Cara Antrian Online Pajak

Cara Antrian Online Pajak
Cara Antrian Online Pajak

Sebagaimana warga negera resmi suatu negara. Ada satu kewajiban yang dituntut untuk bisa dipenuhi setiap periode waktu tertentu. Hal tersebut, tidak lain adalah pajak. Setiap individu memiliki jumlah pembayaran tax yang berbeda, pastinya. Tergantung dari kepemilikan suatu benda yang ia miliki. Namun, tempat pembayarannya sama. Berikut cara antrian online pajak.

Pembayaran pajak sendiri, dapat kalian laksanakan dengan dua cara. Pertama, dilakukan via online. Lalu, yang kedua dengan langsung mengunjungi kantor pajak terdekat. Akan tetapi, semakin berkembangnya teknologi. Membuat pelaksanaan segala sesuatu jadi semakin cepat. Kalian dapat melakukan kewajiban tersebut dengan bantuan aplikasi. Contoh, tagihan PBB.

Read More

Aplikasi seperti Shopee, DANA, dan sejenisnya sudah memberikan akses kepada para user agar dapat memenuhi tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Semakin untung, karena ada voucher yang bisa ditambahkan untuk mengurangi nominal aslinya. Selain itu, proses yang berlangsung juga cepat, dan pasti aman. Sayangnya, baru satu jenis pajak saja yang tersedia.

Cara Antrian Online Pajak

Cara Antrian Online Pajak
Cara Antrian Online Pajak

Cara Membatalkan Antrian Online Pajak

Pajak dapat diartikan sebagai suatu iuran wajib yang ditanggung oleh suatu badan usaha atau pribadi yang diatur berdasarkan undang-undang. Nantinya, uang tersebut akan dialokasikan untuk kepentingan negara. Termasuk, demi kemakmuran rakyatnya juga. Oleh sebab itu, hati-hati terhadap oknum yang mengklaim dirinya dari kantor pajak. Karena, bisa jadi itu bohong.

Apapun penarikan yang berada di luar wilayah kantor pajak secara langsung, maka bisa saja itu adalah pungutan liar atau pungli. Oleh sebab itu, kalian harus tetap waspada. Makanya, pemerintah telah memberikan akses untuk masyarakat dapat menyelesaikan tagihan melalui sistem online. Diawasi langsung oleh pihak pusat, serta transaksi bisa dilakukan dimana saja.

Cara membatalkan antrian online pajak, buat kalian yang sudah terlanjur mendaftarkan diri dan mendapatkan nomor urut. Sebenarnya, bisa saja dengan mudah dibatalkan dengan tidak datang ke kantor pajak. Otomatis, nama kamu yang sudah terdaftar sebagai peserta antrean akan hangus. Kalau mau berkunjung, bisa lakukan registrasi ulang secara online. Simak disini.

  1. Kunjungi situs resmi pajak di link berikut https://kunjung.pajak.go.id
  2. Langsung pilih opsi “Daftar” yang terdapat di bawah tulisan Disclaimer Informasi
  3. Segera lengkapi identitas data diri kalian di dalam kolom registrasi yang telah tersedia
  4. Isi jawabanmu pada bagian kolom penilaian untuk kesehatan
  5. Klik salah satu kantor tujuan pajak kalian (Direktorat Jenderal Pajak, Kantor Pelayanan, Penyuluhan, Konsultasi Perpajakan, atau lainnya)
  6. Lanjutkan dengan memilih jenis dari layanan yang kalian butuhkan nanti di waktu kunjungan berlangsung. Contoh, bila tujuannya adalah Kanwil DJP, maka kamu akan menemukan opsi “Layanan Perpajakan”. Semua persoalan yang berkaitan dengan pajak dapat terselesaikan disana
  7. Form data sudah diisi dengan lengkap. Berikutnya, kalian dapat langsung screenshoot nomor antrian yang telah dikirimkan melalui email peserta. Supaya, saat di kantor pajak, petugas bisa memindai atau scanning QR Code yang ada sebagai nomor antrian
  8. Pastikan juga kalau kalian datang ke kantor pajak lebih awal 10 menit dari waktu yang telah ditentukan. Jangan lupa untuk membawa KTP sebagai bukti indentitas diri secara fisik
  9. Tunggu sampai urutan nomor antrian kalian dipanggil oleh petugas.

Adapun isi dari Maklumat layanan yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Pajak di laman website resmi pajak. Mulai dari tanggal 1 November tahun 2019, seluruh jajaran petugas dari perpajakan menyatakan atas kesanggupannya dalam menjalankan layanan sesuai standar. Hal ini, berlaku juga untuk pelayanan konsultasi online di program “Ungkap Saja melalui PPS”.

