Cara Gunakan Google Meet

Meskipun sudah tak asing lagi, banyak orang yang masih mencari informasi tentang cara gunakan Google Meet. Google Meet merupakan salah satu platform konferensi video dari Google. Jadi fungsinya sama seperti platform zoom meeting. Sehingga jika Kamu tidak menggunakan zoom meeting, tentu bisa memakai platform video converence dari Google ini.

Google sebagai sebuah perusahaan yang selalu fokus terhadap pelayanan produk internet, menawarkan Google Meet sebagai aplikasi meeting secara virtual yang bisa dinikmati para pengguna bisnis. Layanan tersebut telah terintegrasi pada layanan Gsuite. Jadi seharusnya layanan tersebut berbayar. Akan tetapi, untuk platform GSuite for Education sendiri, layanan tersebut sudah berperan sebagai layanan dasar yang bisa dinikmati secara cuma-cuma.

Tentang Aplikasi Google Meet

Untuk lebih jelasnya, aplikasi Google Meet bisa dikatakan sebagai aplikasi berbasis video conference yang dapat dinikmati secara gratis dan bisa dipakai lewat aplikasi smartphone maupun browser. Aplikasi yang awalnya berama Hangouts tersebut menyediakan fitur gratis dan lebih menarik jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Adapun batas waktu untuk melakukan meeting virtual selama 1 jam lamanya dengan kapasitas maksimal sebanyak 100 peserta.

Jika Kamu ingin menikmati layanan meeting virtual dengan kapasitas yang lebih besar, tentu saja Google memberikan pilihan paket beserta harganya menyesuaikan durasi dan kapasitas meeting. Adapun ringkasan dari paket dan harga Google Meet itu sendiri ialah sebagai berikut :

1. Layanan Gratis dari Google

Seluruh pengguna Google bisa menikmati layanan video conference dari Google Meet gratis dengan waktu meeting selama 60 menit sampai 100 peserta.

2. Google Workplace Essentials

Paket ini memungkinkanmu untuk menambahkan durasi rapat virtual selama 300 jam dengan jumlah peserta yang dibatasi sebanyak 150 peserta. Google Workplace Essentials menawarkan fitur untuk menyimpan rekaman meeting secara otomatis ke platform Google Drive yang telah di upgrade hingga 100 GB melalui dukungan layanan dari pelanggan selama 24 jam. Paket berbayar ini ditarif sekitar $8 tiap pengguna untuk setiap bulannya.

3. Google  Workplace Enterprise

Dengan menambahkan waktu meeting sampai 300 jam lamanya dengan jumlah peserta yang dbatasi 250 peserta. Tak hanya menambahkan kapasitas pada Google Drive yang menjadi unliimited. Tetapi paket tersebut juga telah mendukung layanan live streaming hingga ke 100.000 audiens. Kamu juga mendapatkan fitur keamanan data lebih lengkap lainnya dengan layanan pelanggan hingga 24 jam.

Google sendiri telah mengganti nama ke dalam Google Meet pada tahun 2017 lalu. Awalnya, aplikasi ini ditargetkan sebagai platform hangout berbasis bisnis, yang lebih cocok penggunaannya untuk sebuah perusahaan. Namun saat ini Google Meet sudah bisa diakses oleh seluruh pengguna Google, dengan jumlah pengguna yang semakin meningkat setiap harinya.

Cara Mendaftar Layanan Google Meet

Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa layanan Google Meet sendiri terbagi ke dalam layanan pribadi, bisnis, hingga admin Google Workspace. Untuk itu, cara pendaftaran ketiga layanan tersebut tentu saja berbeda. Berikut penjelasannya :

1. Untuk Pemakaian Pribadi

Jika Kamu sebagai pengguna Gmail, Youtube, Google Foto atau produk dari Google lainya, maka Kamu bisa login langsung ke akun Google-mu yang tersedia. Jika masih belum memiliki akun Google , maka silahkan daftar terlebih dahulu.

2. Untuk Pemakaian Bisnis

Sebagai pengguna layanan Google Workspace, Kamu bisa login langsung ke akun yang sudah ada. Apabila Kamu belum mempunyai akun dari Google Workspace, cek paket untuk mengetahui pilihan penggunaan bisnis ini.

3. Untuk Pengguna Admin Google Workspace

Google Meet sendiri memang sudah termasuk ke dalam sistem G Suite For Education dan Google Workspace. Jika Kamu ingin menggunakan aplikasi meet sebagai bagian Google Workspace. Silahkan aktifkan fitur layanan panggilan video perusahaan/organisasi Kalian.

Cara Gunakan Google Meet

Cara Gunakan Google Meet
Menggunakan Google Meet

Menggunakan Google Meet

Google Meet telah mendukung penggunaan melalui laptop atau PC di browser maupun di iOS atau android. Oleh karenanya, dalam cara gunakan Google Meet yang akan dibagikan berikut Kamu bisa memilih memakai perangkat laptop/PC ataukah Hp android :

1. Cara Menggunakan Google Meet di PC/Laptop

Cara menggunakan Google Meet di laptop atau PC sebenarnya sangat mudah, sebab Kamu bisa memakai browser yang telah terpasang di Microsoft Edge, Google Chrome, Firefox, Opera, Safari, maupun yang lainnya.

Berikut langkah cara gunakan Google Meet melalui laptop/PC :

  • Pertama-tama silahkan buka Google Meet di link ini!
  • Silahkan masuk/login menuju akun Google.
  • Setelah itu, pilih opsi “New Meeting” jika ingin memulai untuk video conference yang baru.
  • Inputkan kode atau link meeting jika ingin bergabung ke dalam video conference.
  • Silahkan lakukan settings atau pengaturan mikrofon dan kamera.
  • Selesai.

Sebagai catatan, ketika Kamu memulai untuk meeting baru, maka Kamu akan ditampilkan pada beberapa pilihan untuk melakukan meeting instan, ataupun memperoleh link untuk undangan meeting yang dapat dibagikan ke teman atau rekan meeting.

Tidak hanya itu, cara gunakan Google Meet juga sangat praktis dan mudah. Kamu juga bisa memakai berbagai pilihan fitur yang biasanya dijumpai pada aplikasi dan mengharuskanmu untuk mengunduhnya terlebih dahulu. Ada beberapa fitur dalam Google Meet yang bisa Kamu dapatkan, diantaranya melakukan chat dalam video conference/meetingbackground virtual, caption atau transkrip, screen sharing atau presentasi, dan whiteboard menggunakan Google Jamboard.

2. Cara Menggunakan Google Meet di iOS dan Android

Platform Google Meet kini juga telah tersedia diaplikasikan di smartphone,  entah itu di iOS atau android. Untuk menggunakan Google Meet lewat iOS dan android, Kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut :

  • Unduh Google Meet di App Store atau Play Store terlebih dahulu.
  • Silakan buka dan jalankan aplikasi Meet.
  • Kemudian masuk ke dalam akun Google.
  • Silahkan izinkan pemakaian mikrofon dan kamera.
  • Selanjutnya pilih tab “New Meeting” jika ingin memulai meeting baru.
  • Tekan “Join with a code” jika ingin bergabung ke dalam video conference”.

Itulah 2 cara gunakan Google Meeting baik di Hp atau di PC/laptop.

Keunggulan Menggunakan Google Meet

Sebagai aplikasi yang menawarkan layanan video conference terkemuka di dunia, tentu saja Google Meet sudah menawarkan banyak keunggulan. Berikut ini :

1. Sudah Terintegrasi Dengan Akun Google

Karena telah terintegrasi dengan akun Google, tentu semakin menambah pengalaman user untuk memakai ekosistem aplikasinya, tidak terkecuali Google Meet.

Dimana integrasi tersebut tentu semakin mempermuda pengguna dalam menjadwalkan video conference di Google Calender, menyimpan rekaman untuk meeting lewat Google Drive, mengirimkan link untuk undangan meeting di Gmail, dan lain sebagainya.

2. Proses Mendaftar Satu Klik

Pemakaian akun Google sendiri adalah cara satu-satunya untuk login ke akun Google Meet. Sehingga sangat memudahkan para pengguna untuk mendaftarkan diri serta mengikukti meeting lewat aplikasinya. Selain itu, Kamu bisa memakai Google Meet selama kurang 1 menit, asalkan Kamu sudah mempunyai akun Google.

3. Melakukan Interaksi Langsung dan Sederhana

Ketika Kamu memasuki aplikasi atau halaman web Google Meet, selanjutnya Kamu akan ditampilkan dua pilian menu, diantaranya mulai gabung atau rapat ke meeting. Mengingat kepraktisannya inilah membuat banyak pengguna bahkan yang awam sekalipun bisa mengerti penggunaan Google Meet.

Itulah beberapa keunggulan dan cara gunakan Google Meet untuk melakukan video conference. Jika ingin membuat video conference di Google Meet, bisa coba cara Google Meet di laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019