Cara Menutup Kartu Kredit BRI

Cara menutup kartu kredit BRI bukanlah menjadi suatu hal yang sulit kamu lakukan, mengingat tujuan pembuatan kartu ini adalah untuk memudahkan setiap nasabah bank BRI. Namun sayangnya, masih belum banyak yang mengetahui bagaimana cara melakukannya. Jika kamu adalah salah satunya, maka bisa langsung menyimak penjelasan pada artikel kali ini.

Fasilitas Keunggulan Kartu Kredit BRI

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara menutup kartu kredit BRI, alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu kelebihan atau fasilitas keunggulannya sebagai bahan pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk menutupnya. Terdapat fasilitas-fasilitas yang disediakan dengan berbagai kegunaannya. Berikut adalah penjelasannya.

  • Fasilita pertama yang akan kamu dapatkan adalah free airport lounge yang sudah bukan menjadi rahasia lagi. Bagi bank-bank BUMN sudah memberikan fasilitas satu ini secara gratis kepada setiap nasabahnya yang ingin berpergian dengan menggunakan pesawat terbang. Kamu bisa menikmati fasilitas ini di berbagai bandara yang ada di Indonesia
  • Selanjutnya, terdapat fasilitas organisasi gram belanja ringan yang artinya pihak BRI akan memberikan Bunga cicilan 0% bagi para nasabahnya. Jikapun ada bunga yang dikeluarkan, itupun tidak sampai 1%. Program satu ini, bisa kamu temukan di setiap merchant yang sudah bekerja sama dengan pihak BRI
  • Menggunakan kartu kredit BRI ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang sangat menyukai dan sering melakukan berbagai Hal ini dikarenakan pihak BRI memberikan kemudahan bagi para nasabahnya ketika menggunakan layanan memesan tiket, hotel, hingga paket wisata ke seluruh dunia
  • Bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit BRI juga tidak hanya mendapatkan cashback ataupun potongan harga saja, sebab kamu juga akan mendapatkan koin yang bisa kamu kumpulkan. Poin-poin tersebut bisa kamu tukarkan dengan berbagai promo lainnya. Semakin kamu melakukan berbagai transaksi, maka semakin banyak juga poin yang bisa kamu tukarkan
Terkait:  Cara Membuat Kartu ATM BRI

Cara Menutup Kartu Kredit BRI

Cara Menutup Kartu Kredit BRI
Cara Menutup Kartu Kredit BRI

Setelah kamu mengetahui berbagai kelebihan ataupun fasilitas yang akan kamu dapatkan jika kamu menggunakan kartu kredi BRI ini, namun masih tetap berkeinginan untuk menutupnya. Tenang saja, kamu tidak perlu bingung sebab terdapat 2 metode yang dapat kamu gunakan untuk menutupnya, yaitu secara langsung atau melalui telepon.

Kedua metode tersebut merupakan metode yang paling aman untuk kamu lakukan karena semua privasimu akan dijaga secara ketat oleh pihak BRI. Berikut adalah penjelasan bagaimana langkah-langkah melakukan kedua metode tersebut

Cara Menutup Kartu Kredit BRI Secara Langsung

Metode pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan datang langsung ke bank BRI yang terdekat dengan lokasimu. Cara ini sangat direkomendasikan, karena jauh lebih terpercaya dan prosesnya yang begitu cepat. Langsung saja, kamu ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pergi Ke Bank BRI Terdekat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah silahkan kamu mengunjungi kantor cabang BRI yang lokasinya dekat dengan lokasi rumahmu. Apabila kamu tidak ingin antri panjang dan lama, alangkah baiknya jika kamu berkunjung saat pagi hari. Jangan lupa juga untuk membawa beberapa kartu identitas yang mungkin kamu butuhkan nantinya, seperti kartu identitas, kartu kredit, buku tabungan, dan uang tunai cash.

Untuk kartu identitas yang bisa kamu bawa antara lain adalah KTP, SIM, ataupun passport yang tentunya sudah terdaftar pada kartu kredit BRI yang ingin kamu tutup akunnya. Untuk buku tabungan ini, sebenarnua tidak diperlukan tapi alangkah baiknya jika kamu membawanya saja untuk berjaga-jaga. Sedangkan uang tunai ini, nanti kamu gunakan untuk membayar biaya administrasi proses penutupan.

Apabila pada kartu kredit BRI mu masih mempunyai beberapa tunggakan ataupun tagihan, maka alangkah baiknya jika kamu membawa uang dan segera membayarnya agar proses penutupan bisa dilakukan dan diselesaikan dalam waktu 1 hari oleh pihak BRI.

