Cara Cek Masa Tenggang Telkomsel

Apa Anda merupakan pengguna kartu Telkomsel? Apa Anda mempunyai kendala seperti masa tenggang kartu Anda? Bagaimana cara cek masa tenggang Telkomsel?

Taukah Anda bahwa setiap operator memiliki kebijakan mengenai pemberlakuan waktu masa aktif setiap penggunanya, termasuk salah satunya yaitu Telkomsel.

Jadi apabila sudah habis masa aktifnya, nomor Anda akan masuk ke masa tenggang. Dimana pada fase ini, jika ternyata Anda tidak melakukan perpanjangan masa aktif, dan masa tenggangnya berakhir, maka nomor Anda akan di blokir. Lalu pulsa yang Anda miliki akan hangus sehingga tidak bisa digunakan.

Di era ini sudah banyak aplikasi yang hanya membutuhkan data internet untuk digunakan, seperti Whatsapp sehingga tidak memerlukan pulsa untuk komunikasi. Namun karena hal ini, banyak orang malas untuk isi pulsa dan memilih membeli langsung paket data. Hal ini menyebabkan masa aktif kartu lupa diperpanjang sehingga status nomor menjadi masa tenggang.

Namun tak perlu khawatir, Anda masih bisa mengaktifkan nomor Telkomsel tersebut setelah masa tenggang habis dengan beberapa syarat, lho.

Tentunya Anda membutuhkan sekali apalagi kalau nomornya sudah terlanjur tersebar ke mana-mana, dan banyak nomor yang tersimpan disana meski dipindahkan ke kartu baru jika Anda membeli kartu lagi.

Apabila kartu masih memasuki masa tenggang kurang dari 15 hari, maka kartu Telkomsel Anda masih bisa diaktifkan lagi.

Namun, jika sudah lebih dari 15 hari tapi masih belum genap sebulan pasca masa tenggang, maka kemungkinan nomor tersebut bisa diaktifkan menjadi lebih kecil.

Jika sudah lebih dari sebulan alias melewati masa tenggang, maka kartu Telkomselmu tidak akan bisa diselamatkan untuk diaktifkan lagi karena sudah terhapus dari sistem. Dan Anda meski beli kartu baru mau tidak mau.

Datang ke Grapari terdekat

Jika nomor kamu telah melewati masa tenggang, kamu bisa melakukan pengaktifan kembali dengan cara datang langsung ke Grapari terdekat di daerah kamu pada hari senin – jumat (08.00 – 14.00). Nantinya, pihak operator akan langsung memproses permintaan pengaktifanmu dan langsung mengaktifkan kembali nomormu. Jadi, Anda tak perlu cemas lagi.

Sebelum datang ke Grapari, pastikan Anda membawa berkas-berkas dokumen yang diperlukan, seperti KTP asli. Dan jangan lupa juga untuk membawa serta SIM Card lama yang sudah hangus.

Setelah sampai di Grapari, segera datangi bagian Customer Service. Lalu, sampaikan kepada petugas disana kalau Anda ingin mengaktifkan kembali nomor Telkomsel yang sudah mati tersebut. Oleh petugas, Anda akan ditanya tentang alasan dan sudah berapa lama nomormu mati.

Selanjutnya, Anda juga akan diminta untuk mengisi form pengajuan untuk aktivasi. Anda juga akan diminta biaya aktivasi sebesar dua puluh lima ribu rupiah. Jadi, Alangkah baiknya Anda juga siapkan uang untuk jaga-jaga dari rumah.

Isi form tersebut dengan data yang sesuai dan sama seperti saat Anda melakukan registrasi kartu Telkomsel pertama kali. Kalau pengisian formulir ternyata salah, Anda akan diminta buat menunjukkan 5 panggilan atau SMS terakhir buat menunjukkan kalau nomor itu benar-benar milik Anda.

Setelah melewati tahap-tahap itu, nantinya petugas bakal memproses permintaan re-aktifasi. Kamu hanya perlu menunggu hingga proses aktifasi kembalinya selesai. Nomor Anda pun bisa digunakan kembali.

Nah itu tadi cara untuk mengaktifan kartu kembali untuk kartu yang sudah dinonaktifkan. Agak ribet rasanya jika meski datang ke gerai Grapari apalagi jika kamu punya kesibukan lain. Maka dari itu, sebaiknya Anda rutin mengecek masa aktif dari kartu Telkomsel Anda.

Apalagi juga di masa pandemi ini, dimana kita meski tidak sering-sering keluar rumah dan beramai-ramai demi mencegah penyebaran virus Covid-19, nah maka jangan sampai nomor kita diaktifkan karena keteledoran kita.

