Cara Melamar Kerja di Alfamart

Jika Kamu sedang mencari pekerjaan atau baru lulus sekolah menengah ke atas, maka penting sekali mencari informasi cara melamar kerja di Alfamart. Alfamart sendiri termasuk salah satu outlet atau minimarket yang sangat terkenal. Karena minimarket ini telah menjual berbagai macam keperluan sehari-hari, baik untuk kebutuhan primer sampai kebutuhan sekunder. Menariknya lagi, Alfamart selalu membuka gerai yang baru di berbagai wilayah atau kota di Indonesia setiap tahunnya.

Karena alasan di atas itulah, hampir setiap tahun Alfamart selalu menyediakan lowongan pekerjaan. Inilah yang membuat para fresh graduate sangat antusias melamar pekerjaan di Alfamart. Selain berguna bagi lulusan SMA/SMK, Alfamart juga terkadang menyediakan lowongan untuk para lulusan D3 hingga S1 dengan posisi yang berbeda.

Menariknya lagi, bekerja di Alfamart tentu saja mempunyai prospek kerja menarik di masa mendatang. Oleh karena itu, Kami akan membagikan panduan cara melamar kerja di alfamart!

Cara Melamar Kerja di Alfamart

Cara Melamar Kerja di Alfamart
Tata Cara Melamar Pekerjaan di Alfamart

Panduan Melamar Kerja di Alfamart

Sebenarnya untuk melamar pekerjaan sebagai karyawan atau staf Alfamart sendiri tergantung dari informasi yang Kamu terima atau yang Kamu dapatkan mengenai lowongan pekerjaan itu sendiri.

Contohnya, jika Kamu menerima informasi lowongan pekerjaan sebagai staf di Alfamart lewat Facebook atau Instagram misalnya. Maka lowongan pekerjaan di media sosial tersebut biasanya disajikan berbentuk gambar yang dilengkapi keterangan posisi pekerjaan yang dibutuhkan. Selain itu, waktu dan tempat menyerahkan lamaran tersebut.

Terkait:  Cara Mengambil Uang di Alfamart

Sebelum kita membahas cara melamar kerja di alfamart via online dan offline, Kamu harus tahu dulu cara cari lowongan pekerjaan di Alfamart itu sendiri!

1. Mencari Informasi Lowongan Kerja di Alfamart

Kamu bisa mencari informasi tentang lowongan pekerjaan di Alfamart lewat website. Kemudian ketahui persyaratan dan pilih posisi sesuai kualifikasi yang ada. Kamu tentu memahami posisi pekerjaan yang Kamu inginkan. Salah satunya misalnya, Kamu diharuskan untuk bisa mengemudikan kendaraan roda empat jika melamar sebagai staf bagian driver gudang. Posisi ini biasanya mengantarkan produk atau barang Alfamart dari bagian gudang menuju toko cabang tertentu.

Jadi, jangan sampai Kamu melamar pekerjaan pada posisi tersebut namun Kamu masih belum mempunyai kemampuan menjalankan pekerjaan ini.

2. Identifikasi dan Cari Posisi yang Telah Ditawarkan

Beberapa lowongan pekerjaan biasanya menyediakan posisi pekerjaan yang sesuai kemampuan maupun sebalinya. Oleh karena itu, identifikasi posisi yang tersedia di Alfamart. Waralaba ini biasanya menawarkan posisi-posisi seperti bagian pergudangan, pramuniaga dan kasir. Tapi Kamu tak perlu berkecil hati, karena Alfamart bisanya sering menyediakan lowongan pekerjaan yang lainnya.

3. Cari Lowongan Pekerjaan di Website Alfamart

Kamu juga tak perlu repot-repot mencari lowongan pekerjaan Alfamart, langsung saja akses situs Alfamart untuk mendapatkan informasi lowongan kerja secara langsung. Kamu bisa mengakses htttp://recruitment.alfamartku.com/. Situs web ini menawarkan berbagai macam lowongan kerja melalui posisi yang sangat beragam. Selain itu, Kamu juga bisa mencarinya langsung di web browser yang biasa Kamu pakai.

  • Silahkan buka browser internet, bisa memakai Mozilla Firefox maupun Google Chrome. Kemudian tuliskan pada kolom pencarian “Lowongan kerja di Alfamart”.
  • Setelah diketikkan silahkan tekan search dan Kamu akan ditampilkan berbagai hasil pencarian tentang lowongan pekerjaan di Alfamart yang ada di berbagai wilayah. Selanjutnya Kamu akan diarahkan menuju halaman selanjutnya.
  • Jika sudah, Kamu bisa mengarahkan kursor ke bagian bawah lalu klik beberapa website yang menawarkan lowongan kerja di Alfamart.
  • Silahkan identifikasi lowongan pekerjaan dan klik website, biasanya Kamu akan diarahkan menuju halaman perusahaan Alfamart.
Terkait:  Cara Kirim Uang Lewat Alfamart

Tata Cara Melamar Pekerjaan di Alfamart via Offline

Cara melamar kerja di Alfamart pertama yang bisa Kamu lakukan ialah secara offline. Dalam hal ini, Kamu harus mengantarkan berkas persyaratan langsung ke alamat kantor Alfamart. Selain itu, bisa juga dengan mengirimkannya lewat kantor pos.