  1. Menuju Ke Bagian Customer Service

Apabila kamu sudah menyelesaikan atau merasa semua berkas di atas sudah siap, maka silahkan kamu mengikuti junke bank BRI. Biasanya satpam akan menanyai tujuan mengapa datang ke BRI maka jelaskan keinginanmu. Kemudian satpam akan mengarahkan mu untuk mendapatkan antrian ke customer service atau CS. Setelah kamu mendapatkan nomor antrian dan dipanggil, maka silahkan kamu berhadapan dengan CS.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Kartu Kredit

Pada tahap ini, kamu harus mengatakan keinginanmu untuk menutup kartu kredit BRI. Nantinya, petugas CS akan meminta kartu identitas dan kartu kredit yang ingin ditutup. Selain itu, mereka juga akan menanyakan terkait alasan mengapa kamu ingin menutup kartu kredit BRI. Jika alasan yang kamu sampaikan membuat mereka ragu, mereka akan terus menanyaimu jadi buatlah alasan yang jelas.

Selain itu, pihak CS biasanya akan menawarkan solusi seperti gratis biaya tahunan hingga penaikan limit kartu kreditmu. Untuk hal ini jangan sampai kamu tergoda dan tetap fokus pada tujuanmu ingin menutup kartu kredit BRI.

  1. Isilah Formulir Penutupan Kartu Kredit BRI

Jika alasanmu dirasa sudah sangat kuat dan kamu tidak tertarik dengan tawaran yang diberikan, makan pihak CS akan memberikanmu sebuah formulir penutupan dan kamu akan diminta untuk mengisinya. Untuk formulir ini tidak gratis, jadi siapkan uang untuk membayarnya.

  1. Membayar Biaya Penutupan Kartu Kredit BRI

Perlu kamu ketahui, bahwa untuk biaya penutupan kartu kredit BRI ini berbeda-beda karena bergantung pada jenis kartu kredit yang kamu gunakan. Apakah jenis kartu kredit yang gratis atau tidak.  Tapi alangkah baiknya jika janji menyiapkan uang untuk berjaga-jaga.

  1. Tunggu Sampai Proses Penutupan Selesai Dilakukan

Apabila kamu dipastikan dan dinyatakan tidak mempunyai tunggakan ataupun tahgunganz maka pengajuan penutup kredit BRI akan segera diproses. Proses penutupan ini biasanya memakan waktu maksimal 20 hari kerja. Kartu kredit yang sudah diblokir hari itu juga, maka akan benar-benar ditutup setelah kamu menerima surat penutupan kartu kredit oleh pihak BRI.

Cara Menutup Akun Kredit BRI Pakai Telepon

Metode kedua ini sangat cocok bagi kamu yang malas keluar rumah atau pergi ke bank terdekat, karena kamu bisa melakukan penutupan kredit BRI ini hanya dengan menggunakan telepon di smartphonemu saja. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

  • Pertama, silahkan kamu call BRI di 14017 atau 1500017
  • Biasanya, akan ada call center yang memintamu untuk memilih bahasa dan layanan. Untuk hal ini, silahkan kamu pilih bahasa Indonesia dan pilih layanan berbicara dengan CS kartu kredit
  • Setelah kamu memilih layanan dengan Cs kartu kredit, maka kamu bisa mengutarakan keinginanmu untuk menutup akun kartu kredit BRI beserta alasan kuat mengapa kamu ingin menutupnya
  • Pihak CS akan akan mengkonfirmasi datamu seperti jenis kartu kredit nomor kartu kredit, limit kartu kredit, nama lengkapz tanggal lagi, nama ibu kandung, dan lain sebagainya
  • Setelah menginput data diri kamu, maka kamu akan didengarkan musik sembari menunggu proses selesai
  • Setelah proses selesai dan bergaul dilakukan, maka kamu akan disapa oleh pihak CS dan kamu akan mendapatkan informasi mengenai tagihan, dan tunggakan yang belum dibayar. Jika kamu tidak mempunyai tunggakan, maka kamu akan mendapatkan laporan penutupan kartu
  • Selesai proses pemblokiran akun kredit BRI susah berhasil saat itu juga. Namun untuk proses penutupannya, masih membutuhkan waktu hingga maksimal 20 hari kerja
Terkait:  Cara Cek Nomor Rekening BRI

Kesimpulan

Nah itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara menutup kartu kredit BRI yang dapat kamu gunakan. Pilihlah salah satu metode di atas yang menurutmu paling praktis. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Related posts