Layanan tersebut, berlaku di beberapa tempat, seperti KDJP, Kanwil DJP, KPP, dan KP2KP. Ini, hanya berlangsung selama periode 1 Januari 2022 sampai dengan 30 Juni tahun 2022. Bisa diakses di website resmi pajak berikut. Gratis biaya konsultasi apabila kalian ungkapkan ketika dilakukan sebelum tanggal 30 Juni. Akan tetapi, hanya dapat direspon saat jam kerja.

Cara Nomor Antrian Pajak Online

Pengecekan tiket yang telah diperoleh, bisa kalian lakukan secara mandiri sebelum datang ke kantor pajak. Caranya, tinggal kalian pilih menu “Cari Tiket” yang terdapat di sebelah kanan dari opsi “Daftar”. Tentunya, diakses melalui situs kunjung.pajak. Lakukan persiapan dini, mulai dari memastikan kesehatan diri sendiri. Kemudian, kelengkapan dokumen juga dibawa.

Cara nomor antrian pajak online, dapat kalian manfaatkan ketika akan berkunjung ke Kanwil DJP atau KPP. Sedangkan kantor lainnya, masih menggunakan cara antrian konvensional. Adapun tempat tujuan yang dimaksud tersebut, diantaranya adalah Kantor Pelayanan, KP2KP, serta Kantor Pusat DJP. Apabila tujuannya yaitu KPP, maka kamu akan temukan service ini:

  • Konsultasi terkait SPT Tahunan
  • Konsultasi mengenai aplikasi seperti e-faktur, e-SPT, e-bupot, dan lainnya
  • Loket TPT atau Tempat Pelayanan Terpadu yang berfungsi sebagai permohonan akan pelayanan di bidang administrasi, penyampaian SPT, sertifikat elektronik, dan soal surat-surat lain
  • Keperluan lain yang berhubungan dengan Layanan NPWP 000, misal fitur validasi terhadap PPhTB, serta layanan yang dapat dilaksanakan di dalam KPP manapun seperti halnya ketika lupa EFIN
  • Jadwal petemuan atau janji temu. Opsi satu ini, diberlakukan kepada para pengunjung yang hendak melakukan pertemuan bersama pegawai tertentu dari kantor pajak. Oleh sebab itu, diharapkan unutk kalian membuat sebuah janji sebelum bertatapan secara langsung. Permohonannya, dapat dilakukan melalui email.telepon, atau whatsapp untuk capai kesepakatan
  • Konsultasi terkait perpajakan yang di dalamnya sudah termasuk dengan konsultasi informasi umum dari pajak, permohonan, dan konsultasi serupa.

Manfaat Bayar Pajak

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat apabila kalian telah patuh untuk melaksanakan kewajiban. Bentuk perwujudan dari alokasi dananya, akan dipakai oleh pemerintah demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan warganya. Ini penjelasan selengkapnya!

  • Digunakan untuk mengatur arus atau laju dari inflasi negara
  • Dmanfaatkan dalam biaya perkembangan terhadap alat transportasi publik
  • Sebagai bahan untuk perlindungan bagi barang-barang yang diproduksi di dalam negeri
  • Stasbilisasi keadaan perekonomian dalam satu negara
  • Anggaran subsidi di sektor pangan serta bahan bakar dari minyak
  • Melakukan kelesarian terhadap lingkungan serta budaya milik negara
  • Biaya pendukung kemajuan kegiatan ekspor
  • Bahan untuk mengaur arus dari pertumbuhan ekonomi di suatu negara
  • Berfungsi sebagai pembiayaan untuk seluruh pengeluaran yang dilakukan oleh negara. Contohnya, keamanan negara, pembangunan berskala nasional, biaya untuk lakukan penegakan hukum, perasional pemerintah, dan lain sebagainya.

Syarat dari Sistem Pengambilan Pajak

Adapun beberapa persyaratan untuk negara dapat melakukan pemungutan biaya pajak kepada warganya, diantaranya sebagai berikut:

  • Pemungutan akan suatu pajak harus berdasarkan dari peraturan UU
  • Pengambilan pajak, tidak boleh sampai mengganggu kondisi dari perekonomian
  • Harus memiliki sifat adil dan efisien
  • Dilaksanakan secara sederahana. Misalnya, biaya PPN yang padamulanya cukup beragam, kini lebih disederhanakan menjadi 10%

Bagaimana, sudah cukup paham kan sekarang? Sekian pembahasan mengenai cara antrian online pajak di kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya. Tetap semagat bagi yang menjalankan ibadah puasa, dan selamat mencoba!

Bye bye…

Related posts