Cara Cek Paket Smartfren

Jika dulu yang kita tahu tentang Smartfren adalah sebagai operator seluler jaringan CDMA. Akan tetapi, kini Smartfren telah menanggalkan jaringan CDMA sejak tahun 2017 dan mulai beralih pada layanan jaringan GSM. Bahkan kini Smartfren telah menghadirkan jaringan 4G LTE Adavanced yang mengaplikasikan teknologi Frequency Division dan Time Division Duplex pada pita 850 Mhz dan 2300 Mhz. Bahkan tak tanggung-tanggung Smartfren ikut meluncurkna kartu 4G GSM dengan kuota 15GB. Tapi, pertanyaannya bagaimana sih cara cek paket Smartfren sendiri?

Pertanyaan itu mungkin berlaku bagi Kamu pengguna baru yang ingin mengecek paket internet Smartfren yang digunakan.

Entah itu karena lupa, atau ingin memastikan kembali. Selanjutnya Kamu tinggal memastikan untuk memilih paket internet lainnya yang bisa diandalkan, jika kuota paket pertamamu sudah habis.

Sebagai salah satu provider telekomunikasi seluler yang cukup besar di tanah air, sudah tentu Smartfren menyediakan berbagai macam pilihan paket internet.

Salah satu keunggulan provider ini dibandingkan yang lainnya ialah, Smartfren menawarkan tarif paket internet yang cukup terjangkau. Sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Akan tetapi, terkadang karena kita sudah lama menggunakan paket tertentu dan ingin mencoba paket terbaru, tentu saja kita harus cek terlebih dahulu paket yang kita miliki.

Jika sudah, tinggal Kamu memutuskan untuk menunggu kuota habis terlebih dahulu atau langsung mengganti paket internetmu dengan yang baru. Nah, untuk cara cek paket Smartfren yang Kamu miliki saat ini sebenarnya sangat mudah.

Cara Cek Paket Smartfren

Cara Cek Paket Smartfren
Mengecek Paket Smartfren

Mengecek Paket Smartfren Tanpa Aplikasi

Sebagai pengguna Smartfren, Kamu tentu saja harus mengetahui cara cek paket Smarfren yang Kamu gunakan sendiri. Sebab jika tidak tahu akan sangat merepotkan, bisa saja paket internetmu tiba-tiba habis tanpa Kamu sadari jadi Kamu pun tidak bisa beraktivitas atau berselancar lagi di media sosial atau yang lainnya.

Lain halnya jika Kamu sudah mengetahui cara mengecek paket Smartfren, maka Kamu pun bisa mengetahui kapan kuotamu habis. Tentu saja, Kamu juga harus mengetahui cara cek data Smartfren sebelumnya. Sehingga Kamu pun bisa mengisi kuota tersebut kembali atau bisa juga mengganti paket internet lainnya.

Bagaimana, sudah penasaran dengan cara cek paket Smartfren? cara yang akan dibagikan di bawah ini ialah pengecekan paket Smartfren secara offline tanpa aplikasi terlebih dahulu, ini dia ulasannya!

1. Cek Paket Smartfren Melalui SMS

Cara mengecek paket Smartfren pertama ialah melalui SMS. Tentu saja cara ini bisa menjadi solusi praktis dan sangat mudah. Hal yang perlu Kamu ketahui untuk menggunakan cara ini ialah format yang dipakai.

Silahkan masuk ke aplikasi SMS atau perpesanan di Hp kesayanganmu, kemudian ketikkan format : “CEK” dan kirimkan langsung ke nomor 995. Kamu bisa tunggu selama beberapa waktu, sampai Kamu menerima balasan SMS dari kartu Smartfren yang memberitahukan paket internet yang Kamu miliki.

Pengecekan paket Smartfren melalui SMS juga tidak berbayar alias gratis lhocek . Jadi, Kamu tidak perlu lagi khawatir pulsamu terpotong.

2. Cek Paket Smartfren Melalui Kode Dial

Cara cek paket Smartfren offline lainnya ialah dengan memakai kode dial up atau USSD ke nomor *995#. Cukup buka aplikasi panggilan telepon atau dial phone, Kamudian silahkan tekan *995# di Hpmu lalu tekan call/ok/yes.

Nah, selanjutnya akan terlihat menu pop up yang menampilkan informasi tentang jenis paket internet yang Kamu pakai, masa aktif paket hingga sisa kuotamu.