1. Persiapkan Berkas Lamaran dan Persyaratannya

Ada beberapa berkas lamaran pekerjaan yang harus dipersiapkan pelamar ialah sebagai berikut :

  • Mempersiapkan surat lamaran pekerjaan.
  • Menyertakan CV atau Daftar Riwayat Hidup.
  • Melengkapi pas foto terbaru 3×4 dan 4×6 sebanyak tiga lembar.
  • Melampirkan fotokopi SKCK.
  • Fotokopi KTP.
  • Menyertakan fotokopi kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja.
  • Melengkapi transkrip nilai dan ijazah yang sudah difotokopi.
  • Surat Keterangan Sehat .

2. Persyaratan Fisik Pelamar

Selain persyaratan berkas atau administrasi, Kamu juga harus melengkapi persyaratan fisik. Di bawah ini ada beberapa persyaratan fisik pelamar yang biasanya ditentukan pihak Alfamart :

  • Berbadan sehat.
  • Wanita atau Pria.
  • Tidak bertindik atau bertato.
  • Boleh berkacamata.
  • Maksimal berusia 25 tahun, berlaku bagi lulusan SMK dan sederajat.
  • Minimal berusia 18 tahun.
  • Minimal lulusan SMA dan sederajat.

Jika sudah mempersiapkan persyaratan dengan lengkap. Kamu harus mengirimkan dokumen atau berkas lewat kantor pos langsung ke alamat kantor Alfamart. Namun jika kantor Alfamart yang menyediakan lowongan jaraknya tak jauh dari rumah, Kamu bisa langsung mengantarkannya ke kantor Alfamart.

Tata Cara Melamar Pekerjaan di Alfamart via Online

Selain cara melamar kerja di Alfamart via offline, Kamu juga bisa mencoba melamar kerja secara online di Alfamart. Kamu bisa melakukan pendaftaran untuk bekerja di Alfamart lewat situs web https://recruitment.alfamartku.com/ dan kamu bisa menemukannya di berbagai jaringan. Apabila Kamu masih kebingungan tentang cara mendaftar pekerjaan di Alfamart online, ini dia penjelasannya :

Terkait:  Cara Belanja di Alfacart

1. Buka Website Recruitment Alfamartku

Cara pertama, silahkan buka website recruitment Alfamartku di atas dan Kamu akan disuguhkan tampilan untuk mengisi form yang tersedia. Silahkan isi seluruh data yang tersedia.

2. Klik Submit Untuk Penyimpanan Data

Cara melamar kerja di Alfamart online berikutnya, di akhir laman sesudah mengisi form lengkap, Kamu tinggal ketuk tombol submit. Dimana tombol tersebut berguna agar semua data yang sudah diisi disimpan.

3. Isi Riwayat Pendiidkan dan Pengalaman

Selain data-data tentang pelamar, Kamu juga bisa mengisi riwayat pendidikan, pengalaman, keterampilan, form pernyataan, sosial media, kelengkapan berkas, serta data keluarga hingga riwayat penyakit.

  • Riwayat pendidikan ialah pendidikan yang sudah pernah Kamu jalani. Dari pendidikan SD sampai pendidikan terakhir. Akan tetapi jika Kamu menjalani pendidikan home schooling, silahkan tulis di keterangan.
  • Untuk keterampilan di sini ialah keahlian atau keterampilan yang Kamu miliki, misalnya saja bisa memakai Ms. Office maupun beberapa software yang lainnya.
  • Kamu bisa menulis pengalaman, jika Kamu sebelumnya sudah memiliki pengalaman kerja. Akan tetapi, jika baru lulus bisa menuliskannya di keterangan.
  • Data keluarga diisi dengan data keluarga sesuai kartu keluarga. Sementara penyakit Kamu bisa mengisinya dengan riwayat penyakitmu sebelumnya.
  • Bagian form pernyataan ini dalah kerjasama yang dilakukan antar pihak Alfamart dan pegawai, pihak Alfamart biasanya meminta pernyataan secara khusus apabila Kamu diterima kerja.
  • Kamu bisa mengakses kelengkapan berkas, dengan melakukna scan dokumen persyaratan administrasi dan mengunggahnya.
  • Untuk sosial media, isi saja platform sosmed yang Kamu miliki.

Nah, itulah beberapa panduan cara melamar kerja di Alfamart baik secara offline maupun online yang bisa Kamu pilih. Semoga  bermanfaat!

Related posts