Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian Update Maret 2024

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian
Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan dana tunai cepat tapi tidak ingin menjual barang berharga kamu. Pegadaian adalah lembaga keuangan yang terpercaya dan telah dikenal luas di Indonesia karena menyediakan berbagai layanan keuangan, termasuk gadai. Lalu, bagaimana cara menggadaikan barang di Pegadaian? Untuk mengetahui caranya, kamu bisa membaca artikel ini secara keseluruhan.

Sebelum kamu menggadaikan barang di Pegadaian, pastikan kamu sudah menyiapkan barang yang ingin kamu gadaikan. Apa saja barang yang bisa digadaikan di Pegadaian? Barang-barang tersebut bisa berupa emas, perhiasan, elektronik, atau barang berharga lainnya. Pastikan barang-barang tersebut dalam kondisi baik dan memiliki nilai jual yang layak. Selain itu, kamu juga harus memerhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku ketika ingin menggadaikan barang di Pegadaian. Mengenai syarat dan ketentuannya kamu bisa membaca informasinya di bawah ini.

Read More

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian
Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian
Dengan menggadaikan barang di Pegadaian, kamu bisa mendapatkan dana tunai yang kamu butuhkan tanpa harus menjual barang berharga kamu. Selain itu, kamu juga memiliki jangka waktu tertentu untuk menebus kembali barang milikmu dengan membayar kembali pinjaman yang kamu terima beserta bunga yang telah ditetapkan. Sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai cara menggadaikan barang di Pegadaian, kamu bisa mengetahui jenis barang yang bisa digadai di Pegadaian.

Barang-barang yang Bisa Digadai di Pegadaian

1. Produk Emas

Gadai Emas merupakan sistem gadai dengan barang jaminan berupa emas batangan maupun perhiasan (termasuk berlian).

2. Produk Non Emas

Gadai Non-Emas merupakan sistem gadai dengan barang jaminan non-emas berupa gadget elektronik seperti Laptop, smartphone dan barang rumah tangga lainnya.

Sebenarnya proses pengajuan dan syarat pengajuan barang gadaian Non Emas sama dengan barang gadaian Emas, hanya saja memiliki perbedaan pada jenis barang dan kelengkapannya seperti dus, charger, dan nota pembelian.

3. Kendaraan

Gadai Kendaraan merupakan sistem dengan barang jaminan berupa kendaraan bermotor baik mobil maupun motor. Persyaratan yang harus dilengkapi adalah:

  • Kendaraan atas nama sendiri. Jika bukan, dapat dilampirkan surat bukti jual-beli dan fotokopi identitas pemilik pertama
  • Plat nomor sesuai dengan wilayah cabang setempat. Misal, jika kita berdomisili di Jakarta, maka plat nomor kendaraan tersebut wajib bernopol B.
  • Menyerahkan jaminan kendaraan berikut dengan STNK dan BPKB
  • Wajib mengikuti ketentuan penerimaan barang jaminan kendaraan yang berlaku di Pegadaian.

4. Tabungan Emas

Gadai Tabungan Emas adalah gadaian dengan jaminan saldo Tabungan Emas. Prosesnya bisa dilakukan secara online dengan aplikasi Pegadaian Digital. Sewa modal terbilang terjangkau serta biaya administrasi yang ringan. Jangka waktu pengembalian hingga 120 hari dan dapat diperpanjang juga jaminan saldo emas tetap menjadi hak milik nasabah.

5. Gadai Efek

Gadai Efek merupakan layanan pemberian pinjaman dengan jaminan berupa saham dan obligasi tanpa warkat (Scriptless) yang tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek di Indonesia. Proses pengajuan dapat dilakukan secara online di aplikasi Pegadaian Digital. Pinjaman mulai dari Rp5.000.000,- hingga Rp20.000.000,- bisa untuk perorangan atau korporasi. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Unit Gadai Efek Pegadaian di nomor telepon (021)316 0101 atau 0819 4500 8000 (WA)

Langkah-langkah Menggadaikan Barang di Pegadaian

Langkah 1: Siapkan Barang yang Ingin Digadai dan Identitas Pribadi Kamu

  • Siapkan barang yang ingin kamu gadai dan pastikan kondisi barang masih dalam keadaan baik dan layak.
  • Lalu, jangan lupa juga untuk menyiapkan identitas pribadi kamu seperti KTP.

Langkah 2: Kunjungi Kantor Cabang Pegadaian Terdekat

  • Kemudian, kamu bisa langsung mengunjungi kantor cabang Pegadaian terdekat dari lokasi kamu.
  • Setelah tiba, kamu bisa menyampaikan kebutuhan kamu ke petugas Pegadaian.

Langkah 3: Isi Formulir Pengajuan Data Diri

  • Petugas akan memberikan kamu formulir pengajuan data diri.
  • Silakan isi formulir tersebut sesuai identitas kamu, khususnya sesuai KTP.

Langkah 4: Serahkan Barang Gadaian ke Petugas Penaksir

  • Selanjutnya, silakan serahkan barang yang ingin kamu gadai ke petugas penaksir.

Langkah 5: Penaksir Akan Menginfokan Uang Pinjaman yang Bisa Didapatkan

  • Lalu, barang yang telah kamu serahkan tersebut akan ditaksir oleh petugas gadai mengenai perkiraan nominal yang bisa kamu dapatkan.
  • Setelah dilakukan pengecekan oleh petugas, uang pinjaman akan dikonfirmasi.

Langkah 6: Petugas Akan Memberikan Surat Bukti Gadai (SBG)

  • Kemudian, petugas Pegadaian akan meminta kamu untuk menandatangani Surat Bukti Gadai.
  • Sebelum menandatangani surat tersebut, kamu bisa membacanya terlebih dahulu, untuk menghindari kesalahan pencantuman data.

Langkah 7: Uang Diserahkan Lewat Transfer atau Cash

  • Setelah kamu menandatangai Surat Bukti Gadai, uang pinjaman akan diberikan, baik secara tunai atau transfer.

Demikian cara menggadaikan barang di Pegadaian yang telah dipaparkan secara ringkas. Kamu tidak perlu bingung lagi mengenai langkah-langkah yang harus kamu lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related posts