Cara Aktivasi Internet Banking BRI

Bagaimana cara aktivasi Internet Banking BRI? Apa saja persyaratan yang harus dilengkapi untuk melakukan Aktivasi Internet Banking BRI? Dan bagaimana caranya?

Berkembangnya teknologi dan juga informasi membuat kita sebagai pengguna harus ikut merasakan dan juga mengikuti perkembangan yang ada. Sebagaimana kita tahu saat ini kita sudah bisa dengan mudah melakukan segala aktivitas melalui Internet, mulai dari melakukan belanja online, memesan transportasi online, memesan makanan secara online, dan juga melakukan transaksi lain hanya dengan menggunakan bantuan Internet saja.

Hal inilah yang akhirnya mempengaruhi dunia perbankan yang ada di Indonesia, bagaimana kita tahu saat ini kita bisa dengan mudah melakukan transaksi seperti transfer, melakukan pembayaran kredit, atau bahkan membeli keperluan lain. Itulah mengapa saat ini penggunaan Internet Banking bisa kita temukan di beberapa bank yang kita miliki, salah satunya adalah BRI.

BRI atau Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu bank milik pemerintah atau bank negeri yang memiliki banyak sekali Nasabah di seluruh Indonesia. Kemudahan yang diberikan BRI seperti mudah ditemukannya mesin ATM di sekitar, membuat para nasabah bisa dengan mudah mengambil uang ataupun melakukan transaksi melalui ATM yang mereka miliki.

Namun Bagaimana jadinya apabila kita harus melakukan transaksi, tetapi tidak menemukan aTM BRI terdekat? Tentunya kita akan sangat kebingungan dan tak tahu harus mencari ATM mana lagi yang bisa digunakan. Sebab itulah, untuk para nasabah yang mungkin sudah memiliki Smartphone seperti Android atau iOS, disarankan untuk menggunakan Internet Banking.

Karena selain mudah untuk diakses melalui aplikasi, layanan Internet Banking BRI juga bisa digunakan melalui Browser. Dengan catatan, nasabah harus sudah mendaftarkan dan melakukan Aktivasi Internet Banking BRI, dan untuk kalian yang mungkin belum melakukan pendaftaran untuk layanan Internet Banking BRI, kalian bisa meminta bantuan melalui cabang BRI terdekat, dan kemudian melakukan aktivasi.

Namun sayangnya masih saja ada pengguna atau nasabah, yang belum mengerti tentang Cara Aktivasi Internet Banking BRI, untuk itu kalian bisa menyimak artikel ini sampai habis, adapun cara yang bisa dilakukan untuk melakukan Aktivasi Internet Banking BRI adalah.

Cara Aktivasi Internet Banking BRI

Cara Aktivasi Internet Banking BRI
Aktivasi Internet Banking BRI

Cara Aktivasi Internet Banking BRI lewat kantor cabang BRI

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengunjungi kantor cabang BRI terdekat, walaupun begitu ada beberapa persyaratan yang harus kalian lengkapi seperti.

  • Membawa buku tabungan BRI
  • Membawa kartu identitas atau KTP
  • Miliki ponsel atau smartphone untuk verifikasi
  • Menggunakan SIM card yang bekerjasama dengan pihak BRI seperti Telkomsel, indosat, dan XL.
  • Memiliki email yang masih aktif

Setelah nasabah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan, nasabah bisa langsung mengunjungi kantor cabang BRI dan bertemu dengan customer service. Kalian juga akan diminta untuk mengisi form untuk melakukan pendaftaran dan juga melakukan aktivasi layanan Internet Banking BRI.

Simpan baik-baik username atau ID dan juga password dari Internet Banking BRI yang sudah kalian buat tadi, untuk mengakses Internet Banking dari perangkat lain setelah dilakukan aktivasi.

Cara Aktivasi Internet Banking BRI lewat ATM

Cara kedua yang bisa kalian lakukan adalah melalui mesin ATM BRI terdekat yang bisa kalian temui di sekitar kalian. Cara ini terbilang mudah karena kalian tidak perlu mendatangi kantor cabang BRI untuk melakukan pendaftaran. Adapun cara yang bisa dilakukan ialah

  • Masukkan kartu ATM BRI kalian kedalam mesin ATM
  • Setelah itu kalian bisa memasukkan PIN ATM kalian yang sudah didaftarkan sebelumnya
  • Setelah itu kalian akan melihat banyak pilihan menu dan pilih menu Internet Banking
  • Setelah itu kalian akan diminta untuk memasukkan password untuk akun Internet Banking BRI kalian. Silakan masukkan kembali password Internet Banking kalian untuk melakukan verifikasi.
  • Setelah berhasil memasukkan password dan juga password verifikasi, kalian akan mendapatkan user ID BRI Internet Banking kalian, yang biasanya akan tercetak pada struk.

Setelah mendapatkan user ID dan juga password dari Internet Banking tadi, langkah terakhir adalah kalian tinggal menuju ke bank atau di kantor cabang BRI terdekat, dan langsung saja minta kepada satpam untuk melakukan aktivasi. Nasabah akan diarahkan ke call center, dan tidak perlu melakukan pengisian ulang form, melainkan hanya untuk verifikasi data saja.

Aktivasi Internet Banking BRI melalui Internet

Cara ketiga yang bisa kamu coba adalah melalui situs BRI, cara ini bisa kalian lakukan baik di perangkat smartphone, komputer, atau bahkan laptop. Caranya adalah

  • Buka browser kesayangan kalian dan kunjungi situs https://ib.BRI.co.id
  • Setelah itu kalian akan melihat halaman login pada Internet Banking BRI
  • Masukkan user ID dan juga password yang sudah tercetak atau sudah kalian simpan sebelumnya
  • Jika muncul persyaratan atau privasi policy dan juga user agreement dari BRI, pilih Saja setuju atau accept.
  • Kalian akan diminta untuk melakukan perubahan password, dan juga memasukkan email yang terdaftar di Internet Banking BRI
  • Terakhir kalian tinggal menunggu beberapa saat dan akun Internet Banking BRI kalian sudah bisa digunakan.

Adapun untuk melakukan perubahan password, biasanya ditujukan untuk para nasabah BRI yang baru saja mendaftarkan dan juga mengaktivasi layanan Internet Banking BRI. Karena biasanya, password akan diset secara default dari pihak bank, dan tidak bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Oleh karena itu, apabila kalian sudah melakukan pendaftaran dan juga pengaktivasian, kalian bisa melakukan perubahan password sesuai keinginan kalian.

Selain memberikan kemudahan, tentunya tiap pengguna atau nasabah yang menggunakan layanan Internet Banking BRI harus memperhatikan beberapa aspek penting, untuk menghindari kebocoran data atau terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti misalnya

Ya mungkin kalian melakukan login ke dalam situs Internet Banking BRI, pastikan kalian menggunakan perangkat pribadi atau perangkat personal. Hindari untuk melakukan penyimpanan user ID dan juga password secara otomatis, apabila perangkat kalian digunakan lebih dari 1 pengguna atau selain kalian.

Kemudian gunakan jaringan pribadi atau jaringan data seluler milik sendiri, dan hindari menggunakan jaringan wi-fi publik.

Jika memungkinkan kalian bisa melakukan perubahan password secara berkala, minimal dua minggu sekali.

Hindari penggunaan perangkat smartphone yang sudah dimodifikasi atau di root atau juga di jahilbreak, agar tidak terjadi petasan data yang dilakukan oleh hacker Melalui aplikasi lain.

Gunakan password dengan kombinasi angka, karakter, simbol, dan huruf kapital, agar password Internet Banking kalian tidak mudah diketahui oleh orang lain.

Dengan menerapkan dan memperhatikan beberapa poin diatas tentunya ini bisa menjadi nilai lebih, untuk menjaga keamanan data baik itu dari layanan Internet Banking yang kalian gunakan dan juga rekening yang kalian miliki.

Sekian artikel tentang Cara Aktivasi Internet Banking BRI, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi