Cara Daftar Grab Food

Bagaimana cara daftar Grab Food? Grab telah menyediakan berbagai macam layanan terbaik, mulai dari Grab Bike, Grab Taxi, Grab Car hingga Grab Food. Kita ketahui bahwa layanan pesan antar makanan saat ini memang sedang populer, sehingga dengan adanya Grab Food semakin memanjakan para pecinta kuliner.

Grab Food sendiri sudah bermitra dengan banyak pilihan restoran berkualitas dan terpercaya dengan waktu pengantaran yang cepat. Hal tersebut membuat Grab Food ikut membuka pelulang bagi para pemilik restoran, cafe dan rumah makan. Sehingga membuat penjual pun tak perlu lagi repot-repot harus mempromosikan dan menjajakan dagangannya yang memerlukan modal uang dan waktu tentunya.

Apa Saja Manfaat Bergabung Sebagai Mitra Grab Food?

Perkembangan era digital secara perlahan tapi pasti ikut berdampak terhadap tren pemesanan kuliner/makanan. Jika orang yang tadinya untuk membeli makanan harus menempuh perjalanan cukup jauh, namun kini hanya perlu memainkan ponsel saja, Kamu pun sudah bisa melakukan pemesanan makanan, pembayaran dan tinggal menunggu orderan tiba saja di rumah.

Kemudahan inilah sebagai indikator yang dapat meningkatkan omzet penjualan rumah makan. Adapun salah satu aplikasi alias platform yang mampu bersaing di era digital seperti saat ini ialah Grab Food.

Jika Kamu tertarik dengan cara daftar Grab Food, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu, apa saja alasan yang mengharuskanmu bergabung menjadi mitra Grab Food? berikut ulasannya :

1. Dapat Meningkatkan Penjualan

Jika banyak pembeli yang tahu restoranmu dengan jangkauan yang semakin luas, tentu saja Kamu bisa meningkatkan penjualan. Imbasnya omzet alias pendapatanmu pun semakin meningkat. Akan tetapi, tetap saja Kamu harus mempertimbangkan kualitas makanan yang dijajakan. Karena hal ini juga ikut berpengaruh terhadap penjualan.

2. Dapat Menjangkau Pembeli Lebih Luas

Kita tahu bahwa pengguna aplikasi Grab Food saat ini sudah tersebar hingga di berbagai kota di Indonesia, dengan jumlah pengguna jutaan orang. Jika Kamu sudah menjadi mitra Grab Food, maka sudah pasti Kamu berpotensi dapat menjaring calon pembeli dengan jangkauan lebih luas.

Misalnya saja, jika selama ini yang mengetahui usahamu hanya orang yang ada di sekitar rumah atau komplek perumahanmu saja yang sudah berlangganan, namun sesudah bergabung menjadi mitra Grab Food, maka tak menutup kemungkinan dari kecamatan lain juga dapat mencicipi kuliner yang Kamu tawarkan.

3. Tak Perlu Repot Untuk Mengantarkan Pesanan

Keunggulan yang tak kalah penting jika bergabung menjadi mitra Grab Food ialah Kamu tak perlu capek-capek harus menagntarkan makananmu kepada konsumen. Sebab sudah ada driver Grab yang siap sedia mengantarkannya kapan pun dan ke manapun sesuai dengan pesanan.

4. Sebagai Ajang Promosi yang Murah Meriah

Saat foto warung makanan atau restoranmu terpampang dalam aplikasi Go food, maka secara tak langsung ikut meningkatkan eksistensi restoranmu sendiri. Terlebih lagi jika reputasi atau penilaian yang diberikan konsumen cukup tinggi, sehingga bisnis kulinermu pun semakin terkenal.

Persyaratan Mendaftar Mitra Grab Food

Selain mengenal keuntunga menjadi mitra Grab Food, Kamu juga harus tahu apa saja persyaratan mendaftar mitra Grab food. Adapun persyaratan yang wajib dipenuhi calon driver atau mitra Grab Food ialah sebagai berikut :

  • Profil lengkap restoran, meliputi alamat restoran, nama, nomor telepon dan email.
  • Foto diri sambil memegang KTP.
  • Foto KTP dari pemilik restoran.
  • Menyertakan foto list menu makanan di restoranmu berikut kelengkapan harganya.
  • Menampilkan foto NPWP asli.
  • Menampilkan foto menu kuliner atau makanan yang Kamu jual.
  • Mempersiapkan foto restoran dari luar, dan pastikan restoranmu memiliki spanduk untuk memperlihatkan nama usaha kulinermu di depan.
  • Tampilkan pula foto restoran dari bagian dalam, dengan memperlihatkan meja makan, meja kasir dan dapur.
  • Memperlihatkan buku tabunga rekening bank.
  • Jika ada logo, Kamu bisa menyertakan foto logi restoranmu.

Mengenal Pajak Restoran

Tidak hanya persyaratan, sebelum mendaftar mitra Grab Food Kamu juga harus mengetahui informasi tentang pajak restoran. Berikut ketentuannya :

  • Harga yang ditawarkan tidak mempunyai pajak, ini artinya harga ditampilkan apa adanya sebelum pengurangan dan penambahan pajak.
  • Harga termasuk pajak atau inclusive, yaitu harga akan langsung dipotong pajak senilai 10%. Contoh, jika harga makanan X Rp. 20.000, maka biayanya akan dipotong sebesar 10% hingga menjadi Rp. 18.180. Dengan demikian ketika pembeli melakukan pesanan maka otomatis mereka sudah melakukan pembayaran pajak pada nominal Rp. 20.000.
  • Service fee, memiliki arti yaitu harga dibagi biaya pelayanan atau servis yang biasanya ditentukan pihak restoran jika dikenakan biaya ketika pembelian makanan.
  • Harga belum termasuk pajak atau harga exclusive, yakni harga makanan ditambahkan nilai pajak yang telah diberlakukan pihak restoran.

Cara Daftar Grab Food

Cara Daftar Grab Food
Mendaftar Partner Grab Food

Mendaftar Partner Grab Food

Setelah membahas persyaratan, keunggulan dan mengenal pajak restoran, kini saatnya Kamu mulai memahami cara mendaftar partner Grab Food. Sebenarnya tak jauh berbeda dari cara daftar Go Food hanya saja yang membedakan ialah perusahaan penyedia layanannya.

Ada beberapa tahapan cara daftar Grab Food yang bisa Kamu ikuti, berikut ini :

1. Isi Form Pendaftaran

Silahkan buka website resmi Grab di link berikut. Jika sudah, isi formulir mengenai data usaha kulinermu mulai dari nama rumah makan, toko, cafe atau restoran yang akan dikerjasamakan dengan pihak Grab Food, berikut alamat email dan alamat lengkap sesuai yang terdapat pada formulir pendaftaran. Silahkan tunggu email untuk verifikasi langsung dari pihak Grab.

Adapun verifikasi adalah tahapan terpenting dalam pendaftaran mitra Grab Food. Oleh karenanya, pastikan melakukan verifikasi tidak melebihi 72 ham dari pendaftaran. Jika melebihi batas waktu tersebut, Kamu harus mengisi formulir kembali.

2. Isi Data Tentang Restoran

Cara daftar Grab Food berikutnya, sesudah sukses melakukan verifikasi pendaftaran bisnis kuliner, selanjutnya akan diminta masuk ke menu “Help” yang terdapat pada web resmi Grab guna melakukan pengisian formulir pendaftaran kembali. Akan tetapi, pendaftaran dalam tahapan ini adalah pendaftaran mengenai detail restoran yang nantinya akan dipasang pada aplikasi Grab Food.

Silahkan isi informasi tentang usaha restoranmu pada formulir tersebut, terdiri atas nama restoran, jeni restoran, jadwal operasional, isi serta menu apa saja yang dijajakan dan sertakan foto dan harga menu makanan yang nantinya akan dicantumkan pada aplikasi Grab Food.

3. Menandatangani Kontrak Kerja Sama Dengan Grab Food

Selanjutnya pihak Grab Food akan mengirimkan kontrak kerjasama lewat email balasan. Kamu bisa langsung menandatangani kontrak tersebut sebagai bukti bermitra atau bekerjasama dengan pihak Grab.

4. Melakukan Verifikasi Email

Informasi tentang restoran yang sudah dikirimkan dan diisi sebelumnya lewat formulir, akan langsung dicek pihak Grab. Jika Grab menyetujui formulir tersebut, selanjutnya Kamu akan menerima email verifikasi.

Silahkan lakukan verifikasi paling tidak sebelum 72 jam dari penerimaan email dengan menekan link yang sudah dilampirkan lewat email balasan. Jika waktu tenggang untuk verifikasi sudah berakhir sebelum Kamu memverifikasinya, proses verifikasi outlet pun sudah gagal. Tapi Kamu bisa meminta lagi email verifikasi dengan cara menghubungi telesales Grab Food-nya.

5. Integrasi Dengan OVO

OVO adalah sitem pembayaran yang ditawarkan oleh Grab berbentuk pembayaran eletronik. Maka dari itu, supaya proses mendaftar partner Grab Food berhasil silakukan, sebaiknya proses integrasi OVO lebih duulu.

Adapun proses tersebut berisi tentang pengaktifan OVO dari penjual terkait pembuatan rekening pemilik resto dan proses pengaktifannya. Nah, proses OVO ini nantinya dilanjutkan lewat tahapan validasi.

6. Pelatihan atau Training

Jika semua proses cara daftar Grab Food di atas sudahh dilakukan, Kamu pun akan langsung mendapatkan email yang berisi pelatihan tentang cara pemakaian Grab Food lewat aplikasi Grab serta mendapatkan akun yang harus diaktifkan.

Itulah panduan cara daftar Grab Food, keuntungan dan persyaratan yang harus Kamu penuhi untuk mendaftar mitra Grab Food. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019