Kini Kamu sudah paham kan bagaimana cek paket Smartfren mudah tanpa memakai aplikasi? Ya, cukup dengan memanfaatkan layanan dial phone dan SMS saja.

Mengecek Paket Smartfren Dengan Aplikasi dan Web

Cara mengecek paket Smartfren selanjutnya ialah secara online, baik itu menggunakan cara aplikasi atau dengan mengunjungi web resmi Smartfren. Kamu bisa memilih mana yang terbaik diantara kedua metode di bawah ini :

1. Cek Paket Smartfren Via Aplikasi My Smartfren

Mengecek paket Smartfren secara online yang pertama ialah dengan menggunakan aplikasi My Smartfren. Untuk menggunakan metode ini, Kamu harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu secara gratis, baik itu di Google Play Store bagi pengguna android maupun App Store bagi pengguna iPhone.

Cara pertama, jika aplikasi My Smartfren terpasang di ponselmu, langsung saja login ke aplikasi menggunakan nomor Smartfren yang akan dicek.

Tapi, nomor tersebut terlebih dahulu harus didaftarkan dengan mengikuti perintah yang tersaji. Jika sudah, Kamu bisa sukses login ke aplikasi dan untuk mengecek paket internet Smartfren yang dimiliki cukup pilih “Paket Saya.

Setelah itu, aplikasi My Smartfren pun akan langsung memberikan informasi tentang jenis paket yang Kamu miliki, berikut paket internet, masa aktif hingga sisa kuota.

2. Cek Paket Smartfren Melalui Website Resmi Smartfren

Metode terakhir yang diguankan untuk melihat paket internet yang Kamu gunakan di kartu Smartfren ialah dengan membuka website Smartfren itu sendiri.

Gunakan web browser untuk mengetikkan link web Smartfren di https://smartfren.com. Selanjutnya, Kamu akan langsung terhubung oleh Customer Service Smartfren melalui fitur live chat. Kamu cukup menanyakan apa jenis paket internet dan sisa kuota yang Kamu miliki. Selanjutnya pihak Customer Service akan langsung menginfokan jenis paket beserta sisa kuotanya.

Bagaimana, cara ini juga sangat mudah kan?

Mengetahui jenis paket dan sisa kuota internet Smartfren penting sekali agar Kamu bisa mengontrol penggunaan internet untuk berselancar di media sosial ataupun untuk melakukan aktivitas online lainnya.

Ketahui Paket Internet Smartfren Terbaru

Salah satu layanan paket internet yang ditawarkan oleh Smartfren dan baru-baru ini diluncurkan ialah paket unlimited full 4G. Paket yang dikenal dengan istilah “Worry Free” ini juga memungkinkan para pengguna Smartfren lebih leluasa memilih paket kuotai internet tanpa batas.

Selain itu, pembelian paket Smartfren unlimited tersebut dapat dilakukan lewat metode USSD di *123# atau lewat aplikasi My Smartfren. Dengan paket internet tanpa batas, Kamu juga tak perlu takut lagi kehabisan kuota saat sedang menikmati layanan internet.

Ini dia 3 pilihan paket unlimited 4G Smartfren yang bisa dipilih :

1. Paket Unlimited 4G Hanya Rp. 9.000 dengan Masa Aktif 1 Hari

Merupakan paket internet unlimited Smartren yang dapat digunakan seharian penuh. Paket ini memberlakukan ketentuan Fair Usage Policy atau FUP sebesar 1 GB/hari dan jika kuota internet tersebut telah terlampaui, Kamu masih bisa mengakses layanan internet, hanya saja kecepatan aksesnya semakin menurun.

Menariknya lagi, Kamu akan mendapatkan bonus nelpon ke sesama pengguna kartu Smartfren sampai sepuasnya.

2. Paket Unlimited 4G Hanya Rp. 49.000 dengan Masa Aktif 7 Hari

Paket internet ini juga ikut memberlakukan ketentuan kuota FUP sebesar 1 GB per hari dengan bonus nelpon ke sesama pengguna kartu Smartfren.

3. Paket Unlimited 4G Hanya Rp. 149.000 Dengan Masa Aktif 30 Hari

Sama seperti paket yang pertama dan kedua, paket ini juga menawarkan bonus nelpon ke sesama pengguna kartu Smartfren tanpa batas. Sedangkan apabila di bundling dengan pembelian Hp Andromax tarifnya hanya Rp. 99 ribu saja.

Demikian informasi tentang cara cek paket Smartfren dan jenis-jenis paket internet Smartfren yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019