Cara Download Lagu di Spotify

Kita bisa mendownload lagu di Spotify? Bagaimana cara download lagu di Spotify? Apakah kita harus menggunakan layanan Premium untuk bisa mendownload lagu di Spotify?

Beberapa pertanyaan di atas kerap ditanyakan oleh para pengguna layanan streaming musik online seperti Spotify. Sebagaimana kita tahu Spotify sendiri Memang sangat populer untuk saat ini, karena selain menjadi salah satu layanan streaming musik online, Spotify sendiri memberikan kemudahan dari segi pendaftaran dan juga tampilan aplikasi yang mudah untuk dipahami. Selain itu dengan menggunakan Spotify Kita juga bisa mendengarkan podcast yang diupload oleh para pemilik podcast yang ada di Spotify.

Sama seperti joox, Spotify juga memiliki banyak sekali pilihan lagu dari artis artis lokal ataupun interlokal. Bahkan kita bisa dengan mudah menikmati playlist yang disajikan oleh Spotify, sesuai dengan kebutuhan kita.

Selain itu, kemudahan lain yang ditawarkan oleh Spotify adalah, kita bisa menggunakan aplikasi ini baik di smartphone Andoroid, iOS, melalui Spotify Desktop, ataupun web player yang bisa kamu akses dari Browser. Selain itu, prosess pendaftaran dari Spotify juga sangatlah mudah.

Kamu bisa menggunakan email yang masih aktif, ataupun menggunakan akun Facebookmu untuk login kedalam spotify secara otomatis. Dan gak cuma itu aja, kamu juga bisa kok menikmati layanan premium dari spotify, untuk mendapatkan semua fitur yang ada di Spotify, salah satu nya adalah tanpa iklan, dan juga mendownload lagu untuk di dengakan secara offline.

Tapi sayangnya, untuk sebagian penggua spotify yang mungkin tidak memiliki akun Spotify Premium, mereka kerap mencari Cara Download Lagu di Spotify, yang mana juga untuk di dengarkan secara offline, ataupun melalui music player lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengunduh lagu di Spotify? Berikut ulasannya.

Cara Download Lagu di Spotify

Cara Download Lagu di Spotify
Download Lagu di Spotify

Cara Download Lagu di Spotify lewat HP dan Desktop

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan Aplikasi Spotify yang bisa kamu download melalui perangkat smartphone, baik itu android ataupun iOS, dan juga Desktop yang bisa kamu install pada perangkat komputer ataupun laptop. Caranya juga gampang banget kok.

  • Download terlebih dahulu Aplikasi Spotify sesuai dengan perangkatmu
  • Kemudian, login seperti biasa dengan menggunakan akun spotify mu. Jika belum punya, maka kamu bisa melakukan pendaftaran.
  • Setelah itu, silahkan cari lagu apa yang ingin kamu download
  • Jika sudah ketemu, kamu bisa menggeser toogle download berwarna hijau
  • Pastikan juga kamu sudah masuk kedalam Settings / Pengaturan > Download with Mobile Data untuk mempermudahmu mendownload lagu ketika tidak terhubung dengan WiFi
  • Setelah itu, tunggu sampai prosess downloadnya selesai
  • Dan untuk memutar musik yang sudah didownload tadi, kamu bisa masuk ke Settings / Pengaturan > Hidupkan Offline Mode untuk memutar musik yang sudah kamu download.

Cara ini tidak hanya digunakan untuk mendownload lagu saja, melainkan juga kamu bsia mendownload podcast yang tersedia di spotify, baik untuk salah satu episode, atau semua episode.

Walaupun begitu, cara ini hanya berlaku untuk pengguna spotify premium saja. Dan perlu diingat, lagu yang didownload tadi juga berlaku untuk playlist pada Spotify, dan juga hanya akan tersimpan pada Data Spotify kalian saja.

