Cara Copy Link Whatsapp

Pengguna aktif aplikasi Whatsapp berbasis pesan online ini, diketahui pada tahun 2021 silam mencapai angka lebih dari 2 miliar. Data tersebut, diperoleh berdasarkan hasil kutipan dari riset yang dilakukan oleh tim Backlinko di tanggal 11 November. Wajar bukan? kalau kamu perlu mengetahui cara copy link Whatsapp. Tidak hanya untuk cari ketenaran, bangun bisnis.

Membangun kerajaan bisnis, ternyata bisa diawali dengan cara yang paling sederhana. Jangan ragu dan hilangkan rasa gengsi. Kalau kalian sudah merasakan kedua hal itu, maka akan lebih mudah bagi kamu bagikan nomor WA ke media sosial. Tindakan seperti ini gratis kok. Bukan pula suatu kegiatan ilegal. Tetapi, pastikan kamu membagikannya dengan tujuan yang tepat.

Misalnya, nomor Whatsapp tersebut memang dipergunakan dalam urusan bisnis online, dan offline atau keduanya. Menawarkan suatu jasa layanan atau produk. Selain itu, pastikan kamu tidak menyalahgunakannya untuk tindakan pishing ataupun cyber crime lainnya. Nomor yang akan dibagikan, secara resmi telah terdaftar di Kominfo. Hal ini, guna menghindari penipuan.

Cara Copy Link Whatsapp

Cara Copy Link Whatsapp
Cara Copy Link Whatsapp

Cara Copy Link Whatsapp Sendiri

Pendiri dari aplikasi keren tersebut, tidak lain adalah Jan Koum dan Brian Acton. Tahun 2009 menjadi awal kebangkitannya perkembangan teknologi yang membuat masyarakat beralih dari penggunaan pulsa manual ke paket data. Jarang sekali, kini orang saling bertukar pesan melalui SMS. Kebanyakan lebih memilih untuk melakukannya via chat dari aplikasi. Efektif!

Cara copy link Whatsapp sendiri dapat menjadi jalur alternatif untuk bidang promosi. Baik itu kegiatan memperkenalkan produk atau jasa. Lebih efektif, karena biasanya kamu akan share ke orang terdekat lebih dahulu tanpa memusingkan pulsa. Hal yang paling utama, hp connect ke internet. Setelah itu, kalian hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Ketuk ikon titik tiga yang terdapat di paling pojok atas sebelah kanan
  3. Pilih menu “Settings” atau “Pengaturan”
  4. Ketuk ikon “Barcode” yang sejajar dengan tulisan nama akun WA kalian
  5. Muncul tampilan “My Code” pada “QR Code” yang menampilkan informasi nomor dan nama akun Whatsapp (bersifat pribadi)
  6. Klik ikon “Bagikan” atau “Share” yang terdapat di sebelah ikon titik tiga
  7. Pilih salah satu opsi yang muncul, melalui Whatsapp, Gmail, Bluetooth, dan lainnya
Terkait:  Cara Merekam Video Call WhatApp

Ada cara lainnya yang bisa kalian lakukan untuk membagikan akun Whatsapp tanpa kode QR. Hanya saja, kamu butuh bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Pengguna harus lebih berhati-hati dan selektif dalam memilih website yang akan digunakan untuk membuat link Whatsapp.

  1. Masuk ke browser dan ketik pada kolom pencarian “Wa.wizard.id”
  2. Isi nomor telepon yang kalian gunakan secara aktif di Whatsapp
  3. Pilih kode negara “Indonesia” yaitu +62
  4. Lengkapi tulisan pesan yang nantinya akan muncul secara otomatis setiap kali link tersebut dibagikan ke publik
  5. Pilih opsi “Generate Link” untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya
  6. Terlihat “Tautan atau Link” Whatsapp yang siap digunakan untuk dibagikan
  7. Lakukan “Salin dan Tempel” atau copy-paste pada tautan tersebut.

Buat kamu yang ingin melakukannya secara manual, ada juga langkah sederhana untuk kamu praktekan. Langsung saja custom sendiri. Berikut cara selengkapnya:

  1. Langsung ketik di ruang obrolan atau status Whatsapp
  2. Formatnya adalah “https://api.whatsapp.com/send?phone=(nomor Whatsapp)”. Contoh penulisan nomornya: 62812743849755
  3. Tautan yang telah kalian buat tersebut, bisa langsung dibagikan ke media sosial lain
  4. Caranya cukup “Salin dan Tempel” tautan dan tambahkan ke story atau chat atau tampilkan dipostingan akun kalian
  5. Proses salin tautan telah selesai.

Cara Copy Link Whatsapp Bisnis

Whatsapp terbagi menjadi dua kategori. Pertama, umum yang biasa digunakan oleh publik di berbagai sela-sela kehidupan sehari-harinya. Selanjutnya ada WA bisnis. Ini, seringkali kamu manfaatkan ketika ingin melakukan kontak khusus untuk urusan pekerjaan. Perbedaan inilah yang dapat membantu para pengguna memisahkan antara keperluan kerja dengan pribadi.

Cara copy link Whatsapp bisnis tidak jauh berbeda dengan versi WA pada umumnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kontak WA bisnis kalian sebelum disebarluaskan ke orang lain:

  1.  Install aplikasi “Whatsapp Bisnis” melalui Play Store
  2. Buka WA Bisnis yang berhasil terpasang di perangkat ponsel
  3. Pilih ikon titik tiga untuk masuk ke menu “Pengaturan”
  4. Klik pilihan “Fitur Bisnis” pada pop-up windows yang muncul
  5. Lanjutkan dengan memilih “Tautan Pendek” untuk mulai membuat cara copy link Whatsapp bisnis kalian
  6. Muncul tampilan tautan Whatsapp. Contoh, https://wa.me/message/(nomor telepon)
  7. Ketuk tanda “Share atau Bagikan Tautan” yang tepat berada di bawah link tersebut
  8. Buat kalian yang ingin custom ada tulisan pesan di ruang obrolan atau chat saat orang lain mengetuk tautan yang telah kalian bagikan, caranya ada di poin berikutnya
  9. Aktifkan tombol “Kirim Pesan” dengan cara geser ke sebelah kanan sampai berubah warna menjadi hijau/aktif
  10. Isi pesan sesuai kalimat yang kalian inginkan, dengan cara ketuk ikon “Pensil”
Terkait:  Cara Kloning WA di Samsung

Tautan Whatsapp bisnis kalian, secara otomatis akan mengandung isi pesan dengan kalimat umum seperti yang kerap ditemukan pada toko-toko online. Sehingga, admin bertugas untuk menjawab pertanyaan dari pihak calon pembeli. Bukan stand by untuk mengirimkan pesan sapaan lagi. Metode ini, dianggap efektif karena bisa memberikan respon cepat ke pelanggan.

Keuntungan dalam membagikan tautan aplikasi Whatsapp milik kalian ke orang lain, tanpa kamu sadari sebenarnya tidak hanya 1 saja. Penasaran dengan manfaat yang dapat kamu peroleh melalui share link WA tersebut? Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini:

1. Membangun Kepercayaan

Kaitannya dengan rasa kepercayaan seseorang dengan tautan Whatsapp ini, yaitu kalian bisa merasa tenang kalau nomor tersebut adalah asli. Bukan milik orang iseng ataupun penipu. Ya, kamu bisa cek keasliannya dengan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Misalnya, Truecaller, Getcontact, CallerApp, Eyeon, dan lain sebagainya. Semuanya tersedia di Google Play Store.

2. Meningkatkan Angka Penjualan

Hubungannya dengan angka penjualan, ini berlaku kalau link Whatsapp yang kamu bagikan memang ditujukan untuk kepentingan bisnis. Dimana, calon pembeli akan lebih mudah untuk mengajukan pertanyaan seputar produk yang kalian tawarkan sebelum melakukan pembelian. Artinya, semakin cepat responmu, pembeli juga dapat meningkat. Dagangan jadi laris manis.

3. Mengatur Data dengan Cepat

Kolom pesan yang masuk, dapat memperlihatkan berapa banyak nomor yang sudah memulai obrolan dengan kalian. Pemilik toko maupun admin, jadi lebih mudah untuk mengorganisir data customer. Lengkap dengan permintaan yang telah mereka ajukan, pastinya. Nomor-nomor tersebut bisa langsung kamu tambah ke dalam Excel untuk permudah proses pesanan.

4. Memperlihatkan Sisi Profesionalitas

Tautan ini dapat mewakili bahwa pemilik toko online benar-benar serius dalam menjalankan bisnisnya. Selain terlihat dari respon yang diberikan, secara tidak langsung customer dapat mengecek keaslian dari nomor tersebut. Biasanya, link juga akan dibagikan di bio Instagram atau media sosial lainnya. Tentu tautannya akan sama.

Terkait:  Cara Double WhatsApp di Samsung

5. Mempermudah Diri Sendiri

Kalau untuk urusan pribadi, tentu ini juga lebih mudah dibandingkan harus mengirim kontak kalian dengan cara menyalin nomor terlebih dahulu. Sudah pasti praktis bukan?

Sekian pembahasan mengenai cara copy link Whatsapp kali ini. See you on the next awesome topics. Have a nice days, and bye bye!

Related posts