Cara Keluar dari Kelas di Google Classroom

Cara Keluar dari Kelas di Google Classroom

Bagaimana cara keluar dari kelas di Google Classroom? Google classroom menjadi sebuah fenomena baru di era digiital ini karena proses pembelajaran bisa dilakukan secara online. Dari yang awalnya hanya dilakukan secara tatap muka, kini aktivitas belajar mengajar di sekolah bisa dilakukan secara online memakai layanan Google Classroom.

Dengan memakai Google Classroom pastinya memberikan suasana baru bagi para murid, bahkan membuat proses pembelajaran lebih atraktif. Mengingat proses belajar tatap muka dirasa cukup membosankan bagi sebagian besar siswa. Pemakaian Google Classroom secara tak langsung memberikan tnatangan tersendiri. Sebab di samping pembelajaran dilakukan secara online, guru dan siswa juga harus pandai menggunakan teknologi berbasis IT untuk melancarkan proses pembelajaran online di Google Classroom.

Read More

Fitur dan Kemudahan Google Classroom

Google Classroom adalah layanan Google paling direkomendasikan, sebab menawarkan banyak fitur menarik, seperti dapat mengerjakan tugas dengan mudah. Bagi para murid juga bisa menyelesaikan tugas tersebut untuk kemudian dikirimkan ke guru dan guru bisa menilai jawaban murid. Dengan hal tersebut, tentu saja lebih menghemat kertas karena Kamu tidak memerlukan kertas.

Google Classroom juga memungkinkan siswa bisa melakukan absen selama pembelajaran online berlangsung. Semuanya tentu saja dilakukan secara online dan guru juga tak perlu lagi repot-repot harus menulis absensi di buku secara manual untuk murid yang mengikuti pembelajaran via Google Classroom.

Google Classroom menawarkan beberapa fitur, teurtama fitur sharing file, entah itu file berbentuk foto, berbentuk dokumen, maupun yang lainnya dengan tujuan untuk mendukung pembelajaran yang sedang berlangsung.

Para siswa yang mengikuti pembelajaran didalamnya, bisa mengunduh file dengan mudah dan mereka bisa belajara secara offline, tanpa harus membuka aplikasi Google Classroom. Sebab seluruh file yang ada di Google Classroom, dengan otomatis akan masuk ke sistem penyimpanan Google Drive, dan Kamu dapat membukanya kapanpun dan dimanapun. Asalkan saat mengunduhnya memerlukan akses internet stabil agar proses pengunduhan berjalan lancar.

Banyaknya pengguna pemula Google Classroom, memungkinkan beberapa siswa merasa kebingungan saat keluar dari kelas Google Classroom. Jika Kamu kesulitan, berikut tutorial cara keluar dari kelas di Google Classroom

Cara Keluar dari Kelas di Google Classroom

Cara Keluar dari Kelas di Google Classroom
Cara Keluar dari Kelas di Google Classroom

Tutorial Keluar dari Kelas di Google Classroom

Jika Kamu ingin keluar kelas Google Classroom, sebenarnya bisa mengikuti tutorial cara keluar dari kelas di Google Classroom dengan mudah. Mungkin saja ini dilakukan karena secara tak sengaja Kamu memasuki kelas yang salah. Mengingat cukup banyak kelas yang bisa diikuti secara online melalui aplikasi Google Classroom.

Atau mungkin Kamu ingin keluar Google Classroom, karena kelas yang diikuti sudah tak aktif lagi. Dengan begitu, guru memperbolehkan siswa untuk keluar kelas dan ikut bergabung ke kelas lainnya yang sedang berlangsung di aplikasi Classroom.

Karena beberapa kondisi di atas, Kamu harus mengetahui cara keluar dari kelas di Google Classroom. Dengan begitu, setelah kelas belajar berakhir, Kamu tinggal keluar dari kelas di Google Classroom tersebut.

Ada banyak pilihan untuk keluar kelas di Google Classroom yang bisa Kamu coba. Diantaranya bisa memakai hp android, memakai iphone, atau bisa juga dengan memakai PC atau laptop dengan OS yang mendukung layanan Google Classroom.

