Cara Jadi Host di Google Meet

Bagaimana cara jadi Google Host di Google Meet? Seiring dengan meningkatnya penggunaan aplikasi meeting online membuat semua aktivitas kantor maupun sekolah kini bisa dilakukan secara online dengan mudah dan praktis. Kamu mungkin sudah familiar dengan yang namanya zoom meeting, karena kehadirannya inilah banyak membantu para pengguna untuk melakukan rapat daring. Walaupun aplikasi meeting tak hanya Zoom, Kamu juga mungkin sudah mengenal beberapa aplikasi lainnya seperti Webex, Google Meet dan aplikasi serupa lainnya.

Setiap aplikasi Zoom Meeting umumnya diperlukan minimal 1 orang host, dimana host ini bertugas untuk memandu jalannya rapat virtual tersebut. Jika Kamu pengguna zoom, Kamu mungkin sudah familiar dengan host di aplikasi Zoom Meeting, berbeda dengan cara jadi host di Google Meet yang tidak banyak orang tahu. Namun jika Kamu yang baru sama sekali menggunakan Google Meet, harus tahu dulu cara gunakan Google Meet!

Read More

Mengenal Aplikasi Google Meet

Aplikasi Google Meet saat ini dapat dijadikan sebagai solusi terbaik. Ada berbagai macam fitur yang ditawarkan Google lewat aplikasi Google Meet, sehingga memberikan kemudahan untuk para penggunanya. Kamu juga dapat langsung masuk ke aplikasi Google Meet jika sudah mempunyai akun di platform Google. Ini tentu menjadi keunggulan tersendiri jika dibandingkan memakai aplikasi meeting online lainnya.

Aplikasi Google Meet merupakan aplikasi yang digunakan untuk rapat atau konferensi virtual. Baik lewat audio maupun video online. Aplikasi ini juga langsung dibuat oleh Google. Google Meet sebenarnya termasuk bentuk aplikasi lain dari layanan Google Hangouts yang dibuat untuk berbisnis. Jika memakai aplikasi ini, para pengguna dapat melakukan panggilan hingga ke 30 pengguna lebih.

Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai alternatif bagi yang ingin melakukan konferensi percakapan dan meeting online. Selain itu, aplikais ini bisa diakses lewat smartphone atau perangkat komputer. Sementara perangkat yang didukung ialah Mac, Windows, Android, dan iOS.

Cara Jadi Host di Google Meet

Cara Jadi Host di Google Meet
Menjadi Host di Google Meet

Menjadi Host di Google Meet

Host dalam Google Meet adalah pemimpin jalannya sebuah rapat. Di samping itu, host kerap dihubungkan sebagai pengguna aplikasi Google Meet, dimana tugasnya nanti akan mempresentasikan sebuah materi, misalnya laporan keuangan di perusahaan, melakukan pelatihan karyawan baru dan presentasi tugas yang dilakukan oleh siswa ke pengajar dan temannya. Adapun cara jadi host di Google Meet sendiri terbagi menjadi 2 bagian, yaitu melalui PC dan melalui Smartphone.

1. Cara Menjadi Host di Google Meet Melalui PC

Cara menjadi host di Google Meet yang pertama bisa dilakukan melalui PC atau perangkat laptop. Untuk menjadi host di Google Meet ini sebenarnya sangat mudah, tapi perlu diketahui jika peran host di sebuah meeting online App penting sekali dalam memandu jalannya sebuah acara.

Ini dia panduan cara jadi host di Google Meet melalui PC :

  • Pertama-tama, silahkan langsung buka Google Meet di perangkat laptop atau PC.
  • Setelah itu, tekan Join atau Start Meeting.
  • Kemudian tentukan judul rapat atau meeting pada aplikasi Google Meet.
  • Lalu tekan “Continue”.
  • Jika sudah, setelah itu tekan “Join Now”.
  • Lalu tekan “Add People” di menu popup.
  • Selanjutnya inputkan nama email atau pengguna untuk menjadi anggota meetig.
  • Cara jadi host di Google Meet selanjutnya, peserta yang kamu undang nantinya akan bergabung di room meeting.
  • Lakukan tugasmu sebagai host, dengan melakukan sharing atau mempersilahkan screen.
  • Selamat, cara menjadi host di Google Meet selesai.

