfamart terdekat
2. Kemudian ke kasir dan bilang jika ingin melakukan penarikan uang dari rekening BCA
3. Jika sudah, kamu akan diarahkan oleh kasir dan diminta untuk melakukan transaksi atau belanja terlebih dahulu di Alfamart tanpa minimal belanja.
4. Berikan belanjaan kamu dan juga kartu ATM BCA kamu
5. Masukkan PIN ATM kamu
6. Setelah memasukkan PIN, kasir akan segera memproses transaksi.
7. Terakhir kamu akan diberikan struk begitu juga dengan uang yang kamu ambil. Silahkan teliti terlebih dahulu sebelum meninggalkan Alfamart.

Jadi begitulah cara mengambil uang di Alfamart yang bisa kamu coba sendiri jika tidak ingin ribet di Bank karena harus antri atau pun jarak yang lumayan jauh.

Baru Diulas:

Terkait:  Cara Belanja di Alfamart Pakai GoPay

Related posts