Menurut jenis akunnya sendiri, ada 2 metode cara keluar dari kelas di Google Classroom yang dapat Kamu lakukan, baik sebagai siswa maupun sebagai dosen/guru. Di bawah ini langkah-langkah yang bisa Kamu coba sesuai jenis akunmu di Classroom, diantaranya :

1. Keluar dari Kelas di Google Classroom Bagi Siswa

Bagi siswa yang mengikuti pembelajaran online Google Classroom, mempunyai banyak kelas di Clssroom merupakan hal yang wajar. Sebab ada banyak pelajaran tertentu yang Kamu ikuti. Belum lagi, kebijakan guru yang mengharuskanmu mengikuti sistem pembelajaran online memakai Google Classroom membuatmu wajib bergabung ke kelas Google Clasroom.

Sudah tentu setiap kelas, menyediakan materi ajar dan tugas-tugas yang berbeda dari tiap-tiap guru sesuai bidang studi atau mata pelajarannya. Akan tetapi, jika ternyata kelas tersebut tak aktif lagi atau mungkin Kamu sudah tak berhak lagi mengikuti kelas tersebut, maka Kamu harus keluar dari kelas di Google Classroom. Kemudian mengikuti kelas lainnya yang direkomendasikan guru sesuai mata pelajaran yang akan dipelajari.

Mengingat banyak siswa yang cenderung memakai hp android untuk mengikuti pembelajaran memakai Google Classroom. Dengan begitu, Kamu bisa mempraktekkan cara keluar dari kelas di Google Classroom berikut memakai perangkat hp android.

Jika Kamu ingin keluar kelas di Google Classroom menggunakan hp android khususnya bagi siswa, maka Kamu wajib mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka aplikasi Google Classroom lebih dahulu. Pastinya Google Classroom sudah terinstal di perangkat hp androidmu.
  • Silahkan masuk ke Google Classroom memakai akun yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  • Jika sudah masuk ke halaman utama Google Classroom, Kamu tinggal tap garis 3 yang berada di pojok kiri atas.
  • Selanjutnya setelah memilih ikon tersebut, Kamu akan ditampilkan berbagai pilihan menu. Silahkan cari menu Classes untuk proses berikutnya.
  • Berikutnya akan muncul banyak kelas yang kamu ikuti, tapi sebaiknya pilih kelas yang akan kamu tinggalkan dengan memilih kelas yang dimaksudkan.
  • Jika sudah masuk kedalam kelas yang akan kamu tinggalkan, lakukan tap pada titik tiga yang berada di samping kanan atas. Untuk selanjutnya, pilih menu Unenroll untuk keluar dari kelas tersebut.
  • Selanjutnya lakukan Unenroll kembali untuk proses akhirnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, Kamu pun secara otomatis akan keluar dari kelas tersebut. Kelas yang tadi ditinggalkan akan hilang di daftar kelas yang kamu ikuti pada Google Classroom.

2. Cara Keluar dari Kelas di Google Classroom Sebagai Guru

Bagi kamu yang berprofesi sebagai seorang guru maupun dosen di salah satu perguruan tinggi, jika Kamu menggunakan Google Classroom untuk pembelajaran online pastinya memiliki kelas yang dikelola. Tentu saja kelas yang diikuti lebih dari satu karena banyaknya murid maupun pelajaran atau mata kuliah yang di ajarkan kepada siswa.

Jika seorang dosen atau guru keluar dari kelas tentu saja alasannya dikarenakan materi yang disampaikan kepada siswa sudah habis. Atau dengan kata lain, tidak ada lagi materi yang harus dibahas

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah keluar kelas di Google Classroom untuk pengajar atau guru, diantaranya :

  • Silahkan masuk ke akun yang biasa Kamu pakai di aplikasi Google Classroom.
  • Setelah masuk ke jendela utama pada aplikasi Google Classroom, selanjutnya pilih Classes yang terletak di menu sebelah kiri.
  • Pilihlah kelas yang akan di tinggalkan karena proses pembelajaran pada kelas tersebut sudah tidak ada yang perlu dibahas lagi atau sudah habis
  • Selanjutnya tap titik tiga di sebelah kanan bagian atas dan tap Archive.
  • Dengan tap Archive, maka secara otomatis kelas tersebut akan terhapus tapi tidak akan hilang secara permanen.
  • Jika ingin menghapus kelas secara permanen maka silahkan pilih Archived Classes pada menu yang berada di samping.
  • Selanjutnya pilih Delete untuk menghapus kelas secara permanen.

Dengan mengikuti tahapan-tahapan cara keluar dari kelas di Google Classroom, baik untuk siswa atau mahasiswa maupun bagi guru atau dosen. Semoga bermanfaat!

 

 

Related posts