Berikut, kami akan jelaskan beberapa cara cek masa tenggang Telkomsel. Yuk simak pembahasan di bawah ini.

Cara Cek Masa Tenggang Telkomsel

Cara Cek Masa Tenggang Telkomsel
Cek Masa Tenggang Telkomsel

Cek Masa Tenggang Telkomsel melalui Dial Phone/ USSD

Cara cek masa tenggang melalui dial phone merupakan cara paling umum serta mudah untuk mengecek masa tenggang kartu Telkomsel. Hampir sama seperti Anda menelpon orang. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, buka aplikasi telepon pada smartphone.
  • Kemudian masukkan nomor *888# kemudian tekan tombol Call.
  • Tunggu hingga muncul informasi sisa pulsa yang Anda miliki.
  • Setelah itu, anda bisa lihat masa aktif anda disebelah dari jumlah pulsa yang anda miliki saat ini.
  • Untuk mengetahui masa tenggang, yaitu maksimal 30 hari setelah masa aktif yang tertera.

Cek Masa Tenggang Telkomsel melalui aplikasi myTelkomsel

Selain mengecek melalui Dial Phone, untuk lebih mempermudah Anda dalam mengecek kuota Telkomsel, masa aktif kartu, dan bahkan membeli paket, Anda bisa juga mencoba menggunakan aplikasi bernama MyTelkomsel.

Aplikasi ini tersedia untuk Anda pengguna smartphone berbasis Android maupun iOS. Tinggal download melalui Google Playstore (Android) atau AppStore (iOS) saja.

Langkah-langkahnya untuk mengecek sebagai berikut:

  • Jika Anda belum mengunduh aplikasi MyTelkomsel, silahkan unduh melalui aplikasi Google PlayStore atau AppStore pada smartphone Anda.
  • Lalu cari aplikasi “MyTelkomsel”, setelah itu klik tombol “Install”.
  • Setelah terinstall, buka aplikasi MyTelkomsel.
  • Setelah dibuka akan ada pilihan bahasa yang akan digunakan, pilih Bahasa yang kamu ingin gunakan.
  • Pada halaman masuk, Anda harus login dulu dengan menggunakan nomor telepon Telkomsel yang masih aktif. Pilih opsi Masuk dengan menggunakan Nomor Telkomsel untuk melanjutkan.
  • Masukkan nomor Telkomsel kamu, dan lalu ketuk Lanjutkan untuk melangkah ke proses berikutnya.
  • Di halaman utama, akan disajikan dengan informasi mengenai sisa Pulsa dan masa aktifnya
  • Untuk mengetahui masa tenggang, yaitu maksimal 30 hari setelah masa aktif yang tertera.

Cek Masa Tenggang Telkomsel melalui Asisten Virtual Telkomsel

Selain kedua cara yang telah dijelaskan tadi, ada alternatif lainnya yang bisa Anda coba untuk mengecek masa tenggang kartu, yaitu melalui Asisten Virtual Telkomsel.

Berikut langkah-langkah menggunakan Asisten Virtual Telkomsel:

  • Pertama, Kunjungi akun resmi Telkomsel di: LINE, FB Messenger, atau Telegram.
  • Lalu Ketik “Hai”. Tekan Kirim
  • Ketik “Cek Pulsa”, lalu kirim
  • Langkah kemudian, Masukkan nomor Telkomsel Anda.
  • Tunggu hingga Anda mendapat notifikasi pesan dari Telkomsel berisi kode verifikasi.
  • Masukkan kode verifikasi (OTP) yang tadi.
  • Asisten Virtual Telkomsel akan mengirimkan informasi pulsa dan masa aktif nomor Anda.
  • Untuk mengetahui masa tenggang, yaitu maksimal 30 hari setelah masa aktif yang tertera.

Kesimpulan

Sangat disarankan untuk pengguna Telkomsel untuk menginstall aplikasi myIM3 karena memiliki banyak fitur yang memudahkan penggunanya, baik mengecek sisa pulsa, kuota, masa aktif kuota, pembelian pulsa dan paket, dan masih banyak lagi.

Berikut informasi yang telah kami berikan mengenai cara cek masa tenggang AXIS, baik melalui dial phone, atau aplikasi myTelkomsel, maupun melalui Asisten Virtual Telkomsel (bagi kamu pengguna Line, Telegram, FB Messenger). Anda juga bisa memperpanjang masa aktif kartu dengan cara membeli masa aktif, isi pulsa, dan transfer pulsa.

Demikianlah sekiranya penjelasan dari kami, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi