Cara Cek Sensor Samsung

Pecinta hp Samsung, wajib banget tahu nih. Bagaimana cara cek sensor Samsung. Apalagi di handphone kalian sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint atau pendeteksi wajah, atau NFC. Nah tapi apakah hanya sebatas itu saja? Ternyata tidak. Pada dasarnya, sensor yang terpasang di merk satu ini terdiri dari 6 macam. Masing-masing memiliki fungsi dan kinerja berbeda.

Sensornya sendiri, diantaranya ada Ambient Light, Magnet Sensor, Fingerprint, Temperature Sensor, Sound, Accelerometer, Proximity, serta Gryoscope. Karena masih sama-sama awam, tidak mungkin kan kalian membongkar bagian dalam dari hp tersebut. Bukannya hilang rasa penasarannya, malah jadi rusak hpnya nanti. Mending, kamu ambil jalur yang aman saja deh…

Read More

Pengecekan terhadap bagian sensor pada ponsel ini, sebenarnya termasuk salah satu hal yang penting. Sebab, apabila tidak bekerja sebagaimana mestinya. Otomatis semua fitur yang ada di hp kehilangan fungsinya. Contoh, buka kunci tidak bisa pakai model fingerprint, atau bisa saja sampai tidak dapat memberikan arahan yang tepat saat GPS sedang diaktifkan. Rugi kan.

Cara Cek Sensor Samsung 

Cara Cek Sensor Samsung
Cara Cek Sensor Samsung

Cara Cek Sensor Samsung A11

Kebanyakan cara pengecekan terhadap sensor yang terpasang di dalam hp akan sangat kamu butuhkan kalau membeli perangkat bekas. Kalau baru dan belinya di toko resmi Samsung, ya sudah pasti semuanya aman. Kecuali, belinya di black market. Sudah pasti harus coba kalian cek terlebih dahulu. Sebelum kita bahas caranya, ada baiknya kenalan dengan fungsi sensor.

Cara cek sensor Samsung A11, berlaku juga untuk semua jenis hp keluaran Samsung yang ada di pasaran elektronik. Penasaran dengan masing-masing fungsi dari 6 sensor yang telah disebutkan sebelumnya? Berikut hasil kutipan dari ww2.mathworks.cn. Ini dia penjelasan selengkapnya:

  1. Ambient Light: Berfungsi sebagai sensor yang dapat bekerja secara automatic untuk sesuaikan sorotan dari cahaya layar dengan kodisi yang ada di sekitarnya. Contoh, ketika di luar sangat terang alat ini akan membantu mengatur tingkat kecerahan pada layar hp. Sehingga, pengguna dapat melihat handphone tanpa terganggu oleh sinar.
  2. Magnet Sensor: Mampu menyesuaikan akan kehadiran dari magnet. Paling umum alat tersebut dipakai untuk kebutuhan dasar dari kompas
  3. Fingerprint: Fitur yang sering ditemukan di berbagai hp keluaran jenis terbaru satu ini, umumnya dipasang pada bagian belakang badan hp, saling berintegrasi dengan layar di posisi depan, atau samping body handphone. Dimana, fungsi dari keberadaannya digunakan dalam sistem keamanan atau kunci perangkat atau proteksi akun.
  4. Temperature Sensor: Umumnya, sensor satu ini terpasang di hp Samsung memiliki 2 kondisi. Pertama, ada yang berfungsi sebagai alat pengukur suhu pada komponen perangkat. Kemudian yang kedua digunakan ketika perangkat sedang dioperasikan, atau mengukur secara real time
  5. Sound: Sensor Sound berfungsi untuk menyesuaikan rendah tingginya suara yang dikeluarkan oleh hp. Contohnya, kalian dapat mengatur volume ketika terima telepon di keramaian dengan volume yang tinggi. Begitupun sebaliknya
  6. Accelerometer: Dukungan untuk Magnet Sensor. Dimana, fungsinya yaitu sebagai alat deteksi dari percepatan suatu gravitasi yang ada di bumi. Peran utamnya, yakni saat kompas sedang beroperasi serta GPS di hp dalam posisi “ON”
  7. Proximity: Paling terlihat fungsinya karena pengguna pasti sering menatap layar hp. Ya, sensor inilah yang membuat layar dapat meredup atau menyala sesuai kebutuhan. Misalnya, kalian sedang tidak gunakan. Maka, otomatis layar akan redup atau mode sleep.
  8. Gryocope: Alat satu ini, paling diperhatikan oleh para pemain games. Pasalnya, fungsi dari sensor tersebut sangat berguna untuk deteksi posisi dari sebuah hp. Contoh, kalian ingin membedakan arah bagian atas, samping, bawah, dan lainnya. Nah, disinilah sensor akan bekerja. Terutama, ketika kamu sedang memaikan permainan seperti PUBG.
Terkait:  Cara Mengetahui ID Pelanggan PDAM

Cara Cek Sensor Samsung A20S

Setelah kalian mengetahui fungsi yang terpasang dari masing-masing sensor di hp Samsung. Kali ini, akan dijelaskan cara pengecekan untuk mengetahui apakah sensor dapat bekerja atau tidak pada hp kamu. Diingatkan kembali, cara yang akan dijelaskan bisa dipraktekan di berbagai tipe dari merk Samsung. Langkah-langkahnya mudah, serta alat bantuannya gratis.

Cara cek sensor Samsung A20S, untuk all variant types handphone Samsung. Berikut ada 6 metode yang bisa kalian pilih sesuai keinginan. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini:

1. Metode Dial Up

Keistimewaan yang dimiliki oleh hp Samsung, ternyata tidak hanya apa yang tampak oleh mata dari tampilan luarnya saja. Melainkan, kamu bisa praktekan cara cek sensor Samsung di hp tanpa install aplikasi bantuan terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, mirip ketika kamu akan cek pulsa dari provider kartu selular yang digunakan. Soalnya, pakai kode USSD.

Rahasia kodenya apa? Berikut penjelasan selengkapnya:

  • Buka menu panggilan atau call
  • Ketik kode *#0*#, lalu tekan tombol hijau atau panggil
  • Pilih menu “Sensor” yang terdapat di berbagai macam pilihan menu
  • Tunggu sampai muncul informasi jenis sensor apa saja yang terpasang di hp

2. Manfaatkan Aplikasi CPU-Z

Aplikasi bantuan pertama yang disarankan buat kamu yang ingin mengetahui sensor yang ada di hp Samsung, bisa coba CPU-Z. Tampilan informasi yang tersaji di dalamnya sangat detail. Selain itu, terdapat info spesifikasi handphone juga. Unduh secara gratis di Play Store. Begini caranya:

  • Buka menu Play Store di hp kalian
  • Ketik CPU-Z pada kolom pencarian
  • Pilih tombol install untuk mulai pemasangan aplikasi
  • Masuk ke aplikasi dan pilih opsi menu “Sensor”
  • Tunggu sampai muncul informasi sensor mana saja yang supported dan not supported

3. Download Aplikasi Sensor Box

Mirip dengan aplikasi pada nomor 2, dimana Sensor Box ini digunakan untuk melakukan cek sensor Samsung dengan tampilan yang lebih menarik dan sederhana. Kamu dapat temukan berbagai macam ikon yang mewakili setiap sensornya. Kalian jadi lebih mudah deteksi ketersediaan dari sensor di hp. Berikut langkah selengkapnya:

  • Install aplikasi Sensor Box melalui Play Store
  • Buka menunya dan kamu akan langsung melihat beberapa ikon sensor
  • Pilih sensor mana yang ingin kamu lakukan pemeriksaan
  • Apabila sensor yang terdapat di hp tidak dalam kondisi baik. Secara otomatis akan terlihat perbedaannya melalui tanda silang yang terdapat di setiap ikon sensor tersebut
Terkait:  Cara Menghitung Nilai Intrinsik Saham

4. Coba Pakai Device Info HW

Butuh informasi yang memberitahukan detail spesifikasi dari perangkat disertai sensor yang ada di dalamnya? Coba gunakan Device Info HW. Proses mengunduh tergantung dari kecepatan koneksi yang kalian gunakan. Aplikasinya gratis. Begini cara pengecekannya:

  • Buka aplikasi Device Info HW yang sebelumnya sudah kalian install di hp
  • Di halaman utama, akan terlihat tampilan menu dalam model tabulasi
  • Kamu tinggal geser saja ke menu yang ingin kalian dapatkan informasinya
  • Contoh, General yang akan memberikan berbagai macam info terkait spesifikasi hp secara detail

5. Aplikasi AIDA 64

Perangkat lunak satu ini, paling sering disebut di berbagai kesempatan untuk pengecekan hp. Apalagi, kalau kalian bisa mendapatkannya secara gratis. Fitur yang ditawarkan oleh apps ini terbilang lengkap. Simak penjelasannya:

  • Di halaman utama, akan terlihat beberapa tampilan menu untuk lakukan pengecekan menyeluruh pada hp android
  • Karena kita ingin mengetahui sensor, makanya pilih menu “Sensors” yang terdapat di antara menu Thermal dan Apps
  • Perhatikan informasi yang ditampilkan

6. Aplikasi Physics Toolbox Sensor Suite

Alat kali ini memberikan berbagai macam informasi yang terekam di hp, layar, hingga bisa kamu gunakan juga untuk export data dari internal sensor yang terpasang di hp. Kemampuan sensor, presisi, hingga tingkat akurasinya bisa kalian cek di Physics Toolbox Sensor Suite. Berikut penjelasannya:

  • Buka aplikasi Physics Toolbox Sensor Suite
  • Pilih g-Force Meter sebagai contoh
  • Nanti akan muncul pilihan di bagian bawahnya untuk menampilkan dalam mode Chart, Multi, atau Vector
  • Sumbu X merupakan analisis g-Force, sedangkan sumbu Y adalah Time (s)

Sekian pembahasan mengenai cara cek sensor Samsung di kesempatan kali ini. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. See you on the next topics. Selamat beraktivitas dan sampai jumpa. Bye!

Related posts