2. Cara Menjadi Host di Google Meet Melalui Smartphone

Cara jadi host di Google Meet kedua ialah melalui smartphone. Sebenarnya caranya tak terlalu ribet, Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka Google Meet di perangkat smartphone-mu.
  • Setelah itu, tekan “tap new meeting”.
  • Langkah berikutnya, tinggal bagikan link ruang konferensi online tersebut ke teman via telegram atau WhatsApp.
  • Setelah itu, lakukan tugasmu menjadi host.

Itulah tahapan cara menjadi host di Google Meet yang bisa Kamu coba baik via Smartphone maupun via PC yang bisa dipilih menyesuaikan kebutuhan.

Kelebihan Memakai Aplikasi Google Meet

Setelah mengetahui cara jadi host di Google Meet, sebagian dari Kamu mungkin penasaran dengan keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi Google Meet itu sendiri. Nah, ada beberapa alasan kenapa aplikasi Google Meet dipilih, berikut ini :

1. Dapat Diakses Gratis

Aplikasi video konferensi ini bersifat gratis, jadi dapat digunakan oleh siapapun. Namun untuk beberapa layanan atau fitur tertentu memang ada yang masih berbayar.

2. Menawarkan Fitur White Board

Mengingat semakin seringnya aktivitas belajar mengajar online, tentu saja membuat aplikasi Google Meet menawarkan fitur White Board. Dimana fitur yang satu ini dapat mempermudah para dosen dan guru dalam menerangkan materi supaya sensasinya sama seperti saat menyampaikan materi di kelas.

3. Memberikan Tampilan HD

Ketika melakukan kelas atau rapat onlline tentu saja kita menginginkan tampilan setiap peserta terlihat jernih. Dengan aplikasi Google Meet Kamu bisa mewujudkannya karena format yang disajikan sudah format HD.

4. Pemakaiannya Lebih Mudah

Google Meet juga menawarkan kemudahan dalam mengakses keseluruhan fitur yang ada di dalamnya. Mulai dari proses instalasi hingga membuka video guna kebutuhan meeting secara virtual menjadi lebih mudah.

5. Enkripsi Video

Melalui fitur enkripsi video ini, Kamu menjadi sangat diuntungkan terutama dari segi keamanan. Praktisnya, Google Meet telah memberikan komitmen untuk para penggunanya supaya aktivitas video konferensi tetap terjaga kerahasiaannya. Jadi tidak akan sampai jatuh ke orang atua pihak tak bertanggung jawab.

Kekurangan Memakai Aplikasi Google Meet

Walaupun menawarkan sejumlah keunggulan, tapi tetap saja Google Meet memiliki sejumlah kekurangan. Ada beberapa kekurangan atau kelemahan yang harus dipertimbangkan sebelum Kamu memakainya, berikut :

1. Tidak Menyediakan Fitur Hemat Data

Google Meet memang masih belum menawarkan layanan hemat data, jadi ketika menggunakan aplikasi ini kemungkinan paket data menjadi lebih boros. Hal ini tentu saja memerlukan dukungan data internet yang kuat saat memakainya.

2. Kebanyakan Menawarkan Fitur Berbayar

Google menghadirkan Google Meet dengan banyak fitur yang bisa dimanfaatkan penggunanya, namun tak semua fitur dapat dinikmati secara gratis oleh penggunanya. Maka dari itu, diperlukan tambahan modal agar dapat mengakses lebih banyak fitur yang mungkin dibutuhkan.

3. Memerlukan Jaringan Internet Stabil

Google Meet pada dasarnya mirip seperti aplikasi sejenis, yaitu memerlukan koneksi internet stabil. Sementara jika jaringan interetnya tidak stabil atau naik turun, beberapa fiturnya menjadi sulit diakses.

Jika Kamu sudah mengetahui kekurangan dan kelebihan google meet, tentu harus bisa memastikan agar Kamu lebih bijak memilih aplikasi yang terpasang di perangkatmu. Silahkan lakukan analisa sebelum menginstal aplikasi, tak terkecuali aplikasi Google Meet. Selain itu, perhatikan pula berbagai macam aspeknya khususnya untuk aspek keamanan. Selalu waspada sebab data pribadi yang Kamu miliki bisa saja terakses.

Oke, itulah penjelasan lengkap tentang cara jadi host di Google Meet dan kelebihan kekurangan memakai aplikasi Google Meet untuk konferensi atau meeting online. Semoga bermanfaat!

Cek Juga:

Related posts