Cara Daftar GoFood Online

GoFood adalah layanan pesan dan antar makanan dari Gojek. GoFood sendiri telah memberikan pengaruh positif, baik bagi para konsumen maupun pelaku bisnis kuliner. Sebab lewat GoFood inilah, konsumen dapat menikmati menu makanan favorit tanpa lama mengantri di restoran. Lalu, bagaimana cara daftar GoFood online?

Banyak orang yang tertarik menjadi mitra GoFood mengingat keuntungan yang diberikannya. Karena memang tidak hanya memberikan banyak keunggulan bagi para konsumen saja, tetapi juga bagi mitra Gojek karena bisa meningkatkan penjualan makanan mereka.

Gojek memberikan layanan dompet elektronik atau biasa dikenal sebagai dompet digital, bernama GoPay. Dimana layanan tersebut bisa dipakai untuk membayar semua layanan yang ditawarkan Gojek. Bahkan untuk transaksi yang berrsifat non tunai bersama mitra bisnis baik secara online maupun offline.

Apa Saja Keuntungan Menjadi Mitra GoFood?

Sebelum kita membahas cara daftar GoFood online, tentu selaku calon partner GoFood Kamu harus mengetahui keuntungan menjadi mitra GoFood terlebih dahulu. Simak panduannya di bawah ini :

1. Hemat Biaya Pengiriman

Pemilik restoran atau usaha kuliner tak perlu lagi repot-repot untuk menyewa jasa kurir yang mengantarkan pesanan mreka. Sebab pihak GoFood telah menyediakan driver Gojek yang sudah siap sedia mengantarkan makanannya sampai ke tempat tujuan. Tentu saja tarif pembayaran driver Gojek ditanggung oleh si pemesan.

2. Biaya Promosi Lebih Hemat

Di zaman yang sudah serba digital sekarang ini, sebenarnya mudah saja bagi setiap pemilik resto untuk membuat aplikasi atau web sendiri untuk mempromosikan jualan mereka.

Namun Kamu harus ingat bahwa perawatan web sendiri tidaklah murah, mengingat layanan maintenance web dibayar dengan biaya yang cukup mahal.

Hal ini tentu berbeda jika Kamu memakai aplikasi GoFood, dimana salah satu fitur dari Gojek Indonesia ini menawarkan seuruh layanan secara gratis. Dimana pemilik restoran dapat menata atau mengelola jualan mereka di aplikasi, seperti mengganti menu, fitur, promosi dan harga produk. Bahkan informasi mengenai ketersediaan produk dapat brtambah dan cepat diterima oleh konsumen.

3. Sistem Bagi Hasil Dengan GoFood

Sistem bagi hasil atau profit sharing adalah bentuk kerja sama saling menguntungkan yang terjadi antara GoJek dengan partner usahanya.

Dimana setap restoran yang sudah menjadi partner usaha GoFood sendiri akan dikenakan tarif atau biaya dengan sistem bagi hasil bersama GoJek hingga 20%.

Ini artinya, setiap produk makanan yang terjual lewat aplikasi GoFood, maka akan ada sistem bagi hasil sebesar 20% dengan Gojek.

Misalnya, jika nasi ayam geprek terjual lewat aplikasi GoFood seharga Rp. 15.000, artinya Go Food berak mendapatkan Rp. 3000 sedangkan Rp. 12.000 masuk ke mitra GoFood.

Jadi untuk menempatkan harga menu makanan dalam aplikasi GoFood, Kamu harus menghitung detail keuntungan yang didapatk. Agar Kamu bisa menetapkan harga jual yang benar-benar cocok, tak membuat pembeli lari dan pastinya tetap membuatmu untung.

Adapun dalam konsep tersebut, pihak Gojek sendiri sudah menyediakan ruang yang menghubungkan antara pihak pembeli dan penjual agar terjadi transaksi saling menguntungkan kedua belah pihak.

Apa Saja Persyaratan Menjadi Mitra GoFood?

Adapun ketentuan dan persyaratan menjadi mitra GoFood supaya proses pendaftaran dapat berjalan lancar, maka calon mitra GoFood dapat melengkapi berbagai dokumen lengkap, seperti KTP pemilik usaha kuliner, informasi akun rekening bank, NPWP owner restoran, dan scan bagian halaman pertama buku tabungan owner restoran.

Semua dokumen yang dibutuhkan di atas, wajib di scan atau di foto karena sistem pendaftaran GoFood sendiri dilakukan secara online.

Jika Kamu telah melengkapi semua dokumen pendaftaran GoFood, kini saatnya mengetahui  cara daftar GoFood online!

Cara Daftar GoFood Online

Cara Daftar GoFood Online
Cara Mendaftar Mitra GoFood Online

Cara Mendaftar Mitra GoFood Online

Cara mendaftar mitra GoFood online sangatlah mudah, Kamu hanya perlu mengaksesnya melalui web resmi GoFood. Jadi tidak jauh berbeda dengan mendaftar Go Car atau layanan Gojek lainnya. Namun sebelumnya, siapkan terlebih dahulu semua persyaratannya . Setelah semua ketentuan terpenuhi, selanjutnya Kamu bisa ikuti panduan cara daftar GoFood online di bawah :

1. Buka Situs GoFood Resmi

Silahkan buka web resmi GoFood untuk mendaftar mitra GoFood online. Selanjutnya Kamu akan diminta melakukan pengisian data mengenai bisnis makananmu.