Dan untuk pengguna Spotify Desktop juga sama kok. Caranya tak jauh berbeda. Kamu hanya perlu login dan masuk kedalam spotify, dan kemudian mencari lagu yang ingin di download, setelah

Cara Download Lagu di Spotify lewat Telegram

Cara kedua yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan Telegram. Nah disini kita akan menggunakan bantuan bot dari telegram yang bernama Spotify Downloader Bot. caranya juga gampang banget kok.

  • Pertama tama, pastikan terlebih dahulu kalian sudah memiliki telegram dan juga akun telegram.
  • Setelah itu, pada aplikasi telegram, kamu bisa mencari bot downloader spotify dengan kata kunci ‘@SpotifyMusicDownloaderBot’
  • Setelah itu, kamu akan diarahkan masuk kedalam chat room dengan bot tadi, langsung saja tekan /start dan ikuti instruksi yang ada
  • Kemudian, buka Spotify kalian dan pilih lagu yang akan kamu download, lalu pilih share > copy link
  • Kembali ke chatbot telegram tadi, lalu paste link dari lagu yang sudah di copy tadi dan pilih send
  • Nantinya, bot telegram tersebut akan mendownload lagu yang kamu berikan, dan kamu bisa menyimpannya kedalam folder Music yang ada di Internal Storage perangkat kalian masing-masing.

Selain mudah, cara ini juga tidak mengharuskan kalian memiliki akun spotify premium. Hanya saja, mungkin akan ada beberapa kendala ketika mungkin bot harus mendownload banyak lagu. Maka dari itu, kalian bisa memberikan interval atau jarak ketika mendownload lagu yang satu dengan lagu yang lainnya.

Cara Download Lagu di Spotify lewat Google Chrome

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan browser Google Chrome. Kenapa harus Google Chrome? Sebab disini, kita akan menggunakan bantuan ekstensi dari Chrome web store yang bisa kamu pakai untuk mendownload lagu dari spotify, tanpa menggunakan akun premium. Caranya juga amat sangat mudah kok.

  • Pertama tama, buka terlebih dahulu Google Chrome di komputer atau laptop kalian
  • Setelah itu, kunjungi ‘Chrome Web Store’ lalu cari Extension bernama ‘DZR Music Downloader – saver for Spotify’ atau kamu juga bisa langsung mengklik pada link berikut ini : https://chrome.google.com/webstore/detail/dzr-music-downloader-save/dmbjkidogjmmlejdmnecpmfapdmidfjg/related?hl=id
  • Setelah itu, klik pada tombol ‘tambahkan ke chrome’ dan tunggu sampai prosess installasi nya selesai.
  • Apabila sudah, maka kamu akan melihat logo panah kebawah berwarna pink, di dekat kolom address bar kalian
  • Klik pada logo atau icon tersebut, dan kemudian kamu akan diarahkan kedalam laman spotify
  • Silahkan lakukan pendaftaran atau login dengan menggunakan akun spotify yang sudah kamu miliki
  • Setelah itu, cari lagu yang ingin kamu download, dan nantinya kamu akan meliah tombol download berwarna hijau
  • Dan nantinya, prosess pendownloadan akan dimulai secara otomatis, dan kamu bisa melihat progress downloadnya dibagian bawah browser kalian.

Tapi perlu diingat ya teman teman, cara ini hanya berlaku untuk browser Google Chrome yang terinstall di komputer atau laptop saja. Jika kamu menggunakan perangkat Android ataupun iOS, maka kamu bisa mencoba kedua cara sebelumnya, yakni dengan spotify premium, ataupun menggunakan bot dari Telegram.

Sebagai penutup, itulah tadi beberapa cara download lagu di Spotify yang bisa kamu gunakan, baik dengan menggunakan akun premium ataupun tanpa akun premium, kamu bisa menyesuaikan cara atau metode yang sudah kami bagikan tadi. Jangan lupa untuk memberikan interval atau jarak download antara lagu yang satu, dengan lagu yang lainnya.

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi