Cara Jadi Mitra Go Food

  • Whatsapp

Bagaimana cara jadi mitra GoFood? Seiring kemajuan teknologi, tentu saja semakin mempermudah segalanya. Akan tetapi, jika Kamu masih berjualan hanya mengandalkan lokasi usaha yang strategis, rasanya memang kurang pas. Karena peraingan dalam usaha kuliner saat ini semakin meningkat.

Kehadiran Grab Food dan Go Food seakan menghilangkan batasan antara pelanggan dengan toko. Para konsumen dapat memesan sekaligus menikmati hidangan favorit mereka tanpa antrian lama yang menjemukan. Hal ini sudah jelas bisa berpotensi untuk meningkatkan penjualan.

Cara Jadi Mitra Go Food

Cara Jadi Mitra Go Food
Menjadi Mitra Go Food

Syarat Menjadi Mitra Go Food

Menjadi mitra Go Food merupakan salah satu opsi yang tepat dalam mengembangkan potensi bisnis yang dimiliki baik oleh perorangana taupun perusahaan. Walaupun demikian, layanan gojek yang satu ini mempunyai banyak persyaratan untuk mitra berikut cara pendaftarannya.

Jika ingin mencoba jadi mitra Go Food ada berbagai macam persyaratan cara jadi mitra Go Food perseorangan berikut :

  • Pemilik bisnis mempunyai kartu identitas berbentuk KTP dan paspor.
  • Bisnis memiliki informasi lengkap.
  • Pemilik bisnis mempunyai informasi akun rekening bank.
  • Pemilik bisnis mempunyai NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Sementara untuk bisnis berbentuk badan hukum, persyaratannya adalah sebagai berikut :

  • Pemilik bisnis mempunyai KTP dan Paspor.
  • Melengkapi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).
  • Menyertakan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).
  • Mempunyai tabungan perusahaan.
  • Menampilkan informasi lengkap tentang bisnis yang dijalankan.

Menjadi Mitra Go Food Mudah

Go Food adalah fitur yang ditawarkan Gojek secara khusus guna membantu penggunanya untuk membeli dan mencari berbagai macam produk kuliner yang ada di sekitar mereka. Dengan layanan Go Food inilah para penggunanya dapat memilih makanan atau kuliner kesukaan mereka dengan leluasa.

Terkait:  Cara Jadi Tiktokers

Inilah yang membuat Go Food selalu dicari oleh masyarakat dan terbukti dengan banyaknya pengguna Go Food hanya untuk bisa menikmati pemesanan kuliner dengan mudah. Berikut ini ada beberapa cara jadi mitra Go Food yang wajib Kamu lakukan diantaranya :

1. Mempersiapkan Semua Data yang Diperlukan

Sebelum Kamu mendaftar menjadi mitra Go Food, persiapkan terlebih dulu data-data yang akan diperlukan ketika registrasi. Ada beberapa data tertentu yang perlu dipersiapkan, seperti :

  • Data mengenai pemilik kuliner berupa NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama, alamat dan tanggal lahir.
  • Akun rekening bank, yang meliputi nama rekening bank yang dipakai, nomor rekening dan nama pemilik.
  • Informasi mengenai outlet kuliner yang Kamu jalankan, termasuk foto toko/outlet, alamat usaha dan patokan yang ada di sekitar outlet agar memudahkan pencarian.
  • Data usaha secara rinci, meliputi nama usahamu beserta NPWP.

2. Mendownload Aplikasi GoBiz dan Registrasi

Cara jadi mitra Go Food berikutnya ialah harus mengunduh atau mendownload aplikasi Go Biz terlebih dahulu. Kamu dapat mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store menggunakan Hp android.

Sesudah proses download selesai, silahkan lakuka registrasi dengan mengisi data yang tersedia pada formulir. Kamu harus melakukan pengisian formulir pendaftaran berdasarkan data-data tertentu yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Adapun hal yang perlu diperhatikan ketika meminta pengambilan foto ialah menyesuaikan posisi saat pengambilan foto sesuai petunjuk/instruksi yang telah diberikan dalam aplikasi. Apabila pengambilan foto tersebut tidak sesuai dan kurang tepat. Kamu pun akan diminta mengulanginya kembali.

3. Harus Mengikuti Seluruh Instruksi Dengan Benar

Cara menjadi mitra Go Food berikutnya ialah penting sekali untuk memahami seluruh perintah pengisian data supaya proses pendaftaran berjalan lancar. Misalnya saja, ketika Kamu diminta melakukan pengisian data akun rekening bank, maka pastikan nama pemilik akun rekening bank tersebut sesuai nama pemilik bisnis. Jika terdapat perbedaan misalnya, Kamu harus mengupload data pendukung lainnya, berbentuk buku tabungan atau rekening koran.

Terkait:  Cara Jadi Member Super Indo

Silahkan mengikuti instruksi yang diminta gojek mengenai cara pengambilan foto outlet maupun lokasi bisnis dari luar. Nama outlet dan foto lokasi dari luar harus tampak jelas. Apabila lokasi bisnismu merupakan rumah sendiri, sebaiknya ambil foto hunianmu di bagian depan dan nama bisnismu.

4. Pilih Mana Layanan yang Ingin Diaktifkan

Cara menjadi member Go Food berikutnya ialah pilih jenis jasa/layanan yang ingin diaktifkan untuk bisnis kulinermu. Gojek biasanya menyediakan layanan-layanan yang dapat diaktifkan, diantaranya seperti POS, Go Food, dan Go Pay.

Dalam hal ini Go Food akan berpera sebagai outlet kuliner online-mu, sementara GoPay sendiri sebagai tempat pencairan uang usaha. Sementara POS dapat mempermudah pencatatan transaksi. Silahkan pelajari secara seksama kekurangan dan kelebihan tiap-tiap layanan tersebut sebelum Kamu mengaktifkannya.

5. Menunggu Proses Verifikasi

Jika sudah mengisi seluruh informasi yang diperlukan, proses registrasi cara jadi mitra Go Food akan dimintai verifikasi terlebih dulu. Perlu waktu selama 2 hari kerja kurang lebih untuk mengetahui proses pengajuan outletmu apakah diterima ataukah ditolak, atau bahkan ada perbaikan.

6. Mengaktifkan Layanan

Cara menjadi mitra Go Food berikutnya ialah Kamu harus mengaktifkan layanan. Biasanya layanan GoPay akan memerlukan waktu selama 7 hari kerja, sementara layanan POS sendiri secara otomatis akan aktif apabila pendaftaran diterima.

Sementara untuk mengaktifkan Go Food, Kamu perlu memasukkan berbagai informasi tentang outlet bisnismu. Seperti profil outlet, list harga, list menu, jam operasional outlet, dan foto menu.

7. Tinggal Menanti Kunjungan dari Partner Driver

Jika semua proses registrasi cara jadi mitra Go Food untuk usaha kuliner sudah selesai dilakukan, Kamu akan menerima informasi kunjungan driver Gojek untuk mengecek outlet.

Terkait:  Cara Jadi Pilot

Kamu harus ingat bahwa selama kunjungan mitra Kamu tak perlu memberikan informasi atau data apapun ke pihak petugas, dan tak perlu membayar apapun. Seluruh proses pendaftaran di aplikasi GoFood dilakukan secara gratis tanpa pungutan biaya.

Sementara jika pengajuanmu ditolak, sebaiknya cek lagi seluruh data yang Kamu masukkan, biasanya kemungkinan ada beberapa data atau informasi yang kurang tepat.

Pajak Restoran Mitra Go Food

Walaupun registrasi mitra Go Food sendiri terbilang cukup mudah, tapi ada banyak detail saat registrasi yang tidak boleh dilewatkan. Dimana salah satunya ialah pembebanan pajak.

Pada seluruh lini registrasi, Kamu akan diinta memilih apakah jumlah pajak dibebankan ke pihak konsumen berikut tambahan harga menu makanan atau ditanggung pihak restoran. Dimana beberapa pajak biasanya akan timbul pada Go Food, seperti berikut :

  • Harga tanpa pajak, artinya harga yang ditetapkan tanpa pengurangan dan penambahan pajak.
  • Harga termasuk pajak/insclusive, yaitu harga akan dikenakan pajak sebesar 10%. Misalnya jika harga makanan X Rp. 15.000, maka dipotong pajak 10% jadi Rp. 13.500. Sehingga ketika pembeli melakukan order secara otomatis harga yang ditetapkan sudah termasuk pajak Rp. 15.000.
  • Harga tak termasuk pajak atau exclusive, dimana harga makanan biasanya akan ditambahkan pajak yang akan diberlakukan oleh restoran.
  • Service fee, dimana harga yang ditetapkan dibagi dengan jumlah biaya service biasanya ditentukan restoran jika dikenakan biaya ketika pembelian makanan.

Itulah beberapa cara jadi mitra Go Food yang harus dilalui jika ingin mendaftar sebagai mitra Go Food untuk menambah penghasilan toko kulinermu.

 

Related posts