2. Pengisian Formulir Pendaftaran

Setelah itu, Kamu harus mengisi formulir epndaftaran. Seperti berikut :

  • Profil Perusahaan, isi dengan nama outlet atau restoran, lalu pilih bentuk badan usaha.
  • Daftar Mitra GoFood Baru Perorangan, artinya bagi badan usaha yang bersifat perorangan dan belum pernah mempunyai akun GoFood, home industri atau UMKM.
  • Daftar Mitra GoFood Baru Perusahaan, artinya bagi badan usaha yang belum mempunyai akun GoFood.
  • Penambahan cabang baru, artinya bagi badan usaha baik perusahaan/perorangan yang telah mempunyai akun GoFood sebelumnya dan hanya akan mendaftarkan gerai atau outlet baru.

3. Mengisi Kelengkapan Data Restoran

Langkah cara daftar Gofood online berikutnya, Kamu akan diminta melakukan pengisian data dan mengirimkannya di aplikasi. Berikut data-data yang harus dikumpulkan/diisi :

  • Data perusahaan, seperti alamat restoran/warung makan, foto outlet dan patokan di area sekitar outlet usahamu.
  • Nomor ponsel dan email yang aktif.
  • Data pribadi untuk pemilik restoran, seperti nomor KTP, KTP dan foto KTP.
  • Sesuaikan nama yang ada pada buku tabungan dengan nama di KTP, jika berbeda maka harus menyertakan Surat Kuasa.
  • Menyertakan NPWP.

4. Pengecekan Data dari Tim GoFood

Sesudah menyelesaikan langkah cara daftar GoFood online di atas, sistem GoFood seharusnya mengirimkan email secara otomatis ke akun email yang Kamu isi sebelumnya. Maka dari itulah, pastikan Kamu mengisi email dengan benar.

Jika Kamu sudah menerima email konfirmasi, selanjutnya klik link atau tautan yang diterima. Selanjutnya Kamu akan langsung dialihkan ke website untuk proses pendaftaran lanjutan.

Dari sana Kamu akan diminta kembali mengisi formulir secara online, dengan data lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Adapun info terpenting yang mesti diisi dengan akurat ialah informasi penagihan. Pada informasi penagihan ini, Kamu harus mempersiapkan berikut ini :

  • Fotokopi kartu identitas, seperti SIM, paspor atau KTP.
  • Fotokopi NPWP usaha, jika belum memiliki Kamu dapat melampirkan fotokopi NPWP pemilik usahanya.

Di samping itu, Kamu juga akan diminta mengirimkan daftar menu, harga menu dan foto makanan. Pastikan harga menu makanan yang dikirimkan ialah harga akhir dan sudah termasuk dengan pajak. Berikut tipsnya :

  • Foto makanan, sebaiknya pilih sebanyak 5 foto terbaik. Kamu harus mempertimbangkan pemilihan foto makanan ini, sebab dapat menentukan banyaknya konsumen yang tertarik dengan produkmu.
  • Daftar menu, sebaiknya lakukan benchmarking sesering mungkin. Kamu dapat mencari bisnis kuliner sejenis yang ada di sekitar, kemudian cicipi makananya sembari mengecek harganya. Lalu estimasikan harga yang cocok pada makananmu.
  • Harga menu, sebaiknya pastikan harganya sudah fix, termasuk biaya pajak dan yang lainnya. Seperti kita ketahui bahwa pihak GoFood akan menerima keuntungan 20% dari nominal harga yang ditawarkan. Ini artinya harga jual akhir yang akan dilihat customer ialah sebesar 120% dari total harga yang dikirim. Maka dari itu, tidak sedikit partner menurunkan harganya agar lebih banyak pembeli yang tertarik.

5. Penandatanganan Kontak

Nah, dalam tahapan cara daftar GoFood online ini Kamu harus bersabar, sebab pihak GoFood biasanya akan mengecek dan melakukan verifikasi data-data yang sudah Kamu kirimkan.

Jika ada email pihak GoFood dengan subjek bertuliskan (e-signature) Kontrak Go Food, Kamu bisa memillih review document, lalu tunggu beberapa saat dan tekan “Setuju” dan “Lanjutkan”.

Adapun untuk penandatanganan kontrak di sini, Kamu bisa langsung menuju halaman 14. Silahkan baca panduannya untuk melakukan penandatanganan dokumen secara digital. Jika sudah selesai, akan muncul notifikasi “Selesai Menandatangani”.

Setelahnya, Kamu akan menerima email sambutan GoFood yang artinya Kamu sudah bermitra dengan GoFood. Selamat!

Nah, itulah tahapan-tahapan cara daftar GoFood online yang harus Kamu ikuti dari awal sampai akhir. Pastikan semua data-data yang telah diisi sudah lengkap dan benar.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019