Cara Mengajukan KPR BRI (Online) yang Paling Baru

Cara Mengajukan KPR BRI
Mengajukan KPR BRI

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengajukan KPR BRI yang benar hingga disetujui? Nah, bagi kamu yang ingin melakukan pengajuan KPR melalui Bank BRI, kamu berada di artikel yang tepat. Langsung saja, yuk simak artikelnya secara lengkap di bawah ini.

Mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah langkah besar menuju kepemilikan rumah impian. Salah satu lembaga keuangan yang menyediakan layanan KPR adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bagi kamu yang berencana memiliki rumah melalui KPR BRI, berikut adalah panduan lengkap cara mengajukannya.

Cara Mengajukan KPR BRI

Cara Mengajukan KPR BRI
Mengajukan KPR BRI

Cara mengajukan KPR BRI sangatlah mudah. Namun, ada beberapa syarat dan dokumen yang harus kamu persiapkan saat akan melakukan pengajuan ke Bank BRI. Nah, di bawah ini mimin akan membagikan informasi mengenai syarat, dokumen, dan cara pengajuan KPR BRI yang sudah mimin rangkum. Yuk langsung saja baca informasinya di bawah ini.

Syarat KPR BRI

Nah, jika kamu ingin mengajukan KPR BRI, perlu kamu ketahui bahwasanya ada syarat yang perlu kamu penuhi saat kamu akan mengajukan KPR ini. Berikut syarat umum yang diperlukan untuk pengajuan KPR BRI

  1. Mengisi formulir aplikasi KPR bank BRI
  2. WNI cakap hukum
  3. Membuka rekening BRItama
  4. Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  5. Lokasi tempat tinggal/ lokasi bekerja/ usaha/ praktik debitur berada di kota dimana KC / KCP berada
  6. Melampirkan dokumen kredit

Itulah syarat yang berlaku jika kamu ingin mengajukan KPR BRI. Sebelum masuk ke pembahasan cara pengajuan KPR BRI, kamu juga harus mengetahui beberapa syarat dokumen yang harus kamu penuhi.

Syarat Dokumen KPR BRI

Setelah mengetahui syarat umum yang harus dipenuhi untuk mengajukan KPR BRI, mimin akan membagikan mengenai syarat dokumen yang harus kamu persiapkan, yaitu:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi KK
  3. NPWP
  4. Pas foto terbaru pemohon beserta pas foto suami atau istri (jika ada)
  5. Surat keterangan gaji

Pastikan kamu sudah memiliki dokumen-dokumen di atas agar proses pengajuan lebih mudah dan cepat.

Cara Pengajuan KPR BRI Secara Online ✅

Pada subjudul sebelumnya, mimin telah membagikan mengenai syarat umum pengajuan KPR BRI, yang mana salah satunya adalah mengisi formulir aplikasi KPR Bank BRI. Jadi, sekarang kamu bisa mengisi formulir pengajuan KPR secara online, lho. Tentunya, ini memudahkan kamu, karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi BRISPOT. Kamu bisa mengunduhnya lewat Google Play Store atau lewat App Store. Langsung saja, berikut mimin berikan tutorial cara mengajukan KPR BRI secara online lewat aplikasi BRISPOT.

Langkah 1: Unduh Aplikasi BRISPOT ✔️

 

Cara Mengajukan KPR BRI Update Desember 2023

Pertama, silakan unduh aplikasi BRI Spot di Google Play Store untuk pengguna Android atau lewat App Store untuk pengguna iOS. Namun, di sini mimin akan membagikan caranya melalui perangkat Android.

Langkah 2: Buat Username ✔️

Cara Mengajukan KPR BRI Update Desember 2023

Lakukan registrasi awal dengan mengisi kolom nama panggilan atau username. 

Langkah 3: Pilih Menu KPR ✔️

Cara Mengajukan KPR BRI Update Desember 2023

Karena kamu ingin mengajukan pinjaman KPR, maka kamu bisa pilih opsi yang paling atas, yaitu KPR.

Langkah 4: Lakukan Registrasi ✔️

Cara Mengajukan KPR BRI Update Desember 2023

Klik Register bagi kamu yang belum memiliki akun. Bagi kamu yang sudah memiliki akun, bisa langsung klik Login. Jika kamu baru Registrasi, maka kamu akan diminta mengisi beberapa data, seperti data diri (tempat, tanggal lahir, jenis kelamin, email, no.hp, dsb), data pekerjaan, data finansial, data keluarga, dan data pendukung (foto KTP dan swafoto).

Langkah 5: Pilih Buat Akun ✔️

Cara Mengajukan KPR BRI Update Desember 2023

Setelah melakukan register, kamu akan diminta membuat akun. Nah, pada form ini, kamu akan diminta mengisi beberapa data seperti yang tertera pada gambar di atas. Jika semuanya sudah terisi dengan benar, klik Buat Akun.

Langkah 6: Masuk Menu Ajukan KPR ✔️

Kamu akan masuk ke menu pengajuan KPR jika kamu telah berhasil membuat akun dengan memasukkan data yang benar. Terdapat 4 langkah pada menu Ajukan KPR ini. Langkah pertama adalah kamu akan diminta mengisi Detil Pinjaman, seperti yang tertera pada tangkapan layar di atas. Silakan isi sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika sudah, klik Next.

Langkah 7: Pilih Metode Pengambilan Data ✔️

Kamu akan diminta mengupload beberapa data seperti slip gaji dan lainnya. Untuk metodenya sendiri, kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Langkah 8: Buat Janji Kunjungan BRI ✔️

Selanjutnya adalah silakan buat jadwal kunjungan ke Bank BRI. Kamu bisa mengatur tanggal dan lokasi sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika sudah, klik Next.

Langkah 9: Pilih Cabang ✔️

Kemudian, pilih cabang di sini maksudnya adalah memilih cabang BRI terdekat dari lokasi kamu.

Langkah 10: Baca Disclaimer ✔️

Selanjutnya, muncul Disclaimer yang perlu kamu baca. Disclaimer ini berisi peringatan dan aturan lain. Anda bisa membaca dan memahaminya hingga selesai. Jika sudah, klik OK.

Langkah 11: Selesai ✔️

Jika kamu sudah selesai memasukkan semua data yang diminta, maka kamu Berhasil melakukan registrasi. Kamu bisa mengecek progress dari pengajuanmu lewat aplikasi ini.

Demikian artikel terkait cara mengajukan KPR BRI dengan mudah. Silakan persiapkan persyaratan yang dibutuhkan dan jangan lupa untuk melakukan register data melalui aplikasi BRISPOT. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related posts